BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

7 CARA MEMOTIVASI PELANGGAN UNTUK MEMBAYAR TEPAT WAKTU

 

Setiap tim AR memiliki tantangan dengan penagihan: saat Anda menawarkan kredit kepada pelanggan, penagihan menjadi bagian tak terelakkan dari proses kredit-ke-tunai. Ini juga merupakan bagian proses yang paling memakan waktu, namun 25% bisnis kekurangan staf untuk menangani volume (Kredit Hari Ini).
Karena itulah adanya sistem AR otomatis yang cerdas dapat merampingkan dan mengotomatiskan banyak aktivitas pengumpulan manual dan berulang yang perlu dilakukan dan mengurangi beban tim Anda. Selain itu, ada faktor strategis lain yang perlu dipertimbangkan yang akan memengaruhi pelanggan Anda dan membuat mereka membayar Anda tepat waktu, dan terkadang, bahkan membayar Anda lebih banyak.
Berikut adalah tujuh cara untuk memastikan pelanggan Anda senang dan termotivasi untuk membayar Anda tepat waktu:

1. Memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten.
Lebih dari 70% pembeli B2B menyatakan ini adalah komponen penting dalam hubungan vendor mereka. Memiliki pengalaman merek yang konsisten, terlepas dari saluran mana mereka berinteraksi, memberikan rasa stabilitas dan keamanan yang mendorong niat baik dan keinginan untuk terus berinteraksi dengan bisnis.

2. Personalisasikan interaksi pelanggan.
Dengan data di ujung jari kami hari ini, berkat perangkat lunak pembayaran, ERP, dan CRM, tidak ada alasan pelanggan harus merasa seperti nomor ketika terlibat dengan vendor mereka. 59% pembeli B2B menyatakan bahwa personalisasi lebih penting daripada kecepatan proses (51%). Interaksi yang dipersonalisasi juga menghasilkan penjualan hingga 15% lebih tinggi, menurut McKinsey.

3. Pastikan Anda memberikan jawaban yang konsisten untuk pertanyaan.
Pelanggan frustrasi ketika mereka menelepon dan menemukan anggota tim yang berbeda memberi mereka berbagai informasi. 76% pembeli B2B menyatakan bahwa mereka menganggap ini sebagai masalah yang konsisten dengan vendor. Memastikan tim Anda dipersenjatai dengan informasi terbaru, dan tersedia di satu lokasi terpusat, akan meminimalkan kebingungan ini. Selain itu, memiliki informasi konsisten yang sama tersedia untuk pelanggan melalui situs web atau portal web Anda akan mengurangi panggilan ke tim Anda untuk pertanyaan berulang dan tugas bernilai rendah.

4. Tawarkan portal online.
Lebih dari 50% pembeli B2B lebih memilih untuk melakukan bisnis mereka tepat waktu – tidak terbatas pada jam kerja vendor mereka. Sebuah portal online menyediakan lokasi pusat untuk informasi, komunikasi, dan faktur dan pembayaran. Portal pembayaran memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi tekanan pada tim Anda untuk tugas-tugas sederhana seperti mengakses salinan faktur atau memeriksa jumlah pembayaran terbaru.

5. Kirim pengingat dan komunikasi secara teratur.
Pelanggan Anda ingin ditagih tepat waktu, yang menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki bisnis Anda sendiri yang terorganisir dan siap untuk mengurus mereka. Selain itu, mereka tidak keberatan dengan pengingat rutin saat tagihan jatuh tempo. Ini menghilangkan keterlambatan pembayaran yang disebabkan pelanggan tidak menerima atau memproses faktur saat pertama kali Anda mengirimnya. Komunikasi yang profesional, ramah, dan dipersonalisasi kepada pelanggan meningkatkan kemungkinan mereka akan memperhatikan faktur Anda.

6. Pertimbangkan opsi pembayaran yang fleksibel.
Kemampuan untuk memiliki berbagai metode pembayaran yang tersedia untuk pelanggan Anda meningkatkan peluang mereka untuk membayar Anda tepat waktu. 74% pembeli B2b menyatakan bahwa mereka akan membawa bisnis mereka ke pesaing yang memiliki persyaratan pembayaran lebih banyak atau lebih baik – itu adalah jumlah pelanggan yang tinggi yang bersedia melakukan perpindahan vendor yang tidak nyaman untuk alternatif pembayaran yang lebih nyaman.

7. Ciptakan pengalaman pembayaran yang lancar dan tanpa gesekan.
Apa pun opsi pembayaran Anda, kembangkan alur kerja yang memudahkan dan intuitif bagi pelanggan Anda untuk memahami opsi dan melanjutkan pembayaran mereka. 60% pembeli B2B meninggalkan proses pembayaran online ketika prosesnya menjadi terlalu panjang dan terlalu rumit untuk dinavigasi. Ini menciptakan penundaan pembayaran yang tidak perlu dan meninggalkan rasa tidak enak di mulut pelanggan.

Platform AR yang tepat akan menyediakan alat yang Anda butuhkan untuk menerapkan banyak strategi ini. Dengan mengumpulkan data pelanggan dari sistem yang berbeda, Anda dapat memastikan setiap pelanggan menikmati pengalaman yang dipersonalisasi sambil memberi mereka interaksi merek yang konsisten dan positif. Sistem AR yang cerdas akan memiliki fleksibilitas untuk menawarkan persyaratan dan opsi pembayaran yang berbeda, dan menyediakan portal pelanggan yang ramah pengguna yang menyenangkan daripada membingungkan pelanggan Anda.

Komunikasi yang jelas dengan pelanggan Anda adalah dasar dari manajemen piutang yang hebat. Membuat faktur Anda mudah dipahami dan menyediakan berbagai metode pembayaran akan membantu Anda menghindari kredit macet sebelum terjadi. Mengatur dan mengotomatiskan alur kerja piutang Anda mencegah pelanggan jatuh dan memastikan bahwa A/R Anda tetap dalam kondisi prima dan uang tunai terus mengalir. Ingin tahu lebih banyak tentang perangkat lunak manajemen piutang atau Anda sedang mengalami permasalahan tentang A/R? Silahkan hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp