BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

AGAR DEPARTEMEN AKUNTANSI MAMPU MENGEMBANGKAN BISNIS KECIL ANDA

Akuntan adalah pemain kunci dalam bisnis apa pun – lagi pula, pengelolaan uang yang buruk sering kali menjadi penyebab kegagalan bisnis dalam tiga hingga lima tahun pertama.
Sayangnya, departemen akuntansi merupakan salah satu cabang bisnis yang paling kompleks. Penuh dengan proses yang rumit dan saling bergantung, serta berbagai tahap keterlibatan dan persetujuan dari departemen dan manajer lain.
Di perusahaan manapun, departemen akuntansi akan selalu memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola keuangan bisnis: kas masuk dan keluar, laporan keuangan, semua dikelola oleh departemen akuntansi. Ketika akuntan Anda lamban dalam bekerja, akan ada konsekuensi yang bisa mengakibatkan kerugian bagi perusahaan Anda. Sebagai pemilik bisnis, sangat penting bagi Anda untuk mendorong staf Anda agar dapat bekerja lebih efisien. Lihat tips bermanfaat ini.

1. Latih staf Anda.
Langkah pertama yang harus diambil adalah memastikan bahwa orang yang bertanggung jawab atas akun Anda adalah orang yang mahir. Mereka harus dapat beradaptasi dengan prosedur keuangan dan perangkat lunak akuntansi apa pun yang telah digunakan oleh perusahaan Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda melakukan pelatihan untuk mengoptimalkan kinerja tim keuangan Anda.
Ada berbagai jenis pelatihan yang dapat Anda berikan, seperti seminar internal, konferensi eksternal, pelatihan satu lawan satu, dan banyak lagi. Pelatihan silang juga diperlukan untuk menutupi kesenjangan di departemen akuntansi Anda, terutama ketika seorang akuntan sakit, libur, atau pergi tanpa pemberitahuan. Ketika situasi ini terjadi, karyawan lain yang telah dilatih silang dapat turun tangan untuk menangani tugas keuangan sementara.

2. Menetapkan kebijakan yang efektif.
Ketidakdisiplinan dalam pengelolaan keuangan adalah salah satu pemborosan uang terbesar bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan Anda untuk membuat kebijakan dan tenggat waktu terkait pembayaran apa pun. Minta staf keuangan Anda untuk memproses semua pembayaran, termasuk gaji dan kontrak secara tepat waktu.
Anda juga perlu memperhatikan pembayaran pelanggan Anda. Minta staf Anda untuk mengirimkan pengingat kepada pelanggan atau klien Anda sebelum tagihan mereka jatuh tempo. Dengan mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan, staf keuangan Anda akan dapat mengelola arus kas bisnis Anda dengan mudah dan menyerahkan laporan keuangan lengkap setiap bulannya.

Baca juga artikel terkait: PANDUAN PEMBUKUAN DAN AKUNTANSI KHUSUS UNTUK USAHA KECIL

3. Meningkatkan kerjasama antar departemen.
Departemen keuangan dan akuntansi Anda tidak dapat berjalan sendiri, dan mereka sering mengandalkan departemen lain untuk data keuangan mereka. Meminta data dari setiap departemen secara manual sangat memakan waktu. Untuk meningkatkan efisiensi, kami menyarankan Anda mengizinkan semua departemen di perusahaan Anda untuk menggunakan sistem bersama. Perangkat lunak ERP berbasis Cloud dapat membantu perusahaan Anda mengintegrasikan semua departemen, sehingga memungkinkan departemen keuangan Anda mendapatkan data lengkap dari setiap departemen dalam hitungan detik.

4. Gunakan pemrosesan pembayaran secara bersamaan.
Memproses setiap faktur atau tanda terima yang datang satu per satu sangat tidak efisien. Untuk menghemat waktu dan tenaga, pastikan staf keuangan Anda menggabungkan semua faktur dan memprosesnya secara bersamaan. Oleh karena itu, mintalah semua staf Anda untuk menyerahkan tagihan atau klaim mereka untuk penggantian biaya pada waktu yang telah ditentukan sehingga staf keuangan dapat memproses semuanya pada waktu yang bersamaan.

5. Mengotomatiskan proses manual.
Di era teknologi ini, akuntansi manual yang memakan waktu lama, seharusnya sudah ditinggalkan. Agar departemen keuangan Anda dapat bekerja lebih efisien, sediakan sistem akuntansi yang berfungsi untuk mengotomatisasi tugas-tugas kompleks mereka. Sistem ini memungkinkan staf keuangan Anda untuk membuat laporan, menghitung keuntungan dan kerugian, membuat faktur, mencatat dan menyimpan detail transaksi, mengelola pajak, dan banyak lagi hanya dalam beberapa klik. Dengan mengotomatisasi banyak pekerjaan manual, staf keuangan Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan penting lainnya.

6. Berkomunikasi dengan baik dengan tim Anda.
Mengkomunikasikan harapan departemen akuntansi Anda sejak awal akan memberikan kejelasan kepada tim keuangan Anda tentang apa yang harus mereka lakukan. Jelaskan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan Anda di muka sehingga mereka akan selalu mematuhinya. Bersikaplah terbuka terhadap saran dan pendapat mereka yang bermanfaat, terutama jika mereka benar-benar ahli di bidang keuangan.

7. Memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur.
Ketidakdisiplinan di departemen keuangan adalah salah satu pemborosan uang terbesar bagi perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk membuat kebijakan dan prosedur untuk memastikan operasi keuangan dilakukan sesuai dengan peraturan dan standar perusahaan Anda. Minta staf keuangan Anda untuk memproses semua pembayaran, termasuk gaji dan kontrak secara tepat waktu.
Perhatikan piutang Anda. Minta staf Anda untuk mengirimkan pengingat kepada pelanggan atau klien Anda sebelum tagihan mereka jatuh tempo. Akan lebih mudah bagi staf Anda untuk mengelola arus kas bisnis Anda dan memastikan keakuratan laporan keuangan setiap saat.

8. Berhentilah membuang waktu untuk tugas-tugas yang dapat dilakukan komputer.
Dengan solusi perangkat lunak yang tepat, departemen akuntansi dapat memungkinkan komputer mereka untuk tidak hanya mengotomatiskan proses biasa seperti perutean atau kontrol formulir berbasis keputusan, tetapi juga menghapus formulir kertas dari permintaan pembelian atau proses faktur sepenuhnya dengan formulir elektronik dan manajemen dokumen.

Itu mungkin terdengar rumit – tidak. Pikirkan proses Anda saat ini di dunia yang sempurna, lalu coba visualisasikan bagian-bagian yang mungkin dilakukan komputer untuk Anda. Komputer memiliki waktu yang sangat mudah untuk menegakkan aturan tanpa pengecualian sehingga kesalahan tidak akan terjadi pada proses persetujuan, dan siapa yang harus membuat keputusan apa.
Anda membutuhkan informasi detail perihal software accounting untuk merampingkan proses bisnis Anda? Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp