BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

STRATEGI MEMASARKAN KREDIT MICRO DAN MAINTENANCE COLLECTION NASABAH

Memasarkan produk keuangan dengan “Nasabah bayar lancar” memang tidak mudah, oleh sebab itu dibutuhkan cara memasarkan dengan terobosan baru, seperti menghimpun data base calon Nasabah dari sumber clear, melakukan follow up sampai memproses permintaan dana dan pemenuhan persyaratannya.

Proses penawaran sampai closing membutuhkan beberapa tahap yang mesti dilakukan step by step dengan baik, sehingga Nasabah kredibel bisa diperoleh dengan baik dan laincar.

Pekerjaan penawaran hingga closing belum menjadi bagian aktivitas yang terputus atau selesai, namun dibutuhkan aktivitas untuk memaintenance collection atau re-payment Nasabah agar terjadi kesinambungan. Semua rahasia ini ada di pelatihan ini.

Ikuti pelatihan ini untuk meningkatkan performace : Marketing, surveyor dan colletor anda.

Materi Pelatihan

  1. Strategi menggali data Nasabah
  2. Langkah-langkah dalam melakukan prospekting dan penawaran
  3. Digital marketing (Memanfaatkan sosmed untuk dapatkan Nasabah)
  4. Handling objection & Technique Closing
  5. Mengelola pembayaran Pinjaman Nasabah
  6. Memecahkan masalah pinjaman Nasabah yang tidak lancar secara win-win solution

Beberapa manfaat yang didapatkan oleh PESERTA  dari pelatihan ini antara lain:

  1. Peserta mahir dalam memasarkan produk keuangan, mulai dari menggali data base, melakukan penawaran, mem-follow up sampai dengan memproses kebutuhan dana yang akan dicairkan.
  2. Melalui pelatihan ini peserta memiliki keterampilan dalam memaintenance Nasabah agar langgeng dan berkesimbungan dalam memakai jasa perusahaan dalam hal keuangan.
  3. Peserta memiliki skill baru dalam pemasaran produk jasa keuangan, dan skill baru dalam pemeliharan pelanggan, seperti melakukan collection dari tahap kasus ringan sampai berat kelancaran bayar Nasabah.

Target peserta

Surveyor, collector dan marketing KOPERASI, KOPKAR, BPR dan KSP

Jadwal : 27 November 2021

Via Google Meet

Pukul : 09.00-16.00 WIB

Investasi : Rp 1.500.000,- (Normal)

Early bird : Rp 1.050.000,-/per orang ( Hanya 20 Orang)

Fasilitas :

  • Hand Out
  • E- Serificate

Info : www.konsultanbisnissurabaya.com

Daftar : 081-252982900

 

Featured

SOFTWARE UNTUK SALES FORCE HYBRID DI MASA PENDEMI

Sekarang ini perusahaan Distributor atau perusahaan apapun yang mendistribusikan produknya ke rantai distribusi seperti apotik, minimarket, toko kelontong, grosir tradisional, maupun outlet-outlet sangat membutuhkan cara order ke distributor atau supplier secara flexibel, tanpa harus menunggu kedatangan salesman. Apalagi seperti PPKM sekarang ini, banyak jalan-jalan ditutup dan mengurangi keleluasaan salesman melakukan kunjungan ke customer. Software mobile order online akan menjadi solusi bagi distributor maupun principal dalam mengembangkan penjualan dan meningkatkan penetrasi produknya ke pasar. Oleh sebab itu sangatlah penting memahami dan me-review cara penjualan akhir-akhir ini agar perusahaan bisa bertahan.

Apa itu Software mobile oder online?
Software mobile order online merupakan software yang diinstal di Android pelanggan, seperti Apotik, Minimarket, supermarket, Toko grosir tradisional dan rantai distribusi pada produk Fast moving Consumer Good pada umumnya.
Software mobile oder online sangat relevan pada saat Pendemi dan PPKM, karena :
1. Berfungsi sebagai asisten salesman
2. Sebagai media penghubung supplier dengan pelanggan, serta bisa digunakan kapan saja. Bisa pagi hari, siang, sore bahkan malam hari.
3. Software akan mengirim notifikasi produk- produk yang dipesan oleh customer ke perangkat lunak supplier.
Supaya sukses dalam implementasinya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
# Rapikan Rute Kunjungan Salesman
Merapikan rute kunjungan salesman memiliki tujuan agar salesman dapat bekerja maksimal, dengan memilih rute yang mana yang dikunjungi 2 minggu sekali, dan yang mana yang sebulan sekali dengan bantuan software mobile order online.
# Setting program penjualan
Melakukan setting program penjualan, memiliki tujuan agar di fitur sofware mobile order online terkelompokan, sesuai target yang dibutuhkan dalam penjualan. Seperti, produk-produk yang dijual secara reguler, produk yang memiliki program promosi, serta produk yang baru dipasarkan oleh supllier.
# Memberikan poin reward Customer
Agar software terpakai maksimal, maka poin reward sangat penting untuk diberikan. Oleh sebab itu rangsang pelanggan anda dengan poin reward yang diciptakan. Anggaran poin reward, dapat dikoordinasikan dengan Principal atau pemasok produk, sehingga peran pemasok dapat mendukung penggunaan mobile order online, secara berkesinambungan.
# Masukan penggunaan mobile order online di dalam KPI
Masukan penggunaan mobile order online, dalam KPI tim sales force perusahaan, agar Software mobile order online bisa menjadi bagian perubahaan dalam strategi penjualan di perusahaan. Seperti yang diketahui, saat ini penjualan tidak terbatas secara offline saja, melainkan juga secara online.
# Evaluasi penggunaan Mobile order online
Lakukan evaluasi penggunaan mobile order online, dari waktu ke waktu, berdasarkan jumlah pengguna dan kontribusi penjualan lewat mobile order online. Dengan demikian kegagalan penjualan selama ini, bisa diatasi dengan perangkat lunak canggih, yang membantu customer lebih loyal pada perusahaan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, apabila membutuhkan infromasi lebih lanjut mengenai software mobile order online. Silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Featured

SUKSES IMPLEMENTASI SOFTWARE ACCOUNTING DI PERUSAHAAN ANDA

Seringkali bisnis owner gagal dalam implementasi software accounting, meski pilihan software accounting menurutnya paling terbaik. Hal ini tentunya akan sangat menghambat operasional perusahaan yang masih dilakukan secara manual. Oleh sebab itu pebisnis harus paham bahwa software accounting tidak bisa diimplementasikan dengan baik tanpa mengetahui proses bisnis yang ada di perusahaan.
Sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut ini jika ingin implementasi software accounting berhasil dengan baik dan lancar.

1. Susun struktur organisasi – Menyusun struktur organisasi selain untuk efisiensi Sumber daya manusia di perusahaan, juga untuk mengetahui fungsi-fungsi yang sebenarnya yang ada di dalam organisasi. Jangan sampai terlalu banyak orang pada fungsi yang sama, sehingga implementasi software nantinya benar-benar membantu keefektipan pekerjaan karyawan sesuai licensi. Percuma membeli licensi, tapi karyawan tidak berkepentingan dalam menggunakan. Hal ini buang-buang anggaran. Yang harus kita ketahui siapa penginput data dan mencetak, yang melakukan otorisasi dan yang hanya sekedar membaca laporan.

2. Susun Job description – Menyusun Job description adalah salah satu cara menspesialisasikan pekerjaan agar tiap karyawan tidak bekerja tumpang tindih. Sehingga memudahkan trainer sofware accounting untuk mengatur hak akses ke software, karena tidak semua bagian software boleh dibuka bagi yang tidak berkepentingan.

3. Susun SOP (Standard operasional prosedur) – Susun standard operasional prosedur supaya kinerja karyawan memiliki alur yang sudah sangat standard. Sehingga implementasi software dapat terlaksana dengan baik. SOP memang tidak bisa dibuat dalam waktu singkat, Minimal SOP dibuat secara garis besar. SOP sederhana bisa dibuat sesuai versi masing-masing agar implementasi software mengikuti jalur yang sudah ditentukan.

4. Identifikasi hak akses – Lakukan indentifikasi terhadap job description utama yang berhubungan dengan input data, editing, otorisasi dan hanya pembaca laporan. Setelah itu pilah-pilah setiap aktivitas kunci tersebut untuk digunakan sebagai petunjuk “training software” yang berkaitan dengan aktivitas kunci tersebut. Pada umumnya jika sudah ditentukan masing-masing hak akses, maka setelah implementasi software accounting, perusahaan aman di data dan resiko pengubahan.

5. Persiapankan data yang digunakan operasi software – Persiapan berikut adalah persiapan untuk menginput data yang dimiliki oleh perusahaan saat ini, seperti data customer, data supplier, data hutang dagang, data piutang penjualan, data aktiva, modal yang disetor, data inventory dan data lain. Data-data tersebut di input di format excel dan kemudian dipindahkan ke software yang sudah diinstal. Sehingga tidak perlu diinput satu persatu secara manual.

6. Instal software di komputer – Kalau software sudah diinstal paling tidak karyawan sudah bisa segera menggunakan software dalam rangka mengefektifkan pekerjaan, meminimalkan resiko kehilangan, serta dalam rangka menaikan profit.

7. Lakukan training berdasarkan job des dan hak ases -Training akan segera dilakukan secara fokus pada masing-masing job des karyawan. Kalau sudah diatur sesuai langkah 1 sampai dengan 5 maka dijamin proses training pasti akan berlangsung dengan baik dan penggunaan software lancar.

8. Lakukan evaluasi input data dari laporan – Untuk mengecek training sudah disampaikan dengan baik, maka pihak trainer software dan konsultan dapat memastikan apakan proses input data sudah benar, sesuai dengan akun-akun yang sudah dibuat. Evaluasi ini bisa dilihat dari laporan rugi laba maupun neraca serta laporan lainnya yang ingin dicocokan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan pendampingan dalam implementasi software, seperti membuatkan SOP dan tata cara kerja lainnya, silahkan hubungi kami di 081-252982900. Atau email ke groedu@gmail.com.

Featured

WEBINAR DISTRIBUTORSHIP MANAGEMENT IN DIGITALIZATION

MEMBANGUN TIM PENJUALAN HYBRID
Beberapa klien mengeluh karena omzet turun ketika berlakunya PPKM dan masa pandemi umumnya. Memang bisa diterima dengan akal keadaan seperti itu bisa memporak porandakan omzet penjualan. Tetapi saya mau berbagi pengalaman pada laman FB ini, yakni adanya kondisi yang terbalik, di bisnis lain justru stabil dan cenderung naik. Apa rahasianya?
Perusahaan diawal pandemi sudah melakukan INOVASI dengan cepat dan tepat. Apa yang dilakukan perusahaan klien ini? Yakni membangun TIM PENJUALAN HYBRID. Kalau semula target salesman adalah sebagai berikut:
1. Target Volume penjualan
2. Target Kunjungan dan transaksi dan tidak menghitung hasil penjualan by telphon dan Wa
3. Target lain: membersikan display, mengecek stok pelanggan dan lain-lain
INOVASI berikut yang dilakukan selain tugas poin 1,2 dan 3. Adalah menambah dengan :
1. Target banyaknya customer yang dihubungi baik via Wa, telphon atau sarana komunikasi lainnya.
2. Order masuk melalui media komunikasi dimasukan sebagai Target penjualan tambahan
3. Frekuensi kunjungan diubah lebih renggang, yang sebelumnya 2 minggu sekali customer dikunjungi 3 minggu sekali. Sisanya by media komunikasi.
Apa yang terjadi dengan cara demikian? Klien ternyata telah melakukan inovasi dengan membangun Tim Hybrid. Sebab seperti yang diketahui dengan MEMBERIKAN KEBEBSAN TIM PENJUALAN menjual via media komunikasi, produktifitas semakin meningkat.
Kebiasaan yang sudah dibangun, kemudian disempurnakan dengan aplikasi yang tepat sebagai pengganti media komunikasi dengan fitur-fitur sangat membantu seperti:
1. Di fitur Aplikasi memuat produk reguler yang biasa dibeli pelanggan
2. Di fitur Apllikasi memuat produk yang sedang dipromosikan.
3. Di fitur Aplikasi memuat produk yang baru di launching oleh produsennya.
4. Di fitur terdapat search yang memudahkan customer memilih produk lebih dari 1000 SKU.
Klien juga enjoy karena bisa customisasi untuk program promosi maupun harga sesuai dengan tipe pelanggan yang dilayani. Tidak seperti menjual online di market place dimana harga open untuk semua customer tidak perduli berapa banyak ketentuan quota yang dibeli.
Dari aplikasi yang diberikan kepada customer agar diinstal dan digunakan memudahkan pelanggan untuk melakukan order secara online, tanpa menunggu kehadiran salesman datang. Jadi pada saat pandemi atau PPKM semuanya tidak terpengaruh. Order tetep jalan meskipun salesmannya tidak datang.
Membangun TIM penjualan Hybrid sudah sangat Urgent di masa sekarang. Serta tunggu apalagi para pebisnis yang saat ini sudah melimpah ruah produknya dan sudah siap dipasarkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ini silahkan hubungi 081-252-982900 atau ikuti seminar di atas ini untuk mendapatkan insight yang berharga untuk bisnis anda.

Featured

TRAINING CARA EFEKTIF MENGELOLA PIUTANG PENJUALAN AGAR TIDAK BAD DEBT

Bagi perusahaan pengelolaan piutang penjualan sangat penting, apalagi dalam kondisi penjualan produk meningkat. Semakin penjualan mengalami peningkatan, maka semakin besar Piutang penjualan yang beredar di pelanggan. Oleh sebab itu admin terkait AR termasuk pelaksana lapangan mesti mampu mengelola Piutang penjualan. Namun yang terjadi saat ini adalah banyak piutang penjualan yang over due bahkan mulai macet, dan pada akhirnya bad debt. Bagaimana mengelola  piutang agar tidak bad debt. Silahkan mengikuti training “ cara efektif mengelola piutang penjualan agar tidak bad debt”  dengan materi di bawah ini:

  1. Peran dan bagaimana memperlakukan Piutang penjualan bagi perusahaan
  2. Strategi mengelola piutang penjualan
  3. Strategi mengelola piutang penjualan bermasalah dan mencegah piutang bad debt
  4. Mengukur performace sales force dan collector dalam pengelolaan piutang penjualan.

Tujuan dari training secara online ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan kepada Manager, Pimpinan Cabang, Sales Supervisor, Salesman sehingga dapat melakukan pengelolaan piutang dagang ke customer dengan baik.
  2. Memberikan pengetahuan kepada Manager, Pimpinan Cabang, Sales Supervisor, Salesman, dan Collector tentang pentingnya pengelolaan piutang penjualan terhadap keberlangsungan usaha di Kantor Cabang / Distributor / Dealer/Perusahaan lainnya.
  3. Memberikan pemahaman mengenai manajemen piutang dagang secara keseluruhan untuk Manager, Pimpinan Cabang, Sales Supervisor, Salesman, dan Collector agar angka penjualan Kantor Cabang / Distributor / Dealer terus meningkat meskipun dilakukan secara kredit.

Acara : Jumat , 28 Mei  2021

Pukul : 15.00- 17.30 WIB

Tempat: Online via zoom

Target Peserta : Bisnis owner, SPV Fin & Acc, admin AR, SPV penjualan, Pimpinan perusahaan.

Fasilitas : Hand out PDF & Sertificate

Daftar ke : https://wa.me/081252982900

 

 

Featured

SOFTWARE ACCOUNTING USER FRIENDLY, GRATIS UNTUK UKM

Anda kesulitan dalam menerbitkan laporan keuangan yang disebabkan tidak ada tenaga akunting di perusahaan anda? Jangan kuatir dengan hal ini. Fina Software sedang mengajak anda pemilik bisnis mulai yang dalam bentuk Ritel modern dan tradisional, Distributor, pabrik skala menengah dengan BOM tunggal bisa bergabung menyambut Software gratis yang sedang dibagikan untuk membantu operasional perusahaan.
SAAT inilah waktu yang tepat untuk merapikan MANAGEMENT anda, karena proses bisnis anda bisa diketahui secara riil. Software akuntansi akan membantu para pebisnis menghitung ulang kondisi keuangan saat ini, khususnya pada saat kondisi ekonomi drop akibat pandemi.
APA YANG DIDAPAT DARI FINA SOFTWARE ACCOUNTING GRATIS ?

  1. Mendapatkan laporan keuangan yang diinginkan untuk dinalisa.
  2. Data base pelanggan, Piutang penjualan, Hutang usaha, Kas dan Bank, persediaan dan aktiva dirapikan agar menjadi riil.
  3. Dapat memulai operasional bisnis dengan perhitungan baik di rasio-rasio keuangan, sehingga bisnis owner dapat menentukan strategi penjualan, operasional, service dan lain-lain dengan tepat.
  4. Mengurangi FRAUD yang selama ini terus membengkak.
  5. Mengurangi kerugian akibat kineja tidak efiesien dan efektif.
    Anda berminat dengan SOFTWARE ACCOUNTING GRATIS INI, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap men-support anda.
Featured

PENGALAMAN PENGIRIMAN AKAN MENJADI KUNCI KESUKSESAN RITEL DAN E-COMMERCE DI 2022

Pandemi telah membawa perubahan jangka panjang untuk operasi bisnis dan ekspektasi konsumen. Bisnis terus diuji selama setahun terakhir, terutama pemilik usaha kecil di ritel.
Tapi bukan hanya COVID yang memberi tekanan pada pasar. Para pemimpin bisnis memperhatikan faktor-faktor lain seperti percepatan belanja konsumen dan tantangan ekonomi yang masih ada.
Pengiriman akan terus memainkan peran utama dalam bagaimana ritel (baik kecil maupun besar) melakukan dan memberikan pengalaman pelanggan yang efektif. Berikut ini beberapa kemungkinan kondisi di tahun depan untuk bisnis ritel.

Ketahanan ritel membutuhkan rantai pasokan dan penilaian risiko.
Gangguan rantai pasokan bergerak di depan dan tengah untuk ritel pada tahun 2021, menciptakan kerentanan bagi pemilik usaha besar dan kecil. Karena pembelanjaan konsumen terus meningkat, ritel harus memeriksa bagaimana mereka dapat memperkuat rantai pasokan mereka untuk menghindari masalah seperti persediaan yang rendah dan pengiriman yang tertunda.
Salah satu masalah yang terjadi selama dua tahun terakhir adalah keragaman pemasok. Bisnis yang terlalu bergantung pada satu pemasok atau tidak melakukan diversifikasi lintas geografi yang berbeda berisiko kehilangan jalur pasokan mereka jika terjadi gangguan atau penutupan regional. Misalnya, ritel yang rantai pasokannya satu-satunya dibangun dengan impor dari China menghadapi gangguan luar biasa ketika negara itu menutup ekonominya akibat pandemi. Meskipun mungkin lebih mahal bagi bisnis untuk menyebarkan pemasoknya, biaya itu melindungi mereka dari kemungkinan yang terlalu nyata dari penutupan seluruh negara atau ekonomi.
Ritel pada tahun 2022 perlu mengambil pendekatan proaktif untuk membatasi risiko rantai pasokan dan memeriksa kembali rencana kesinambungan mereka untuk meningkatkan ketahanan rantai pasokan. Kita akan melihat lebih banyak ritel mengambil tindakan untuk mendiversifikasi basis pemasok mereka untuk menghindari pemusatan pemasok mereka di satu negara atau wilayah, sehingga tidak memperlambat waktu pengiriman dan operasi secara keseluruhan dan untuk memungkinkan redundansi.

Baca juga artikel terkait:

6 LANGKAH DALAM MEMULAI BISNIS SUPERMARKET, MINI MARKET DAN RITEL MODERN

Mitra tepercaya akan membantu memenuhi momen Boom e-commerce.
COVID-19 mendorong pertumbuhan besar dalam pasar ritel dan e-commerce, karena pembeli menggunakan pengiriman untuk menavigasi risiko COVID. Sementara risikonya perlahan mereda, akselerasi akan berlanjut di masa depan tetapi dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat. Pada tahun 2022, ritel kecil dan menengah perlu mempertimbangkan dengan cermat kemitraan e-commerce mereka. Sementara banyak UKM telah melihat manfaat penjualan melalui platform pihak ketiga, beberapa juga mengalami tantangan seperti persaingan harga yang ketat dan ketergantungan pada perusahaan platform. Mengidentifikasi platform e-commerce yang membantu mereka memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan tidak memengaruhi kekuatan pasar mereka secara negatif dapat membantu memposisikan ritel untuk sukses.

Baca juga artikel terkait:

STRATEGI FORECASTING PENJUALAN RITEL YANG TEPAT

Gig Economy akan membuat pengiriman pada hari yang sama menjadi kenyataan bagi semua orang.
Bahkan sebelum pandemi, semakin banyak konsumen yang menunjukkan minat pada pengiriman ritel dua hari dan di hari yang sama, sehingga mendorong berbagai pilihan pengiriman jarak jauh untuk mewujudkannya. Pada tahun 2022, minat pengiriman pada hari yang sama akan berlanjut, dengan lebih banyak operator yang mengeksplorasi opsi driver bersama dan gig economy untuk mewujudkannya. Saat operator mengeksplorasi dan menguji opsi baru ini, transparansi dan komunikasi di antara operator, pelanggan, dan pemilik bisnis ritel akan menjadi penting untuk kesuksesan jangka panjangnya.

Akhir kata
Saat kita melihat ke depan hingga 2022, pemilik bisnis e-commerce dan ritel akan memiliki segunung peluang baru dalam lanskap yang telah berubah selamanya. Karena ritel terinspirasi untuk beradaptasi dan tetap fleksibel, mereka harus mencari mitra terpercaya, membuat rencana strategis untuk tetap gesit di tengah gangguan rantai pasokan, dan merangkul cara teknologi digital mengubah pengiriman. Pemimpin ritel yang merencanakan ke depan dan memanfaatkan tren yang muncul akan jauh lebih sukses dalam memenuhi tujuan bisnis mereka dan secara signifikan meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan.
Semoga bermanfaat, dan jika Anda merasa strategi pemasaran ritel Anda kurang bekerja baik, konsultasikan saja dengan kami. Mari kita diskusikan strategi terbaik dan benar-benar dapat bekerja untuk ritel Anda. Silahkan hubungi kami DISINI.

CARA MEMPERLUAS BISNIS KECIL ANDA DAN CARA MEMBIAYAINYA

Menjalankan bisnis kecil yang sukses membutuhkan perencanaan yang matang. Dan tentu saja, juga membutuhkan pembiayaan yang tepat. Bagi banyak pemilik usaha kecil, biaya bisa menjadi tantangan. Mereka harus memilih antara mengurangi biaya atau mengambil pinjaman usaha kecil?
Dalam artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa kiat untuk membantu pemilik bisnis kecil mengembangkan bisnisnya dan mengakses pendanaan yang dibutuhkan untuk membawanya ke tingkat berikutnya.

Fokus Pada Perencanaan Strategis
Salah satu komponen inti dari setiap bisnis yang sukses adalah strategi yang jelas. Ini termasuk menetapkan kerangka kerja untuk keputusan bisnis, serta menguraikan nilai-nilai perusahaan dan misi Anda.
Jika Anda baru memulai, luangkan waktu untuk memikirkan visi bisnis Anda. Apakah Anda berharap untuk menjaga segala sesuatunya relatif efisien atau Anda ingin menskalakan dengan cepat? Jika Anda sudah mapan, mempertimbangkan tujuan yang ada dapat membantu Anda menentukan apakah Anda berada di jalur yang benar untuk pertumbuhan atau jika Anda mungkin perlu memikirkan kembali strategi Anda saat ini.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda bergerak maju:

  1. Apakah Anda ingin meningkatkan penawaran produk Anda?
  2. Apakah Anda tertarik untuk menargetkan pasar baru atau meningkatkan jangkauan Anda dalam pasar Anda saat ini?
  3. Apakah Anda memiliki sumber daya yang tepat untuk menskalakan secara efektif?
  4. Apakah Anda perlu memperluas tim Anda saat ini untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda?
    Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memperbaiki strategi dan membuat rencana tindakan.

Nilai Tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang Anda
Setelah Anda memiliki strategi, saatnya untuk memikirkan penetapan tujuan. Fokus pada tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk memastikan bahwa Anda menyiapkan diri untuk sukses dan mengembangkan visi yang berkelanjutan untuk perusahaan Anda. Kami merekomendasikan untuk menetapkan tujuan untuk tahun depan serta membuat rencana lima tahun untuk mengembangkan bisnis Anda.
Sasaran Anda harus mencakup semua bidang bisnis Anda dan mempertimbangkan strategi pemasaran. Kami menyarankan untuk mengingat hal-hal berikut:

  • Bagaimana Anda akan mendapatkan pelanggan seiring pertumbuhan bisnis Anda
  • Bagaimana pesan Anda dapat berubah saat Anda memasuki pasar baru
  • Keterampilan dan sumber daya yang Anda perlukan untuk melayani kebutuhan pelanggan yang berubah

Berinvestasi dalam bisnis Anda juga harus menjadi bagian penting dari penetapan tujuan, terutama jika Anda memposisikan diri untuk pertumbuhan yang signifikan. Memiliki akses ke dana tambahan dapat membantu Anda menciptakan produk baru, mengembangkan strategi pemasaran, dan merekrut orang yang tepat.
Saat menguraikan tujuan Anda, pastikan untuk memperhitungkan biaya terkait. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperkirakan biaya mengembangkan bisnis Anda dan membantu Anda menentukan berapa banyak modal tambahan yang Anda perlukan. Mendemonstrasikan strategi pertumbuhan dan riwayat bisnis yang jelas juga dapat mempermudah akses pendanaan yang Anda butuhkan.

Akses Opsi Pembiayaan yang Tepat
Meskipun mencari opsi pembiayaan bisa terasa menakutkan, mendapatkan dana yang Anda butuhkan seringkali tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda lakukan.

  • Menggadaikan Aset. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggadaikan aset untuk membiayai bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan hingga ratusan juta rupiah sebagai modal bisnis Anda. Adapun, aset pribadi yang dimaksudkan bisa berupa barang elektronik seperti gadget, surat tanah, emas perhiasan, emas batangan, BPKP kendaraan bermotor dan barang berharga lainnya. Tapi, dengan meminjam di pegadaian, Anda akan dikenakan biaya administrasi 1% dari pinjaman tersebut. Pinjaman melalui pegadaian bisa Anda gunakan sebagai alternatif, karena proses kredit terbilang cepat, hanya 3 hari langsung cair.
  • Mendapatkan Modal dari Pinjaman Bank. Meminjam dari bank menjadi salah satu cara yang sering digunakan untuk mendapatkan modal usaha selanjutnya. Berbeda dengan menggadaikan aset, bank biasanya jarang untuk meminjamkan dana pada usaha baru, melainkan mereka lebih mengutamakan usaha yang sudah berjalan. Mengapa seperti itu? Karena bank membutuhkan bukti kesehatan keuangan dari usaha Anda, supaya pihak bank dapat memastikan kalau Anda sanggup membayar cicilannya.
  • Mendapatkan Modal Pinjaman dari Koperasi. Koperasi Simpan Pinjam (KSP), menjadi cara mendapatkan pinjaman usaha selanjutnya yang paling bisa diterapkan. Nantinya, jika Anda sudah mengajuan pinjaman di koperasi, status Anda akan berubah menjadi calon anggota koperasi.

4 LANGKAH UNTUK PERKIRAAN ARUS KAS YANG BENAR

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang waktu optimal untuk mempekerjakan anggota tim, menyewa ruang kantor, atau berinvestasi dalam peralatan baru? Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang yang masuk untuk mendukung investasi dan tidak terlalu banyak uang yang mengalir keluar.
Sebagian besar pemilik bisnis bergelut dengan pertanyaan arus kas seperti ini, terutama saat mereka dalam mode pertumbuhan. Apa jawabannya? Perkiraan arus kas. Memahami di mana Anda berdiri secara finansial—tidak hanya saat ini, tetapi juga di masa depan—akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat dengan percaya diri.

Apa itu Perkiraan Arus Kas?
Perkiraan arus kas menyoroti berapa banyak uang tunai yang diproyeksikan dimiliki bisnis Anda selama periode waktu tertentu, menggunakan data pendapatan/pengeluaran saat ini dan historis.
Data arus kas ini dapat membantu Anda:
• Identifikasi waktu yang tepat untuk melakukan investasi modal
• Pahami dampak pengeluaran rutin pada arus kas Anda
• Pertimbangkan cara mengoptimalkan proses faktur dan piutang Anda
• Nilai kapan bisnis Anda tersibuk dan paling lambat
Anda dapat melakukan prakiraan untuk jangka pendek (30 hari), jangka menengah (2 bulan-1 tahun), atau jangka panjang (1-5 tahun). Penting untuk dicatat bahwa periode peramalan yang lebih lama menghasilkan perkiraan yang kurang akurat. (Kecuali Anda memiliki akses ke bola kristal.)

Mengapa Saya Perlu Melakukan Perkiraan Arus Kas?
Mengelola bisnis terkadang terasa seperti proposisi sehari-hari, tetapi sebagian besar bisnis tidak dapat mencapai pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan kecuali mereka membangun modal kerja. Dan Anda tidak dapat membuat keputusan yang tepat atau merencanakan ke depan untuk memenuhi tujuan bisnis tanpa pemahaman yang kuat tentang keuangan Anda.
Katakanlah Anda ingin membawa asisten administrasi untuk membantu meringankan beban Anda sehingga Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan klien. Anda mungkin melihat berapa banyak uang yang Anda miliki di bank sekarang dan berpikir Anda bisa membayar gaji karyawan bulan ini, tidak masalah.
Tapi bisakah Anda memprediksi tingkat kas Anda bulan depan? Atau dalam 3 atau 6 bulan? Pertanyaannya menjadi, apakah perusahaan Anda memiliki uang tunai untuk mendukung pengeluaran berkelanjutan untuk mempekerjakan seorang karyawan? Di sinilah perkiraan arus kas masuk.
Memahami gambaran besar arus kas Anda, termasuk apa yang masuk (dan kapan) dan apa yang keluar (dan kapan) akan memungkinkan Anda untuk membedakan apa yang layak untuk bisnis Anda sekarang, dan di masa depan.

Bagaimana Saya Memprediksi Arus Kas Saya?
Bersikaplah realistis tentang apa yang dapat Anda harapkan dari bisnis Anda. Latihan ini juga merupakan kesempatan untuk memperbaiki beberapa pola yang tidak konsisten atau mengganggu. Misalnya, jika Anda melihat arus kas negatif di Triwulan ke-3 selama 3 tahun terakhir, Anda juga dapat mengharapkan posisi kas yang sama di triwulan ketiga tahun ini, kecuali jika Anda membuat beberapa perubahan.
Pada saat yang sama, Anda juga dapat memanipulasi masa depan dengan mendeteksi pola penghasilan/pengeluaran dan bersiap untuk memperbaiki ketidakseimbangan apa pun.
Berikut adalah contoh proses perkiraan yang mungkin Anda bisa gunakan:

Langkah 1:
Pilih periode perkiraan, misalnya, kalender atau tahun kerja berikutnya.

Langkah 2:
Tinjau sumber kas Anda selama setahun sebelumnya (atau 2 tahun, jika menurut Anda itu akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat). Untuk periode perkiraan, tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah saya masih akan bekerja dengan klien yang sama secara teratur? Dapatkah saya berharap untuk bekerja dengan mereka di masa mendatang?
  • Apakah saya akan mengambil pinjaman, menjual aset, menerima pendapatan investasi, atau hibah pemerintah?
  • Sudahkah saya atau akankah saya menandatangani kontrak jangka panjang dengan klien besar yang akan diperpanjang hingga periode perkiraan?

Dengan menggunakan arus kas masuk dari tahun-tahun sebelumnya, pertimbangkan bagaimana faktor-faktor di atas dapat meningkatkan atau menurunkan penerimaan kas tahun depan, dan membuat estimasi.

Langkah 3:
Tinjau arus kas keluar selama tahun sebelumnya (atau 2 tahun). Untuk periode perkiraan, tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah pengeluaran rutin saya (utilitas, sewa, pembayaran pinjaman, dll.) akan sama?
  • Apakah saya akan membeli aset atau membayar kembali pinjaman?
  • Apakah saya akan memiliki pengeluaran satu kali lainnya?

Dengan menggunakan biaya operasional Anda dari tahun-tahun sebelumnya dan hal-hal yang mungkin berbeda dalam waktu dekat, perkirakan arus kas keluar Anda untuk tahun berikutnya.

Langkah 4:
Tinjau kembali laporan arus kas Anda untuk menentukan kas Anda saat ini. Tambahkan arus kas masuk dan kurangi arus kas keluar untuk tahun mendatang. Ini akan menjadi saldo kas penutup untuk akhir tahun berikutnya—dan saldo kas awal untuk tahun berikutnya.

Prakiraan Arus Kas yang Akurat Dapat Meningkatkan Bisnis Anda
Waktu yang Anda investasikan untuk menjadi detektif dalam keuangan bisnis Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang cerdas untuk masa depan. Anda akan tahu apa yang diharapkan dan bagaimana Anda dapat mengubah harapan itu dengan mengubah perilaku berdasarkan wawasan pertanyaan Anda.
Seperti halnya ramalan atau proyeksi apa pun, segalanya bisa serba salah. (Halo, COVID-19) Atau, Anda bahkan dapat mengalami masalah saat semuanya berjalan lancar. Bukan hal yang aneh jika pertumbuhan yang cepat mengganggu arus kas untuk usaha kecil. Baca cara mengatasi masalah arus kas yang paling umum.
Yang mengatakan, dengan perkiraan arus kas yang terdokumentasi dengan baik, saat berikutnya Anda bertanya-tanya apakah Anda harus mencari ruang kantor baru atau peralatan baru yang mengkilap, Anda dapat dengan percaya diri melingkari tanggal di kalender.

Anda memiliki masalah dengan keuangan bisnis Anda? Silahkan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

4 KEBIASAAN KERJA DARI TENAGA PENJUALAN TERKAYA

Sebagai seorang tenaga penjualan, sudahkah Anda bermimpi untuk menjadi kaya raya dari profesi ini?
Langkah pertama untuk menjadi jutawan penjualan adalah mengetahui dan percaya bahwa itu mungkin. Jika Anda berpikir, “Saya tidak akan pernah menjadi kaya raya dengan profesi sebagai tenaga penjualan,” maka Anda tidak akan pernah. Pemikiran Anda akan menjadi ramalan negatif yang terpenuhi dengan sendirinya.
Tapi tentu saja, mimpi Anda ini tidak akan pernah terjadi jika yang Anda lakukan hanyalah berpikir tanpa diimbangi dengan kebiasaan-kebiasaan yang selalu dilakukan oleh tenaga penjualan kaya raya. Berikut ini empat kebiasaan orang-orang paling sukses dalam penjualan.

1. Mereka menjual pada prospek tingkat tinggi.
Tenaga penjualan yang kaya tidak pernah membuang waktu mereka dengan pembuat keputusan yang tidak memiliki kekuatan atau anggaran untuk berinvestasi dalam solusi mereka. Mereka memahami bahwa bertemu dengan prospek tingkat rendah hanya menghabiskan uang mereka. Jika Anda ingin mencapai tingkat pendapatan dari perofesi tenaga penjualan yang benar-benar kaya, maka Anda harus berhenti menawarkan kepada manajemen tingkat menengah dan hanya menjual kepada prospek tingkat tinggi.

2. Mereka menghasilkan penjualan yang lebih besar, bukan penjualan yang lebih banyak.
Secara umum, ini adalah salah satu kesalahpahaman terbesar tentang tenaga penjualan yang sukses. Kebanyakan orang berpikir bahwa tenaga penjualan yang kaya menutup lebih banyak penjualan daripada pesaing mereka, tetapi itu tidak benar. Yang benar adalah mereka menutup penjualan yang jauh lebih besar.

3. Mereka hanya fokus pada tugas menghasilkan uang.
Tenaga penjualan yang kaya sangat memahami tentang tugas mana yang menghasilkan uang, dan mereka hanya melakukan hal-hal itu. Mereka benar-benar mengalihdayakan segala sesuatu yang lain, seperti dokumen, pemenuhan pesanan, dan layanan pelanggan. Tenaga penjualan yang kaya akan fokus pada pencarian calon pelanggan, pertemuan penjualan, dan pertemuan pelanggan utama.

Artikel Terkait:

BAGAIMANA MENYUSUN DAN MENGEVALUASI KPI UNTUK SALES & MARKETING STAFF

4. Mereka tahu bagaimana mendapatkan pengaruh.
Pelanggan baru dan yang sudah ada dapat menjadi sumber daya yang kuat untuk bisnis baru. Tenaga penjualan yang kaya memahami hal ini dan sangat bergantung pada perkenalan pribadi dengan prospek yang berharga.

Setelah membaca empat poin artikel ini, sudahkah Anda menyimpulkan diri Anda termasuk dalam penjual kaya atau penjual biasa? Lalu perubahan apa yang akan Anda buat agar benar-benar menjadi tenaga penjualan yang kaya? Dan semoga artikel ini bermanfaat ya.
Semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan informasi tentang manajemen dan pemasaran untuk bisnis Anda, atau pelatihan untuk meng-upgrade skill penjualan salesman Anda, Silahkan hubungi kami DISINI, kami akan siap membantu Anda.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp