BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

3 CARA UTAMA MENINGKATKAN AKURASI FORECASTING PENJUALAN BISNIS RITEL

Kebutuhan konsumen berubah dengan cepat, terutama di masa krisis pandemi ini. Orang ingin mendapatkan hasil maksimal dari uang mereka dengan membelanjakan hal-hal relevan yang dapat memberi mereka nilai yang besar.
Anda harus selalu bersiap untuk yang terburuk karena kemungkinan besar Anda tidak akan mencapai penjualan di semua musim tanpa rencana penjualan dan pemasaran yang solid dan pemantauan penjualan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Anda perlu memprediksi penjualan masa depan Anda dengan memastikan Anda memiliki semua alat dan teknik yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis ritel Anda, termasuk forecasting penjualan.
Forecasting penjualan menunjukkan potensi masalah yang memengaruhi kuota penjualan untuk diselesaikan bahkan sebelum masalah itu muncul. Informasi ini sangat penting dalam membuat strategi yang tepat untuk mencegah penurunan penjualan yang drastis. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkan forecasting penjualan ritel Anda.

Andalkan Data Penjualan yang Lengkap dan Akurat
Data penjualan yang lengkap dan akurat dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat untuk mendorong dan memprediksi penjualan Anda di masa mendatang. Anda akan menghemat uang yang dihabiskan untuk keputusan dan taktik yang tidak efektif. Berikut adalah faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk menghasilkan laporan penjualan yang akurat:

  • Teknologi Penjualan. Platform dan alat teknologi penjualan yang Anda gunakan memainkan peran penting dalam akurasi laporan penjualan. Anda dapat merampingkan dan mengotomatiskan proses penjualan menggunakan alat yang tepat agar tim Anda memiliki lebih banyak waktu dalam penjualan. Saat memilih alat forecasting penjualan ritel yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kemudahan penggunaan, fleksibilitas, integrasi, dan fitur yang relevan.
  • Keselarasan Penjualan dan Pemasaran. Tim Anda memengaruhi kesuksesan penjualan Anda. Pastikan akurasi pelaporan penjualan dengan menyelaraskan strategi penjualan dan pemasaran Anda dengan tujuan perusahaan Anda.
  • Kualitas data. Data prospek dan pelanggan memungkinkan Anda mengidentifikasi pembeli potensial, membuat pesan pemasaran yang tepat, dan mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar.

Baca juga artikel terkait: CARA SUKSES MENINGKATKAN PENJUALAN RITEL

Ketahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prakiraan Penjualan Anda
Pastikan konsistensi dengan memantau perjalanan pembeli di seluruh saluran penjualan Anda dengan mengetahui faktor-faktor penting yang memengaruhi forecasting penjualan Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam forecasting penjualan ritel:

  • Pelacakan Konsisten. Tidak ada model forecasting yang paling cocok untuk semua bisnis ritel. Namun Anda dapat mencocokkan penjualan ritel tahun ini dengan tahun lalu untuk memberdayakan proses pengambilan keputusan Anda. Lacak angka secara konsisten seperti penjualan rata-rata tertimbang selama beberapa bulan. Bahkan jika Anda tidak memiliki gelar dalam statistik, pelacakan yang konsisten dan mengikuti model yang efektif dapat membuat tinjauan Anda jauh lebih mudah setiap tahun.
  • Elemen Bisnis. Pertimbangkan semua elemen bisnis dalam ulasan Anda. Misalnya, Anda perlu memasukkan departemen pembelian juga selain tim penjualan dan pemasaran sehingga Anda tidak akan kehabisan stok saat penjualan Anda memuncak. Kelola kolaborasi untuk memastikan semua orang berpartisipasi dan merasa suara mereka didengar.
  • Teknik. Tingkatkan forecasting penjualan ritel Anda dengan mempelajari teknik yang tepat. Anda tidak dapat berharap untuk menyempurnakan forecasting penjualan dalam semalam. Analis penjualan memasukkan data bulanan dalam forecasting untuk 12 bulan ke depan. Ini juga harus mencakup data tahunan hingga tiga tahun.

Pekerjakan Analis Keuangan
Seorang analis keuangan akan mempelajari data untuk menemukan peluang besar untuk investasi dan keputusan bisnis. Mereka melakukan forecasting keuangan, pelacakan metrik operasional, dan pelaporan. Selain itu, seorang analis keuangan menganalisis hasil, melakukan, analisis varians, merekomendasikan perbaikan, dan mengidentifikasi tren.
Inilah cara seorang analis keuangan dapat membantu Anda dengan forecasting penjualan ritel:

  • Bekerja sama dengan tim akuntansi Anda untuk pelaporan keuangan yang akurat.
  • Evaluasi kinerja keuangan bisnis ritel Anda dengan menganalisis dan membandingkan hasil aktual dengan forecasting.
  • Menetapkan dan menegakkan kebijakan dan prosedur untuk proses analisis biaya.
  • Memberikan analisis tren dan forecasting penjualan ritel.
  • Seorang analis keuangan dapat membuat model keuangan dan menyiapkan ulasan penjualan ritel.
  • Dorong peningkatan proses penjualan ritel dengan membuat laporan, alat, dan dasbor.

Baca juga artikel terkait: CARA MENDETEKSI DAN MENCEGAH KECURANGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN

Kesimpulan
Anda dapat meningkatkan forecasting penjualan ritel dengan memiliki analis keuangan di sisi Anda yang dapat membantu Anda memahami alasan di balik data penjualan Anda. Memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi forecasting penjualan Anda dapat membantu Anda menentukan strategi yang tepat yang perlu Anda terapkan atau hentikan. Sangat penting untuk merangkul teknologi yang tepat untuk mendapatkan data yang akurat. Selain itu, Anda tidak akan memiliki prediksi penjualan eceran yang baik tanpa bantuan perwakilan penjualan Anda, yang merupakan pekerja garis depan dalam bisnis Anda.

Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi perihal artikel diatas, atau membutuhkan seorang analis keuangan profesional, kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp