BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

SOFTWARE UNTUK SALES FORCE HYBRID DI MASA PENDEMI

Sekarang ini perusahaan Distributor atau perusahaan apapun yang mendistribusikan produknya ke rantai distribusi seperti apotik, minimarket, toko kelontong, grosir tradisional, maupun outlet-outlet sangat membutuhkan cara order ke distributor atau supplier secara flexibel, tanpa harus menunggu kedatangan salesman. Apalagi seperti PPKM sekarang ini, banyak jalan-jalan ditutup dan mengurangi keleluasaan salesman melakukan kunjungan ke customer. Software mobile order online akan menjadi solusi bagi distributor maupun principal dalam mengembangkan penjualan dan meningkatkan penetrasi produknya ke pasar. Oleh sebab itu sangatlah penting memahami dan me-review cara penjualan akhir-akhir ini agar perusahaan bisa bertahan.

Apa itu Software mobile oder online?
Software mobile order online merupakan software yang diinstal di Android pelanggan, seperti Apotik, Minimarket, supermarket, Toko grosir tradisional dan rantai distribusi pada produk Fast moving Consumer Good pada umumnya.
Software mobile oder online sangat relevan pada saat Pendemi dan PPKM, karena :
1. Berfungsi sebagai asisten salesman
2. Sebagai media penghubung supplier dengan pelanggan, serta bisa digunakan kapan saja. Bisa pagi hari, siang, sore bahkan malam hari.
3. Software akan mengirim notifikasi produk- produk yang dipesan oleh customer ke perangkat lunak supplier.
Supaya sukses dalam implementasinya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
# Rapikan Rute Kunjungan Salesman
Merapikan rute kunjungan salesman memiliki tujuan agar salesman dapat bekerja maksimal, dengan memilih rute yang mana yang dikunjungi 2 minggu sekali, dan yang mana yang sebulan sekali dengan bantuan software mobile order online.
# Setting program penjualan
Melakukan setting program penjualan, memiliki tujuan agar di fitur sofware mobile order online terkelompokan, sesuai target yang dibutuhkan dalam penjualan. Seperti, produk-produk yang dijual secara reguler, produk yang memiliki program promosi, serta produk yang baru dipasarkan oleh supllier.
# Memberikan poin reward Customer
Agar software terpakai maksimal, maka poin reward sangat penting untuk diberikan. Oleh sebab itu rangsang pelanggan anda dengan poin reward yang diciptakan. Anggaran poin reward, dapat dikoordinasikan dengan Principal atau pemasok produk, sehingga peran pemasok dapat mendukung penggunaan mobile order online, secara berkesinambungan.
# Masukan penggunaan mobile order online di dalam KPI
Masukan penggunaan mobile order online, dalam KPI tim sales force perusahaan, agar Software mobile order online bisa menjadi bagian perubahaan dalam strategi penjualan di perusahaan. Seperti yang diketahui, saat ini penjualan tidak terbatas secara offline saja, melainkan juga secara online.
# Evaluasi penggunaan Mobile order online
Lakukan evaluasi penggunaan mobile order online, dari waktu ke waktu, berdasarkan jumlah pengguna dan kontribusi penjualan lewat mobile order online. Dengan demikian kegagalan penjualan selama ini, bisa diatasi dengan perangkat lunak canggih, yang membantu customer lebih loyal pada perusahaan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, apabila membutuhkan infromasi lebih lanjut mengenai software mobile order online. Silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Featured

SUKSES IMPLEMENTASI SOFTWARE ACCOUNTING DI PERUSAHAAN ANDA

Seringkali bisnis owner gagal dalam implementasi software accounting, meski pilihan software accounting menurutnya paling terbaik. Hal ini tentunya akan sangat menghambat operasional perusahaan yang masih dilakukan secara manual. Oleh sebab itu pebisnis harus paham bahwa software accounting tidak bisa diimplementasikan dengan baik tanpa mengetahui proses bisnis yang ada di perusahaan.
Sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut ini jika ingin implementasi software accounting berhasil dengan baik dan lancar.

1. Susun struktur organisasi – Menyusun struktur organisasi selain untuk efisiensi Sumber daya manusia di perusahaan, juga untuk mengetahui fungsi-fungsi yang sebenarnya yang ada di dalam organisasi. Jangan sampai terlalu banyak orang pada fungsi yang sama, sehingga implementasi software nantinya benar-benar membantu keefektipan pekerjaan karyawan sesuai licensi. Percuma membeli licensi, tapi karyawan tidak berkepentingan dalam menggunakan. Hal ini buang-buang anggaran. Yang harus kita ketahui siapa penginput data dan mencetak, yang melakukan otorisasi dan yang hanya sekedar membaca laporan.

2. Susun Job description – Menyusun Job description adalah salah satu cara menspesialisasikan pekerjaan agar tiap karyawan tidak bekerja tumpang tindih. Sehingga memudahkan trainer sofware accounting untuk mengatur hak akses ke software, karena tidak semua bagian software boleh dibuka bagi yang tidak berkepentingan.

3. Susun SOP (Standard operasional prosedur) – Susun standard operasional prosedur supaya kinerja karyawan memiliki alur yang sudah sangat standard. Sehingga implementasi software dapat terlaksana dengan baik. SOP memang tidak bisa dibuat dalam waktu singkat, Minimal SOP dibuat secara garis besar. SOP sederhana bisa dibuat sesuai versi masing-masing agar implementasi software mengikuti jalur yang sudah ditentukan.

4. Identifikasi hak akses – Lakukan indentifikasi terhadap job description utama yang berhubungan dengan input data, editing, otorisasi dan hanya pembaca laporan. Setelah itu pilah-pilah setiap aktivitas kunci tersebut untuk digunakan sebagai petunjuk “training software” yang berkaitan dengan aktivitas kunci tersebut. Pada umumnya jika sudah ditentukan masing-masing hak akses, maka setelah implementasi software accounting, perusahaan aman di data dan resiko pengubahan.

5. Persiapankan data yang digunakan operasi software – Persiapan berikut adalah persiapan untuk menginput data yang dimiliki oleh perusahaan saat ini, seperti data customer, data supplier, data hutang dagang, data piutang penjualan, data aktiva, modal yang disetor, data inventory dan data lain. Data-data tersebut di input di format excel dan kemudian dipindahkan ke software yang sudah diinstal. Sehingga tidak perlu diinput satu persatu secara manual.

6. Instal software di komputer – Kalau software sudah diinstal paling tidak karyawan sudah bisa segera menggunakan software dalam rangka mengefektifkan pekerjaan, meminimalkan resiko kehilangan, serta dalam rangka menaikan profit.

7. Lakukan training berdasarkan job des dan hak ases -Training akan segera dilakukan secara fokus pada masing-masing job des karyawan. Kalau sudah diatur sesuai langkah 1 sampai dengan 5 maka dijamin proses training pasti akan berlangsung dengan baik dan penggunaan software lancar.

8. Lakukan evaluasi input data dari laporan – Untuk mengecek training sudah disampaikan dengan baik, maka pihak trainer software dan konsultan dapat memastikan apakan proses input data sudah benar, sesuai dengan akun-akun yang sudah dibuat. Evaluasi ini bisa dilihat dari laporan rugi laba maupun neraca serta laporan lainnya yang ingin dicocokan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan pendampingan dalam implementasi software, seperti membuatkan SOP dan tata cara kerja lainnya, silahkan hubungi kami di 081-252982900. Atau email ke groedu@gmail.com.

Featured

SOFTWARE ACCOUNTING USER FRIENDLY, GRATIS UNTUK UKM

Anda kesulitan dalam menerbitkan laporan keuangan yang disebabkan tidak ada tenaga akunting di perusahaan anda? Jangan kuatir dengan hal ini. Fina Software sedang mengajak anda pemilik bisnis mulai yang dalam bentuk Ritel modern dan tradisional, Distributor, pabrik skala menengah dengan BOM tunggal bisa bergabung menyambut Software gratis yang sedang dibagikan untuk membantu operasional perusahaan.
SAAT inilah waktu yang tepat untuk merapikan MANAGEMENT anda, karena proses bisnis anda bisa diketahui secara riil. Software akuntansi akan membantu para pebisnis menghitung ulang kondisi keuangan saat ini, khususnya pada saat kondisi ekonomi drop akibat pandemi.
APA YANG DIDAPAT DARI FINA SOFTWARE ACCOUNTING GRATIS ?

  1. Mendapatkan laporan keuangan yang diinginkan untuk dinalisa.
  2. Data base pelanggan, Piutang penjualan, Hutang usaha, Kas dan Bank, persediaan dan aktiva dirapikan agar menjadi riil.
  3. Dapat memulai operasional bisnis dengan perhitungan baik di rasio-rasio keuangan, sehingga bisnis owner dapat menentukan strategi penjualan, operasional, service dan lain-lain dengan tepat.
  4. Mengurangi FRAUD yang selama ini terus membengkak.
  5. Mengurangi kerugian akibat kineja tidak efiesien dan efektif.
    Anda berminat dengan SOFTWARE ACCOUNTING GRATIS INI, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap men-support anda.
Featured

3 CARA UTAMA MENINGKATKAN AKURASI FORECASTING PENJUALAN BISNIS RITEL

Kebutuhan konsumen berubah dengan cepat, terutama di masa krisis pandemi ini. Orang ingin mendapatkan hasil maksimal dari uang mereka dengan membelanjakan hal-hal relevan yang dapat memberi mereka nilai yang besar.
Anda harus selalu bersiap untuk yang terburuk karena kemungkinan besar Anda tidak akan mencapai penjualan di semua musim tanpa rencana penjualan dan pemasaran yang solid dan pemantauan penjualan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Anda perlu memprediksi penjualan masa depan Anda dengan memastikan Anda memiliki semua alat dan teknik yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis ritel Anda, termasuk forecasting penjualan.
Forecasting penjualan menunjukkan potensi masalah yang memengaruhi kuota penjualan untuk diselesaikan bahkan sebelum masalah itu muncul. Informasi ini sangat penting dalam membuat strategi yang tepat untuk mencegah penurunan penjualan yang drastis. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkan forecasting penjualan ritel Anda.

Andalkan Data Penjualan yang Lengkap dan Akurat
Data penjualan yang lengkap dan akurat dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat untuk mendorong dan memprediksi penjualan Anda di masa mendatang. Anda akan menghemat uang yang dihabiskan untuk keputusan dan taktik yang tidak efektif. Berikut adalah faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk menghasilkan laporan penjualan yang akurat:

  • Teknologi Penjualan. Platform dan alat teknologi penjualan yang Anda gunakan memainkan peran penting dalam akurasi laporan penjualan. Anda dapat merampingkan dan mengotomatiskan proses penjualan menggunakan alat yang tepat agar tim Anda memiliki lebih banyak waktu dalam penjualan. Saat memilih alat forecasting penjualan ritel yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kemudahan penggunaan, fleksibilitas, integrasi, dan fitur yang relevan.
  • Keselarasan Penjualan dan Pemasaran. Tim Anda memengaruhi kesuksesan penjualan Anda. Pastikan akurasi pelaporan penjualan dengan menyelaraskan strategi penjualan dan pemasaran Anda dengan tujuan perusahaan Anda.
  • Kualitas data. Data prospek dan pelanggan memungkinkan Anda mengidentifikasi pembeli potensial, membuat pesan pemasaran yang tepat, dan mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar.

Baca juga artikel terkait: CARA SUKSES MENINGKATKAN PENJUALAN RITEL

Ketahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prakiraan Penjualan Anda
Pastikan konsistensi dengan memantau perjalanan pembeli di seluruh saluran penjualan Anda dengan mengetahui faktor-faktor penting yang memengaruhi forecasting penjualan Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam forecasting penjualan ritel:

  • Pelacakan Konsisten. Tidak ada model forecasting yang paling cocok untuk semua bisnis ritel. Namun Anda dapat mencocokkan penjualan ritel tahun ini dengan tahun lalu untuk memberdayakan proses pengambilan keputusan Anda. Lacak angka secara konsisten seperti penjualan rata-rata tertimbang selama beberapa bulan. Bahkan jika Anda tidak memiliki gelar dalam statistik, pelacakan yang konsisten dan mengikuti model yang efektif dapat membuat tinjauan Anda jauh lebih mudah setiap tahun.
  • Elemen Bisnis. Pertimbangkan semua elemen bisnis dalam ulasan Anda. Misalnya, Anda perlu memasukkan departemen pembelian juga selain tim penjualan dan pemasaran sehingga Anda tidak akan kehabisan stok saat penjualan Anda memuncak. Kelola kolaborasi untuk memastikan semua orang berpartisipasi dan merasa suara mereka didengar.
  • Teknik. Tingkatkan forecasting penjualan ritel Anda dengan mempelajari teknik yang tepat. Anda tidak dapat berharap untuk menyempurnakan forecasting penjualan dalam semalam. Analis penjualan memasukkan data bulanan dalam forecasting untuk 12 bulan ke depan. Ini juga harus mencakup data tahunan hingga tiga tahun.

Pekerjakan Analis Keuangan
Seorang analis keuangan akan mempelajari data untuk menemukan peluang besar untuk investasi dan keputusan bisnis. Mereka melakukan forecasting keuangan, pelacakan metrik operasional, dan pelaporan. Selain itu, seorang analis keuangan menganalisis hasil, melakukan, analisis varians, merekomendasikan perbaikan, dan mengidentifikasi tren.
Inilah cara seorang analis keuangan dapat membantu Anda dengan forecasting penjualan ritel:

  • Bekerja sama dengan tim akuntansi Anda untuk pelaporan keuangan yang akurat.
  • Evaluasi kinerja keuangan bisnis ritel Anda dengan menganalisis dan membandingkan hasil aktual dengan forecasting.
  • Menetapkan dan menegakkan kebijakan dan prosedur untuk proses analisis biaya.
  • Memberikan analisis tren dan forecasting penjualan ritel.
  • Seorang analis keuangan dapat membuat model keuangan dan menyiapkan ulasan penjualan ritel.
  • Dorong peningkatan proses penjualan ritel dengan membuat laporan, alat, dan dasbor.

Baca juga artikel terkait: CARA MENDETEKSI DAN MENCEGAH KECURANGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN

Kesimpulan
Anda dapat meningkatkan forecasting penjualan ritel dengan memiliki analis keuangan di sisi Anda yang dapat membantu Anda memahami alasan di balik data penjualan Anda. Memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi forecasting penjualan Anda dapat membantu Anda menentukan strategi yang tepat yang perlu Anda terapkan atau hentikan. Sangat penting untuk merangkul teknologi yang tepat untuk mendapatkan data yang akurat. Selain itu, Anda tidak akan memiliki prediksi penjualan eceran yang baik tanpa bantuan perwakilan penjualan Anda, yang merupakan pekerja garis depan dalam bisnis Anda.

Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi perihal artikel diatas, atau membutuhkan seorang analis keuangan profesional, kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.

TIGA STRATEGI KELOLA UANG YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP RITEL KECIL

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengelolaan uang yang efisien adalah kunci keberhasilan bisnis, dan itulah cara Anda menstabilkan bisnis kecil Anda.
Sekarang, mengelola keuangan dengan bijak bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil. Tantangan itu akan berlipat ganda jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dalam keuangan bisnis karena Anda baru memulai.
Artikel kali ini kami tujukan untuk ritel kecil yang mencari saran tentang cara mengelola keuangan perusahaan mereka. Berikut beberapa strategi pengelolaan uang yang perlu diketahui.

PENGANGGARAN UTAMA
Langkah pertama menuju keuangan bisnis yang sehat adalah menguasai penganggaran.
Cobalah untuk membuat anggaran yang akan bertindak sebagai panduan untuk membantu Anda membuat keputusan pengeluaran yang lebih baik. Dengan kata lain, alih-alih melihat penganggaran sebagai rintangan, anggap itu sebagai langkah yang menguntungkan bisnis Anda secara finansial.
Jadi, bagaimana Anda menganggarkan? Berikut adalah beberapa tips:
• Pahami tujuan keuangan Anda
• Hitung sumber penghasilan Anda
• Melebih-lebihkan biaya
• Termasuk biaya variabel
• Perhatikan siklus penjualan Anda
• Masukkan waktu Anda ke dalam rencana anggaran Anda
• Tinjau anggaran itu secara berkala

PISAHKAN DANA BISNIS DAN PRIBADI
Hal-hal tertentu tidak tercampur dengan baik, seperti keuangan pribadi dan bisnis Anda. Satu kesalahan pemula yang selalu dilakukan oleh pengusaha baru adalah tidak mengetahui bagaimana mengelola keuangan pribadi dan bisnis mereka dalam anggaran yang terpisah.
Memang benar bahwa mungkin tampak lebih mudah untuk tidak melacak pengeluaran mana untuk anggaran mana. Tapi, sejujurnya, itulah cara Anda mengundang kekacauan dalam bisnis dan keuangan pribadi Anda. Bila Anda tidak memisahkan keduanya, kemungkinan besar Anda akan mengalami situasi krisis uang dalam bisnis karena penarikan yang Anda lakukan untuk pengeluaran pribadi. Dan sebaliknya.
Jadi, pastikan bahwa uang pribadi Anda tidak ada hubungannya dengan uang tunai bisnis Anda. Buka rekening bank terpisah untuk bisnis Anda dan lacak pendapatan dan pengeluaran yang terkait dengan perusahaan Anda di sana.

Baca juga artikel terkait: STRATEGI FORECASTING PENJUALAN RITEL YANG TEPAT

GUNAKAN STRATEGI BERBEDA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN
Apa cara paling mudah untuk mendapatkan lebih banyak uang? Hasilkan lebih banyak uang! Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, bukan? Namun, sebenarnya ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pendapatan di dompet pribadi dan bisnis Anda, termasuk:

1. Investasikan Dalam Strategi Pemasaran yang Lebih Baik
Cara termudah untuk meningkatkan pendapatan usaha kecil adalah dengan menjual lebih banyak. Untuk menjual lebih banyak, Anda perlu menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, mengurangi persentase transaksi yang hilang, dan meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan. Sederhananya, Anda memerlukan strategi pemasaran yang hebat.
Berinvestasi dalam strategi pemasaran yang lebih baik dapat membantu Anda mencapai semua tujuan bisnis yang, pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak penjualan dan meningkatkan pendapatan. Selalu ada waktu yang tepat untuk memodernisasi upaya pemasaran Anda, bahkan ketika tampaknya Anda menghasilkan cukup uang.

2. Mengurangi Biaya
Faktanya, kemungkinan tidak ada pemilik bisnis di luar sana yang merasa nyaman mengetahui bahwa mereka mengeluarkan uang terlalu banyak untuk area bisnis. Jadi, satu cara lain untuk meningkatkan pendapatan Anda adalah dengan mengurangi biaya Anda. Anda bisa melakukan beberapa cara ini:
• Potong biaya produksi
• Mengurangi biaya pasokan
• Negosiasi dengan vendor
• Meningkatkan produktivitas
• Memanfaatkan teknologi virtual
• Memaksimalkan keterampilan karyawan

3. Miliki Dana Darurat
Last but not least, pengelolaan uang yang sehat juga berarti bersiap untuk hal-hal yang tidak terduga. Jika dua tahun terakhir telah mengajari pemilik usaha kecil sesuatu, uang yang ditabung benar-benar menyelamatkan jiwa ketika krisis muncul secara tak terduga.
Perubahan ekonomi, peraturan atau lanskap pajak, dan bahkan tren industri semuanya dapat mengakibatkan fluktuasi keuangan untuk bisnis, dan ini bisa sangat menakutkan bagi bisnis tanpa jaring pengaman finansial.
Menemukan sumber daya untuk diinvestasikan dalam dana darurat bisa tampak sulit sebagai bisnis kecil. Namun, ada beberapa cara untuk menyisihkan uang tanpa memengaruhi dana yang tersedia secara signifikan, termasuk:
• Simpan 10% atau lebih dari pendapatan tahunan Anda di bank.
• Otomatiskan penghematan sehingga Anda tidak terlalu memikirkannya.
• Sisihkan uang di bulan-bulan dengan penjualan tinggi, seperti masa liburan.
• Evaluasi kembali biaya operasional Anda secara berkala dan hemat uang yang dapat Anda sisihkan.

Baca juga artikel terkait: 3 TANTANGAN PENTING SAAT TOKO OFFLINE INGIN BERALIH KE ONLINE

Semoga bermanfaat.
Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detail perihal artikel diatas, atau membutuhkan software accounting canggih yang bisa terintegrasi dengan bidang lainnya, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900. Kami siap membantu.

4 CARA MELINDUNGI BISNIS ANDA DI MASA INFLASI

 

Sebagai konsumen, Anda mungkin pernah mendengar bagaimana inflasi mempengaruhi harga barang-barang yang Anda beli.
Inflasi mengukur kenaikan harga barang dan jasa dari waktu ke waktu. Saat harga naik, daya beli konsumen dan bisnis turun—yang berarti mereka mendapatkan lebih sedikit dari biasanya.

Bagaimana Inflasi Berdampak pada Usaha Kecil?
Perusahaan yang tidak cukup siap akan kehilangan sebagian besar pendapatan dan pangsa pasar mereka—atau bahkan gulung tikar.
Namun, inflasi mempengaruhi setiap industri secara berbeda. Bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis Anda sebagian bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki.
Misalnya, perusahaan dengan penawaran penting—seperti pom bensin atau toko kebutuhan pokok—akan lebih sedikit terpengaruh oleh inflasi dibandingkan perusahaan yang memberikan penawaran tidak langsung. Bagaimanapun, kita akan selalu membutuhkan gas dan makanan di masa mendatang, terlepas dari keadaan ekonomi. Di sisi lain, pembelian yang tidak penting seperti produk kecantikan dan hiburan sering kali ditunda atau ditinggalkan saat dompet tipis dan anggaran terbatas.

Baca juga artikel terkait: HARUSKAH ANDA MENYEWA SEORANG AKUNTAN UNTUK BISNIS KECIL ANDA?

4 Cara Melindungi Bisnis Anda dari Dampak Inflasi
Meskipun Anda tidak dapat mengendalikan inflasi, Anda memiliki kendali atas pengaruhnya terhadap bisnis Anda. Berikut ini beberapa strategi untuk membantu melindungi perusahaan Anda dari kenaikan biaya di bulan-bulan mendatang.

1. SESUAIKAN HARGA ANDA
Terlepas dari masalah yang dapat mereka timbulkan pada bisnis Anda, periode inflasi tinggi adalah saat yang tepat untuk meninjau strategi penetapan harga Anda dan memutuskan apakah akan menaikkan harga agar sesuai dengan tingkat inflasi saat ini.
Pertama, bandingkan penawaran dan harga Anda dengan pesaing Anda untuk melihat apakah kenaikan harga masuk akal untuk bisnis Anda. Apakah Anda menawarkan produk atau layanan berkualitas lebih baik dengan biaya lebih rendah? Jika demikian, Anda mungkin menemukan pelanggan Anda lebih dari senang untuk menerima harga baru Anda karena nilai yang Anda berikan.
Tentu saja, jika biaya pengiriman barang atau jasa Anda naik, mungkin bijaksana untuk menaikkan harga untuk melindungi bisnis Anda dan mengikuti perubahan ekonomi terkini.
Tetapi jika gagasan menaikkan harga membuat Anda merasa tidak nyaman, ketahuilah bahwa bisnis lain melakukan hal yang sama.
Berhati-hatilah bagaimana Anda mengomunikasikan perubahan harga ini dengan pelanggan Anda. Jika tidak, Anda dapat mengasingkan pendukung yang berharga selama waktu yang sangat sensitif untuk bisnis Anda.

2. MENGEVALUASI KEMBALI PENAWARAN PRODUK ATAU ALIRAN PENDAPATAN ANDA
Sebagai alternatif untuk menaikkan harga Anda secara langsung, Anda dapat memutuskan untuk memfokuskan upaya Anda pada penjualan barang dan jasa yang lebih populer di kalangan pelanggan atau membanggakan margin keuntungan yang lebih tinggi.
Mulailah dengan melihat penawaran Anda dan tentukan mana yang paling menguntungkan bagi bisnis Anda. Jika Anda juga terpengaruh oleh biaya yang lebih tinggi, sekarang adalah saat yang tepat untuk melihat mana yang saat ini memiliki margin keuntungan lebih rendah.
Juga, pertimbangkan bagaimana faktor-faktor lain, seperti masalah rantai pasokan atau pergantian karyawan, dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengirimkan produk dan layanan Anda dalam ekonomi saat ini. Jika perlu, kurangi atau hentikan penawaran laba yang lebih rendah sehingga Anda dapat mengalihkan sumber daya berharga ke sumber daya yang akan menghasilkan lebih banyak uang untuk bisnis Anda.
Terakhir, pastikan Anda memahami bagaimana perubahan ini dapat memengaruhi bisnis Anda, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Peramalan yang tidak akurat (atau kekurangannya) dapat merugikan perusahaan Anda.

3. DIVERSIFIKASI SELURUH RANTAI PASOKAN ANDA
Jangan hanya mengandalkan 1 pemasok atau vendor untuk materi Anda, terutama jika bisnis Anda menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari produk fisik. Organisasi di seluruh dunia melihat rantai pasokan mereka hancur pada awal pandemi COVID-19 karena pemasok mereka juga mengalami masalah.
Belajarlah dari kesalahan mereka (atau kesalahan Anda sendiri, jika Anda berada dalam situasi ini) dengan mendiversifikasi setiap langkah rantai pasokan Anda.
Dengan banyak pemasok, Anda tidak akan dirugikan jika salah satu dari mereka mengalami penundaan atau kenaikan harga. Selama periode inflasi tinggi, Anda juga akan menempatkan diri Anda pada posisi yang lebih baik untuk tawar-menawar dengan mereka untuk harga yang lebih rendah atau persyaratan yang lebih menguntungkan.

4. MENGURANGI PENGELUARAN
Karena kenaikan inflasi menaikkan harga barang dan jasa secara keseluruhan, penting untuk menyimpan uang tunai yang cukup untuk menghadapi perubahan ini. Menyimpan dana Anda dalam aset tidak likuid berarti mereka akan sulit dikonversi menjadi uang jika Anda tiba-tiba kehabisan, perlu menutupi pengeluaran tak terduga, atau hanya ingin memanfaatkan peluang berumur pendek.
Jika Anda belum melakukannya, pastikan Anda memahami seberapa besar kebutuhan bisnis Anda untuk tetap bertahan selama masa yang tidak pasti ini. (Dan jika Anda belum membuat penyesuaian pada perhitungan Anda untuk memperhitungkan keadaan ekonomi saat ini, lakukan sekarang.)
Kemudian, cari cara untuk memotong biaya dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak uang saat Anda membutuhkannya.

Baca juga artikel terkait: TIPS MUDAH MENGHEMAT UANG UNTUK BISNIS KECIL

Mempersiapkan Bisnis saat Masa Inflasi
Seperti yang telah kita pelajari selama 2 tahun terakhir, penting untuk tetap fleksibel dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tidak menentu.
Inflasi dapat memengaruhi bisnis Anda dalam banyak hal. Jika Anda bertekad untuk mengatasi periode inflasi yang tinggi, Anda harus memahami apa yang sebenarnya Anda hadapi.
Dengan kiat-kiat di atas, periksa setiap aspek bisnis Anda dan buatlah rencana permainan sehingga Anda bisa menjadi yang teratas—apa pun yang terjadi beberapa bulan ke depan.
Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi terkait artikel diatas, atau Anda membutuhkan konsultan Financial & Accounting professional untuk merapikan keuangan Anda? Kami siap membantu. Silahkan email kami melalui groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.

