BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

6 KESALAHAN UMUM DALAM PENANGANAN FAKTUR

 

Mengirim faktur ke klien Anda adalah langkah penting untuk menerima pembayaran. Tidak diragukan lagi, Anda memahami ini. Namun, sering kali karena tergesa-gesa mengirimkan faktur tersebut, Anda mungkin membuat beberapa kesalahan faktur umum yang menyebabkan penundaan pembayaran. Dalam artikel ini akan menampilkan beberapa kesalahan umum dalam faktur yang dapat Anda perbaiki / hindari dengan mudah:

Kesalahan # 1: Mengirimkan Faktur ke Orang yang Salah
Apakah ini terjadi pada Anda? Anda mengirim faktur ke sebuah perusahaan, hanya untuk mengetahui bahwa setelah dua hari mereka masih belum membayar. Anda menindaklanjuti, dan klien merespons dengan mengatakan bahwa mereka bukan kontak yang tepat dan Anda perlu mengirimkan faktur ke orang X. Anda sekarang telah menyia-nyiakan dua hari dan harus memulai kembali proses faktur. Alih-alih, ikat ujung-ujung longgar itu di awal hubungan dengan menanyakan siapa kontak penagihan utama Anda.

Kesalahan # 2: Tidak Menyatakan Istilah
Penting untuk menentukan persyaratan dan memberikan perincian terperinci tentang layanan dan biaya untuk menghindari creep cakupan yang dapat terjadi dengan proyek apa pun.
Penting juga untuk menyatakan kembali persyaratan ini dan menentukan layanan apa yang Anda berikan saat membuat faktur. Mengapa? Jadi Anda bisa melindungi diri Anda dari creep teropong ini. Klien terkadang dapat menuntut lebih banyak waktu Anda dengan meminta revisi dan perubahan tambahan setelah Anda ditagih. Mengulangi istilah melindungi Anda dari perilaku ini.

Kesalahan # 3: Tidak Menindaklanjuti
Anda telah mengirimkan faktur. Tiga minggu telah berlalu dan masih belum ada pembayaran. Apakah Anda sudah menindaklanjuti?
Saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa kali saya telah mengirim faktur, ditindaklanjuti seminggu kemudian dan menerima permintaan maaf dan pembayaran pada hari yang sama.
Beberapa klien lupa membayar karena mereka sibuk, dan yang lain menunggu sampai Anda mendesak mereka (ya, klien ini ada). Dalam kedua kasus tersebut, melakukan follow up atau tindak lanjut akan memecahkan masalah keterlambatan pembayaran.

Kesalahan # 4: Tidak Memudahkan Pembayaran
Klien telah menerima faktur Anda, tetapi ada satu masalah: mereka tidak tahu bagaimana membayar Anda. Terdengar akrab? Anda perlu memberi tahu klien Anda cara membayar Anda, baik melalui transfer bank atau melalui platform pembayaran online.
Meskipun Anda telah menentukan metode pembayaran, tanyakan pada diri Anda, “Apakah saya telah mempermudah klien saya untuk membayar saya?” Jika kemampuan membayar tidak cukup dengan sekali klik, Anda harus mempertimbangkan untuk mengubahnya.

Kesalahan # 5: Biaya Kejutan
Tidak ada yang menyukai biaya kejutan, dan pelanggan Anda juga demikian. Jika Anda perlu melakukan pekerjaan tambahan yang melampaui perjanjian, bicarakan dengan klien Anda sebelum membuat faktur.

Kesalahan # 6: Mengirim Faktur yang Salah
Sudahkah Anda mengirimkan invoice, hanya menyadari bahwa tanggalnya salah, nomor invoice salah, ada kesalahan ejaan dan Anda belum mereferensikan PO atau menyertakan informasi yang diminta klien? Saya yakin Anda telah melakukan setidaknya satu dari kesalahan ini, terutama saat membuat faktur di Excel. Solusinya adalah mengoreksi faktur Anda sebelum mengirimnya untuk mencegah email bolak-balik terus-menerus.

Demikian beberapa kesalahan, tentu saja Anda bisa menghindari kesalahan ini dengan beberapa praktik ternaik seperti penggunaan software yang tepat. Jika Anda sering mendapatkan masalah perihal faktur dan mencari software accounting yang cocok. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau bisa langsung menghubungi nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp