BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

3 LANGKAH VITAL MENYIAPKAN PENGGAJIAN UNTUK USAHA KECIL

Apakah Anda mengambil langkah pertama untuk memulai bisnis baru Anda? Atau, mungkin Anda telah meluncurkan bisnis kecil-kecilan, dan Anda sedang mencari solusi untuk mengembangkan perusahaan.
Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan sistem penggajian untuk bisnis kecil.
Penggajian merupakan faktor penting yang mempengaruhi kepuasan karyawan. Ketika Anda memiliki sistem yang andal untuk manajemen penggajian, maka karyawan Anda merasa yakin mengetahui bahwa mereka selalu dapat mengandalkan gaji mereka yang masuk pada waktu yang tepat. Di sisi lain, inkonsistensi dengan penggajian untuk usaha kecil adalah salah satu cara tercepat untuk kehilangan anggota staf Anda.
Menyiapkan penggajian untuk bisnis kecil untuk pertama kalinya bisa menjadi pengalaman yang luar biasa – terutama jika Anda tidak memiliki latar belakang keuangan. Bahkan dengan perangkat lunak akuntansi berkualitas tinggi, pengaturan penggajian dapat membingungkan dan rumit. Solusi terbaik adalah bersandar pada dukungan layanan pembukuan dan akuntansi yang bereputasi baik. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengelola detail sistem penggajian tanpa memanfaatkan dukungan dari tim profesional. Dan untuk menyiapkan penggajian untuk bisnis kecil Anda, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah penting ini:

Langkah #1: Pilih Perangkat Lunak Penggajian
Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda bisa mengeluarkan buku cek untuk membayar karyawan secara manual. Kita hidup di dunia digital, dan masuk akal jika Anda harus memanfaatkan alat online ini untuk mendukung upaya bisnis Anda.
Perangkat lunak akuntansi dan pembukuan berbasis cloud memudahkan untuk tetap mengikuti perkembangan pemrosesan dan laporan penggajian. Selain itu, Anda mendapatkan keuntungan mengakses informasi ini dari lokasi mana pun – bahkan saat Anda tidak membawa komputer. Kesederhanaan pemrosesan penggajian berbasis cloud tidak dapat dikalahkan, itulah sebabnya masuk akal bagi setiap bisnis kecil untuk melakukan transisi ini sesegera mungkin.
Jika Anda tidak terbiasa dengan program perangkat lunak penggajian yang tersedia, maka akuntan Anda dapat menawarkan rekomendasi untuk sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Langkah 2: Tetapkan Kebijakan Penggajian Perusahaan
Membuat buku pegangan karyawan merupakan langkah penting dalam mengkomunikasikan informasi yang tepat kepada tim Anda. Buku pedoman ini membagikan informasi tentang bagaimana penggajian dan tunjangan dikelola. Komunikasi karyawan tidak hanya penting untuk menciptakan hubungan bisnis yang kuat. Tetapi informasi ini juga penting untuk membuat Anda terlindungi dari kewajiban tertentu.
Hati-hati bahwa buku pegangan karyawan tidak memiliki bahasa yang menunjukkan perjanjian kontrak antara bisnis Anda dan karyawan Anda. Sebagai gantinya, bagikan informasi administratif, seperti jadwal penggajian, administrasi tunjangan, dan banyak lagi.
Menetapkan jadwal penggajian adalah kebijakan bisnis penting yang perlu dilakukan sesegera mungkin. Misalnya, Anda perlu memutuskan seberapa sering karyawan akan dibayar, dan bagaimana pembayaran akan dilakukan. Adalah umum bagi bisnis untuk memiliki jadwal penggajian dua mingguan, bulanan, atau dua bulanan. Tentukan frekuensi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga kebutuhan karyawan Anda.

Langkah 3: Tetapkan Tanggung Jawab untuk Administrasi Penggajian
Salah satu alasan paling umum bahwa pemrosesan penggajian dan tugas pembukuan lainnya lolos dari celah adalah karena Anda tidak memiliki sistem yang menetapkan tanggung jawab kepada orang tertentu. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk memenuhi persyaratan ini karena Anda sudah memiliki daftar tanggung jawab yang panjang yang harus Anda selesaikan sepanjang minggu.
Akan lebih baik jika Anda mendelegasikan tanggung jawab ini kepada seseorang yang dapat Anda percayai. Anda mungkin membawa seorang karyawan untuk membantu pemrosesan penggajian, pelacakan keuangan, pembuatan faktur, dan tugas administratif lainnya. Atau, pertimbangkan layanan akuntansi dan pembukuan yang dialihdayakan.
Outsourcing biasanya jauh lebih terjangkau daripada membawa pembukuan internal. Biaya ini sepadan dengan investasi ketika Anda melihat berapa banyak dukungan yang akan Anda terima dari keterampilan yang diperlukan yang diperlukan untuk bisnis Anda.

Butuh Bantuan Menyiapkan Penggajian untuk Bisnis Kecil Anda?
Menjalani proses pengaturan penggajian untuk bisnis kecil bisa membuat stres. Kabar baiknya adalah Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri. Alih-alih, lihat manfaat menyewa penyedia pembukuan dan akuntansi sehingga Anda dapat mengalihdayakan tanggung jawab penting ini ke tim profesional.
Setelah sistem penggajian Anda diatur, itu adalah langkah besar: tanda bahwa Anda berada di jalur yang tepat untuk membangun bisnis impian Anda. Sistem penggajian yang tepat akan mengurangi tanggung jawab Anda karena Anda memiliki sistem otomatis dan layanan terampil untuk membantu Anda tetap pada jalurnya setiap bulan.
Selain itu, layanan penggajian yang dialihdayakan memberi Anda akses ke tim yang berpengetahuan luas jika Anda memiliki pertanyaan tentang administrasi penggajian. Penting bagi Anda untuk mengetahui ke mana harus berpaling ketika pertanyaan muncul di sepanjang jalan.
Di tim kami, tim penggajian pro kami siap membantu sistem bisnis Anda. Kami telah melayani industri ini selama bertahun-tahun, menawarkan sistem berkualitas untuk menyiapkan penggajian untuk bisnis kecil. Kami mengundang Anda untuk menghubungi Anda untuk menjadwalkan konsultasi jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan dari layanan ini. Kami tidak hanya dapat membantu pemrosesan penggajian, tetapi kami juga menawarkan berbagai layanan keuangan lainnya, seperti persiapan pajak, pelaporan, dan lainnya. Hubungi kami hari ini: 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp