BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

BEBERAPA KESALAHAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Beberapa Kesalahan Dalam Pengelolaan Keuangan Perusahaan”.
Dibidang apapun, keuangan adalah hal wajib yang perlu dikelola dengan baik guna mencegah terjadinya pembengkakan pengeluaran yang berakibat buruk bagi perusahaan. Pengeluaran yang seolah tidak terduga memang seperti hal yang wajar bagi sebuah perusahaan. Namun jika tetap dibiarkan dapat menimbulkan ancaman bagi sebuah perusahaan. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, bisnis beromset berapapun akan menjadi berantakan. Bisnis yang baik bisa dilihat dari kondisi dan pengelolaan keuangannya yang baik dan professional.
Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam melakukan efisiensi terhadap keuangan perusahaan, semisal dengan meminimalisir biaya operasional perusahaan, memperketat biaya dinas di luar kota atau luar negeri, melakukan penghematan listrik dan air, hingga kebijakan menerapkan aplikasi payroll.
Namun pada kenyataannya, banyak perusahaan yang masih belum paham tentang bagaimana mengelola keuangannya. Berikut adalah kesalahan yang kerap dilakukan.
1. Tidak memiliki planning keuangan yang baik.
Melakukan perencanaan perkembangan perusahaan merupakan hal penting untuk mendongkrak kinerja perusahaan dengan menciptakan strategi pengembangan yang baik dan tepat sasaran. Namun karena perhatian terlalu focus pada pengembangan, terkadang lupa membuat perencanaan keuangan perusahaan. Wajib untuk anda ketahui bahwa perencanaan keuangan yang matang akan semakin mempermudah jalannya strategi pengembangan perusahaan. Anda tidak perlu takut melakukan pengeluaran anggaran, karena semuanya sudah terhitung dalam perencanaan keuangan.
2. SDM keuangan yang kurang handal.
Banyak perusahaan yang merasa kurang mampu untuk menggunakan jasa akuntan atau software akuntansi profesional. Padahal dalam praktik berbisnis, ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sehingga perusahaan memilih tetap memperkerjakan sdm seadanya tanpa memakai software yang mumpuni, alhasil manajemen dan laporan keuangan perusahaan pun menjadi berantakan.
3. Kurangnya pengetahuan akuntansi oleh pelaku bisnis.
Fakta dilapangan ternyata masih ada pelaku bisnis yang tidak tahu menahu tentang akuntansi. Besar kemungkinan karena pelaku bisnis tidak tahu menahu tentang akuntasi, tidak paham pentingnya akuntasi, sehingga poin akuntansi akan kurang diperhatikan. Tentu hal ini akan sangat memperihatinkan.
4. Tidak memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.
Hal yang juga sering menjadi kesalahan pengusaha adalah tidak memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Alhasil, banyak uang yang ‘hilang’ lantaran ‘dipinjam’ untuk kepentingan pribadi namun lupa tidak mengembalikan atau sebaliknya. Ini yang membuat keuangan perusahaan menjadi berantakan.
5. Tidak melakukan pengecekan secara real cash
Selain itu, pelaku bisnis juga terkadang lupa melakukan pengecekan secara real cash atau langsung. Meski sudah ada laporan tertulis tentang keuangan perusahaan, namun pengecekan langsung masih perlu dilakukan guna memastikan kecocokan laporan dengan saldo.Jadi setiap awal bulan sebaiknya meminta rekening koran dari bank lalu mengecek langsung apakah sesuai dengan laporan keuangan yang tertulis.

Perlu anda ketahui sebagai pelaku bisnis bahwa pengelolaan dan perencanaan keuangan merupkan hal yang sangat penting dalam perkembangan perusahaan. Meski perusahaan sudah memiliki omset yang besar, namun jika pengelolaan keuangannya masih buruk maka omset yang besar itu seperti tidak akan terasa besar bahkan akan merasa kurang karena pengelolaan yang kurang baik.

Terimakasih sudah berkunjung di website kami dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih tentang manajemen keuangan, system payroll, atau membutuhkan pembimbingan mengenai set up Distributor, pembuatan SOP distributor, software accounting, software HRD dan Payroll, software distributor, bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.
 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp