BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

6 TIPS MENCEGAH PENIPUAN PENGGAJIAN

Ada banyak cara untuk mencuri dari individu atau organisasi. Ketika Anda berpikir untuk mencuri, Anda mungkin membayangkan mengutil, merampok bank, dan membobol rumah. Tapi itu hanya beberapa cara seseorang bisa mencuri. Salah satu cara paling umum bagi orang untuk melakukan pencurian di tempat kerja adalah melalui penipuan penggajian.
Penipuan penggajian terjadi ketika seorang karyawan atau majikan memanipulasi sistem penggajian untuk mengambil uang yang bukan haknya. Dari kesalahan klasifikasi karyawan dan jam tambahan hingga menggunakan karyawan hantu, penipuan penggajian terjadi dalam banyak bentuk, yang semuanya mengancam bisnis kecil. Faktanya, penipuan penggajian dua kali lebih mungkin terjadi pada bisnis kecil jika dibandingkan dengan organisasi besar.
Pada artikel ini, kita akan melihat secara mendalam apa itu penipuan penggajian dan menjelaskan skema penipuan penggajian yang berbeda. Mungkin yang paling penting, kami akan memberi Anda tips tentang cara mencegah penipuan penggajian sejak awal. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab penipuan penggajian dan cara mendeteksinya, atau gunakan tautan di bawah untuk menavigasi pos.
Apa itu penipuan penggajian?
Kecurangan penggajian adalah ketika seseorang secara tidak sah mengubah sistem penggajian untuk memanipulasi kompensasi karyawan. Ini adalah kejahatan yang dapat dilakukan oleh karyawan dan majikan.
Karyawan dapat melakukan penipuan penggajian dengan mencatat jam mereka tidak bekerja atau secara diam-diam meningkatkan tingkat kompensasi mereka. Di sisi lain, pengusaha dapat melakukan penipuan penggajian dengan menahan upah dan tunjangan yang harus mereka bayarkan kepada karyawan mereka. Dalam kedua kasus, satu pihak sedang menipu dan mencuri dari yang lain untuk memperkaya diri mereka sendiri.

Jika seorang karyawan atau pemberi kerja melakukan penipuan penggajian, mereka dapat mengajukan tuntutan hukum . Pihak yang menjadi korban seringkali dapat menuntut untuk mendapatkan kembali uang yang dicuri dari mereka. Jenis kasus ini sering tunduk pada undang-undang perburuhan negara bagian, jadi hubungi pengacara setempat jika Anda mempertimbangkan gugatan penipuan penggajian.
Jika Anda seorang karyawan yang gaji Anda ditahan secara ilegal oleh majikan, Anda mungkin berhak untuk membayar kembali. Namun, penting untuk bertindak cepat jika Anda menemukan majikan Anda melakukan penipuan penggajian. Secara umum, undang-undang pembatasan adalah dua tahun untuk pelanggaran upah yang tidak disengaja dan tiga tahun untuk pelanggaran upah yang disengaja.

6 Tips Mencegah Penipuan Penggajian
Seperti banyak hal lainnya, dalam hal penipuan penggajian, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terlibat dalam pertempuran hukum, menghubungi pihak berwenang, dan berusaha memulihkan uang curian dapat membuat situasi sulit—dan mahal—. Saat Anda melakukan tindakan untuk mendeteksi dan mengurangi penipuan, Anda meminimalkan kemungkinan Anda harus berurusan dengan masalah hukum di kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara usaha kecil dapat melawan penipuan penggajian:

Langkah satu: Pahami klasifikasi karyawan
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda dapat menghadapi hukuman serius karena salah mengklasifikasikan pekerja Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset untuk mengetahui cara mengklasifikasikan karyawan Anda dengan benar.

Langkah kedua: Kurangi penipuan kartu absen
Berikan pekerja dengan pedoman yang jelas tentang kapan mereka bisa dan tidak bisa masuk kerja. Anda bahkan dapat menerapkan langkah-langkah verifikasi identitas, seperti kartu identitas atau sidik jari. Dan, tentu saja, menugaskan manajer untuk meninjau dan menandatangani lembar waktu karyawan setiap periode pembayaran.

Langkah ketiga: Perhatikan skema komisi
Pastikan untuk meninjau kebijakan komisi perusahaan Anda secara teratur. Selain itu, perhatikan catatan karyawan yang mendapatkan komisi paling banyak. Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk mengaudit penjualan mereka untuk memastikan mereka mendapatkan semua komisi mereka.

Langkah empat: Cari penipuan kompensasi pekerja
Pertama, buat kebijakan yang jelas untuk melaporkan cedera di tempat kerja. Beri tahu karyawan kepada siapa harus melaporkan cedera, serta kapan dan bagaimana melaporkannya. Juga, pasang kamera keamanan sehingga potensi cedera di tempat kerja dapat direkam.

Langkah lima: Hindari penggajian hantu
Solusi sederhana untuk skema ini adalah mengirimkan cek secara fisik kepada karyawan. Jika ini tidak nyaman, Anda juga dapat meninjau daftar gaji dan mengatasi perbedaan secara berkala. Cari hal-hal seperti alamat duplikat dan nomor rekening, dan tanyakan kepada pemegang buku Anda tentang penipuan penggajian.

Langkah enam: Awasi penipuan pihak ketiga
Peretas dan penipu adalah ancaman terus-menerus bagi bisnis kecil. Untuk mencegah skema ini, mendidik staf Anda tentang penipuan phishing umum. Anda juga dapat meningkatkan ke sistem penggajian yang aman. Dengan perangkat lunak pemrosesan penggajian kami, Anda dapat dengan mudah mengelola penggajian sambil menjaga informasi staf Anda aman dari pihak ketiga yang jahat.

Akhir Kata
Penipuan penggajian tidak unik untuk satu jenis bisnis. Ini dapat terjadi pada bisnis baik kecil maupun besar, di industri atau sektor apa pun. Dan, begitu itu terjadi, itu bisa menjadi masalah besar bagi semua orang yang terlibat. Uang dapat dicuri, privasi dapat diserang, dan basis data dapat dikompromikan. Itulah mengapa selalu yang terbaik untuk mencegah penipuan penggajian sebelum itu terjadi.
Dengan mengetahui bagaimana penipuan penggajian dilakukan dan mengikuti tips pencegahan penipuan dalam artikel ini, Anda dapat menjaga keamanan perusahaan Anda. Selain mudah digunakan, perangkat lunak penggajian kami aman, pribadi, dan menyeluruh. Staf kami memantau layanan untuk masalah sepanjang waktu, 24/7, sehingga kami dapat melindungi data sensitif Anda. Dengan perlindungan tingkat atas dan kontrol internal yang mudah digunakan, Anda dapat menjalankan penggajian dengan tenang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp