BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

APA YANG DIMAKSUD DENGAN LEADER PRICING?

Penetapan Leader pricing adalah strategi penetapan harga yang umum digunakan oleh pengecer untuk menarik pelanggan. Ini melibatkan penetapan titik harga yang lebih rendah dan pengurangan margin keuntungan yang khas untuk memperkenalkan merek atau merangsang minat dalam bisnis secara keseluruhan atau lini produk tertentu. Produk yang dijual dalam strategi ini seringkali dijual dengan kerugian. Produk seperti ini disebut sebagai Loss Leaders. Usaha kecil kadang-kadang dapat menggunakan strategi ini tetapi tidak mendapatkan keuntungan sebanyak pengecer besar.

Baca juga artikel terkait: CARA TEPAT MEMPERLIHATKAN PAPAN NAMA TOKO

Manfaat Produk Loss Leader
Menjual produk dengan harga lebih murah dari yang Anda beli tampaknya kontra-intuitif. Namun, ide dasar dari pendekatan loss leaders adalah dengan memikat pelanggan dengan pembelian yang menarik dan bagus, Anda membuat mereka juga membeli produk premium. Agar pendekatan loss leaders berhasil, toko membutuhkan strategi perdagangan yang efektif di mana pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk premium lainnya di mana Anda berniat untuk lebih dari sekadar menebus kerugian pada penjualan loss leaders.

Resiko Produk Loss Leader
Banyak bisnis menganggap strategi loss leaders begitu agresif. Pendekatan penetapan harga ini memang memiliki risiko. Jika Anda menarik banyak pelanggan ke produk loss leaders tetapi tidak mengubah penjualan pada produk dengan margin lebih tinggi, margin keseluruhan Anda menjadi rendah. Selain itu, jika Anda secara rutin menggunakan strategi penetapan Leader pricing, Anda akan mendatangkan pelanggan yang hanya berminat untuk membeli produk loss leaders saja. Pelanggan seperti ini dapat menguras margin dan arus kas perusahaan.

Tujuan Produk Loss Leader
Tujuan umum dari strategi loss-leader adalah untuk menarik pelanggan ke bisnis Anda. Biasanya tujuan strategi produk loss leaders adalah untuk memasukkan kembali pelanggan yang hilang, membawa pelanggan baru ke dalam bisnis Anda, dan meningkatkan penjualan. Secara umum, semakin kompetitif suatu industri, semakin besar kemungkinan beberapa pesaing menggunakan produk loss leaders dalam kategori tertentu atau di seluruh toko mereka.

Baca juga artikel terkait: 5 STRATEGI PENGELOLAAN UANG YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP BISNIS RITEL KECIL

Seperti yang Anda tahu bahwa strategi loss leader ini memang bisa mendatangkan keuntungan, tapi itu hanya bisa Anda dapatkan melalui cara yang benar. Ingin tahu penerapan strategi loss leader yang tepat sasaran? Kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp