Darahnya Bisnis – Arus kas adalah jumlah uang yang masuk dan keluar dari bisnis. Arus kas adalah nafas dari setiap bisnis dan dibutuhkan untuk bertahan hidup. Mengelola arus kas dengan baik sangat penting untuk kesuksesan, karena memastikan bahwa pemasok, karyawan, dan pihak lain dapat dibayar tepat waktu, dan memungkinkan bisnis untuk menginvestasikan kembali uang ke dalam bisnis untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan tambahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu arus kas sebagai darahnya bisnis, bagaimana mengatur arus kas dengan benar, dan mengapa arus kas adalah raja dalam manajemen keuangan bisnis yang berkembang.

Baca juga Artikel: Mengelola Utang Bisnis F&B dengan Bijak

Apa Itu Arus Kas sebagai Darahnya Bisnis?

Arus kas adalah perbedaan antara jumlah uang yang masuk dan keluar dari bisnis dalam periode tertentu, biasanya sebulan atau setahun. Arus kas dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu arus kas dari kegiatan operasional, arus kas dari kegiatan investasi, dan arus kas dari kegiatan pendanaan.

  • Arus kas dari kegiatan operasional adalah jumlah uang yang dihasilkan atau dikeluarkan oleh bisnis dari aktivitas sehari-hari, seperti penjualan, pembelian, gaji, pajak, dll. Arus kas dari kegiatan operasional menunjukkan seberapa efisien bisnis menghasilkan uang dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Arus kas dari kegiatan investasi adalah jumlah uang yang diinvestasikan atau diperoleh kembali oleh bisnis dari aset jangka panjang, seperti tanah, bangunan, peralatan, dll. Arus kas dari kegiatan investasi menunjukkan seberapa baik bisnis mengelola asetnya untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi.
  • Arus kas dari kegiatan pendanaan adalah jumlah uang yang diperoleh atau dikembalikan oleh bisnis dari sumber eksternal, seperti pinjaman, saham, dividen, dll. Arus kas dari kegiatan pendanaan menunjukkan seberapa besar bisnis membutuhkan atau menghasilkan uang dari pemilik atau pemberi pinjaman.

Bagaimana Mengatur Arus Kas dengan Baik?

Mengatur arus kas dengan baik adalah salah satu keterampilan manajemen keuangan yang paling penting bagi bisnis. Arus kas yang positif berarti bahwa bisnis memiliki lebih banyak uang yang masuk daripada yang keluar, sehingga dapat memenuhi kewajiban finansialnya, menyimpan uang untuk keadaan darurat, dan menginvestasikan uang untuk pertumbuhan. Arus kas yang negatif berarti bahwa bisnis memiliki lebih banyak uang yang keluar daripada yang masuk, sehingga dapat mengalami kesulitan membayar hutang, menghadapi risiko kebangkrutan, dan kehilangan peluang bisnis.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur arus kas dengan baik:

  • Membuat anggaran arus kas. Anggaran arus kas adalah perkiraan tentang jumlah uang yang akan masuk dan keluar dari bisnis dalam periode tertentu. Anggaran arus kas dapat membantu bisnis merencanakan pengeluaran, mengantisipasi kekurangan uang, dan mengukur kinerja keuangan.
  • Meningkatkan pendapatan. Pendapatan adalah sumber utama arus kas masuk untuk bisnis. Bisnis dapat meningkatkan pendapatan dengan cara meningkatkan penjualan, menaikkan harga, menambahkan produk atau jasa baru, memperluas pasar, dll.
  • Mengurangi biaya. Biaya adalah sumber utama arus kas keluar untuk bisnis. Bisnis dapat mengurangi biaya dengan cara menegosiasikan harga dengan pemasok, mengurangi persediaan, menghemat energi, mengotomatisasi proses, dll.
  • Mempercepat penerimaan. Penerimaan adalah jumlah uang yang diterima oleh bisnis dari pelanggan. Bisnis dapat mempercepat penerimaan dengan cara memberikan insentif untuk pembayaran tunai atau cepat, mengirim faktur segera, menindaklanjuti piutang, dll.
  • Memperlambat pembayaran. Pembayaran adalah jumlah uang yang dibayarkan oleh bisnis kepada pemasok, karyawan, atau pihak lain. Bisnis dapat memperlambat pembayaran dengan cara memanfaatkan kredit dagang, menunda pembelian, menegosiasikan syarat pembayaran, dll.
  • Menyediakan cadangan uang. Cadangan uang adalah jumlah uang yang disimpan oleh bisnis untuk mengatasi keadaan darurat atau peluang yang tidak terduga. Bisnis dapat menyediakan cadangan uang dengan cara menabung, mengambil pinjaman, menjual aset, dll.

Mengapa Arus Kas Adalah Raja?

Arus kas adalah raja karena arus kas menentukan kemampuan bisnis untuk bertahan hidup dan berkembang. Arus kas yang kuat dapat memberikan keuntungan bagi bisnis, seperti:

  • Meningkatkan likuiditas. Likuiditas adalah kemampuan bisnis untuk mengubah aset menjadi uang tunai. Bisnis yang memiliki likuiditas tinggi dapat membayar hutang, memenuhi kewajiban, dan mengambil keputusan dengan cepat.
  • Meningkatkan solvabilitas. Solvabilitas adalah kemampuan bisnis untuk membayar hutang jangka panjang. Bisnis yang memiliki solvabilitas tinggi dapat mengurangi beban bunga, meningkatkan peringkat kredit, dan mendapatkan akses ke modal yang lebih murah.
  • Meningkatkan profitabilitas. Profitabilitas adalah kemampuan bisnis untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis yang memiliki profitabilitas tinggi dapat meningkatkan nilai saham, memberikan dividen, dan menarik investor.
  • Meningkatkan fleksibilitas. Fleksibilitas adalah kemampuan bisnis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, pelanggan, atau kompetitor. Bisnis yang memiliki fleksibilitas tinggi dapat mengambil risiko, mencoba hal baru, dan memanfaatkan peluang.

Kesimpulan

Arus kas adalah darahnya bisnis. Arrus kas adalah jumlah uang yang masuk dan keluar dari bisnis. Arus kas adalah nafas dari setiap bisnis dan dibutuhkan untuk bertahan hidup. Mengelola arus kas dengan baik sangat penting untuk kesuksesan, karena memastikan bahwa pemasok, karyawan, dan pihak lain dapat dibayar tepat waktu, dan memungkinkan bisnis untuk menginvestasikan kembali uang ke dalam bisnis untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan tambahan. Arus kas adalah raja karena arus kas menentukan kemampuan bisnis untuk bertahan hidup dan berkembang. Arus kas yang kuat dapat memberikan keuntungan bagi bisnis, seperti meningkatkan likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan fleksibilitas. Oleh karena itu, bisnis harus memperhatikan arus kas dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan arus kas dari kegiatan operasional, investasi, dan pendanaan.

Dan jika Anda membutuhkan informasi perihal kelola keuangan bisnis atau kelola pajak biar rapi, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami via WhatsApp 0812-5298-2900.