BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

5 FAKTOR PENTING UNTUK MENCAPAI SUKSES PADA BISNIS KECIL DI 2021

Menciptakan bisnis kecil yang sukses bisa dimulai kapan saja meski tidak mudah. Tetapi setelah bisnis di seluruh dunia terpukul selama tahun 2020, ini mungkin tampak lebih sulit akhir-akhir ini. Tapi jangan biarkan waktu menghambat Anda, dan meskipun mungkin ada lebih banyak tantangan di depan, akan ada lebih banyak peluang di tahun 2021.
Berikut adalah beberapa kendala umum dalam memulai dan menjalankan bisnis kecil yang dapat menghalangi pengusaha untuk sukses:
• Kehabisan uang atau tidak memiliki anggaran yang memadai
• Kehilangan pelanggan karena persaingan
• Tidak membangun pengenalan nama
• Tidak berinteraksi dengan target audiens
• Tidak menciptakan loyalitas merek
• Masalah tak terduga yang memengaruhi bisnis – seperti pandemi
Untungnya, untuk setiap rintangan, ada cara untuk membangun jembatan di atasnya, mengelilinginya atau bahkan melewatinya. Mari kita lihat area utama tersebut dan bagaimana mereka dapat membuka jalan menuju kesuksesan bisnis kecil Anda ditahun mendatang.

1. Kenali audiens Anda.
Demografi adalah bagian penting dari penelitian dan kesuksesan. Mencari tahu siapa target audiens Anda sebelum Anda meluncurkan bisnis mungkin tampak mudah, tetapi dampaknya pada faktor-faktor lain tidak dapat diremehkan.
Dengan ide yang jelas tentang audiens Anda, Anda dapat:
• Sederhanakan produk dan layanan Anda untuk memastikannya menarik bagi demografis target tersebut.
• Letakkan anggaran pemasaran Anda di tempat yang paling menguntungkan.
• Tentukan bagian dari audiens target yang paling berpotensi untuk berkembang.
• Jangkau konsumen Anda dengan cara yang menarik bagi mereka.
• Kembangkan apa yang Anda ketahui tentang audiens Anda untuk menciptakan koneksi dan membangun loyalitas merek.
Pentingnya sentuhan pribadi berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Mengetahui fakta dasar tentang siapa yang Anda hubungi membuat segala upaya menjadi jauh lebih efektif.

2. Gunakan pemasaran media sosial.
Ini salah satu yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya: Letakkan merek Anda di media sosial.
Hanya karena Anda telah mendengar nasihatnya, bukan berarti sudah jelas mengapa itu sangat penting. Mengapa perusahaan pemasaran setelah perusahaan pemasaran berbicara tentang penggunaan media sosial? Nah, hampir 50% populasi dunia menggunakan media sosial setiap hari. Itu sumber daya yang sangat besar untuk pemasaran.
Pengguna media sosial seringkali dapat dibedakan berdasarkan demografis. Usia tertentu lebih cenderung aktif di Facebook, orang lain di Instagram, dan sebagainya. Itu keuntungan bagi pemasaran bertarget.
Lebih dari setengah pengguna media sosial beralih ke platform pilihan mereka untuk meneliti merek yang tidak mereka kenal. Pada dasarnya, tidak membuat perusahaan Anda dapat diakses melalui media sosial menurunkan peluang Anda untuk sukses sebagai bisnis kecil.
Seperti yang ditemukan oleh penelitian ini dan yang lainnya, pemasaran media sosial memiliki dampak besar tidak hanya pada kesadaran merek, tetapi loyalitas merek. Pada akhirnya, kita adalah hewan pengangkut, selalu mencari tim atau kelompok untuk bergabung. Menempatkan merek Anda di media sosial dan membiarkan jalur itu menjadi saluran pemasaran yang signifikan memberi perusahaan Anda lebih banyak peluang untuk memenuhi kebutuhan itu bagi konsumen Anda.
Sementara kita berbicara tentang pemasaran, berikut adalah aspek yang mungkin tidak terpikir oleh Anda penting untuk menciptakan kesuksesan bisnis kecil: waktu cerita.
Perusahaan Anda punya cerita. Anda mungkin tidak menganggapnya dramatis, tetapi drama bukanlah bagian yang penting. Sekali lagi, ini berhubungan kembali dengan keaslian dan betapa pentingnya hal itu bagi konsumen. Ini tentang hubungan yang Anda buat dengan audiens Anda, dan menceritakan kisah tentang bagaimana bisnis Anda dimulai adalah cara yang fantastis untuk melakukannya.
Faktor ini bisa menjadi lebih penting untuk bisnis kecil. Bahkan jika Anda mendapatkan dukungan finansial yang baik, sumber daya Anda kemungkinan besar akan lebih terbatas daripada bisnis yang lebih besar. Membuat hubungan pribadi dengan setiap pelanggan Anda dapat menutupi kekurangan itu, karena hal itu meningkatkan kemungkinan pelanggan Anda akan menyebarkan berita tentang bisnis Anda dari mulut ke mulut.
Jika pelanggan Anda menyukai merek Anda – tidak hanya produk Anda, tetapi merek Anda – maka mereka akan berinvestasi di dalamnya, membangun loyalitas mereka sendiri, dan terus berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan Anda.
Ceritakan kisah Anda secara keseluruhan dan sebagian. Sertakan versi lengkap yang ditulis dengan baik, menyentuh, sepenuh hati, dan bahkan mungkin menghibur di situs web Anda. Gunakan anekdot, sketsa, dan kutipan dalam pemasaran media sosial Anda. Tarik perhatian orang dengan membiarkan mereka melihat orang di balik merek; orang ke orang inilah yang membuat koneksi bertahan lama.

3. Membangun tim yang hebat.
Bisnis Anda dibangun di atas ide yang bagus, tetapi keberhasilannya bergantung pada cara Anda berinteraksi dengan audiens Anda. Pada akhirnya, perusahaan yang sukses dibangun di atas kekuatan karyawannya.
Kita semua memiliki pengalaman pergi ke toko besar, meminta bantuan atau bimbingan dari karyawan, dan tidak mendapatkan banyak balasan. Mungkin karyawan tersebut belum dilatih dengan baik. Mungkin mereka baru saja jatuh melalui celah. Mungkin mereka menganggap itu pekerjaan dengan upah minimum dan tidak masalah apa yang mereka lakukan.
Terlepas dari alasannya, perusahaan menerima pukulan besar dari kinerja karyawan yang lemah. Meluangkan waktu dan upaya untuk membangun tim yang luar biasa, bersemangat dengan apa yang mereka lakukan, adalah blok bangunan penting dari kesuksesan bisnis kecil.
Ini memang membutuhkan pemikiran di luar kotak. Anda tidak hanya harus melakukan wawancara ekstensif yang dilaksanakan dengan cerdas dan selektif dalam perekrutan, Anda harus terlebih dahulu menarik orang-orang tersebut ke bisnis Anda. Ini bisa jadi sulit jika Anda melalui proses perekrutan sebelum bisnis dibuka, seperti yang sering terjadi.
Di situlah branding perusahaan berperan. Bangun merek Anda sebagai perusahaan dengan memperkuat tujuan dan nilai yang dibangun perusahaan Anda, mengemasnya dengan cara yang menarik bagi kandidat ideal Anda. Anda mencari orang yang berpikiran sama, jadi tempatkan diri Anda pada posisi karyawan Anda.

4. Fokus pada layanan pelanggan.
Berikut poin penting lainnya yang mungkin tampak jelas bagi Anda: Pastikan layanan pelanggan Anda sebaik mungkin.
Ini adalah poin lain yang jauh lebih penting untuk bisnis pemula. Orang mengharapkan layanan pelanggan yang baik dari bisnis kecil; mereka memiliki ekspektasi yang lebih tinggi karena mereka tahu taruhannya lebih tinggi untuk bisnis tersebut. Dan memang benar – Anda tidak memiliki sumber daya yang dimiliki perusahaan yang lebih besar atau lebih mapan. Anda harus berjuang untuk mempertahankan pelanggan Anda.
Karena itu, tidak selalu hanya memberikan telinga yang mendengarkan. Terkadang, layanan pelanggan yang paling berdampak adalah layanan yang memberikan solusi yang tidak terduga. Latih perwakilan layanan pelanggan Anda untuk berpikir out of the box. Jadika kebahagiaan pelanggan kebijakan perusahaan, bukan hanya kepuasan pelanggan.

5. Beradaptasi.
Kunci terakhir adalah kemampuan beradaptasi. Setelah pandemi melanda tahun lalu, banyak bisnis kecil (dan beberapa yang lebih besar) tenggelam hanya karena mereka tidak siap untuk beradaptasi. Adaptabilitas bukanlah kasus menjadi siap hanya untuk perubahan yang diharapkan, seperti yang diproyeksikan oleh prakiraan bisnis dan trendsetter. Kemampuan beradaptasi berarti Anda siap untuk melakukan apa pun yang terjadi, baik Anda melihatnya datang atau tidak.
Ketika bisnis ditutup dan mandat tinggal di rumah diturunkan, peralihan ke penjualan online adalah satu-satunya cara bagi banyak bisnis untuk bertahan hidup. Sewaktu mereka membuat perubahan, mereka melihat bahwa mereka dapat mempertahankannya. Menawarkan lebih banyak layanan online menjadi lebih dari sekedar teknik bertahan hidup; ini menjadi cara untuk meningkatkan layanan pelanggan mereka, meningkatkan reputasi dan merek mereka pada gilirannya.
Itu hanya satu contoh. Betapapun tidak menentunya dunia bisnis global sekarang, satu-satunya hal yang dapat kita yakini adalah bahwa lebih banyak peristiwa yang tidak terduga akan terjadi. Perusahaan yang benar-benar dapat beradaptasi akan mampu mengatasi, bertahan, dan bahkan berkembang, apa pun yang terjadi.

Itu tadi beberapa poin penting yang perlu Anda terapkan pada bisnis kecil Anda agar mampu mencapai sukses yang Anda inginkan. Jika Anda membutukan informasi lain seputar bisnis, atau membutuhkan software accounting untuk mengotomatiskan alur keuangan Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp