BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

3 TIPS BERINVESTASI DI SAAT PANDEMI

Sudah satu tahun sebagian besar kota telah mengumumkan penguncian yang ketat. Semua ini untuk mencoba dan mematahkan penyebaran COVID-19 yang mematikan. Meski begitu, melakukan investasi di masa pandemi saat ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi jika Anda masih mendapatkan penghasilan yang stabil, Anda masih berpeluang besar untuk berinvestasi.
Jika Anda masih ragu untuk berinvestasi saat pandemi, berikut ini kami sampaikan 3 alasan mengapa saat pandemi pun menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi.

  • Aktivitas ekonomi rendah. Dengan adanya aktivitas lockdown, sebagian besar bisnis mungkin harus menekan tombol jeda, dan ini tentunya akan menurunkan aktivitas ekonomi negara, yang diikuti dengan menurunnya harga pasar. Meskipun mungkin terdengar seperti berita buruk, penurunan di pasar berarti penurunan harga. Ketika Anda berinvestasi saat pasar sedang turun, ada lebih banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan besar di masa depan.
  • Lebih banyak waktu untuk penelitian. Terjebak di rumah mungkin tidak memberi Anda banyak pilihan untuk menyibukkan diri. Dengan waktu perjalanan yang jauh lebih sedikit, Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu luang daripada sebelumnya. Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap aset yang ingin Anda investasikan. Riset yang lebih baik membekali Anda dengan pengetahuan tentang pasar dan kelas aset, yang membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik.
  • Investasi alternatif yang sedang booming. Aset alternatif adalah aset yang tidak terpengaruh oleh ketidakpastian. Berinvestasi dalam aset alternatif dapat membantu Anda melindungi uang Anda dari pengikisan terlepas dari bagaimana kinerja pasar uang. Pandemi telah membuka pintu ke banyak jalan alternatif investasi, seperti cryptocurrency. Meskipun masa-masa sulit, kelas aset baru ini mengalami pertumbuhan nilai 500% dan masih booming sampai hari ini.

3 Tips Berinvestasi Saat Pandemi
Berikut adalah beberapa strategi inti yang perlu diingat sebelum Anda mulai berinvestasi:

1. Beli dan tahan
Terkadang cara terbaik untuk mendekati investasi yang memiliki keuntungan lebih besar adalah dengan tidak melakukan apa-apa. Sebagai investor, Anda harus bertujuan untuk membeli dan menahan aset terlepas dari bagaimana kinerja pasar. Kecuali Anda memiliki kebutuhan yang mendesak, tidak ada gunanya menarik uang yang Anda investasikan.
Mari kita asumsikan bahwa Anda telah berinvestasi di Bitcoin pada bulan Januari tahun lalu. Misalkan Anda telah menarik investasi pada bulan Maret karena keadaan ekonomi yang berubah. Dalam hal ini, Anda akan kehilangan bull run terbesar di pasar crypto. Di sisi lain, jika Anda tidak melakukan apa-apa dan menunggu, saat ini Anda akan memperoleh keuntungan lebih dari 500% dalam portofolio Anda.

2. Tetap Terinformasi
Berinvestasi bukanlah ilmu roket, tetapi juga bukan lelucon. Anda tidak bisa begitu saja membeli aset secara acak dan mengharapkannya memberikan pengembalian yang baik. Investasi mungkin berkinerja baik sekali atau dua kali, tetapi jika Anda tidak memahami cara kerjanya, ada kemungkinan risiko tinggi. Jadi, kunci investasi yang baik adalah selalu melakukan riset sendiri.
Anda perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang aset, kinerja masa lalunya, permintaan di pasar, nilai intrinsiknya, dll. Lakukan analisis komparatif dan pilih yang sesuai dengan profil investasi Anda. Hari-hari ini ada banyak informasi yang tersedia di pasar, tetapi tidak semuanya akurat. Anda harus rajin dan menyaring informasi yang benar melalui kekacauan.

3. Berkontribusi Secara Bertahap
Investasikan sejumlah uang tertentu ke dalam aset pilihan Anda untuk jangka panjang. Anda perlu mengalokasikan uang ini untuk berinvestasi terlepas dari kinerja pasar.

Strategi ini didasarkan pada rata-rata biaya rupiah. Ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi di lebih banyak unit saat harga rendah dan lebih sedikit unit saat harga tinggi. Ketika Anda mulai mendedikasikan sejumlah uang untuk investasi, nilainya lebih mungkin untuk dihargai dalam jangka panjang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp