BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

4 TIPS YANG WAJIB SAAT BISNIS ANDA MULAI TUMBUH BERKEMBANG

Sebuah bisnis dengan strategi jitu dalam perjalanannya pasti akan mengalami perkembangan. Strategi jitu adalah strategi yang dibuat berdasarkan riste atau pengamatan kondisi disekitar bisnis. Hal apa yang perlu dimanfaatkan sebagai peluang, dan hal apa yang perlu dihindari karena akan menjadi ancaman. Meski begitu, setiap bisnis yang tumbuh akan menghadapi berbagai peluang dan masalah yang menuntut solusi. Solusi setiap tahun bisa saja berbeda, solusi terbaik tahun lalu bisa saja tidak akan bisa mengatasi masalah ditahun ini. Mengenali dan mengatasi masalah umum yang terkait dengan pertumbuhan sangat penting jika bisnis anda ingin terus tumbuh dan berkembang. Yang terpenting, Anda perlu memastikan bahwa langkah-langkah yang anda ambil hari ini tidak menciptakan masalah tambahan untuk masa depan. Kepemimpinan yang efektif akan membantu anda memanfaatkan peluang sebaik mungkin, menciptakan pertumbuhan berkelanjutan untuk masa depan. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Training & Konsultan serta implementor software accounting yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membagikan tips atau kiat yang dapat anda lakukan agar bisnis anda terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Mengikuti Perkembangan Pasar
Riset pasar bukanlah sesuatu yang hanya anda lakukan sekali seumur bisnis anda. Perlu anda ketahui bahwa lingkungan dan kondisi bisnis terus berubah, jadi riset pasar anda pun juga harus berkembang menyesuaikannya. Jika tidak, akan berisiko bagi anda karena anda masih menggunakan hasil riset anda terdahulu atau riset yang sudah ketinggalan jaman. Besar kemungkinan beberapa pelanggan loyal anda anda beralih ke pesaing lain dengan layanan yang lebih baik dan sesuai dengan kondisi pelanggan anda.

Perencanaan Ke Depan
Rencana yang masuk akal untuk anda setahun yang lalu belum tentu tepat untuk anda di tahun ini. Kondisi pasar terus berubah, jadi anda perlu meninjau kembali dan memperbarui rencana bisnis anda secara teratur. Ketika bisnis anda tumbuh, strategi anda pun perlu berkembang agar sesuai dengan keadaan anda yang berubah. Misalnya, fokus anda cenderung berubah dari memenangkan pelanggan baru ke membangun hubungan yang menguntungkan dan memaksimalkan pertumbuhan dengan pelanggan yang sudah ada. Hubungan bisnis yang ada seringkali memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dan juga dapat memberikan arus kas yang andal. Hubungan yang lebih baru dapat meningkatkan turnover, tetapi margin keuntungan mungkin lebih rendah, yang mungkin tidak berkelanjutan. Berhati-hatilah, tanyakan pada diri anda apakah ide-ide baru yang sesuai dengan kekuatan dan visi keseluruhan anda tentang ke mana arah bisnis ini. Ingatlah bahwa setiap perkembangan baru membawa serta risiko yang berubah. Sebaiknya secara teratur meninjau risiko yang anda hadapi dan mengembangkan rencana darurat.

Arus Kas Dan Manajemen Keuangan
Kontrol arus kas yang baik, akan sangat penting untuk bisnis anda, tak terkecuali bisnis apapun itu. Untuk bisnis yang sedang tumbuh, ini adalah elemen penting. Kendala uang tunai dapat menjadi faktor terbesar yang membatasi pertumbuhan bisnis anda dan akhirnya berakibat fatal. Menggunakan sebaik-baiknya keuangan anda harus menjadi elemen kunci dalam perencanaan bisnis dan menilai peluang baru. Dengan sumber daya yang terbatas, anda mungkin perlu melewatkan peluang yang menjanjikan jika mengejar peluang itu akan berarti membuat bisnis inti anda kekurangan dana penting. Setiap elemen modal kerja harus dikontrol dengan hati-hati untuk memaksimalkan arus kas bebas anda. Manajemen kredit yang efektif dan kontrol yang ketat atas hutang yang terlambat sangat penting. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan meningkatkan pembiayaan terhadap hutang dagang. Perencanaan ke depan akan membantu anda mengantisipasi kebutuhan pembiayaan anda dan mengatur pendanaan yang sesuai.

Sistem Yang Tepat
Semua bisnis pasti mengandalkan informasi dalam jumlah besar, seperti catatan keuangan, interaksi dengan pelanggan dan kontak bisnis lainnya, detail karyawan, persyaratan peraturan, dan sebagainya. Semua ini tidak akan berjalan efektif tanpa adanya sistem yang tepat. Tanggung jawab dan tugas dapat didelegasikan ketika bisnis anda tumbuh, tetapi tanpa sistem informasi manajemen yang solid anda tidak dapat mengelola secara efektif. Semakin besar bisnis anda tumbuh, semakin sulit untuk memastikan bahwa informasi dibagikan dan berbagai fungsi bekerja sama secara efektif. Menempatkan infrastruktur yang tepat di tempat adalah bagian penting untuk membantu bisnis anda tumbuh.

Demikian artikel ini dari kami. Terimakasih karena sudah berkunjung ke website kami dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam membuat bisnis plan, atau bimbingan membangun sebuah bisnis startup, membuat desain sistem manajemen perusahaan + plus software accounting, serta training-training implementasi SOP. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp