BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

BAGAIMANA CARA MEMBUAT PERKIRAAN ARUS KAS YANG AKURAT?

Tanyakan kepada pengusaha makanan dan minuman yang sukses apa yang menurut mereka merupakan penyertaan paling penting dalam rencana bisnis dan mereka mungkin akan berkata – perkiraan arus kas yang akurat. Arus kas sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun, jadi melakukan perkiraan yang baik sangat penting.

APAKAH PRAKIRAAN ARUS KAS?
Perkiraan arus kas adalah perkiraan jumlah uang yang menurut Anda dapat Anda bawa ke bisnis Anda dan berapa banyak yang Anda harapkan untuk dibelanjakan. Ini juga mencakup semua proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda yang diperinci. Biasanya, perkiraan melihat ke depan 12 bulan, tetapi juga dapat mencakup periode yang lebih pendek seperti sebulan atau seminggu.

MENGAPA PRAKIRAAN ARUS KAS PENTING?
Perkiraan arus kas bertindak sebagai “sistem peringatan” Anda – ini memperingatkan Anda jika akan ada kekurangan sehingga Anda dapat segera menyiapkan rencana cadangan dan memberi tahu Anda apakah Anda akan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Anda kira. Dengan akses ke lebih banyak uang tunai, Anda kemudian dapat memutuskan apakah Anda mampu mempekerjakan staf baru, mulai memperkenalkan produk baru, menyewa lebih banyak ruang untuk operasi Anda, atau berinvestasi dalam teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas Anda.
Perkiraan arus kas juga akan membantu Anda melacak seberapa cepat pelanggan Anda membayar faktur mereka. Ingatlah selalu bahwa sebagai bisnis grosir Anda mendapatkan sebagian besar keuntungan dari pesanan, jadi pembayaran tepat waktu itu penting.

BAGAIMANA MENYIAPKAN PRAKIRAAN ARUS KAS?
Mempersiapkan perkiraan arus kas yang akurat bisa memakan waktu, terutama jika ini pertama kalinya bagi Anda. Tetapi setelah menyiapkan perkiraan pertama Anda, yang berikutnya akan mudah, karena Anda akan memiliki templat. Bekerja sama dengan akuntan profesional atau menggunakan sistem akuntansi akan menghasilkan semua data penting yang Anda butuhkan, tetapi jika Anda baru memulai atau belum memiliki dana untuk diinvestasikan pada alat baru – jangan khawatir! Anda dapat melakukan prakiraan sendiri menggunakan spreadsheet.
Perkiraan arus kas dasar akan membutuhkan beberapa jam untuk dibuat, dan kemudian sekitar satu jam lagi setiap minggu untuk diperbarui. Ini tentu saja tergantung pada kemahiran Anda dengan Excel, atau kesediaan Anda untuk berpisah dengan uang tunai Anda yang berharga untuk membeli salah satu dari banyak alat perkiraan arus kas yang tersedia – secara pribadi saya lebih suka Excel karena memungkinkan kontrol penuh atas konten dan presentasi sehingga saya dapat menyesuaikan ramalannya untuk kebutuhan khusus bisnis saya. Ada 5 langkah dalam membuat perkiraan arus kas:

Langkah 1: Siapkan Daftar Asumsi
Perkiraan Arus Kas didorong oleh asumsi dan oleh karena itu agar prakiraan tersebut berguna, asumsi yang mendasarinya harus sesuai dengan bisnis.
Asumsi dapat didasarkan pada kinerja masa lalu, publikasi industri, korespondensi dari pelanggan dan pemasok, dll. Dan umumnya mencakup:
• Waktu dan kuantum kenaikan harga – baik milik Anda maupun pemasok Anda
• Perkiraan pertumbuhan penjualan
• Dampak musim
• Penyisihan kenaikan biaya umum (CPI)
• Penyisihan untuk gaji internal dan kenaikan upah
Mendaftar asumsi dalam perkiraan menambah kredibilitas berfungsi sebagai pengingat ketika menilai kinerja aktual terhadap perkiraan.

Langkah 2: Siapkan Pendapatan Penjualan Yang Diantisipasi
Penjualan bisa sulit untuk diprediksi, dan seringkali tempat terbaik untuk memulai adalah dengan melihat penjualan di tahun-tahun sebelumnya untuk mengidentifikasi tren. Anda kemudian dapat mengidentifikasi faktor-faktor internal (misalnya kenaikan harga) dan eksternal (misalnya ekonomi) yang mungkin mempengaruhi periode saat ini, dan membuat penyesuaian yang diperlukan.
Ketika Anda telah menentukan penjualan realistis untuk periode tersebut, mereka perlu dipecah menjadi tanda terima penjualan (mis. Kapan kas diharapkan akan dikumpulkan dari debitur?). Seringkali ada pola dalam pengiriman uang debitur (misalnya 60% dalam jangka waktu, 25% satu bulan di luar persyaratan dengan sisanya datang segera setelahnya). Catatan: pola ini seharusnya membentuk salah satu asumsi yang mendasari perkiraan.

Langkah 3: Siapkan Daftar Perkiraan Arus Kas Masuk ‘Lainnya’
Untuk memastikan perkiraan arus kas Anda lengkap, susun daftar semua antisipasi arus kas masuk lainnya, misalnya:
• Hasil asuransi
• Kontribusi ekuitas tambahan atau hasil pinjaman
• Tanda terima hibah pemerintah
• Uang tunai dari divestasi aset
• Royalti atau biaya waralaba / lisensi

Langkah 4: Siapkan Daftar Perkiraan Biaya
Ini harus mencakup biaya langsung dan tidak langsung. Kuncinya adalah mengidentifikasi semua biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis dan mengantisipasi waktu setiap pembayaran. Arus kas keluar yang berkaitan dengan aktivitas pendanaan dan investasi harus dimasukkan, sebagai contoh:
• Pembayaran ke pemasok
• Upah dan gaji semua staf
• Pembelian aset baru
• Pembayaran pinjaman
• Gambar sutradara
Laporan bank adalah cara mudah untuk mengidentifikasi pengaturan debit langsung.

Langkah 5: Menyatukan Informasi
Sederhananya, perkiraan arus kas adalah perhitungan bergulir berdasarkan posisi kas pembukaan, menambahkan arus masuk kas dan mengurangi arus kas keluar, untuk sampai pada posisi kas penutupan. Terakhir, menjalankan beberapa skenario ‘bagaimana-jika’ pada perkiraan yang sudah selesai adalah ide yang bagus untuk menentukan seberapa besar kapasitas yang dimiliki bisnis Anda dalam menghadapi peristiwa yang tidak terduga.

Perkiraan arus kas memungkinkan bisnis untuk melacak pergerakan kas yang diharapkan selama periode waktu di masa depan. Secara umum, ketika datang ke ekspektasi keuntungan dan kerugian mereka di masa depan, pemilik bisnis cenderung mengetahui bisnis mereka luar dalam. Mereka tahu berapa margin yang akan mereka buat untuk setiap produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan memiliki pemahaman yang baik tentang biaya overhead mereka.
Apa Anda ingin tahu lebih banyak perihal cara menyusun perkiraan arus kas yang efektif? Atau membutuhkan software accounting yang mampu merampingkan operasi bisnis Anda dengan baik dan efisien? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp