BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

BAGAIMANA MENEMUKAN JASA ACCOUNTING PROFESIONAL UNTUK BISNIS KECIL ANDA

Bagaimanapun kondisi perusahaan Anda, entah itu baru saja Anda luncurkan atau perusahaan lama Anda yang kini tengah Anda kembangkan, Anda perlu memantau keuangan Anda. Angka-angka tersebut akan menunjukkan kepada Anda bidang peluang, masalah yang perlu ditangani, dan potensi penurunan yang dapat merusak kesuksesan Anda di masa depan. Memiliki buku yang rapi adalah investasi yang bagus sehingga Anda siap menghadapi apa pun yang mungkin terjadi di masa depan.
Jadi, jika terlintas di benak Anda bahwa Anda harus mempekerjakan seorang accounting, maka sekaranglah waktunya untuk bertindak. Mulailah dengan segera mencari bantuan pembukuan sehingga Anda dapat mempersiapkan diri Anda untuk sukses di masa mendatang. Berikut beberapa opsi umum yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Karyawan: Bergantung pada ukuran perusahaan Anda, Anda mungkin mempekerjakan accounting paruh waktu atau penuh waktu. Sebagian besar bisnis kecil tidak memerlukan layanan pembukuan penuh waktu, jadi sangat umum untuk mempekerjakan karyawan yang juga dapat membantu tugas administratif lainnya. Mempekerjakan seorang karyawan berarti Anda memiliki anggota tim internal yang mengawasi semua transaksi dan detail keuangan yang berpindah melalui rekening bank Anda. Secara realistis, perusahaan Anda harus menjadi besar untuk membenarkan biaya mendatangkan karyawan. Jika Anda tidak memiliki pendapatan tahunan lebih dari satu juta dolar, Anda mungkin harus melewatkan opsi ini dan melihat solusi outsourcing sebagai gantinya.
  • Freelancer: Pilihan kedua untuk bantuan pembukuan adalah menyewa jasa pekerja lepas. Anda dapat menemukan penyedia independen yang mengawasi segala sesuatu yang berkaitan dengan pembukuan, seringkali dengan biaya bulanan tetap atau tarif per jam. Mempekerjakan seorang freelancer adalah cara yang bagus untuk menghasilkan bakat yang baik tanpa mengkhawatirkan beban overhead untuk membayar karyawan tetap. Karena Anda mengalihdayakan layanan ini, itu berarti Anda tidak memiliki biaya tunjangan, pajak pekerjaan, ruang kantor, peralatan, dan biaya lain yang terkait dengan karyawan internal. Meskipun ada banyak keuntungan dari mempekerjakan seorang freelancer, solusi ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, jika orang tersebut sakit atau sedang berlibur, Anda mungkin memiliki akses terbatas untuk mendapatkan informasi atau jawaban atas pertanyaan Anda.
  • Perusahaan: Pilihan ketiga yang mungkin Anda pertimbangkan adalah menyewa perusahaan pembukuan. Ini berarti Anda melakukan outsourcing ke tim accounting. Seringkali, orang-orang tertentu ditugaskan untuk proyek Anda, memastikan bahwa Anda memiliki kesinambungan dalam layanan yang diberikan. Biaya perusahaan mungkin sedikit lebih mahal daripada menyewa freelancer, tetapi Anda masih menikmati manfaat dari menghindari pengeluaran sebagai karyawan tetap. Menyewa perusahaan pembukuan memiliki keuntungan. Misalnya, Anda memiliki akses berkelanjutan ke tim profesional, yang berarti Anda tidak perlu menunggu informasi jika ada orang di luar kantor.
  • Lokal: Opsi terakhir yang mungkin Anda pertimbangkan adalah menyewa penyedia lokal. Misalnya, Anda dapat menemukan perusahaan pembukuan di kota Anda yang menawarkan layanan outsourcing untuk bisnis kecil. Beberapa pemilik bisnis menyukai opsi untuk bertemu dengan accounting mereka secara langsung. Tetapi pilihan Anda akan terbatas karena hanya ada begitu banyak penyedia yang tersedia di area lokal. Ingatlah bahwa Anda sering dapat menikmati percakapan tatap muka dengan accounting yang tinggal di bagian lain negara dengan menggunakan alat konferensi digital. Karena pembukuan dan akuntansi dikelola di cloud, tidak ada alasan mengapa Anda membutuhkan seseorang yang dapat datang ke kantor Anda untuk menangani layanan pembukuan.

Anda tidak hanya perlu memikirkan jenis accounting yang ingin Anda pekerjakan (karyawan, freelancer, atau perusahaan), tetapi Anda juga perlu melihat detail spesifik dari layanan yang akan Anda terima. Berikut adalah beberapa hal yang harus selalu dipertimbangkan jika Anda mempekerjakan seorang accounting bisnis kecil:

  • Biaya: Berapa yang telah Anda anggarkan untuk jasa pembukuan ini? Cerdas untuk menentukan harga terlebih dahulu sehingga Anda tidak terkejut dengan tagihan yang tinggi di kemudian hari. Ajukan pertanyaan tentang bagaimana biaya akan ditagih – berdasarkan layanan tarif tetap atau apakah Anda ditagih setiap jam. Jika Anda akan membayar accounting untuk layanan per jam, ada baiknya Anda bertanya tentang perkiraan jam yang akan dibutuhkan berdasarkan ruang lingkup pekerjaan Anda untuk proyek tersebut.
  • Linimasa: Apakah Anda memerlukan layanan pembukuan untuk memulai proyek ini? Proyek satu kali mungkin cukup untuk membuat sistem Anda terhubung, kemudian Anda dapat mengikuti pemeliharaan DIY di masa mendatang. Namun, lebih sering daripada tidak, ada baiknya berinvestasi dalam layanan pembukuan yang berkelanjutan sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang persyaratan keuangan di masa mendatang. Bicaralah dengan accounting tentang kemungkinan keterlibatan jangka panjang, termasuk layanan untuk rekonsiliasi dan audit bulanan.
  • Proses: Apa pendekatan yang akan dilakukan accounting dengan laporan keuangan Anda? Idealnya, Anda memerlukan tim yang mengikuti jadwal ketat untuk memastikan bahwa buku Anda selalu mutakhir. Diskusikan juga detail lain yang akan mempengaruhi kesuksesan perusahaan Anda, seperti perangkat lunak pembukuan dan otomatisasi lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil Anda.
  • Kolaborasi: Seorang accounting menawarkan layanan keuangan terbatas. Orang ini bertanggung jawab atas transaksi dan kontrol kualitas yang sedang berlangsung. Tetapi mereka tidak menawarkan layanan gambaran yang lebih besar yang sering dibutuhkan untuk bisnis kecil, seperti akuntansi. Misalnya, meskipun bantuan pembukuan dapat berguna untuk pembuatan faktur dan pemrosesan penggajian, accounting Anda tidak memiliki pengalaman atau strategi yang dapat Anda peroleh dari tim akuntansi outsourcing. Idealnya, Anda membutuhkan jasa pembukuan dan akuntansi. Pilih dua penyedia terpisah yang dapat bekerja sama. Atau, cari perusahaan outsourcing yang menyediakan pembukuan dan akuntansi sendiri.
  • Pengalaman: Apakah penyedia Anda memiliki pengalaman unik yang terkait dengan industri Anda? Mungkin tidak masuk akal untuk mempekerjakan seseorang yang sebagian besar bekerja pada akun perusahaan besar. Sebaliknya, pilih tim pembukuan atau pembukuan yang berfokus pada bisnis kecil secara khusus. Ketika penyedia memiliki pengalaman yang relevan, itu berarti Anda dapat mengharapkan bahwa layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan unik Anda. Temukan accounting yang tahu apa yang mereka lakukan, dan dapat menawarkan wawasan yang spesifik untuk industri dan ukuran bisnis Anda.
  • Jasa: Tanyakan tentang layanan khusus yang ditawarkan untuk perusahaan Anda. Layanan ini perlu melihat entri data dan akurasi transaksi. Memiliki bantuan pembukuan untuk mencegah dan menemukan pencurian, memastikan kepatuhan pajak sepanjang tahun, dan membuat Anda tetap pada jalur proses penggajian juga membantu.

Anda berhak mendapatkan bantuan berkualitas untuk bisnis kecil Anda. Mempekerjakan bantuan pembukuan bisa menjadi investasi yang bagus, memberi Anda akses ke bantuan profesional yang akan membuat perusahaan Anda tetap kokoh. Landasan yang kuat ini merupakan langkah tepat yang dibutuhkan agar Anda dapat tumbuh ke tingkat yang lebih tinggi di masa depan, memastikan bahwa sistem keuangan Anda akan mampu beradaptasi seiring dengan perkembangan perusahaan Anda. Demikian jika Anda membutuhkan bantuan berupa pelatihan atau jasa accounting untuk mempermudah kinerja bisnis kecil Anda. silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor wa 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp