BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

APA ITU BISNIS MODEL CANVAS?

Didalam sebuah bisnis, pastinya membutuhkan sebuah perancangan agar bisnis tersebut terus berjalan. Apalagi dalam bisnis pastinya memerlukan sebuah strategi, manajemen, ataupun sebuah sistem yang mana mempermudah orang-orang untuk menjalani bisnis mereka secara efektif, yang mana sering diterapkan merupakan Bisnis Model Canvas.
Bisnis Model Canvas adalah strategi manajemen yang mana disusun untuk membuat ide dan konsep bisnis dalam bentuk visual. Singkatnya, Bisnis Model Canvas adalah kerangka manajemen untuk memudahkan dalam melihat ide dan konsep bisnis secara cepat dan mudah dipahami.
Berbeda dengan perancangan bisnis lainnya yang membutuhkan puluhan halaman, Bisnis Model Canvas hanya membutuhkan satu halaman saja karena sifatnta yang begitu ringkas dan hanya membutuhkan konsep visualnya saja. Metode ini sering popular dikalangan pembisnis awal (startup). Dalam artikel ini akan kami paparkan apa saja yang ada dalam perencanaan bisnis model canvas ini.

1. Value Proposition
Value Propotion merupakan nilai produk atau jasa anda sehingga costumer memilih perusahaan anda daripada perusahaan dari pesaing yang lain. Value Propotion merupakan hal penting dan krusial agar bisnis anda menjualapa yang costumer benar-benar membutuhkan dan memastikan perusahaan anda menjual solusi atas permintaan dan permasalahan mereka.

2. Costumer Segments
Element utama yang paling wajib diketahui adalah Costumer Segments. Tentukan dahulu Segmentasi costumer dengan tepat dari awal agar sesuai dengan target bisnis anda, segmen costumer mana yang berpotensi membeli produk ataupun jasa Anda.

3. Costumer Relationship
Cara mendekati konsumen ada banyak, baik secara tatap muka, secara sosial media dan sebagainya. Di dalam customer relationship, Anda dapat mengetahui cara apa yang paling efisien untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen. Misalnya Anda memiliki bisnis online yang menjual produk kosmetik dengan target usia 16-24 tahun. Pastinya target Anda adalah perempuan yang suka berias atau berpenampilan menarik. Lalu bagaimana membuat mereka mau membeli produk kosmetik Anda? Dengan memberikan informasi seputar perawatan kulit wajah, tutorial make up, dan sebagainya.

4. Channels
Channel yang dimaksud adalah media ataupun sarana apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan produk atau jasa anda. Channel merupakan bagaimana Anda bisa menyampaikan produk dan jasa Anda sampai kepada costumer. Dengan penggunaan channel yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan nilai produk dan jasa anda kepada segementasi costumer. Elemen ini adalah salah satu elemen bisnis model canvas yang sangat penting.

5. Key Activities
Key activities adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan daya produksi bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan pokoknya adalah menghasilkan tawaran nilai. Elemen ini diperlukan sebagai salah satu strategi bisnis utama yang harus Anda lakukan untuk merealisasikan elemen business model canvas ini berfungsi. Yang mana kegiatan-kegiatan utama harus secara langsung terkait dengan value propositions produk dan jasa. Di mana, jika key activities ini tidak terkait dengan value propositions, maka ada sesuatu yang salah, karena aktivitas yang Anda anggap paling penting tidak memberikan value kepada costumer.

6. Key Partnership
Key partnership merupakan elemen penting yang ada di dalam bisnis model canvas yang berisi mengenai daftar sumber daya di luar perusahaan yang Anda perlukan untuk mencapai key activities dan juga untuk menyampaikan nilai produk dan jasa Anda ke pelanggan. Partner utama yang bisa berupa pihak ketiga (third Party), seperti hanya supplier, mitra bisnis ataupun perusahaan lain yang mendukung kegiatan bisnis Anda.

7. Key Resources
Key resource adalah penyekatan dalam bisnis model canvas yang berisikan daftar sumber daya yang seharusnya direncanakan dan dimiliki oleh perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis sumber daya, dimulai dari pengelolaan bahan baku, mengendalikan stok barang, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen proses operasional menjadi perhatian dalam membuat business model canvas. Poin ini membahas mengenai sumber daya yang diperlukan untuk menciptakan nilai bagi costumer.

8. Revenue Stream
Elemen yang satu ini menjelaskan sumber profit yang berasal dari bisnis Anda. Hal ini adalah hal yang sangat penting yang perlu dikelola dengan semaksimal mungkin. Cobalah untuk pikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan profit bisnis yang Anda rintis. Misalnya, selain mengandalkan sumber profit utama dari penjualan produk, seiring dengan pertumbuhan bisnis, Anda juga dapat membuat program keanggotaan ataupun memberikan pilihan untuk upgrade keadaan dengan harga yang condong lebih tinggi. Pahami strategi yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan profit yang lebih besar. Jangan sampai ada produk dan jasa ataupun kinerja yang tidak digunakan secara maksimal.

9. Cost Structure
Cost structure merupakan elemen penting terakhir yang ada di dalam Bisnis Model Canvas. Elemen ini mencakup pemerataan biaya untuk menjalankan bisnis sesuai dengan nilai proporsi (value proposition). Selain itu, juga untuk memanajemen anggaran bisnis secara lebih efisien untuk meminimalisir risiko kerugian dan juga kondisi keuangan perusahaan yang tidak efektif. Untuk memanajemen keuangan di dalam bisnis, Anda perlu membuat dan menyusun laporan keuangan dan juga pembukuan yang efisien.

Baca juga artikel terkait: PENTINGNYA KPI UNTUK KEBERHASILAN OPERASI BISNIS

Penutup
Dengan adanya Bisnis Model Canvas, sebuah strategi perencanaan yang mempermudah Anda dalam menjelaskan ide dan konsep bisnis. Di dalamnya, ada sembilan elemen yang saling berkaitan satu sama lain seperti yang sudah dijabarkan di atas. Masing-masing elemen penting digunakan agar Anda dapat menyusun keutamaan dalam berbisnis. Membuat perencanaan dengan menggunakan Bisnis Model Canvas adalah langkah yang sangat tepat. Cobalah untuk selalu mengupayakan yang terbaik saat mempersiapkan bisnis ya. Semoga bermanfaat.
Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen bisnis, kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp