BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

4 LANGKAH UNTUK PERKIRAAN ARUS KAS YANG BENAR

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang waktu optimal untuk mempekerjakan anggota tim, menyewa ruang kantor, atau berinvestasi dalam peralatan baru? Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang yang masuk untuk mendukung investasi dan tidak terlalu banyak uang yang mengalir keluar.
Sebagian besar pemilik bisnis bergelut dengan pertanyaan arus kas seperti ini, terutama saat mereka dalam mode pertumbuhan. Apa jawabannya? Perkiraan arus kas. Memahami di mana Anda berdiri secara finansial—tidak hanya saat ini, tetapi juga di masa depan—akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat dengan percaya diri.

Apa itu Perkiraan Arus Kas?
Perkiraan arus kas menyoroti berapa banyak uang tunai yang diproyeksikan dimiliki bisnis Anda selama periode waktu tertentu, menggunakan data pendapatan/pengeluaran saat ini dan historis.
Data arus kas ini dapat membantu Anda:
• Identifikasi waktu yang tepat untuk melakukan investasi modal
• Pahami dampak pengeluaran rutin pada arus kas Anda
• Pertimbangkan cara mengoptimalkan proses faktur dan piutang Anda
• Nilai kapan bisnis Anda tersibuk dan paling lambat
Anda dapat melakukan prakiraan untuk jangka pendek (30 hari), jangka menengah (2 bulan-1 tahun), atau jangka panjang (1-5 tahun). Penting untuk dicatat bahwa periode peramalan yang lebih lama menghasilkan perkiraan yang kurang akurat. (Kecuali Anda memiliki akses ke bola kristal.)

Mengapa Saya Perlu Melakukan Perkiraan Arus Kas?
Mengelola bisnis terkadang terasa seperti proposisi sehari-hari, tetapi sebagian besar bisnis tidak dapat mencapai pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan kecuali mereka membangun modal kerja. Dan Anda tidak dapat membuat keputusan yang tepat atau merencanakan ke depan untuk memenuhi tujuan bisnis tanpa pemahaman yang kuat tentang keuangan Anda.
Katakanlah Anda ingin membawa asisten administrasi untuk membantu meringankan beban Anda sehingga Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan klien. Anda mungkin melihat berapa banyak uang yang Anda miliki di bank sekarang dan berpikir Anda bisa membayar gaji karyawan bulan ini, tidak masalah.
Tapi bisakah Anda memprediksi tingkat kas Anda bulan depan? Atau dalam 3 atau 6 bulan? Pertanyaannya menjadi, apakah perusahaan Anda memiliki uang tunai untuk mendukung pengeluaran berkelanjutan untuk mempekerjakan seorang karyawan? Di sinilah perkiraan arus kas masuk.
Memahami gambaran besar arus kas Anda, termasuk apa yang masuk (dan kapan) dan apa yang keluar (dan kapan) akan memungkinkan Anda untuk membedakan apa yang layak untuk bisnis Anda sekarang, dan di masa depan.

Bagaimana Saya Memprediksi Arus Kas Saya?
Bersikaplah realistis tentang apa yang dapat Anda harapkan dari bisnis Anda. Latihan ini juga merupakan kesempatan untuk memperbaiki beberapa pola yang tidak konsisten atau mengganggu. Misalnya, jika Anda melihat arus kas negatif di Triwulan ke-3 selama 3 tahun terakhir, Anda juga dapat mengharapkan posisi kas yang sama di triwulan ketiga tahun ini, kecuali jika Anda membuat beberapa perubahan.
Pada saat yang sama, Anda juga dapat memanipulasi masa depan dengan mendeteksi pola penghasilan/pengeluaran dan bersiap untuk memperbaiki ketidakseimbangan apa pun.
Berikut adalah contoh proses perkiraan yang mungkin Anda bisa gunakan:

Langkah 1:
Pilih periode perkiraan, misalnya, kalender atau tahun kerja berikutnya.

Langkah 2:
Tinjau sumber kas Anda selama setahun sebelumnya (atau 2 tahun, jika menurut Anda itu akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat). Untuk periode perkiraan, tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah saya masih akan bekerja dengan klien yang sama secara teratur? Dapatkah saya berharap untuk bekerja dengan mereka di masa mendatang?
  • Apakah saya akan mengambil pinjaman, menjual aset, menerima pendapatan investasi, atau hibah pemerintah?
  • Sudahkah saya atau akankah saya menandatangani kontrak jangka panjang dengan klien besar yang akan diperpanjang hingga periode perkiraan?

Dengan menggunakan arus kas masuk dari tahun-tahun sebelumnya, pertimbangkan bagaimana faktor-faktor di atas dapat meningkatkan atau menurunkan penerimaan kas tahun depan, dan membuat estimasi.

Langkah 3:
Tinjau arus kas keluar selama tahun sebelumnya (atau 2 tahun). Untuk periode perkiraan, tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah pengeluaran rutin saya (utilitas, sewa, pembayaran pinjaman, dll.) akan sama?
  • Apakah saya akan membeli aset atau membayar kembali pinjaman?
  • Apakah saya akan memiliki pengeluaran satu kali lainnya?

Dengan menggunakan biaya operasional Anda dari tahun-tahun sebelumnya dan hal-hal yang mungkin berbeda dalam waktu dekat, perkirakan arus kas keluar Anda untuk tahun berikutnya.

Langkah 4:
Tinjau kembali laporan arus kas Anda untuk menentukan kas Anda saat ini. Tambahkan arus kas masuk dan kurangi arus kas keluar untuk tahun mendatang. Ini akan menjadi saldo kas penutup untuk akhir tahun berikutnya—dan saldo kas awal untuk tahun berikutnya.

Prakiraan Arus Kas yang Akurat Dapat Meningkatkan Bisnis Anda
Waktu yang Anda investasikan untuk menjadi detektif dalam keuangan bisnis Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang cerdas untuk masa depan. Anda akan tahu apa yang diharapkan dan bagaimana Anda dapat mengubah harapan itu dengan mengubah perilaku berdasarkan wawasan pertanyaan Anda.
Seperti halnya ramalan atau proyeksi apa pun, segalanya bisa serba salah. (Halo, COVID-19) Atau, Anda bahkan dapat mengalami masalah saat semuanya berjalan lancar. Bukan hal yang aneh jika pertumbuhan yang cepat mengganggu arus kas untuk usaha kecil. Baca cara mengatasi masalah arus kas yang paling umum.
Yang mengatakan, dengan perkiraan arus kas yang terdokumentasi dengan baik, saat berikutnya Anda bertanya-tanya apakah Anda harus mencari ruang kantor baru atau peralatan baru yang mengkilap, Anda dapat dengan percaya diri melingkari tanggal di kalender.

Anda memiliki masalah dengan keuangan bisnis Anda? Silahkan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp