BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

7 MASALAH UMUM UNTUK MANAJEMEN PERSEDIAAN DAN SOLUSI UNTUK MEMPERBAIKI

Sebagai peritel yang menerapkan omnichannel, memenuhi pesanan sebanyak mungkin merupakan satu poin sangat penting. Selalu memiliki produk yang tepat tersedia untuk pelanggan Anda di setiap saluran meningkatkan stok Anda dan membantu membangun pengikut setia. Demikian pula, setiap pengiriman yang tertunda atau gagal adalah tanda hitam, dan itu cenderung menumpuk melalui promosi mulut-ke-mulut yang negatif.
Pemenuhan pesanan yang baik mengharuskan Anda memiliki ikatan dengan layanan kurir atau dropshippers yang dapat diandalkan, persediaan tersinkronisasi yang mutakhir, pengepakan cepat, pengambilan, dan pengiriman. Jika Anda memiliki beberapa lokasi gudang dan strategis yang memudahkan untuk mengakses basis pelanggan Anda, itu adalah nilai tambah yang besar. Namun, mengelola persediaan secara efektif menjadi tantangan Anda berikutnya untuk diatasi. Berikut adalah 7 masalah umum persediaan dan solusi untuk mengatasinya:

1. Kompleksitas Rantai Pasokan
Dengan skenario perdagangan internasional yang lebih kabur dan persaingan yang ketat, para pengusaha dipaksa untuk beradaptasi dengan:

  • Membuat rantai pasokan menjadi lebih kompleks. Karena jumlah mitra yang semakin bertambah, jika waktu tunggu kurang dapat diandalkan dalam pengiriman produk, tentu saja akan menimbulkan lebih banyak masalah dalam pelacakan.
  • Memperluas portofolio produk untuk menawarkan lebih banyak pilihan, memberi tekanan pada ruang gudang dan proses persediaan.
  • Meningkatkan tingkat stok untuk memastikan ketersediaan dengan risiko menginvestasikan lebih banyak modal kerja daripada yang bijaksana.

Untungnya, ada beberapa cara yang telah dicoba dan diuji untuk mempertahankan rantai pasokan yang konsisten. Anda dapat mengatasi masalah persediaan ini dengan cara berikut:

  • Waktu tunggu, yaitu jumlah waktu yang diperlukan untuk memenuhi pesanan sangat penting. Ketika Anda memperhitungkan waktu tunggu vendor Anda, ini membantu secara signifikan. Begitu juga dengan mengawasi hari libur, kondisi cuaca dan mengantisipasi kemungkinan penundaan lainnya.
  • Menjaga safety stock. Ini adalah bantalan yang berguna untuk digunakan kembali jika terjadi kekurangan atau penundaan dalam penyetokan ulang.
  • Berinvestasi dalam sistem persediaan otomatis. Hilangkan kesalahan manual dan pertahankan stok yang akurat melalui pembaruan otomatis waktu nyata. Gunakan sistem kode batang untuk melacak SKU.
  • Menggunakan perangkat lunak manajemen stok multi-lokasi yang akan menyarankan pendistribusian ulang persediaan sesuai permintaan. Ini memastikan Anda menggunakan stok yang sudah Anda miliki, menghemat uang untuk PO yang tidak perlu, dan membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan yang tersedia.

2. Karyawan yang Tidak Terlatih dan Tidak Memadai
Tidak peduli seberapa hebat perangkat lunak Anda atau seberapa baik sistem Anda yang diotomatiskan, ada elemen manusia yang penting untuk mengelola persediaan. Karyawan yang tidak terlatih dengan baik yang tidak memahami sistem persediaan Anda, atau yang tidak cukup tahu untuk merotasi persediaan dapat menjadi tanggung jawab.
Kami merekomendasikan memiliki setidaknya satu orang yang memahami sistem persediaan Anda dan dapat melatih karyawan baru, mengawasi gudang, dan operasi pengiriman. Orang ini harus berpengalaman dalam menangani masalah persediaan. Seorang manajer persediaan harus memenuhi tugas-tugas berikut:

  • Mengidentifikasi kekurangan atau kemungkinan kehabisan stok, sebelum terjadi
  • Melakukan audit saham secara teratur
  • Pelaporan tentang tingkat persediaan
  • Menghitung berapa banyak stok yang akan dipesan dan menaikkan pesanan pembelian
  • Gunakan metode manajemen persediaan untuk mengoptimalkan pengadaan dan penggunaannya
  • Mendidik staf gudang tentang penanganan persediaan yang benar
  • Perkirakan berapa banyak persediaan yang mungkin Anda perlukan di fasilitas tersebut pada siklus pesanan berikutnya
  • Melatih karyawan Anda dengan benar tentang prosedur perusahaan akan mempersingkat waktu tunggu Anda. Ini akan menghemat banyak uang di hilir, dan membangun merek yang Anda hargai untuk efisiensi.

3. Tidak Cukup dengan Rencana Permainan untuk Masa Depan
Terjebak dalam operasi sehari-hari dan kehilangan jejak gambaran besarnya adalah jebakan yang mudah terjadi. Anda dapat, dan harus, mendelegasikan tugas kepada orang yang relevan. Tidak melakukannya hanya akan menumpuk piring Anda dan membuat Anda tidak efisien secara keseluruhan.

4. Tidak Sering Menghitung Persediaan
Bahkan sistem manajemen persediaan otomatis terbaik mungkin memiliki beberapa kesalahan, biasanya terjadi ketika persediaan yang tidak dapat dilacak seperti pencurian, atau pertukaran tidak dimasukkan. Oleh karena itu, Anda perlu sering menjadwalkan audit stok.
Jika berbagai bagian stok diperiksa secara teratur, Anda dapat yakin bahwa nomor sistem Anda cukup dekat dengan nomor sebenarnya. Pemeriksaan terjadwal ditambah dengan scan barcode adalah suatu keharusan, katakanlah, satu bagian per hari. Pilih hari-hari ketika Anda memiliki cukup staf yang tersedia untuk menghitung.

5. Tidak Menggunakan Otomasi
Beberapa bisnis masih terjebak dalam Zaman Batu, manajemen persediaan berbasis satu toko khusus, berbasis Excel. Hal ini dapat menyebabkan kematian tertentu jika skala tidak ditingkatkan atau diotomatiskan dengan cepat saat online atau omnichannel. Tidak hanya karena usang, membosankan dan menghabiskan waktu, tetapi potensi kesalahan manusia juga mengejutkan.
Mengotomatiskan memungkinkan karyawan untuk melacak SKU di semua lokasi toko dan gudang Anda sambil memantau pesanan, pengembalian, pertukaran, pengiriman untuk semua item Anda. Itu juga secara real-time. Otomatisasi juga memudahkan untuk melakukan tugas rutin seperti membuat kode batang, faktur, atau pesanan pembelian.
Jika Anda memberi nama produk dan SKU dengan benar, Anda akan dapat menstandarkan manajemen persediaan secara lebih luas. Anggota tim tidak akan bingung. Perhatikan bahwa ada perbedaan antara kode SKU dan barcode, yang penting untuk diketahui. Saat memilih sistem manajemen persediaan, pilih sistem yang konsisten di semua situs Anda, dan dari perusahaan yang menawarkan pelatihan dan dukungan yang disesuaikan.

6. Tidak Menggunakan Vendor yang Bagus
Ini mungkin tampak tidak masuk akal, tetapi ini juga masalah yang sangat umum. Menemukan vendor yang baik adalah keseimbangan yang baik antara seseorang yang konsisten dan seseorang yang juga tidak meminta bayaran.
Untungnya, ada beberapa situs web ulasan hari ini di mana Anda dapat menemukan ulasan asli dari vendor sebelum memilih untuk melanjutkannya. Selain itu, jika vendor tertentu tidak memenuhi standar kualitas atau layanan Anda, atau menunda pengiriman dan memengaruhi manajemen persediaan Anda, Anda sebaiknya segera menemukan vendor lain yang lebih baik. Jika Anda menjual produk khusus, pertimbangkan integrasi vertikal lengkap sehingga Anda memiliki kendali atas manufaktur, permintaan, dan oleh karena itu tingkat persediaan Anda.

7. Tidak Memiliki Parameter Pengukuran Kinerja
Mengukur barang berwujud serta tidak berwujud untuk mencegah masalah persediaan. Peringkat kepuasan pelanggan, perputaran persediaan atau bahkan hanya modal kerja Anda semuanya penting. Manajer produk harus memantau rasio pengisian harian, dan perputaran persediaan berdasarkan siklus penjualan Anda.
Memiliki pelaporan yang kuat dapat sangat membantu Anda di sini. Laporan persediaan memberi Anda gambaran umum singkat tentang kinerja Anda dan ini membantu Anda memperbaiki masalah dengan baik sebelum menjadi pusing.

Memiliki sistem yang tepat dan bisa memenuhi kebutuhan Anda adalah poin penting yang harus Anda miliki saat ini. Karena semakin besar usaha Anda akan semakin banyak hal yang perlu Anda siapkan agar semua operasi Anda bisa berjalan lancar. Jika Anda membutuhkan informasi perihal software retail, software accounting, software inventory untuk retail Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa juga langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp