BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

8 TIPS JITU MENINGKATKAN MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS ANDA

Manajemen keuangan yang efektif sangat penting untuk kelangsungan dan pertumbuhan bisnis. Ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pemantauan sumber daya keuangan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda.
Manajemen keuangan yang baik akan membantu bisnis Anda memanfaatkan sumber daya secara efektif, memenuhi komitmen kepada pemangku kepentingan, memperoleh keunggulan kompetitif, dan mempersiapkan stabilitas keuangan jangka panjang.
Manajemen keuangan harus menjadi bagian dari proses utama dalam bisnis Anda dan dimasukkan dalam perencanaan berkelanjutan Anda.
Anda mungkin salah satu dari banyak pebisnis yang menganggap manajemen keuangan itu penting, tapi ternyata sebagian dari pebisnis itu masih ada yang merugi karena permasalahan keuangan. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa kiat untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda.

1. Memiliki rencana bisnis yang jelas
Rencana bisnis akan menetapkan di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi selama beberapa tahun ke depan. Ini harus merinci bagaimana Anda akan membiayai bisnis Anda dan kegiatannya, uang apa yang Anda perlukan dan dari mana asalnya.

2. Pantau posisi keuangan Anda
Anda harus secara teratur memantau kemajuan bisnis Anda. Setiap hari, Anda harus tahu berapa banyak uang yang Anda miliki di bank, berapa banyak penjualan yang Anda hasilkan, dan tingkat persediaan Anda. Anda juga harus meninjau posisi Anda terhadap target yang ditetapkan dalam rencana bisnis Anda setiap bulan.

3. Pastikan pelanggan membayar Anda tepat waktu
Bisnis dapat mengalami masalah besar karena pembayaran pelanggan yang terlambat. Untuk mengurangi risiko keterlambatan atau tidak membayar, Anda harus membuat syarat dan ketentuan kredit Anda jelas sejak awal. Anda juga harus segera menerbitkan faktur yang jelas dan akurat. Menggunakan sistem manajemen kredit terkomputerisasi akan membantu Anda melacak akun pelanggan.

4. Tetap perbarui catatan akuntansi
Jika akun Anda tidak diperbarui, Anda dapat mengambil risiko kehilangan uang karena gagal mengikuti pembayaran pelanggan yang terlambat atau tidak menyadari kapan Anda harus membayar pemasok Anda. Menggunakan sistem pencatatan yang baik akan membantu Anda melacak pengeluaran, hutang dan kreditur, mengajukan permohonan dana tambahan dan menghemat waktu dan biaya akuntansi.

5. Menjadi lebih efisien dan mengontrol overhead
Apakah bisnis Anda beroperasi paling efisien? Penghematan energi dan karena itu uang dapat terjadi dengan menerapkan perubahan perilaku dan menggunakan peralatan yang ada secara lebih efisien. Ini adalah salah satu cara termudah untuk memotong biaya. Area untuk dilihat di kantor rata-rata termasuk pemanas, penerangan, peralatan kantor, dan AC.

6. Kontrol stok
Kontrol stok yang efisien memastikan Anda memiliki jumlah stok yang tepat yang tersedia pada waktu yang tepat sehingga modal Anda tidak terikat secara tidak perlu. Anda harus menerapkan sistem untuk melacak tingkat stok – mengendalikan ini akan memungkinkan Anda untuk membebaskan uang tunai, sementara juga memiliki jumlah stok yang tepat tersedia.

7. Sesuaikan antara pengeluaran dengan kebutuhan bisnis Anda
Merupakan sebuah keharusan agar bisa mengukur pengeluaran bisnis dengan segala kebutuhannya. Pengelolaan biaya harus bisa dilakukan dengan lebih bijak, selain dari sisi operasional bisnis yang harus dilaksanakan secara maksimal. Dengan meminimalisir pengeluaran yang masih belum diperlukan saat ini, serta untuk mengetahui skala dari prioritas untuk biaya bisnis. Jangan sampai Anda menghabiskan keuntungan dari perusahaan Anda. Berapapun pendapatan dari bisnis Anda, jangan lupa untuk menyisihkan sejumlah keuntungan Anda untuk disimpan untuk tujuan pengembangan bisnis. Sekecil apapun yang telah Anda sisakan, uang tersebut akan sangat berguna untuk menjamin perkembangan dari bisnis, maupun untuk pengeluaran yang terkadang sama sekali tidak pernah Anda duga sebelumnya.

8. Memiliki alat yang tepat
Menggunakan software accounting apalagi yang sudah berbasis (cloud accounting) akan sangat mendukung performa dari kinerja bisnis Anda. Hal ini akan benar-benar sangat memberi Anda kesempatan dalam meninjau secara lebih dalam untuk perkembangan bisnis yang akan menjadi lebih baik.
Software accounting yang berbasis cloud akan sangat memudahkan Anda dalam hal penyusunan laporan keuangan bisins yang menjadi lebih cepat, menghemat banyak sekali waktu, pembiayaan menjadi semakin efisien, akses kapan dan di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pengelolaan pembukuan yang benar dan efisien mulai dari sekarang juga.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perhal manajemen keuangan, atau hal lain tentang bisnis Anda, silahkan hubungi kami, mari kita diskusikan solusi terbaik untutuk bisnis Anda. Hubungi kami DISINI.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp