BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

LANGKAH MEMBUAT LAPORAN LABA RUGI PADA BISNIS SKALA RUMAHAN

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan utama perusahaan. Tujuan dari laporan laba rugi adalah untuk melaporkan ringkasan pendapatan, pengeluaran, keuntungan, kerugian, dan laba bersih yang dihasilkan selama satu tahun, kuartal, atau periode waktu lainnya. Laporan laba rugi juga memberi anda pandangan yang baik pada kesehatan keuangan bisnis anda. Ini juga dapat memberi investor ide bagus tentang kinerja bisnis.
Laporan laba rugi memungkinkan anda untuk menyesuaikan bisnis anda. Laporan laba rugi tidak memenuhi harapan? Mungkin anda dapat menurunkan biaya atau meningkatkan pendapatan. Tindakan ini dapat mengarah pada hasil bisnis yang positif dari waktu ke waktu. Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat laporan laba rugi bagi bisnis skala rumahan.

Tentukan Periode Pelaporan
Langkah pertama dalam menyiapkan laporan laba rugi adalah memilih periode pelaporan yang akan dicakup oleh laporan anda. Bisnis biasanya memilih untuk melaporkan laporan pendapatan mereka secara tahunan, triwulanan, atau bulanan. Perusahaan yang diperdagangkan secara publik diharuskan menyiapkan laporan keuangan setiap triwulan dan tahunan, tetapi usaha kecil tidak terlalu diatur dalam pelaporan mereka. Membuat laporan pendapatan bulanan dapat membantu anda mengidentifikasi tren dalam keuntungan dan pengeluaran anda dari waktu ke waktu. Informasi itu dapat membantu anda membuat keputusan bisnis untuk membuat perusahaan anda lebih efisien dan menguntungkan.

Hitung Pendapatan Anda
Selanjutnya, anda harus menghitung total pendapatan penjualan bisnis anda untuk periode pelaporan. Pendapatan anda termasuk semua uang yang diperoleh untuk layanan anda selama periode pelaporan, bahkan jika anda belum menerima semua pembayaran. Tambahkan semua item baris pendapatan dari laporan neraca percobaan anda dan masukkan jumlah total dalam item baris pendapatan dari laporan pendapatan anda.

Hitung Biaya Barang Yang Dijual
Harga pokok barang yang anda jual meliputi tenaga kerja langsung, bahan, dan biaya overhead yang anda keluarkan untuk menyediakan barang atau jasa anda. Tambahkan semua harga pokok penjualan item baris pada laporan neraca percobaan anda dan daftarkan total harga pokok penjualan pada laporan laba rugi, langsung di bawah item baris pendapatan.

Hitung Margin Kotor Anda
Kurangi total harga pokok penjualan dari total pendapatan pada laporan laba rugi anda. Perhitungan ini akan memberi anda margin kotor, atau jumlah kotor yang diperoleh dari penjualan barang dan jasa anda.

Hitung Laba Anda
Kurangi total penjualan dan biaya administrasi dari margin kotor. Ini akan memberi anda penghasilan sebelum pajak. Masukkan jumlah di bagian bawah laporan laba rugi.

Hitung Pajak Penghasilan
Untuk menghitung pajak penghasilan, gandakan tarif pajak negara bagian anda yang berlaku dengan angka pendapatan sebelum pajak anda. Tambahkan ini ke laporan laba rugi, di bawah angka pendapatan sebelum pajak.

Hitung Laba Bersih
Untuk menentukan penghasilan bersih bisnis anda, kurangi pajak penghasilan dari angka pendapatan sebelum pajak. Masukkan angka ke item baris terakhir dari laporan pendapatan anda.

Finalisasi
Untuk menyelesaikan laporan pendapatan anda, tambahkan header ke laporan yang mengidentifikasinya sebagai laporan pendapatan. Tambahkan detail bisnis anda dan periode pelaporan yang tercakup dalam laporan laba rugi.

Demikian ulasaan sederhana tentang apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan untuk membuat laporan laba rugi sebuah bisnis skala kecil atau rumahan. Apabila anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas atau membutuhkan informasi lain terkait akuntansi bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email grodeu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Software Accounting Surabaya siap membantu anda.

BAGAIMANA LAYANAN CHIEF FINANCIAL OFFICER (CFO) MEMBANTU KEUANGAN SMALL BUSINESS

Layanan akuntansi tidak hanya akan menghemat waktu berharga anda dalam berbisnis, juga membebaskan anda untuk melakukan tugas-tugas yang menurut anda paling bermanfaat, tetapi mereka juga memungkinkan anda tetap memiliki akses ke seorang profesional yang dapat menemukan dan memperbaiki masalah keuangan anda. Secara khusus, layanan CFO sangat berguna karena mereka memberikan wawasan yang tepat sehingga perusahaan dapat membuat perubahan positif. Ini bukan untuk mengatakan bahwa CFO dapat sepenuhnya menyelamatkan bisnis yang sedang sekarat. Atau anda tidak akan berhasil tanpa itu. Tetapi, apa yang kami katakan adalah bahwa bisnis anda bisa lebih sukses dan menguntungkan jika anda memiliki strategi yang lebih baik untuk menghabiskan dan menghemat sumber daya anda. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kemudahan jika anda menggunakan Chief Financial Officer (CFO).

Perkiraan Arus Kas
Bekerja dengan akuntan profesional dengan membangun model arus kas untuk memprediksi posisi kas di masa depan bisnis anda merupakan hal yang sangat penting sehingga anda dapat memahami bagaimana keputusan anda hari ini akan mengubah arah bisnis anda dalam 30 hingga 60 hari. Meninjau semua variabel yang memengaruhi posisi kas masuk dan kas keluar anda. Dengan template yang dibuat khusus untuk anda dan kebutuhan anda. Setelah dibuat, anda juga dapat memperbarui dan bertemu dengan kami setiap minggu atau bulan tergantung pada kebutuhan anda.

Pelaporan dan Analisis Anggaran ke Aktual
Ada peluang bagus bahwa anda telah membuat beberapa bentuk anggaran bisnis, mungkin di awal tahun. Tetapi apakah anda yakin bahwa anggaran anda sepenuhnya memenuhi semua tujuan dan kebutuhan perusahaan anda? Dan jika ya, seberapa dekat anda mengikutinya? Di sinilah layanan CFO akan sangat berguna untuk membangun, mengelola, dan memelihara anggaran anda terhadap hasil aktual anda. Singkatnya, analisis anggaran ke aktual membantu usaha kecil mengetahui apakah mereka berada di jalur finansial sehingga mereka dapat melakukan penyesuaian secara proaktif. Dan sampai di tempat tujuan yang menguntungkan jauh lebih cepat.

Analisis Titik Impas
Kami berbicara tentang titik impas dan analisis titik impas ini adalah salah satu metrik paling penting untuk dipahami oleh pemilik usaha kecil. Singkatnya, analisis titik impas memberi tahu pemilik usaha kecil berapa banyak uang yang mereka butuhkan untuk menjaga pintu tetap terbuka setelah biaya operasi seperti sewa, peralatan, biaya kendaraan, biaya karyawan dan banyak lagi. Wawasan yang berasal dari analisis struktur biaya, margin kotor, dan persyaratan overhead akan membantu anda mempersiapkan masa depan yang lebih menguntungkan. Tetapi anda tidak harus melakukannya sendiri, layanan CFO tidak hanya membantu anda menghitung angka tetapi juga menunjukkan kepada anda cara menurunkan titik impas sehingga anda dapat mencapai tujuan lebih cepat.

Manajemen Biaya Tenaga Kerja
Apakah anda yakin bahwa rencana perekrutan anda saat ini masuk akal secara finansial untuk organisasi anda? Manajemen biaya tenaga kerja membantu anda memahami biaya penuh dari staf sehingga anda dapat membuat keputusan perekrutan yang lebih tepat. Analisis ini mencakup berapa banyak anggaran yang dikonsumsi oleh lembur dan apakah bisnis tepat sasaran untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dengan bantuan seorang profesional akuntansi, anda akan tahu persis kapan harus menyewa dan berapa banyak yang mampu anda bayar. Biasanya, layanan biaya tenaga kerja meliputi analisis staf anda saat ini dan biaya penuh dari setiap karyawan, laporan yang menunjukkan mempekerjakan anggaran dan staf untuk kinerja pendapatan, panggilan pelatihan mingguan atau bulanan untuk membantu anda membuat keputusan perekrutan yang hebat.

Perencanaan dan Pengurangan Hutang
Semakin cepat anda melunasi hutang bisnis dan mulai membangun kekayaan, semakin yakin anda tentang masa depan perusahaan anda. Dengan perencanaan utang bisnis, anda akan menerima analisis utang, kreditor, dan rencana pembayaran, tetapi juga rencana khusus untuk melunasi utang anda lebih cepat dari yang anda bayangkan.

Baca juga : STRATEGI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN KERUGIAN BISNIS DAN KHUSUSNYA BAGI SEORANG PEBISNIS PEMULA

Demikian artikel CFO kali ini, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas atau membutuhkan training akuntansi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami memalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

DESKRIPSI TUGAS FINANCE EXECUTIVE DALAM PERUSAHAAN

Finance Staff/Staff Keuangan bertanggungjawab atas semua kesibukan keuangan, pekerjaan paling utama dari jabatan ini yakni melakukan penyusunan, transaksi, buat laopran keuangan perusahaan. Jabatan Finance Staff/Staff Keuangan mesti melapor pada jabatan Manager Keuangan. Namun, apakah anda sudah mengetahui tugas dari seorang Finance? Jika anda belum mengetahui tugas tersebut, maka keputusan tepat bagi anda untuk membaca artikel ini sampai akhir. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengetahuan tentang tugas dari seorang finance officer.

Finance dapat diartikan sebagai ilmu dalam mengelola uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan setiap perusahaan. Finance berhubungan dengan pengawasan, penciptaan dan studi keuangan, perbankan, kredit, investasi, aset, dan liabilitas yang membentuk sistem keuangan. Seseorang yang dengan jabatan ini begitu diperlukan kedislipinan, kejujuran, kecermatan dan tanggung jawab yang tinggi karna bila berlangsung kekeliruan juga akan begitu fatal pada perusahaan karna menyangkut keuangan perusahaan.

Seorang finance memiliki wewenang untuk memegang uang, dia memiliki otoritas untuk menerima dan mengeluarkan uang, baik uang yang berada pada kas kecil, maupun uang-uang yang ada di bank, deposio, maupun investasi keuangan lainnya.

Berikut ini beberapa jobdesk Staf Keuangan :
Melakukan penyusunan keuangan perusahaan.
Melakukan penginputan semuanya transaksi keuangan kedalam program.
Melakukan transaksi keuangan perusahaan.
Melakukan pembayaran pada supplier.
Melakukan Pelajari budget.
Membuat laporan manajemen pada induk perusahaan.
Menyiapkan dokumen penagihan invoice/kuitansi tagihan.
Melakukan rekonsiliasi dengan unit lain.

Baca juga : METODE ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
Seorang Finance mempunyai otorisasi untuk mengeluarkan dan menerima uang, baik itu uang kas, maupun uang-uang yang ada di bank, deposito, dan investasi keuangan lainnya. Selain itu, finance juga harus bisa mengatur kebutuhan uang kas perusahaan. Namun, Tentunya sangat penting untuk mengklasifikasikan setiap tugas dari finance dalam perusahaan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih terukur serta administrasi yang lebih baik.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan tentang menjadi seorang Finance. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

SEBAB TERJADINYA PERBEDAAN BIAYA DALAM COST CONTROL

Sistem Cost Control/kontrol biaya merupakan bagian integral dari keseluruhan sistem pendukung keputusan organisasi. Sistem kontrol biaya berfokus pada informasi intra-organisasi dan berisi komponen pendeteksi, penilai, efektif, dan jaringan. Relatif terhadap sistem manajemen biaya, sistem kontrol biaya menyediakan informasi untuk perencanaan dan untuk menentukan efisiensi kegiatan saat mereka sedang direncanakan dan setelah mereka dilakukan. Pengendalian biaya adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan dukungan dari semua karyawan setiap saat. Kontrol adalah bagian dari siklus manajemen yang dimulai dengan perencanaan. Tanpa terlebih dahulu menyiapkan rencana untuk organisasi, kontrol tidak dapat dicapai karena tidak ada target dan sasaran operasional yang telah ditetapkan. Fase perencanaan menetapkan target kinerja yang menjadi input ke fase kontrol.
Kontrol mensyaratkan adanya seperangkat harapan. Dengan demikian, pengendalian biaya dilakukan pertama kali ketika anggaran disiapkan. Namun, anggaran tidak dapat disiapkan tanpa pemahaman tentang alasan yang mendasari perubahan biaya periode, dan pengendalian biaya tidak dapat dicapai tanpa memahami dan sering kali biaya mungkin berbeda dari jumlah yang dianggarkan. Perbedaan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :

Perubahan Biaya Karena Perilaku Biaya
Biaya dapat berubah dari periode sebelumnya atau berbeda dari ekspektasi anggaran karena berbagai alasan. Beberapa biaya berubah karena perilaku yang mendasarinya. Total variabel atau biaya campuran meningkat atau menurun dengan, masing-masing, peningkatan atau penurunan aktivitas. Jika aktivitas aktual periode saat ini berbeda dari periode sebelumnya atau tingkat aktivitas yang dianggarkan, total variabel aktual atau biaya campuran akan berbeda dari periode sebelumnya atau dari anggaran. Anggaran yang fleksibel dapat mengompensasi perbedaan tersebut dengan menyediakan biaya yang diharapkan di setiap tingkat kegiatan. Dengan menggunakan anggaran yang fleksibel, manajer kemudian dapat membuat perbandingan biaya anggaran dengan biaya aktual untuk menentukan apakah biaya dikontrol dengan benar. Selain reaksi dari biaya variabel dan campuran terhadap perubahan kegiatan, faktor-faktor lain seperti inflasi / deflasi, penyesuaian biaya pemasok / pemasok, dan jumlah yang dibeli dapat menyebabkan biaya berbeda dari periode sebelumnya atau anggaran. Dalam mempertimbangkan faktor-faktor ini, ingatlah bahwa harga eksternal menjadi biaya internal ketika barang atau jasa diperoleh.

Baca juga : SOLUSI MENGUBAH PEMBUKUAN METODE PENCATATAN AKUNTANSI BERBASIS KAS (CASH BASIC) KE SISTEM SOFTWARE ACCOUNTING YANG TERSISTEMASTIS

Perubahan Biaya Karena Inflasi / Deflasi
Fluktuasi nilai uang disebut perubahan tingkat harga umum. Ketika tingkat harga umum berubah, harga barang dan jasa juga berubah. Jika semua faktor lain konstan, perubahan tingkat harga umum memengaruhi hampir semua harga kurang lebih sama dan dalam arah yang sama. Indeks inflasi berdasarkan industri atau komoditas dapat diperiksa untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang efek inflasi terhadap harga input tertentu.

Perubahan Biaya Karena Penyesuaian Biaya Pasokan / Pemasok
Hubungan antara ketersediaan barang atau jasa dan permintaan untuk barang tersebut mempengaruhi harga jualnya. Jika persediaan rendah tetapi permintaan tinggi, harga jual barang meningkat. Harga yang lebih tinggi seringkali merangsang produksi yang lebih besar, yang, pada gilirannya, meningkatkan pasokan. Sebaliknya, jika permintaan turun tetapi penawaran tetap konstan, harga jatuh. Penurunan harga ini akan memotivasi produksi yang lebih rendah, yang menurunkan pasokan. Oleh karena itu, harga secara konsisten dan sirkuler dipengaruhi oleh hubungan penawaran dan permintaan. Perubahan harga yang dihasilkan dari penyebab independen adalah perubahan tingkat harga tertentu, dan ini dapat bergerak ke arah yang sama atau berlawanan sebagai perubahan tingkat harga umum.

Perubahan Biaya Karena Kuantitas Produk
Perusahaan biasanya diberikan diskon jumlah, hingga tingkat maksimum, ketika mereka melakukan pembelian dalam jumlah besar. Oleh karena itu, biaya per unit dapat berubah karena jumlah yang dibeli berbeda dari periode sebelumnya atau yang diproyeksikan. Keterlibatan dalam pengaturan pembelian kelompok dapat membuat diskon kuantitas lebih mudah diperoleh.

Demikian artikel cost control kali ini, jika pembaca membutuhkan informasi lebih detil tentang artikrl diatas, ingin berkonsultasi terkait cost control bisnis anda, atau membutuhkan accounting software untuk mempermudah bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami konsultan software accounting Surabaya siap membantu anda. Sekian dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp