BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

5 LANGKAH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Analisis laporan keuangan melibatkan pemahaman tentang situasi keuangan organisasi dengan meninjau laporan keuangannya. Hasil dapat digunakan untuk membuat keputusan investasi dan pinjaman. Ini juga proses memeriksa kinerja perusahaan dalam konteks industri dan lingkungan ekonomi untuk mencapai keputusan atau rekomendasi. Seringkali, keputusan dan rekomendasi yang dibahas oleh analis keuangan berkaitan dengan penyediaan modal bagi perusahaan, khususnya apakah akan berinvestasi dalam utang atau sekuritas ekuitas perusahaan dan berapa harganya. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Software Accounting Surabaya) akan menuliskan langkah-langkah dalam analisis laporan keuangan.

Identifikasi strategi perusahaan.
Lihat sifat produk / layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, termasuk keunikan produk, tingkat margin laba, penciptaan loyalitas merek, dan pengendalian biaya. Selain itu, faktor-faktor seperti integrasi rantai pasokan, diversifikasi geografis dan diversifikasi industri harus dipertimbangkan.

Menilai kualitas laporan keuangan perusahaan.
Tinjau laporan keuangan utama dalam konteks standar akuntansi yang relevan. Dalam memeriksa akun neraca, masalah seperti pengakuan, penilaian, dan klasifikasi adalah kunci untuk evaluasi yang tepat. Pertanyaan utamanya adalah apakah neraca ini merupakan representasi lengkap dari posisi ekonomi perusahaan. Ketika mengevaluasi laporan laba rugi, poin utamanya adalah menilai dengan benar kualitas laba sebagai representasi lengkap dari kinerja ekonomi perusahaan. Evaluasi laporan arus kas membantu dalam memahami dampak dari posisi likuiditas perusahaan dari operasi, investasi dan aktivitas keuangan selama periode tersebut. Pada dasarnya, dari mana dana berasal, ke mana mereka pergi, dan bagaimana keseluruhan likuiditas perusahaan itu terpengaruh.

Analisis profitabilitas dan risiko saat ini.
Ini adalah langkah di mana profesional keuangan benar-benar dapat menambah nilai dalam evaluasi perusahaan dan laporan keuangannya. Alat analisis yang paling umum adalah rasio laporan keuangan utama yang berkaitan dengan likuiditas, manajemen aset, profitabilitas, manajemen / cakupan utang dan penilaian risiko / pasar. Sehubungan dengan profitabilitas, ada dua pertanyaan besar yang harus ditanyakan yakni seberapa menguntungkan operasi perusahaan relatif terhadap asetnya, terlepas dari bagaimana perusahaan membiayai aset itu dan seberapa menguntungkan perusahaan dari perspektif pemegang saham ekuitas. Penting juga untuk mempelajari cara memisahkan tindakan pengembalian menjadi faktor dampak utama. Terakhir, penting untuk menganalisis rasio laporan keuangan apa pun secara komparatif, dengan melihat rasio saat ini terkait dengan rasio periode sebelumnya atau relatif terhadap rata-rata perusahaan atau industri lainnya.

Mempersiapkan laporan keuangan yang diperkirakan.
Meskipun sering menantang, profesional keuangan harus membuat asumsi yang masuk akal tentang masa depan perusahaan (dan industrinya) dan menentukan bagaimana asumsi-asumsi ini akan berdampak pada arus kas dan pendanaan. Ini sering mengambil bentuk laporan keuangan pro-forma, berdasarkan teknik seperti persentase pendekatan penjualan.

Nilai perusahaan.
Meskipun ada banyak pendekatan penilaian, yang paling umum adalah jenis metodologi arus kas diskonto. Arus kas ini bisa dalam bentuk dividen yang diproyeksikan, atau teknik yang lebih terperinci seperti arus kas bebas ke pemegang saham atau atas dasar perusahaan. Pendekatan lain mungkin termasuk menggunakan penilaian relatif atau tindakan berbasis akuntansi seperti nilai tambah ekonomi.

Baca juga : Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

Demikian artikel dari kami, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, software accounting, atau outsourching accounting. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp