BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

6 TIPS MENGELOLA ARUS KAS DAN MENGHINDARI KREDIT MACET DALAM BISNIS

Bisnis yang bekerja dengan uang tunai saja tidak perlu khawatir tentang biaya utang yang buruk, tetapi bekerja dengan uang tunai saja tidak umum dalam ekonomi global. Sebagian besar bisnis tahu bahwa persentase tertentu dari penjualan tidak akan dibayar dan berakhir sebagai kredit macet, sehingga menciptakan skenario bermasalah, semakin tinggi biaya kredit macet, semakin rendah pendapatannya.
Bahkan bisnis yang berkembang bisa gagal jika mereka mengalami masalah dalam mengelola arus kas. Untuk mengurangi kemungkinan pembayaran yang lewat jatuh tempo menjadi kredit macet, penting untuk menetapkan persyaratan pembayaran yang jelas. Anda juga memerlukan kontrol kredit yang ketat dan sistem yang memotivasi pelanggan Anda untuk membayar dengan segera. Menerapkan kebijakan dan prosedur manajemen utang juga dapat membantu ketika pelanggan atau klien tiba-tiba mengalami masalah pembayaran sendiri.

6 Langkah Untuk Kontrol Kredit Yang Lebih Ketat
Kontrol kredit yang ketat adalah garis pertahanan pertama Anda dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan Anda. Berikut adalah cara untuk menghindari atau membatasi eksposur Anda terhadap kredit macet:

  1. Buat ketentuan perdagangan baru dan, seperti semua dokumen bisnis, mintalah diperiksa oleh akuntan dan pengacara Anda. Wajibkan pelanggan untuk menandatangani persyaratan perdagangan Anda sebelum memperpanjang persyaratan kredit.
  2. Selesaikan penilaian kredit dan pemeriksaan referensi sebelum Anda menawarkan kredit kepada pelanggan baru.
  3. Tetapkan batas kredit yang wajar tetapi adil dan instruksikan staf Anda untuk memberi tahu Anda jika pelanggan ingin melebihi batas kredit yang disepakati.
  4. Setujui ekstensi kredit tambahan terlebih dahulu.
  5. Sertakan ketentuan pembayaran yang jelas dalam perjanjian persyaratan perdagangan Anda dan terapkan persyaratan Anda kepada pelanggan baru. Pastikan persyaratan perdagangan Anda menentukan kapan Anda akan mulai membebankan bunga atas jumlah yang telah jatuh tempo dan tingkat bunga yang akan Anda kenakan.
  6. Ingatlah bahwa jika Anda menjual secara kredit, Anda perlu memperhitungkan kemungkinan penundaan pembayaran ke dalam perkiraan arus kas Anda.

Ketentuan Pembayaran Anda
Susun syarat pembayaran Anda untuk mendorong pembayaran segera. Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon lima persen untuk pembayaran yang dilakukan dalam waktu 30 hari, atau membebankan bunga atas saldo terutang. Tegas – jangan biarkan diskon jika pembayaran terlambat, meskipun hanya sehari, terutama untuk pelanggan baru. Jika Anda mengenal pelanggan Anda dengan baik dan sangat menghargai mereka, Anda mungkin sesekali membuat pengecualian sebagai bagian dari membina hubungan bisnis tersebut.
Buat persyaratan pembayaran Anda jelas dan nyatakan bahwa Anda berharap dibayar tepat waktu, setiap saat. Dan, selalu lakukan kontak jika pembayaran terlambat – Anda akan cenderung menjadi yang terdepan saat pelanggan menjadwalkan pembayaran. Anda kemudian akan menemukan bahwa pembayaran juggling pelanggan lebih cenderung memprioritaskan Anda daripada bisnis yang sistemnya lebih santai. Banyak bisnis ‘membayar perusahaan yang paling berisik’. Dengan alasan, pastikan ini adalah Anda.

 

Baca juga Artikel:

TIGA CARA UNTUK MENINGKATKAN SALDO KAS APOTEK ANDA

 

Mencegah Lebih Mudah Daripada Mengumpulkan
Sistem yang baik adalah cara terbaik untuk menghindari utang buruk. Berikut adalah tips utama kami:

  • Kirimkan faktur dan laporan Anda tepat waktu, sebaiknya segera setelah pekerjaan selesai. Bisnis yang lebih besar telah menetapkan siklus pembayaran, jadi faktur yang cepat berarti Anda tidak akan melewatkan siklus pembayaran berikutnya.
  • Untuk memastikan kesehatan bisnis Anda secara keseluruhan, simpan catatan terbaru tentang apa yang setiap pelanggan berutang kepada Anda dan catat setiap pelanggan yang mendekati batas kredit mereka.
  • Tindak lanjuti segera setelah pembayaran terasa terlambat dan cobalah untuk mengungkap masalahnya. Anda tidak ingin terlihat putus asa untuk mendapatkan uang, tetapi faktur kecil sering kali terlewatkan, terutama jika klien Anda adalah bisnis besar.
  • Nilailah setiap kasus berdasarkan kemampuannya sendiri. Itu mungkin melibatkan memungkinkan debitur satu bulan ekstra untuk membayar faktur mereka saat mereka bekerja melalui masalah arus kas. Atau, menghapus denda keterlambatan pembayaran bisa menjadi kepentingan terbaik Anda jika Anda mengejar pesanan besar lainnya dari seseorang. Namun, jika hal itu membuat Anda berada dalam bahaya karena tidak mampu membayar tagihan Anda sendiri, maka itu bukan kepentingan terbaik Anda.

Menangani Pembayaran Yang Telah Jatuh Tempo
Pendekatan Anda terhadap pembayaran yang terlambat akan bervariasi tergantung pada pelanggan dan seberapa terlambat pembayarannya. Namun langkah pertama Anda harus selalu mencari tahu mengapa pembayaran terlambat. Beberapa alasan umum meliputi:

  • Masalah dengan produk, layanan, atau faktur Anda. Setelah diurutkan dengan pelanggan, ini menghilangkan alasan lebih lanjut untuk tidak membayar.
  • Kesalahan akuntansi atau sistem pembayaran – yang biasanya juga dapat diselesaikan dengan cepat dan damai.
  • Pelanggan dengan masalah arus kas sementara atau jangka panjang. Ini bisa lebih rumit, tetapi jika Anda merundingkan jadwal pembayaran yang disepakati secara tertulis, hal itu memungkinkan mereka untuk berdagang keluar dari posisi ketat saat ini.

Untuk melindungi diri Anda sendiri, patuhi ketentuan perdagangan Anda. Berhenti memasok pelanggan yang belum membayar rekening mereka tepat waktu dan pelanggan yang melebihi batas kredit mereka.
Jika masalah arus kas menjadi masalah dalam bisnis Anda karena pembayaran yang terlambat atau terlambat, salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemberi pinjaman adalah keuangan debitur dan faktur, yang menyediakan akses ke dana berdasarkan jumlah yang terutang kepada Anda oleh debitur.

Anda membutuhkan informasi lebih banyak perihal manajemen bad debt? Silahkan hubungi kami dan mari kita diskusikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda. Kami adalah profesional yang sudah puluhan tahun berpengalaman membantu banyak bisnis menyelesaikan bad debt. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp