BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

5 KESALAHAN UMUM DALAM ACCOUNT RECEIVABLE MANAGEMENT YANG PERLU ANDA SEGERA HINDARI

Mengelola piutang bisa menjadi tugas yang sangat berat, sehingga mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan buruk demi melewati sesuatu dari daftar tugas. Tetapi kebiasaan buruk dapat menyebabkan kesalahan yang sangat merugikan. Kesalahan ini dapat menyebabkan perusahaan Anda meningkatkan piutang yang telah jatuh tempo dan jumlah hutang buruk mereka.
Account Receivable Management merupakan tugas penting untuk setiap bisnis. Jika dikelola dengan tidak tepat, Anda akan melihat arus kas Anda menurun, yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Terlepas dari pentingnya ini, bagaimanapun, dalam ar management memang sering menjadi tempat terjadinya banyak kesalahan seperti lima kesalahan umum ini.

1. Kegagalan Menindaklanjuti
Masalah ini lebih umum terjadi pada bisnis kecil, yang mana setiap anggota staf diminta untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan berbeda. Hal ini akan menghabiskan waktu Anda, Anda perlu mempekerjakan karyawan khusus untuk menangani tindaklanjut. Jika Anda masih melakukan perkerjaan yang merangkap pada karyawan Anda, hal ini mungkin saja menjadikan tugas yang tampaknya kecil seperti mengirimkan pemberitahuan akan terjadi keterlambatan atau jatuh tempo. Tagihan menjadi semakin terlambat.

2. Tidak Memeriksa Pelanggan
Anda tidak boleh meremehkan pentingnya menyelidiki aplikasi pelanggan baru dengan benar.
Jika Anda menyelidiki pelanggan dengan benar saat mereka mengajukan akun, Anda dapat menghemat banyak waktu dan energi di kemudian hari. Jika tim piutang Anda menyetujui semua orang, Anda akan mendapatkan lebih dari beberapa akun bermasalah saat tiba waktunya untuk menagih.

3. Gagal Mengecek Pelanggan
Bahkan jika pelanggan memiliki kredit yang bagus untuk memulai, tidak ada salahnya untuk memeriksanya dari waktu ke waktu. Keadaan yang bisa berubah tidak menutup kemungkinan akan terjadi. Seorang pelanggan yang pernah memiliki reputasi baik mungkin tiba-tiba berhenti membayar tepat waktu. Perhatikan pola pembelian di akun mereka dan juga pola pembayarannya. Jika banyak hal telah berubah, itu mungkin sebuah keprihatinan yang perlu Anda cek. Memeriksa pelanggan secara rutin juga dapat memberikan wawasan tentang layanan apa yang digunakan, dibutuhkan, dan diinginkan pelanggan — dan bahkan bagaimana Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik.

4. Menempatkan Prioritas di Tempat Lain
Mungkin kesalahan terbesar yang dilakukan perusahaan mana pun dengan piutang dan penagihan adalah tidak menjadikannya sebagai prioritas. Perusahaan yang lebih besar mungkin memotong staf departemen atau gagal berinvestasi dalam teknologi baru, sementara bisnis yang lebih kecil mungkin menunda tugas karena jadwal yang sibuk.
Di hampir semua bisnis, bagaimanapun, mendapatkan bayaran harus menjadi prioritas nomor satu. Jika Anda tidak menekankan pada piutang usaha, mungkin inilah saatnya untuk membuat perubahan.

5. Tidak Menawarkan Metode Pembayaran Ganda
Apakah Anda membatasi jumlah cara pelanggan dapat membayar Anda? Sementara metode pembayaran online semakin populer, tidak semua bisnis telah mengadopsinya. Beberapa orang berpendapat bahwa biayanya terlalu besar; yang lain tidak memiliki teknologi untuk menerima pembayaran seperti itu.
Meskipun demikian, peralihan untuk menerima beberapa metode pembayaran — terutama pembayaran online — mempercepat dan mempermudah pelanggan untuk membayar Anda. Dan jika cepat dan mudah dilakukan, kemungkinan besar mereka akan membayar — dan membayar tepat waktu.

Mengelola piutang dagang (AR) bisa menjadi tugas yang menakutkan, hanya karena satu kesalahan yang Anda buat akan berpotensi membahayakan seluruh hubungan yang telah Anda bangun dengan pelanggan Anda. Jika Anda telah mengelola AR perusahaan Anda untuk waktu yang lama, Anda mungkin sudah mempelajari semua pelajaran. Tetapi jika Anda baru dalam peran tersebut, selalu lebih baik untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi masalah yang mungkin Anda hadapi daripada melakukan semuanya dengan cara coba-coba. Jika Anda sekarang tengah mengalami kesulitan dalam manajemen AR, dan membutuhkan profesional yang sudah berpengalaman puluhan tahun untuk menangai AR. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp