BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

5 STRATEGI PRAKTIS PENJUALAN TOKO RITEL

Setiap bisnis pasti menginginkan penjualan, tidak terkecuali bisnis ritel. Namun, menghasilkan penjualan tanpa pemasaran hampir tidak mungkin. Pemasaran berkaitan dengan bagaimana calon pelanggan dan pelanggan saat ini, serta pasar atau segmen bisnis ritel Anda.
Menggunakan strategi pemasaran yang tepat bisa sangat menguntungkan bagi bisnis ritel Anda, mendorong kesadaran merek Anda dan menghasilkan kepercayaan tertentu untuk barang yang ditawarkan di toko online dan toko fisik Anda. Strategi pemasaran yang efektif juga memberikan aliran pelanggan baru yang stabil, menghasilkan rujukan yang menarik dari mulut ke mulut dari pelanggan yang puas dan, tentu saja, meningkatkan alokasi sumber daya pemasaran yang langka.
Ada banyak aspek spesifik dari bisnis ritel Anda yang harus ditangani dengan taktik pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan, dan di bawah ini akan kami sampaikan beberapa diantara.

1. Buat etalase yang mengesankan.
Pertumbuhan toko e-commerce telah memaksa toko bata-dan-mortir untuk meningkatkan daya tarik pengalaman mereka. Pelanggan memiliki banyak pilihan dalam hal membeli produk, dan agar pengecer menonjol, ia harus menawarkan pengalaman yang luar biasa. Dan meskipun banyak bisnis suka mengabaikan aspek penting dari pemasaran ritel mereka, satu-satunya cara untuk menarik orang yang lewat ke toko online atau fisik Anda adalah dengan mengoptimalkan desain etalase Anda.

2. Motivasi karyawan Anda dengan upah dan paket kompensasi yang lebih baik.
Karyawan Anda adalah media branding bisnis ritel Anda, dan Anda perlu memberi mereka insentif untuk mendapatkan hasil terbaik. Ketika Anda memberi kompensasi kepada karyawan Anda dengan benar, Anda dapat menciptakan kesan yang luar biasa pada pelanggan Anda dengan pengalaman yang tak terlupakan.
Jika Anda dapat mempekerjakan dan mempertahankan karyawan yang berorientasi pelanggan, jangka panjang, dan berkomitmen, kemungkinan besar Anda akan meningkatkan tingkat retensi pelanggan, mengurangi pergantian karyawan, dan meningkatkan profitabilitas. Juga, jika Anda memotivasi tim penjualan Anda dengan paket kompensasi, mereka didorong untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan penjualan.
Anda juga dapat mendorong berbagi pemasaran baru dan aktivasi manajemen hubungan pelanggan dengan staf Anda karena mereka mungkin hanya memiliki pemahaman kontekstual yang lebih baik tentang pelanggan Anda dan pelanggan potensial karena hubungan pribadi mereka dengan mereka.

Baca juga artikel terkait: TIGA STRATEGI KELOLA UANG YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP RITEL KECIL

3. Memberikan pelatihan karyawan yang memadai.
Pelatihan karyawan yang substantif dapat membuat perbedaan antara Anda dan pesaing Anda. Para ahli pun benar-benar merekomendasikan mengatur sesi pelatihan dan konferensi reguler untuk mempertahankan karyawan dan mengikuti tren industri. Jika Anda lalai melatih karyawan Anda, perusahaan Anda akan tertinggal di ceruk pasar Anda.

4. Pahami pasar.
Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu melakukan riset pasar untuk mendapatkan data pasar ritel yang mendalam terkait kinerja penjualan, portofolio toko, dan analisis pesaing, serta melacak tren ritel dan konsumen yang berubah dengan cepat.

Baca juga artikel terkait: 3 CARA UTAMA MENINGKATKAN AKURASI FORECASTING PENJUALAN BISNIS RITEL

5. Manfaatkan kemampuan media sosial.
Hampir semua bisnis, ritel atau tidak, memiliki beberapa bentuk kehadiran media sosial. Namun, sangat sedikit dari mereka yang sepenuhnya memanfaatkan kemampuan media sosial. Anda dapat berinvestasi dalam iklan media sosial yang memudahkan Anda untuk tampil di depan orang-orang yang kemungkinan akan membeli produk Anda dan mengonversinya atau mengirimkannya ke saluran penjualan Anda. Dengan pentingnya media sosial bagi kehidupan banyak orang, Anda dapat mulai menargetkan pelanggan yang secara khusus tertarik dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan di bisnis ritel Anda, online atau offline.

Kesimpulan
Tidak semua strategi pemasaran akan berhasil untuk Anda, jadi penting untuk bereksperimen dan menjadi kreatif dalam menggunakan atau menggabungkan berbagai taktik pemasaran dengan sentuhan pribadi untuk membuat bisnis ritel Anda tumbuh dalam kesadaran, popularitas, dan, pada akhirnya, penjualan.
Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen ritel atau strategi omnichannel, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp