BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

5 MASALAH YANG DAPAT ANDA HINDARI DENGAN MANAJEMEN ASET YANG BAIK

Aset atau aktiva adalah segala kekayaan atau sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat berupa benda atau hak yang dimiliki oleh perusahaan. Apa pun jenis aset yang dimiliki oleh perusahaan anda, apakah itu berwujud atau tidak berwujud, mengelola aset bukanlah tugas yang mudah. Terutama jika anda memiliki sejumlah besar aset yang harus anda jual kepada pelanggan atau klien. Meskipun ada berbagai tantangan yang harus anda hadapi dalam mengelola aset anda, tidak mustahil membuat prosesnya lebih mudah dan sederhana. Dan sebaliknya jika anda lemah dalam manajemen aset maka aka nada beberapa problem yang nantinya akan menimpa anda. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Software Accounting yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan menuliskan beberapa masalah yang dapat anda hindari dengan manajemen aset yang baik.

Biaya Lebih Tinggi
Kurangnya wawasan tentang aset bisnis yang tersedia berarti organisasi seringkali tidak mengetahui kondisi aset operasi yang mereka miliki. Jadi tidak jelas seperti apa pemeliharaan yang diperlukan, atau mungkinkah lebih murah hanya dengan menggantinya. Jika aset bisnis benar-benar gagal, tentu saja mereka harus diperbaiki. Ini dapat memiliki pengaruh langsung pada perusahaan anda karena dapat membuat sebagian dari perusahaan anda terhenti. Itu adalah mimpi buruk mutlak untuk setiap fasilitas, aset, atau manajer pemeliharaan. Berbeda dengan pemeliharaan preventif, pemeliharaan reaktif ini memerlukan biaya lebih tinggi karena tindakan hanya diambil ketika sudah terlambat.

Tanggung Jawab Hukum
Perusahaan secara hukum bertanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan rutin, dan mereka berisiko denda jika mereka tidak dapat menunjukkan bahwa mereka telah melakukan ini. Jika tidak ada ikhtisar yang jelas, anda tidak tahu aset bisnis apa yang anda miliki dan yang perlu anda uji. Dokumentasi pemeliharaan yang telah dilakukan harus berurutan. Jika tidak, perusahaan anda dapat dimintai pertanggungjawaban jika ada kecelakaan.

Peningkatan Risiko
Perawatan yang buruk disertai dengan risiko. Sebagai contoh, pertimbangkan pemeliharaan yang tidak memadai pada instalasi pendingin udara atau penyediaan air, yang memiliki efek negatif pada kesehatan pengguna ruang. Merawat beberapa peralatan memerlukan tindakan pencegahan, pakaian khusus, atau peralatan khusus. Tanpa manajemen aset yang sehat, tidak jelas tindakan pencegahan apa yang perlu diambil, sehingga melakukan pekerjaan pemeliharaan menciptakan situasi berbahaya.

Negosiasi Yang Sulit Dengan Pemasok
Bernegosiasi dengan pemasok untuk membeli aset bisnis menjadi lebih sulit tanpa wawasan tentang kinerja aset yang sudah dimiliki perusahaan. Misalnya, anda tidak tahu berapa nilainya, dan kondisi apa yang dapat anda berikan kepada pemasok. Pemeliharaan aset bisnis yang ada seringkali juga dilakukan oleh pihak luar. Tanpa wawasan tentang jumlah dan kondisi, tidak mungkin untuk meminta penawaran yang dapat dipercaya karena tidak jelas bagi perusahaan pemeliharaan seberapa banyak pekerjaan yang harus mereka lakukan.

Penganggaran Sulit
Kurangnya pengawasan juga menyebabkan kesulitan di tingkat keuangan. Anggaran pemeliharaan apa yang akan anda minta, misalnya, jika anda tidak tahu berapa banyak aset bisnis, apa kondisinya, dan mana yang harus diganti? Anda harus dapat menghasilkan bukti ini selama negosiasi anggaran. Negosiasi dengan manajemen tentang anggaran belanja juga menjadi lebih mudah dengan bukti tersebut. Pertimbangkan untuk menunjukkan siklus hidup, misalnya, atau konsumsi daya (terlalu tinggi).

Baca juga : Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

Demikian artikel ini, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, accounting software, accounting outsourching, atau training accounting. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp