BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

5 CARA TERBAIK PENGELOLAAN PIUTANG (AR) YANG EFEKTIF

Piutang adalah sejumlah utang yang harus dibayar oleh pelanggan kepada perusahaan. Piutang juga merupakan salah satu aset yang dimiliki perusahaan. Ini seperti pinjaman dari perusahaan kepada pelanggan, dan tentu saja jika ini bisa dikelola dengan baik level omset perusahaan bisa terus meningkat.
Fungsi dibuatnya kebijakan piutang sendiri adalah untuk memperluas ditribusi barang dan membendung para pesaing. Tentu saja agar kebijakan piutang ini dapat berjalan dengan baik anda perlu memiliki beberapa standar tepat dalam pengelolaannya.
Dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan beberapa cara pengelolaan piutang yang tepat, yang mampu meningkatkan profit penjualan perusahaan.

1. Diskon Pembayaran Awal
Diskon pembayaran awal mendorong pelanggan untuk membayar faktur sebelum tanggal jatuh tempo. Ketentuan-ketentuan ini umumnya datang dalam format 1% 10 Net 30 yang berarti pembayar menerima diskon 1% jika Anda menerima pembayaran dalam waktu sepuluh hari sejak tanggal faktur. Jika tidak dibayar dalam waktu sepuluh hari tesebut, pembayaran penuh akan jatuh tempo 30 hari setelah tanggal faktur.

2. Evaluasi Kredit
Sebelum menawarkan kredit kepada pelanggan baru, Anda perlu memastikan bahwa mereka memiliki catatan pembayaran tagihan yang baik atau tepat waktu. Selain itu, buat ketentuan yang jelas dan beri tahu klien anda tentang semua perincian ketentuan tersebut sebelum perjanjian dibuat. Teknik-teknik ini akan meningkatkan efisiensi pengelolaan AR anda dan meningkatkan arus kas perusahaan.

Baca juga artikel terkait: BAGAIMANA MENGHADAPI PENILAIAN RISIKO YANG TEPAT PADA PIUTANG?

3. Sediakan Berbagai Metode Pembayaran
Semakin banyak metode pembayaran (transfer, kartu kredit, cek tradisional, OVO, dll.) yang perusahaan Anda sediakan, semakin banyak pula cara anda dapat menerima pembayaran, dan hal ini tentu juga mempermudah pembayaran pelanggan. Kecepatan anda menerima pembayaran dan biaya yang terkait dengan pembayaran dapat bervariasi menurut metode pembayaran. Namun, pelanggan anda kemungkinan memiliki metode pembayaran yang disukai. Cara ini sangat memungkan Anda untuk menerima pembayaran dengan lebih cepat.

Baca juga artikel terkait: CARA MEMPERLANCAR CASH FLOW DENGAN MENGURANGI JUMLAH PIUTANG

4. Faktur Otomatis
Faktur elektronik menghilangkan penundaan yang jelas dan biaya yang terkait dengan surat pos, tetapi manfaat dari meningkatkan faktur elektronik jauh lebih besar dari itu. Fitur otomatisasi ini juga akan membantu Anda untuk mengurangi kesalahan manusia, menagih pelanggan anda secara instan, dan melacak pembayaran yang masuk untuk mendapatkan visibilitas ke dalam arus kas anda. Mengotomatiskan proses faktur anda juga memungkinkan sebagai pengingat terjadwal untuk memberi tahu pelanggan anda tentang faktur yang belum dibayar melalui email, teks, panggilan telepon, dan saluran komunikasi lainnya. Solusi ini dapat dikonfigurasi untuk menciptakan efisiensi dalam proses pengelolaan AR perusahaan anda.

5. Libatkan Semua Tim dalam Proses
Jangan batasi proses piutang Anda hanya pada tim piutang Anda. Membuat semua tim yang menghadapi klien, semisal tim penjualan, akan membantu Anda untuk menjaga agar semua orang tetap pada pemahaman yang sama. Ini meningkatkan efisiensi, menghindari redundansi, dan menghilangkan kesalahan yang dapat membuang waktu atau merugikan bisnis Anda.

Demikian, semoga bermanfaat. Dan jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel diatas, atau membutuhkan eduasi perihal pengelolaan AR untuk perusahaan anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp