BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

7 UNSUR RENCANA PEMASARAN

Sebuah proses management yang mengarah ke strategi pemasaran bertujuan untuk mencapai sasaran dari pemasaran sehingga ini dilakukan melalui beberapa proses yang sistematis dan koordinasi demi mendapatkan keputusan yang tepat untuk rencana pemasaran. Secara sederhana rencana pemasaran merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan untuk mencapai target yang sama dalam bisnis dengan berbagai cara.

Oleh karena itu inilih beberapa unsur rencana pemasaran yang harus kamu ketahui:

1. Ringkasan dan tujuan perusahaan
Yang pertama adalah kita harus mengenal tentang profil perusahaan kita. Perusahaan yang kita miliki bergerak dalam bidang apa? Jangan sampai kita tidak mengetahuinya. Disamping itu juga kita harus mengetahui dan memahami tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

2. Menentukan target dan standar yang harus dicapai
Target dan standar yang pasti itu adalah hal yang wajib agar kita mengetahui dan lebih mudah mengukur seberapa kemajuan yang sudah kita lakukan untuk mencapai target tersebut.

3. Target pasar
Unsur yang ketiga adalah menentukan target pasar. Karena mentukan target pasar adalah yang penting juga untuk rencana pemasaran dari bisnismu dan tentunya kamus pasti akan lebih mudah untuk penetapkan gaya promosi dan pemasaran yang akan dilakukan. Hal itu akan membuat rencana pemasaranmu lebih efektif dan efesien.

4. Penetapan kontek promosi
Dibagian ini kamu harus menentukan jenis promosi apa yang cocok dengan bisnismu. Karena ini sangat penting agar bias membantu mencapai target yang telah ditentukan.

5. Kenali kompetitor
Dalam hal membangun bisinis, kamu harus mengenal dengan baik tentang pesaing bisnismu. Kamu bias melakukan semacam riset untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari pesaing bisnismu. Karena itu akan mempermudah kamu untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat, jelas dan lengkap.

6. Tetapkan fokus dan prioritas
Ketika kamu menjalankan bisnis mungkin tidak mungkin pasti kamu memiliki banyak ide untuk kemajuan bisnismu. Oleh karena itu kamu harus tetap fokus dan menetapkan prioritas. Jangan sampai kamu jadi kewalahan karena terlalu banyak ide yang akan dijalankan. Jadi selain menetapkan apa yang ingin dicapai, kamu perlu mengesampingkan hal-hal yang tidak kamu fokuskan untuk menghindari distraksi yang tidak diperlukan. Agar bisnis berjalan dengan lancar.

7. Budget
Budget dalam arti Indonesia adalah anggaran, jadi budget disini yang dimaksud adalah anggaran untuk menjalankan bisnis tersebut. Dalam membuat rencana pemasaran, penting untuk menetapkan anggaran yang efektif dan realistis. Aturlah anggaran mu dengan baik agar langkah-langkah pemasaran jadi lebih lancar.

Demikianlah beberapa unsur penting dalam penyusunan rencana pemasaran yang handal. Dan jika anda masih membutuhkan informasi lebih detil terkait hal-hal yang menbahas akan rencana pemasaaran. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp