BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

BERBAGAI KESALAHAN DALAM SISTEM PENGGAJIAN OLEH PEMILIK USAHA BISNIS KECIL

Banyak pemilik usaha kecil telah berhasil menciptakan produk dan layanan hebat, membangun tim yang efektif dan memenangkan pelanggan. Namun, masih banyak dari mereka mungkin akan terancam gagal karena kesalahan dalam beberapa aspek pembukuan atau keuangan. Sehingga sebagai pemilik bisnis, jika anda tidak memahami berbagai jenis “akun” yang digunakan dalam pembukuan anda untuk mengatur keuangan anda, maka kemungkinan proses pengukuran keberhasilan yang anda lakukan akan sia-sia. Tentu saja dalam bisnis, anda perlu memperhatikan banyak hal, bukan hanya sampai pembuatan ide, proses produksi, pengepakan, pemasaran, bahkan kesejahteraan karyawan misal penggajian. Membayar karyawan anda mungkin tampak seperti tugas yang mudah, tetapi ada kesalahan umum yang masih sering terjadi, dan memiliki konsekuensi yang mahal. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kesalalahan umum terkait proses penggajian karyawan yang perlu anda hindari.

Jumlah Gaji yang Salah
Ini mungkin tampak seperti akal sehat, tetapi Anda akan terkejut betapa mudahnya ini bisa terjadi. Selalu periksa ulang bahwa jumlah pembayaran dimasukkan ke dalam sistem penggajian dengan benar, dan periksa apakah karyawan melaporkan jam dengan benar. Sangat penting untuk memastikan bahwa semua informasi karyawan, informasi pembayaran, dan informasi pemotongan pajak, dan berbagai tunjangan lain dengan benar.

Klasifikasi Karyawan yang Salah
Selama dekade terakhir, telah menjadi lebih populer bagi bisnis untuk mempekerjakan bakat non-konvensional. Bisnis tidak lagi bergantung pada karyawan penuh waktu saja. Sebagai gantinya, mereka mendiversifikasi tenaga kerja mereka dengan mempekerjakan karyawan penuh waktu, konsultan, pekerja lepas, paruh waktu, borongan, dan lainnya. Hal ini dilakukan karena memiliki beberapa manfaat yaitu Penghematan biaya tenaga kerja, Kewajiban berkurang, dan Fleksibilitas dalam perekrutan / penembakan. Manfaat ini dapat membuat perekrutan bakat non-konvensional terdengar seperti pilihan tepat untuk bisnis Anda. Namun, penting untuk memahami dan menghindari risiko gaji besar yang menyertainya: kesalahan klasifikasi karyawan. Dengan tidak mengambil langkah-langkah yang benar untuk memastikan kepatuhan, bisnis kecil Anda berisiko menanggung denda besar. Cara terbaik untuk mencegah kesalahan ini adalah berkonsultasi dengan pakar pajak. Jika Anda menggunakan layanan penggajian, hubungi mereka untuk melihat sumber daya apa yang mereka miliki. Carilah perusahaan yang berpengalaman dalam pedoman IRS dan memiliki proses yang solid yang diperlukan untuk memastikan kepatuhan.

Rekam Pencatatan yang Buruk
Pencatatan yang buruk adalah hal biasa bagi banyak usaha kecil. Bentuk pencatatan yang buruk yang paling populer adalah kesalahan entri data. Kesalahan lain yang dihasilkan dari pembukuan yang buruk termasuk lupa untuk mengklaim pengeluaran yang dapat dihapuskan dan secara tidak tepat mencatat jam kerja karyawan. Catatan yang tidak akurat dapat menyebabkan pengajuan pajak yang tidak tepat atau tertunda. Kedua skenario tersebut dapat menghasilkan penalti dan denda besar yang pada akhirnya akan menghabiskan banyak waktu dan uang. Cara untuk mencegah terjadinya kesalahan ini adalah dengan mempertahankan catatan akurat secara teratur, apakah itu bulanan atau triwulanan, dapat menghemat banyak waktu serta uang. Memiliki sistem pengarsipan yang tepat dan pastikan staf anda menyadarinya. Pastikan siapa pun karyawan yang ditugaskan mengetahui betapa pentingnya hal ini.

Tidak Membayar Upah Lembur
Anda harus membayar upah tambahan kepada karyawan yang bekerja lembur. Bergantung pada tempat anda tinggal, anda mungkin harus memberikan upah lembur setelah seorang karyawan bekerja 8 jam dalam satu hari kerja, atau anda mungkin harus membayar dua kali lipat tingkat upah reguler mereka. Ada beberapa majikan yang mencoba keluar dari membayar upah lembur. Mereka akan melakukan kesalahan klasifikasi pekerja mereka sebagai dibebaskan dari upah lembur. Dan kemudian beberapa akan secara ilegal menggunakan waktu perusahaan dengan membiarkan karyawan mengambil waktu istirahat untuk menebus kerja lembur mereka. Hal ini penting untuk anda perhatikan, karena akan berpengaruh pada mental para karyawan anda. Jika mereka telah anda perlakukan dengan baik, maka kinerja merekapun akan lebih baik.

Sistem Penggajian yang Belum Otomatis
Tidak mengherankan bahwa sebagian besar pemilik usaha kecil akan menjalankan penggajian secara manual meski tahu bahwa memiliki risiko kesalahan yang lebih tinggi. Menggunakan sistem otomatis untuk melakukan penggajian sering diabaikan oleh usaha kecil, karena mereka merasa mereka mungkin bukan kandidat yang tepat. Ini adalah kesalahpahaman umum, karena ada beberapa pilihan ketika datang untuk mengotomatisasi penggajian seperti perangkat lunak penggajian dan penyedia penggajian nasional dan lokal. Hilangkan tugas monoton untuk membuat spreadsheet dan catatan kartu waktu dan pertimbangkan untuk mengotomatiskan proses penggajian anda. Mengenali kesalahan apa yang akan terjadi, cara menghindari kesalahan itu, dan apa yang harus dilakukan jika terjadi dapat membantu menjamin bisnis anda berjalan dengan baik. Jika anda memerlukan bantuan dalam proses penggajian anda, pertimbangkan untuk mengundang konsultan yang siap membantu anda dengan layanan terbaiknya.

Baca juga : PENTINGNYA MANAJEMEN KEUANGAN DALAM BISNIS

Meski anda masih merupakan usaha kecil, bukan berarti anda menyebut berbagai kesalahan diatas merupakan hal yang wajar. Sebuah perspektif yang salah jika anda berpikir seperti itu, kecuali jika anda tidak menginginkan sukses dalam bisnis anda. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis yang telah memiliki karyawan merupakan hal yang penting agar anda selalu memperhatikan permasalahan gaji mereka.
Demikian artikel kali ini, apabila anda memiliki pertanyaan atau menginginkan adanya sistem penggajian otomatis dalam bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-3900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Software Accounting Surabaya siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp