Anda akhirnya memutuskan untuk berinvestasi dalam layanan pemasaran digital. Ini adalah Langkah bagus, tapi tanpa rencana anggaran pemasaran, Anda tidak akan pernah berhasil.
Anggaran pemasaran mendokumentasikan berapa banyak rencana bisnis Anda untuk dibelanjakan untuk pemasaran selama periode tertentu, seperti satu tahun, kuartal, atau bulan. Saat menganggarkan pemasaran, pertimbangkan semua biaya yang terkait dengan pemasaran bisnis Anda, seperti iklan berbayar, biaya perekrutan, alat pemasaran, biaya pemeliharaan situs web, dan banyak lagi.
Dan dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan 6 tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam menentukan anggaran untuk pemasaran digital pertama Anda.

1. Dokumentasikan siklus penjualan
Siklus atau saluran penjualan adalah proses yang dilalui calon pelanggan Anda sebelum membeli dari Anda. Anda perlu memahami langkah-langkah dalam siklus penjualan Anda sebelum menganggarkan untuk kebutuhan pemasaran digital Anda.
Menyiapkan siklus penjualan Anda memberi Anda gambaran yang jelas tentang di mana Anda akan menghabiskan uang pemasaran Anda dan bagaimana Anda harus membelanjakannya untuk mendapatkan laba atas investasi yang baik.
Nilai kinerja setiap strategi di setiap tahap dan putuskan level mana yang membutuhkan lebih banyak uang dalam anggaran pemasaran digital Anda.

2. Identifikasi biaya Anda
Saat membuat anggaran pemasaran digital Anda, Anda harus mempertimbangkan aspek lain dari bisnis Anda yang memerlukan masukan keuangan Anda. Bergantung pada angka Anda, pertimbangkan jumlah yang bersedia Anda keluarkan untuk anggaran pemasaran Anda dan seberapa berkelanjutan anggaran tersebut.

3. Tetapkan tujuan Anda
Berdasarkan CoSchedule, pemasar yang menetapkan tujuan yang jelas untuk bisnis mereka berhasil dalam usaha pemasaran mereka. Memiliki tujuan yang jelas untuk tahun ini membantu Anda memprioritaskan dan memiliki anggaran yang terorganisir.
Langkah pertama untuk menetapkan tujuan Anda adalah memahami mengapa Anda berbisnis. Ingatkan diri Anda mengapa Anda memulai bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai.
Tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda membutuhkan anggaran pemasaran digital. Apa yang ingin Anda capai dengan anggaran tersebut, dan bagaimana hal itu akan menguntungkan bisnis Anda?

4. Tinjau opsi Anda
Ada begitu banyak produk digital yang bisa digunakan bisnis Anda untuk memasarkan produk. Namun, Anda tidak dapat menerapkan semuanya secara membabi buta dan berasumsi bahwa mereka akan mempromosikan merek Anda secara efektif. Anda perlu menilai opsi yang tersedia dan memutuskan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.
Pahami tujuan bisnis Anda dan pilih opsi yang membantu Anda mencapainya.

5. Tinjau hasil Anda sebelumnya
Satu-satunya cara menuju masa depan yang cerah dalam pemasaran digital adalah dengan menilai masa lalu Anda dan memperbaikinya. Nilai strategi yang telah Anda gunakan di masa lalu dan kinerjanya dengan alat penganggaran, lalu putuskan apakah strategi tersebut masih layak untuk bisnis Anda.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi strategi yang telah Anda gunakan di masa lalu:

  • Strategi apa yang berhasil di masa lalu?
  • Strategi apa yang tidak berhasil?
  • Saluran mana yang paling banyak menarik lalu lintas?
  • Iklan mana yang menghasilkan prospek paling banyak?

Saluran yang bekerja untuk Anda di masa lalu lebih cenderung bekerja untuk Anda sekarang. Mereka sudah membuktikan keefektifannya. Anda harus memberi mereka prioritas saat mengalokasikan anggaran Anda.

6. Sisihkan sebagian anggaran untuk bereksperimen
Bahkan setelah memilih strategi pemasaran yang dibutuhkan bisnis Anda, Anda harus terus bereksperimen dengan strategi baru. Pemasaran adalah dinamika yang terus berkembang, dan Anda harus tetap terhubung dengan tren baru di industri ini. Anda perlu menyisihkan uang untuk mencoba strategi pemasaran baru.
Terus pelajari bidang pemasaran di industri Anda dan ketahui tren baru. Pelajari pesaing Anda dan ketahui strategi yang mereka gunakan yang membuat mereka lebih baik dari Anda. Ini adalah strategi yang harus Anda coba dan lihat apakah itu berhasil untuk bisnis Anda.
Bereksperimen berarti bahwa beberapa strategi akan berhasil, dan yang lainnya akan gagal. Namun, Anda tidak akan tahu mana yang bagus kecuali Anda mengujinya. Hanya ajukan uang yang siap Anda hilangkan tanpa memengaruhi keuangan bisnis Anda.

Kesimpulan
Anggaran pemasaran digital Anda harus mendukung kebutuhan pemasaran Anda dan mengatur bisnis Anda untuk meningkatkan laba bersih. Namun, mengalokasikan dana untuk pemasaran bisa menjadi rumit jika Anda tidak memiliki strategi yang jelas tentang cara berinvestasi.
Sebelum menetapkan anggaran, pertimbangkan tahapan dalam siklus penjualan Anda dan tentukan area mana yang membutuhkan dorongan finansial. Anda juga harus memahami biaya keseluruhan dari strategi Anda, tujuan bisnis Anda, dan berbagai opsi pemasaran yang tersedia. Anda juga harus meninjau hasil masa lalu Anda dan menentukan apa yang berhasil dan apa yang gagal. Ini akan memandu Anda ketika mengalokasikan uang untuk kebutuhan pemasaran Anda.
Ingatlah untuk menyisihkan uang untuk bereksperimen. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda mungkin harus mengubah strategi pemasaran digital. Alokasikan sejumlah dana untuk bereksperimen dengan strategi pemasaran baru.

Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen bisnis atau membutuhkan profesional bisnis untuk membantu marketing mix Anda, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WA 0812-5298-2900.