FAKTA MANFAAT STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) YANG SERING TERLUPAKAN

Standar operasional prosedur (SOP) adalah petunjuk langkah demi langkah yang bertindak sebagai pedoman untuk proses kerja karyawan. Baik ditulis dalam langkah-langkah bernomor atau diformat sebagai diagram alur, SOP yang efektif harus dibuat dengan jelas, dan berdasarkan masukan dari pekerja yang melakukan pekerjaan. Ketika karyawan mengikuti SOP untuk pekerjaan tertentu, mereka menghasilkan produk yang konsisten dan dapat diprediksi. Penerapan SOP dapat memberikan banyak manfaat, seperti berikut ini.

1. Kesiapan untuk Pertumbuhan Masa Depan
Jika tujuan jangka panjang Anda termasuk memperluas bisnis Anda ke kantor cabang, SOP yang sudah jadi menjadikan proses kerja Anda yang telah terbukti portabel. Karyawan baru di lokasi baru dapat menjunjung tinggi reputasi Anda dengan menggunakan SOP untuk mereplikasi produk dan layanan yang disediakan di tempat bisnis asli Anda.

2. Menyederhanakan Manajemen Kinerja
Manajer dapat menggunakan kerangka kerja SOP untuk mengembangkan rentang target dan membuat penilaian kinerja individu. Karyawan yang bekerja sesuai dengan SOP tahu persis apa yang diharapkan dari mereka, dan mereka merencanakan jadwal kerja mereka untuk memenuhi tujuan mereka dengan efisien.
Ketika semua karyawan mengikuti proses yang sama, mudah untuk mengukurnya dengan standar yang sama. Kinerja dapat dinilai secara adil. Hal ini sangat penting dalam kasus di mana karyawan berkinerja tinggi diberi penghargaan, dan karyawan berkinerja rendah dilatih ulang atau ditempatkan dalam masa percobaan.

3. Kontrol Kualitas dan Konsistensi Produk Anda
Ketika bisnis Anda menghasilkan produk yang Anda banggakan, Anda ingin mempertahankan standar kualitas yang tinggi. Prosedur standar memandu pekerja dan mengurangi kemungkinan langkah yang terlewat atau kesalahan lain yang berdampak pada kualitas produk yang telah selesai. SOP yang diikuti dengan cermat memastikan bahwa produk atau layanan Anda dibuat dengan cara yang sama dari awal hingga akhir. Menyediakan cetak biru untuk lini produksi menciptakan konsistensi dan melindungi integritas produk Anda.

4. Melindungi Anda dari Kehilangan Pengetahuan
Jika rincian proses bisnis Anda disimpan di kepala karyawan dan bukan dalam manual prosedur, kehilangan karyawan bisa menjadi bencana. Dokumentasi proses pekerjaan bertahan dari pengurangan karyawan karena pensiun dan pengunduran diri, dan memungkinkan perusahaan Anda untuk melanjutkan seperti biasa. Sulit untuk mengganti pekerja yang berpengalaman dan terampil, tetapi SOP yang ditulis dengan baik dan komprehensif memastikan bahwa proses bisnis Anda yang berharga tetap bersama bisnis Anda.

5. Menghemat Biaya Pelatihan
Tergantung pada kompleksitas tugas dan pengalaman karyawan, SOP mungkin tidak sepenuhnya menggantikan pelatihan. Prosedur yang terdokumentasi adalah komponen berharga dari toolkit karyawan baru, dan dapat mengurangi waktu pelatihan. Mereka bertindak sebagai panduan referensi dan memungkinkan karyawan baru untuk bekerja secara mandiri tanpa ketergantungan yang berlebihan pada supervisor.
Karyawan baru menjadi dasar pengujian yang ideal untuk efektivitas SOP. Jika langkah-langkah yang didokumentasikan memungkinkan karyawan baru untuk menyelesaikan tugas, prosedurnya baik. Jika ada langkah yang tidak jelas, membingungkan atau tidak lagi digunakan, SOP harus diperbarui.

Baca juga artikel terkait: 4 CARA CERDAS PEMILIK USAHA KECIL MENGENDALIKAN BIAYA

Semoga artikel ini bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan profesional untuk membantu Anda membuat SOP yang baik dan benar. Kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp