BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

9 CARA EFEKTIF UNTUK MENCEGAH ADANYA KECURANGAN KARYAWAN DI TOKO RITEL

Pengutil bukanlah satu-satunya ancaman bagi kelangsungan hidup toko ritel Anda. Pencurian ritel karyawan dapat menjadi lebih berbahaya dan lebih merusak. Bagaimana Anda bisa menjaga toko Anda aman dari karyawan yang tidak bermoral?
Kesulitan menemukan karyawan yang memenuhi syarat membuat pengecer rentan terhadap karyawan yang mungkin kurang jujur, parahnya beberapa pengecer mungkin masih belum mengambil tindakan bahkan ketika mereka menemukan pencurian ritel oleh karyawan. Cara terbaik untuk menangani pencurian karyawan adalah dengan mencegahnya sejak awal. Dalam artikel kali ini akan kami beritahukan beberapa cara pencegahannya.

1. Tempatkan Kamera Keamanan di Register
Kamera pengintai video lebih canggih dari sebelumnya; Anda dapat memilih kamera yang fokus secara sempit pada area kasir untuk menangkap aktivitas apa pun. Seringkali, hanya dengan melihat kamera keamanan di tempatnya sudah cukup untuk mencegah pencurian uang oleh karyawan. Pantau rekaman keamanan setiap hari untuk setiap aktivitas yang mencurigakan.

2. Memerlukan Persetujuan Manajer untuk Transaksi yang Sering Terkait dengan Pencurian Ritel Karyawan
Misalnya, mewajibkan manajer untuk menyetujui transaksi yang dibatalkan, pengembalian atau penjualan kartu hadiah dapat membantu mengurangi risiko karyawan membatalkan transaksi dan mengantongi uang tunai atau menyerahkan kartu hadiah kosong kepada pelanggan sambil menyimpan kartu yang diaktifkan untuk diri mereka sendiri.

3. Lakukan Penghitungan Kas Harian
Menyeimbangkan laci kas dengan kwitansi hari itu tetap merupakan cara terbaik untuk menemukan “skimming”, atau mencuri sejumlah kecil uang tunai dari laci kas. Kembangkan instruksi bagi karyawan untuk melakukan penutupan dan minta mereka bekerja dalam tim, berganti tim secara teratur.

4. Setor Tunai di Bank Sendiri
Karyawan yang ditunjuk untuk menyetor uang tunai dapat mencuri sebagian dari uang tersebut. Mengambil tanggung jawab sendiri atas setoran tunai adalah cara terbaik untuk menghindari risiko ini. Karena Anda tidak ingin pergi ke bank setiap malam, gunakan brankas di toko (atau di rumah Anda) untuk mengamankan uang tunai dan lakukan setoran mingguan.

5. Gunakan Sistem Manajemen Inventaris
Sistem manajemen inventaris yang terintegrasi dengan POS Anda dan secara akurat melacak inventaris Anda secara real-time dapat mengingatkan Anda akan kemungkinan pencurian ritel oleh karyawan sebelum meluas. Tinjau laporan inventaris Anda secara teratur untuk melihat tren yang tidak biasa, seperti banyak barang kecil atau mahal yang meninggalkan inventaris.

6. Menerapkan Sistem Buddy
Karyawan yang mencuri inventaris sering kali menyembunyikan barang di tempat sampah untuk dicuri di penghujung hari. Anda dapat mencegah hal ini dengan meminta karyawan membuang sampah dalam tim dan sering berpindah tim untuk menghindari rekan konspirator bekerja sama.

7. Periksa Tas di Akhir Hari
Periksa tas tangan, ransel, atau tas lain karyawan sebelum mereka berangkat hari itu. Ini adalah cara yang sederhana, namun efektif, untuk mencegah pencurian inventaris.

8. Mensistematisasikan Penerimaan Inventaris
Banyak pencurian inventaris dapat terjadi di ruang stok. Karyawan mungkin mencuri inventaris sebelum barang itu sampai ke rak ruang persediaan Anda. Mewajibkan manajer untuk hadir saat mengambil pengiriman inventaris dan untuk memeriksa pengiriman sebelum menandatangani apa pun.

9. Memiliki Kebijakan Yang Ketat untuk Pengembalian
Karyawan pencuri dapat bekerja dengan mitra untuk mencuri barang dagangan dan kemudian meminta mitra mengembalikannya ke toko untuk mendapatkan pengembalian dana. Mewajibkan tanda terima untuk pengembalian apa pun adalah cara yang baik untuk mencegah pengembalian palsu. Meminta identifikasi bagi orang-orang yang kembali dapat membantu Anda menemukan “orang yang kembali berantai” yang mungkin terlibat dalam lingkaran kejahatan dengan staf Anda.

Cara nomor satu untuk mencegah pencurian ritel karyawan: Lakukan pemeriksaan latar belakang sebelum mempekerjakan. Tidak peduli seberapa terburu-buru Anda mengisi posisi, tidak sepadan dengan risikonya untuk melewati pemeriksaan latar belakang pada seseorang yang akan menangani uang tunai, memiliki akses ke data kartu pembayaran pelanggan, dan dapat mengakses semua inventaris toko Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp