BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

9 TUGAS HRD DALAM PERUSAHAAN

HRD memiliki kepanjangan human Reseource Development yang berarti Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki tanggung jawab menangani pengelolaan karyawan di dalam sebuah perusahaan yang dijalankan. Tugas ini sangat penting untuk keberlangsungan berjalannya suatu perusahaan. Pengelolaan yang berada di bawah wewenang HRD biasanya ruang lingkupnya meliputi perencanaan dan pengembangan SDM, proses seleksi rekrutmen, penentuan gaji dan kompensasi serta manajemen kerja, hingga menumbuhkan hubungan kerja antar karyawan. Jadi hrd menjadi pihak yang berhubungan atau berinteraksi secara langsung dengan karyawan yang sudah bekerja atau yang akan bekerja. Biasanya yang diangkat menjadi seorang HRD adalah mereka yang berpendidikan tinggi minimal S1 yang berada di bidang psikologi, ekonomi, ataupun hukum. Karena, secara umum, HRD bekerja untuk merekrut dan mengembangkan potensi karyawan, serta berurusan dengan penggajian dan kelegalan dari pegawai di dalam perusahaan. Jadi mereka harus tau bagaimana cara menyejahterakan dan tau bagaimana cara berurusan dengan hukum tentang kepegawaian. Tanggung jawab dari seorang HRD sangat berat, harus siap mental dan pikiran. Oleh karena itu, inilah beberapa tugas HRD sebuah perusahaan:

1. Merekrut karyawan
Merekrut karyawan baru merupakan tugas dari HRD yang harus dikerjakan. Perekrutan karyawan tersebut tentunya harus sesuai posisi yang dibutuhkan. Orang yang menjadi atau berada di divisi HRD adalah yang sangat faham terkait karakteristik dan ciri khas pekerja di perusahaan, baik yang sudah menjadi bagian perusahaan ataupun yang mau menjadi bagian perusahaan.

2. Memberikan pelatihan dan pengembangan
Tugas HRD setelah proses perekrutan adalah mengadakan semacam pelatihan yang bertujuan karyawan yang bekerja bisa menjadi maksimal dan hasil yang didapatkan akan lebih bagus dari kinerja yang maksimal.

3. Melakukan pengawasan kinerja
Tugas hrd selanjutnya adalah mengawasi setiap karyawan yang bekerja, baik yang baru maupun yang sudah lama bekerja. Adanya pelaksanaan tugas ini dimaksudkan untuk monitoring kinerja SDM agar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku dan tujuan yang dikehendaki bisa tercapai dengan baik.

4. Rekomendasi pengangkatan.
Divisi HRD mempunyai hak khusus merekomendasikan seorang karyawan untuk naik jabatan maupun memberikan kompensai atas dasar kinerja yang sudah diperlihatkan karyawan itu. Karyawan yang kinerjanya semakin baik akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan rekomendasi tersebut.

5. Pendistribusian gaji pegawai
HRD mempunyai tugas untuk mendistribusikan gaji karyawan perusahaan. untuk nominal nya itu sudah tercantum dalam sop atau kontrak yang telah disepakati. Hrd tidak memiliki hak untuk menaikkan ataupun menurunkan gaji karyawan. Tugas tersebut sudah ada bagiannya sendiri yaitu divisi keuangan.

6. Mengawasi perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan
Hrd memilik peran yang penting dalam pengawasan perlengkapan kesehatan dan keselamatan pegawai. Pihak hrd harus mampu mengawasi agar perlengkapan tidak disalahgunakan yang bisa menyebabkan sebuah kecelakaan kerja. Karena keselamatan kerja dan kesehatan dari karyawan adalah pokok penting yang harus dijaga dan diperhatikan perusahaan. Dengan adanya jaminan kesehatan maupun keselamatan kerja, itu akan membuat karyawan akan bekerja dengan lebih baik, sehingga hasil kinerjanya pun akan lebih maksimal.

7. Melakukan pembentukan tim untuk proyek-proyek perusahaan
Karena HRD adalah pihak yang dianggap paling mengerti tentang sifat dan karakter dari pekerja, maka tidak mengherankan, jika ada sebuah proyek, pihak HRD lah yang bertanggungjawab untuk membentuk tim tersebut. Jadi, dapat juga dikatakan bahwa, kesuksesan proyek yang dihasilkan oleh tim tak luput dari peran HRD sebagai pihak yang membentuknya.

8. Pembimbingan dan pemecahan masalah bagi karyawan
Dalam melakukan sebuah pekerjaan, tentu memungkinkan adanya perselisihan di antara para karyawan atau di dalam proses kerja itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan mediasi yang biasanya berbentuk pembimbingan ataupun pemecahan masalah. Dipimpin oleh HRD, karyawan dapat menyampaikan keluh kesahnya selama proses kerja. Harapannya, setelah dilakukan mediasi, kinerja karyawan dapat kembali pada posisi prima untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menjaga solidaritas semua karyawan
HRD harus bisa menjaga solidaritas dari semua karyawan perusahaan. Solidaritas yang baik akan menciptakan suasana yang baik dan nyaman dalam bekerja. Jika solidaris dari semua karyawan baik, maka kerjasama tim akan berjalan dengan baik dan hasil yang didapatkan akan maksimal sesuai tujuan dari perusahaan.

Itulah beberapa tugas dari HRD di sebuah perusahaan. Bekerjalah secara tulus dan maksimal agar ketika mendapatkan posisi sebagai HRD, pekerjaan yang kamu jalankan menjadi berkah bagi dirimu dan orang disekitarmu senang terhadapmu. Jika anda juga membutuhkan software HRD yang akan anda gunakan untuk merampingkan berbagai tugas HRD anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp