BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

BAGAIMANA MRP DALAM MEMBANTU KESUKSESAN BISNIS MANUFAKTUR ANDA

Material Requirements Planning atau MRP adalah sistem manajemen inventaris terkomputerisasi yang membantu manajer produksi merencanakan dan menjadwalkan pembelian bahan baku dan suku cadang untuk fasilitas manufaktur. Sistem MRP digerakkan oleh pesanan yang belum selesai atau pesanan yang diperkirakan sebelumnya atau kombinasi keduanya untuk memastikan inventaris yang memadai dari item permintaan yang bergantung untuk memenuhi persyaratan produksi.
Sistem MRP ini memungkinkan penjadwalan yang efisien, perencanaan produksi, dan kontrol inventaris untuk merampingkan proses manufaktur. Ini mengoptimalkan tingkat inventaris, meminimalkan waktu tunggu dan memaksimalkan tingkat layanan untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Dalam postingan ini membahas bagaimana sistem MRP dapat meningkatkan operasi bisnis Anda.

Manajemen inventaris.
Manajemen inventaris sangat penting untuk mewujudkan efisiensi produksi. Sistem MRP bekerja dengan data dari jadwal produksi untuk menentukan tingkat yang tepat dan biaya persediaan yang diperlukan untuk memenuhi permintaan. Sistem MRP mempertahankan tingkat persediaan yang optimal untuk suku cadang dan bahan, mengurangi biaya penyimpanan persediaan. Dalam prosesnya, ini menghemat dan mengoptimalkan biaya persediaan dalam periode produksi.

Perencanaan pembelian.
Memperlancar proses produksi juga sangat bergantung pada mengetahui apa yang tersedia, apa yang harus dibeli dan kapan harus membeli. Perencanaan pembelian memerlukan sistem cerdas untuk melacak langkah-langkah produksi dan mengidentifikasi pembelian yang diperlukan sembari mengecek balik jadwal produksi dan pengiriman material yang diharapkan. Manajer pengadaan mengonfigurasi MRP untuk menghubungi pemasok secara otomatis ketika ada kebutuhan untuk membeli.

Rencana produksi.
Sistem MRP mendeteksi kemacetan di jalur produksi yang disebabkan oleh kelangkaan atau pengurangan material. Jika ini terjadi, sistem dapat mengubah rute produksi atau merekomendasikan pengalihan ke produksi produk lain di mana bahan tersedia. MRP juga dapat memfokuskan upaya dalam tahap produksi tertentu dengan mengorbankan tahap lain yang kekurangan bahan baku dan suku cadang. MRP membantu produsen merencanakan jalur produksi mereka bahkan ketika ada kendala ketersediaan bahan.

Penjadwalan kerja.
Penjadwalan kerja mengatur waktu produksi aktif, memprediksi hasil yang diharapkan dan kepatuhan pada jadwal produksi. MRP melukiskan gambaran yang lebih besar dari proses produksi menggunakan persediaan yang tersedia. Manajer dapat menggunakan informasi ini untuk mengontrol operasi per jam, peralatan dan tugas tenaga kerja, dan bahkan secara akurat memprediksi waktu tenaga kerja dan biaya operasional.

Pengelolaan sumber daya.
Bahan mentah adalah sumber kehidupan dari setiap proses manufaktur. Memiliki kendali dan informasi yang siap tentang ketersediaan bahan baku dan hasil yang diharapkan juga memberi produsen gagasan tentang sumber daya lain untuk terlibat dalam proses tersebut. Efisiensi di sini adalah kuncinya. Informasi dari sistem MRP memberi tahu produsen peralatan apa yang dibutuhkan pada jam berapa dan kapan tenaga kerja tambahan dibutuhkan, serta apakah akan menyewa atau membeli aset operasional.

Manajemen dan dokumentasi data.
Manufaktur melibatkan pembuatan, analisis, dan penyajian sejumlah besar data. Sistem MRP membantu produsen dalam menangani informasi ini. Proses MRP dan mendokumentasikan data pembelian, data inventaris, pengiriman dan data arus kas menjadi kuitansi, faktur, daftar, laporan, dan presentasi lain yang mudah terstruktur.

Pembelian ekonomis.
Sistem tersebut memperhitungkan kuantitas dan biaya bahan yang dibutuhkan – termasuk biaya pengiriman, penyimpanan, dan pengangkutan – untuk menghasilkan pembelian yang paling ekonomis guna memenuhi permintaan. Sistem MRP secara ekonomis mengoptimalkan pembelian dengan presisi tinggi, menghemat biaya pembelian yang tidak perlu dari produsen.

Hemat waktu.
Sistem MRP sepenuhnya otomatis dan hanya memerlukan sedikit campur tangan manusia. Ini menghemat banyak waktu kerja jika tidak digunakan untuk melakukan inventaris, pembelian, dan manajemen produksi. Tingkat akurasi dalam sistem ini jauh melampaui metode manusia yang rawan kesalahan. Ini juga mengelola dan menyimpan data produksi, yang menghilangkan kebutuhan untuk seluruh departemen.

Ketahuilah bahwa manufaktur yang efisien memerlukan perencanaan yang cermat untuk memastikan Anda memiliki sumber daya yang tepat selama seluruh proses produksi. Jika Anda membutuhkan informasi tentang MRP yang tepat untuk bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp