BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS MENGELOLA PIUTANG PENJUALAN SECARA EFEKTIF AGAR CASH FLOW PERUSAHAAN LANCAR

Taukah anda bahwa CASH FLOW TIDAK LANCAR di Perusahaan salah satunya disebabkan oleh Piutang penjualan yang tidak dikelola dengan baik?
Artinya di Perusahaan banyak Piutang penjualan yang macet atau belum dibayar oleh customer.
Jika hal itu terjadi di perusahaan anda, silahkan ikuti seminar ini dengan materi :

A. Merapikan – Merapikan Piutang penjualan agar tidak hilang dengan sistem software Hingga Piutang Penjualan outstanding valid.

B. Mencegah Piutang bad debt :
1. Cara efektif mengetahui debitur yang bayar lancar dan tidak lancar dan cara menghandlenya.
2. Mengetahui gejala-gejala piutang penjualan yang bakal bermasalah

C. Menghandle piutang dengan benar dan efektif :
1. Menangani order dari customer beresiko dengan limit kredit yang benar.
2. Membuat analisa umur piutang penjualan dengan grafik current Vs Over due
3. Menangani Piutang penjualan over due agar tidak bad debt dengan projek penyelesaian.
4. Mengelola Piutang penjualan dengan software accounting, mulai DPP sampai pelunasan di sistem.

D. Menangani kerugian akibat piutang bad debt di sisi accounting
1. Posting di akun yang benar jika terjadi kerugian akibat adanya piutang bad debt.
2. Bagaimana menetapkan kebijakan kerugian terkait piutang bad debt

Pembicara :
Frans M. Royan, SE,MM adalah konsultan bidang manajemen pemasaran dan bisnis, Business analyst untuk implementasi software accounting & Distribusi, serta penulis 50 buku bidang pemasaran dan bisnis.

Ennie Maendrayati adalah Direktur Mitra Bisnis perusahaan dealer software Accounting dan manufacturing yang telah membantu ratusan perusahaan dalam solusi akuntansi secara Digital.

David Tanjung adalah implementor software accounting dan manufacturing yang telah membantu ratusan perusahaan dalam implementasi software accounting dan manufacturing.
Investasi : Rp 750.000,-
50 Pendaftar pertama : Rp 199.000,-

Seminar Via Zoom
Hari Sabtu, 25 Juli 2020
Pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB
Target peserta : Bisnis owner, Admin AR, Accounting, SPV finance & accounting dan supervisor penjualan.
Kontak : https/wa.me/6281252982900
Daftar : https://bit.ly/DaftarPiutang

Featured

VIDEO TRAINING “HOW TO BUILDING SALES FORCE TEAM”

Perubahan sedang terjadi pada kebiasaan kita baik dalam berbelanja, bekerja dan belajar. Kali ini Groedu International Consultant akan menyeseuaikan dengan kondisi New Normal, yaitu dengan mempersembahkan “VIDEO TRAINING” belajar secara flexible menggunakan Video. 

Pada kesembapatan kali ini akan kami persembahkan ” VIDEO TRAINING ” dengan TOPIK ” HOW TO BUILDING SALES FORCE TEAM” (Menyusun kembali Tim penjualan yang porakporanda menjadi kekuatan baru dalam penjualan)

Kendala utama dalam menyusun Tim penjualan pada saat ini adalah
1. Tim penjualan sudah tidak solid karena sebagian di-PHK atau keluar-keluar masuk
2. Dan mencari tim penjualan yang handal tidak mudah untuk saat ini
3. Adanya tantangan dan hambatan dalam era 4.0 dan pandemi Covid 19 yang berkepanjangan sehingga mempengarui dalam penyusunan dan menggerakan Tim penjualan.
Namun demikian perusahaan tidak bisa berdiam diri untuk semakin terpuruk, manajemen perusahaan perlu MEMBANGUN ULANG TIM penjualan agar menjadi solid dan efektif. Serta Tim penjualan menjadi garda depan perusahaan yang berkontribusi maksimal terhadap profit perusahaan.
Materi Training :
1. Kondisi persaingan dan fenomena baru dalam penjualan.
2. Merancang Sales force efektif.
3. Mengorganisasi, menyusun, menggerakan Sales Force
4. Teknik Implementasi sales force
5. Pengendalian Sales Force
6. Evaluasi kinerja sales force
7. Membangun Tim penjualan Digital (Bonus : podcast)
Training On line dalam bentuk VIDEO ini BISA DIPELAJARI dengan waktu flexi-time, sangat membantu para Manager, pemilik bisnis, HRD maupun yang terkait dengan Tim penjualan perusahaan. Serta sebagai PEMANTAPAN/TANYA JAWAB materi DILANJUT dengan SEMINAR ZOOM on line secara periodik dan terjadwal selama 2 Jam GRATIS BAGI PESERTA  “VIDEO TRAINING INI”.
Durasi video : 3 Jam
Harga : Rp 1.750.000,-
200 Pendaftar pertama : Rp 500.000,-
Daftar ke link ini : https://bit.ly/2Z6E3Ef

Atau wa ke : https://wa.me/6281252982900

Featured

MENINGKATKAN DAYA SAING DISTRIBUTOR DI ERA DIGITAL

Apabila pada Perusahaan anda kontribusi terbesar pendapatan dari penjualan secara offline, dan ingin meningkatkan penjualan offline anda secara Digital?

Silahkan ikuti seminar ini untuk mereview kembali metode penjualan yang perlu disesuaikan ke arah Online.

Materi seminar
1. Kenali, bangun dan pelihara komunitas toko, grosir secara digital
2. Meningkatkan penjualan dengan metode S-C-P
3. Meningkatkan penjualan dengan berbagai program promosi lewat aplikasi online
4. Meningkatkan penjualan dengan Point Reward System
5. Meningkatkan penjualan offline dengan aplikasi penjualan secara online

Benefit seminar
1. Meningkatkan kemudahan toko, grosir agar mereka dapat berbisnis dengan anda dengan lebih efisien
2. Meningkatkan kenyamanan dan keamanan toko, grosir dengan memberikan informasi terkini tentang saldo piutangnya
3. Mengatasi turn over Salesman yang tinggi di perusahaan agar penjualan stabil
4. Menurunkan biaya operasional penjualan dengan aplikasi penjualan secara online
5. Mempercepat proses layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
6. Mendapatkan metode penjualan yang adaftif di era 4.0 atau Pandemi Covid-19 yang tidak tau kapan selesai.

Profile Pembicara :
Frans M. Royan adalah konsultan bidang manajemen pemasaran dan bisnis, Business analyst untuk implementasi software accounting & Distribusi, serta penulis 50 buku bidang pemasaran dan bisnis.

Profile Pembicara :
Hadi Buntoro adalah Director PT Firmus Solusindo, pengembang software Distribusi, SFA dan Yuk Kulak yang telah beroperasi 10 tahun lebih dalam membantu produsen dan Distributor dalam memberikan IT software solution.

Seminar On line Via Zoom
Hari Rabu, 1 Juli 2020
Pukul 10.00-12.00 WIB
Pendaftaran klik Link ini : https://bit.ly/2BgKP1J

Atau wa ke : https://wa.me/6281252982900
Tarif normal : Rp 500.000,-
Tarif promo : Rp 150.000,-

 

Featured

INGIN MELAKUKAN ANALISA PENJUALAN MITRA DISTRIBUTOR ANDA YANG ADA DI INDONESIA DENGAN MUDAH? GUNAKAN FIRMUS SECONDARY SALES DASHBOARD

Produsen seringkali mengalami kesulitan untuk melihat penjualan riil dari distributor mitra kerja samanya yang ada di Indonesia. Kesulitan itu memicu kegamangan produsen dalam melakukan berbagai aktivitas yang terkait dengan program promosi maupun kebijakan-kebijakan yang terkait dengan strategi sales dan marketing, sehingga kondisi ini membuat saling menunggu. Sementara Principal/produsen menunggu data dari distributor agar bisa dianalisa, sedangkan Distributor resah karena principal tidak ada action, sementara itu pasar sedang diserang oleh competitor. Apa mau dikata kalau kejadiannya seperti ini? Dan celakanya kerja sama keduanya seringkali memunculkan miskomunikasi yang tidak perlu, bahkan saling mencurigai satu sama lainnya.

Untuk mengatasi hal ini Principal besar seperti Unilever, Orang tua/OT, Mayora, serta principal lainnya telah menggunakan software yang canggih yang diletakan di distributor agar bisa mengetahui segala aktivitas yang ada di distributor khususnya untuk mengetahui : kondisi pasar, banyaknya register outlet, program promosi yang sedang berjalan, informasi persediaan, sampai dengan hal detail lainnya yang menyangkut penjualan. Principal dengan mudah menarik data dari computer distributor secara on line, dan hal ini membuat principal sangat mudah berkomunikasi dan melakukan berbagai aksi setelah laporan yang ditarik dianalisa dan membutuhkan tindakan nyata. Oleh sebab itu Principal yang sudah memiliki perangkat lunak ini dengan mudah mengeksploitasi pasar mengalahkan pesaing-pesaing mereka yang masih manual. Ingin seperti ini? Tunggu dulu kita mungkin akan pikir-pikir dengan nilai investasi yang dikeluarkan oleh para Principal itu yang nilainya milliaran rupiah bahkan puluhan miliaran anggaran yang mereka keluarkan. Memang hal ini juga pengaruh ke Distributor, karena distributor juga pada akhirnya memikul anggaran yang dibagi oleh Principal agar sama-sama memiliki system informasi teknologi yang terintegrasi. Ini memang hal yang luar biasa.

 

Tapi bagaimana dengan Principal yang tidak sekelas dengan mereka? Tidak bisa berbuat apa-apa selain menjadi penonton dan produk semakin tergerus secara pasar. Sedikit-demi sedikit secara pasti principal kecil berguguran, meskipun masih ada yang bertahan tetapi dengan nafas yang terengah-engah di tengah persaingan yang begitu sengit. Upaya apa yang bisa dilakukan? Jika lawan menggunakan teknologi, kita tidak bisa beramain grilya tetapi juga ikut dengan bermain teknologi sebab dengan teknologi, data yang didapat sangat akurat. Berbeda dengan cara konvensional akurasi data selalu dipertanyakan, apalagi sering terdengar pameo Distributor sering membodohi Principalnya. Mengapa tidak diajarkan dengan win-win solusion? Bagaimana caranya? Dibawah ini akan diulas secondary sales dashboard yang murah meriah dengan menggunakan cloud. Principal menengah kebawah dapat menghemat biaya tenaga IT, Server yang dipakai, hardware yang dipakai, sales admin penginput data, penghindaran double software, serta investasi yang mahal seperti yang digunakan oleh Principal besar. Cukup dengan sewa maka Principal kelas menengah mendapat manfaat yang sama seperti yang di dapat principal besar seperti :

  1. Mengetahui kondisi pasar melalui software yang digunakan.
  2. Dapat melakukan tindakan cepat dalam mengendalikan pasar.
  3. Melakukan program promosi yang sesuai dan tepat.
  4. Melakukan kunjungan ke Distributor sesuai dengan kendala dan laporan yang didapat sehingga menghemat biaya maintenance Distributor lewat representative yang dimiliki Principal.

Principal juga akan terhindar dari penolakan-penolakan yang sering dilakukan distributor sehingga memungkinkan gagalnya meletakan software di kantor distributor yang selama ini sudah kerja sama. Selain itu apa yang dilakukan Principal dengan investasinya dianggap :

“Suatu investasi yang sangat mahal, mulai deploy system ke distributor, maintainance system (hardware dan software), retraining karena ada pergantian personil distributor, helpdesk support yang harus siaga.”

Sedangkan solusi win-win bisa didapat dari Investasi yang sangat murah meriah dengan kinerja 7 poin di bawah ini, melalui FIRMUS Secondary Sales Dashboard, distributor cukup mengirimkan faktur penjualan, data akan diolah oleh FIRMUS Dashboard, yang menghasilkan informasi:

  1. Kinerja penjualan secara Nasional, Regional, Area
  2. Kinerja produk secara Nasional, Regional, Area
  3. Kinerja channel secar Nasional, Regional, Area
  4. Kinerja outlet
  5. Kinerja salesman
  6. Productivity distributor

Semoga dengan pengetahuan baru ini, para principal, Sales Manager, Marketing Manager dan admission Principal dapat kebantu dalam mengoperasikan aktivitas penjualan principal dalam menghadapi persaingan yang semakin sengit saat ini. Apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam set up Management Principal, membutuhkah software Distribusi, dan Dash board Distribusi, silahkan kontak groedu@gmail.com atau hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu dalam memberikan solusi di Principal anda! (Frans M. Royan, SE,MM)

 

Featured

BAGAIMANA ERP DAPAT MEMBANTU MENGOPTIMALKAN BISNIS PERUSAHAAN?

Enterprise Resource Planning (ERP) bukan hanya berkaitan dengan planning atau resource. Namun, inti dari adanya ERP yaitu untuk menyatukan seluruh bagian/departemen dan fungsi yang ada pada sebuah perusahaan ke satu sistem komputer yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan spesifik dari departemen yang berbeda. Pengertian ERP sendiri adalah sebuah software yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam bisnis.
Pada umumnya, para pemilik bisnis dan tim manajemen seringkali harus membuat beberapa keputusan sulit tentang bagaimana mengelola operasi di perusahaannya, dan salah satu keputusan yang mungkin Anda hadapi saat ini adalah apakah perusahaan Anda akan melakukan implementasi ERP. Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah sistem yang dapat digunakan dann sangat bermanfaat bagi bisnis atau perusahaan Anda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengetahuan mengenai mengoptimalkan bisnis perusahaan anda dengan menggunakan ERP.
Pada awalnya Sistem ERP berfokus pada fungsi back-office misalnya seperti akuntasi dan keuangan, pembelian dan gudang dan penggajian. Baru kemudian mulai berkembang dan fungsi front-office juga dimasukan ke dalam ERP seperti Sales, CRM dan SRM. Perkembangan internet dan cloud turut mempunyai andil dalam perkembangan Sistem ERP dan dengan menggunakan Sistem ERP berbasis cloud memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam integrasi dengan pihak ketiga untuk lebih memaksimalkan proses bisnis.
Integrasi adalah unsur yang sangat penting dalam sistem ERP. Integrasi antara proses bisnis akan membantu pengembangan komunikasi dan distribusi informasi, yang mengarah ke peningkatan produktivitas, kecepatan, dan kinerja yang luar biasa . Tujuan utama sistem ERP adalah mengintegrasikan informasi dan proses dari semua divisi dalam suatu perusahaan, sehingga mendapatkan kemudahan akses dan alur kerja yang terstruktur.
Integrasi ini biasanya dilakukan dengan membangun sebuah repositori database tunggal yang berkomunikasi dengan beberapa aplikasi software, yang dapat digunakan oleh berbagai divisi dari sebuah perusahaan. Repositori database tunggal biasanya berisi berbagai statistik bisnis dan informasi tertentu yang dibutuhkan oleh masing-masing divisi.
Penggunaan sistem ERP akan dapat mengurangi biaya, mengoptimalkan proses bisnis, dan memastikan managemen berjalan dengan baik. Inti dari software ERP membawa setiap aspek bisnis yang Anda jalankan berada di satu atap untuk menghasilkan bisnis yang berkesinambungan terus menerus. Dengan ERP, Anda bahkan dapat mengoptimalkan rantai pasokan produksi di perusahaan Anda.
Saatnya Anda menggunakan software yang memanfaatkan sistem ERP untuk mengelola perusahaan Anda agar tidak kalah dalam persaingan pasar. Adanya sistem ERP, Anda akan mengetahui tindakan apa yang harus diambil setiap saat, tanpa harus sulit mencari dokumen penting yang tersebar. Penggunaan metode lama akan menghabiskan banyak pengeluaran hanya untuk cetak dokumen, dan pada akhirnya data-data penting sering kali hilang karena tidak tersimpan secara rapi.
Dengan manfaat dan fungsi seperti itu maka Sistem ERP dapat menjadi satu solusi lengkap untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan. Pada intinya Sistem ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) rintangan arus informasi antar unit kerja.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk menerapkan sistem ERP pada perusahaan anda. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.

KETENTUAN DAN PEMBATALAN FAKTUR PAJAK

Bagi anda yang mengunjungi web ini tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya faktur pajak. Dan pada artikel kali ini kami tidak akan membahas pengertian umum atau definisi dari Faktur Pajak tersebut. Pada artikel kali ini kami akan berbagi ulasan terkait Ketentuan dan Pembatalan dari Faktur Pajak tersebut.

Sebab-Sebab Pembatalan Faktur Pajak
Pertama-tama anda perlu mengetahui penyebab dari pembatalan Faktur Pajak yang meliputi:

  • Adanya kesalahan dalam pembuatan faktur pajak.
  • Adanya pembatalan transaksi.
  • Kesalahan dalam menginput Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) lawan transaksi.

Terdapat konsekuensi dari pembatalan faktur pajak, yaitu Pengusaha Kena Pajak (PKP) tidak bisa lagi menggunakan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) untuk transaksi selanjutnya.

Syarat Pembatalan Faktur Pajak
Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012. Syarat dan ketentuan pembatalan faktur pajak yang tertera dalam PER-24/PJ/2012 meliputi:

  1. Jika terjadi pembatalan transaksi penyerahan BKP/JKP dan faktur pajak keluaran terlanjur diterbitkan, maka harus dilakukan pembatalan faktur pajak keluaran.
  2. Pembatalan faktur pajak keluaran harus dilengkapi dengan bukti berupa dokumen yang membuktikan adanya pembatalan transaksi. Bukti yang dimaksud bisa berupa pembatalan kontrak atau dokumen lain yang menunjukkan adanya pembatalan transaksi.
  3. Faktur pajak yang dibatalkan harus tetap disimpan sebagai arsip oleh PKP penjual.
  4. PKP penjual yang membuat pembatalan faktur pajak keluaran harus mengirim surat pemberitahuan dan salinan faktur pajak yang dibatalkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat PKP tersebut dikukuhkan dan ke KPP tempat PKP pembeli dikukuhkan.
  5. Jika PKP Penjual belum melaporkan faktur pajak yang dibatalkan di dalam SPT masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN), maka PKP penjual harus tetap melaporkan faktur pajak yang dibatalkan tersebut dalam SPT masa PPN dengan mencantumkan nilai 0 pada kolom Dasar Pengenaan Pajak (DPP), PPN atau PPN dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).
  6. Jika PKP penjualan telah melaporkan faktur pajak dalam SPT masa PPN sebagai faktur pajak keluaran, maka PKP penjual harus melakukan pembetulan SPT masa PPN Masa Pajak yang bersangkutan, dengan cara melaporkan faktur pajak yang dibatalkan dengan mencantumkan nilai 0 pada kolom DPP, PPN atau PPN dan PPnBM.

Jika faktur pajak keluaran telah dilaporkan oleh PKP pembeli sebagai faktur pajak masukan, maka PKP pembeli harus melakukan pembetulan SPT masa PPN Masa Pajak yang bersangkutan, dengan cara melaporkan faktur pajak yang dibatalkan dengan mencantumkan nilai 0 pada kolom DPP, PPN atau PPN dan PPnBM.
Pembatalan faktur pajak bisa dilaksanakan selama Surat Pemberitahuan (SPT) masa PPN dimana faktur pajak yang dibatalkan tersebut dilaporkan masih bisa dilakukan pembetulan, namun tentu harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak
Mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama dalam bidang digitalisasi, kini telah tersedia sarana e-Faktur. Dimana PKP yang hendak melakukan pembatalan faktur pajak kini diharuskan menggunakan e-Faktur, yang tentunya melalui beberapa proses terkait.
Cara pembatalan faktur pajak dengan menggunakan e-Faktur pun sangatlah mudah, anda cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik “Faktur” dan pilih opsi “Pajak Keluaran — Administasi Faktur” kemudian pilih Faktur Pajak Keluaran yang hendak dibatalkan.
  2. Dalam Faktur Pajak yang hendak dibatalkan terdapat opsi pada bagian bawah bertuliskan “Batalkan Faktur”, klik dan tunggu sejenak. Setelah itu akan muncul notifikasi yang menyatakan pembatalan faktur pajak keluaran berhasil.
  3. Status faktur pajak pun kemudian akan berubah menjadi “Batal/Cancelled”.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pajak. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900. Kami siap membantu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

CARA MENGETAHUI TANDA PIUTANG PENJUALAN YANG AKAN BERMASALAH

Ketika Anda menjalankan bisnis, mengelola piutang dagang (A.R.) bisa menjadi menu yang perlu Anda habiskan. Mungkin Anda akan menjumpai hal-hal seperti klien tidak membayar tepat waktu, memiliki pembayaran yang tertunda, klien yang tidak menjawab panggilan Anda, dll. Meski begitu satu hal yang dapat membantu Anda mengatasinya adalah memastikan bahwa piutang terjadi sebagaimana mestinya.

A.R. adalah saldo yang harus dibayar pelanggan kepada perusahaan Anda untuk barang atau jasa yang dibeli tetapi belum dibayar. Ini adalah hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk semakin memperluas jangkauan distribusi produknya. Dan untuk itu, pebisnis akan membutuhkan pelanggan dan penjualan lebih banyak. Untuk memfasilitasi pembayaran dan transaksi tanpa kerumitan, sebagian besar organisasi mengizinkan sebagian dari penjualan mereka untuk dikreditkan, terutama bagi pelanggan yang teratur.

Beberapa perusahaan mengizinkan pelanggan mereka membayar setelah pengiriman barang atau jasa. Ketika pelanggan memesan barang, perusahaan menunggu pembayaran dan sementara itu, menganggap faktur yang tertunda ini sebagai piutang. Namun semakin berjalannya waktu, terkadang Anda sebagai pebisnis akan menjumpai berbagai masalah dalam kelola piutang. Sebelum permasalahan ini menjadi semakin besar, Anda perlu melakukan tindakan sedini mungkin. Dan untuk itu akan perlu memahami tanda-tanda klien yang bermasalah, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Perubahan Kebiasaan Pembayaran Yang Tiba-Tiba.
Jika pelanggan yang selalu membayar tepat waktu tiba-tiba terlambat, ada sesuatu yang salah. Tetapkan tenggat waktu yang serius dan bersiaplah untuk menyerahkan file itu ke agen penagihan Anda jika komitmennya tidak terpenuhi. Awasi akun hingga semuanya kembali normal.

2. Pelanggan Anda Mengakui Adanya Masalah Arus Kas.
Saat Anda menelepon untuk menindaklanjuti akun yang telah lewat waktu dan jika debitur memberi tahu Anda bahwa pelanggannya sendiri lambat membayar, itu adalah bendera merah utama. Tetapkan perusahaan Anda sebagai prioritas pembayaran utama debitur dan siap untuk menyerahkan akun ke agen penagihan Anda jika ada penundaan pembayaran lebih lanjut.

3. Panggilan Anda Tidak Dijawab.
Jika seorang debitur tiba-tiba menjadi tidak terjangkau, Anda hampir pasti menuju masalah. Orang-orang pergi berlibur dan diikat sementara, tetapi tidak profesional untuk tidak menanggapi kreditor dalam waktu lama. Tinggalkan pesan suara yang serius (cadangkan melalui email) dengan tenggat waktu dan konsekuensi, dan balikkan akun untuk diambil jika Anda tidak segera membalasnya. Jika voicemail debitur penuh atau telepon terputus, bekukan akun dan beri peringatan pada sistem host Anda agar pelanggan menghubungi departemen kredit Anda. Lakukan kunjungan langsung atau kirim surat, tetapi segera lakukan.

4. Pelanggan Anda Mendapat Pesaing Baru.
Sebuah bisnis yang telah beroperasi dengan sukses dengan sedikit atau persaingan yang lemah dapat diposisikan dengan buruk untuk menghadapi gelombang tiba-tiba dari pesaing nyata, atau bahkan satu yang bagus menang atas pelanggannya. Jika Anda menduga ini terjadi, tegaskan persyaratan pembayaran Anda. Memaksa pelanggan Anda untuk melakukan perubahan dalam susunan kepegawaian atau operasi lebih cepat daripada yang lebih lambat sebenarnya dapat membantu jika mereka menyangkal atau secara pasif mengharapkan perputaran dalam kekayaan mereka.

5. Penurunan Kualitas Produk.
Ketika pemotongan harga terjadi, kualitas produk sering dikorbankan. Memburuknya arus kas juga dapat berdampak pada kemampuan bisnis untuk membayar pemasok dan staf, dan dengan demikian tepat waktu. Jika Anda pernah mendengar gemuruh bahwa produk yang dulunya bagus dari pelanggan Anda telah menurun atau tiba-tiba menjadi lambat untuk memenuhi pesanan, perhatikanlah bisa jadi itu adalah perusahaan yang bermasalah dan kemungkinan besar akan gagal.

Kunci untuk menghindari masalah adalah menjaga kewaspadaan dan bergerak cepat ketika bendera merah muncul. Sebelum memberikan kredit, tarik laporan kredit dan perhatikan rekening penagihan, penghapusan, penilaian atau akun penipuan. Jangan abaikan tanda-tanda peringatan, waspada dan proaktif, dan bisnis Anda akan menjadi salah satu bisnis “beruntung” yang selalu keluar di puncak.
Demikian beberapa tanda yang bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk menentukan apakah klien Anda bermasakah atau tidak. Dan jika Anda membutuhkan informasi terkait strategi pengelolaan piutang efektif atau AR Manajemen. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa juga menghubungi kami langsung melalui nomor WA 0812-5298-2900. Kami siap membantu.

CARA MEMBUAT CUSTOMER JOURNEY UNTUK BISNIS ANDA

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin pernah mendengar istilah Customer Journey. Akan tetapi, menciptakan hal itu bukanlah hal yang mudah, bahkan Anda akan memerlukan waktu lebih lama. Seperti proses yang sulit yang mungkin membuat Anda harus menyerahkan ini pada para ahli dibidangnya.
Dalam artikel kali ini kami akan berbagi beberapa alasan pemasar cerdas tentang bagaimana membangun strategi di sekitar perjalanan pembeli dan kemudian menunjukkan kepada Anda bagaimana kami membantu pengusaha menciptakan perjalanan pelanggan yang sederhana dan tetap efektif.
Perjalanan pelanggan jauh lebih mungkin untuk mengubah pengikut menjadi pembeli daripada pemasaran secara acak dan tanpa suara. Ini jauh lebih mungkin untuk mendatangkan penjualan karena didasarkan pada perilaku konsumen dan pengambilan keputusan. Pemasaran yang tidak terhubung lintas platform dan cara pembeli berpikir dan bertindak mungkin tidak berfungsi sebaik yang Anda kira.
Perjalanan pelanggan memastikan setiap metode pemasaran yang Anda pilih akan bekerja sebaik mungkin. Pemasaran digital tidak bekerja sepotong demi sepotong. Saat ini banyak platform pemasaran umum yang digunakan orang terhubung dan saling memberi manfaat. Ini membantu satu platform untuk platform lain untuk digunakan dengan cara terbaik. Berikut beberapa langkah yang mempermudah Anda dalam menyusun Customer Juorney Anda.

1. Berjalan Melalui Pengalaman Pelanggan
Langkah paling mendasar dalam pemetaan perjalanan pelanggan adalah mengidentifikasi titik sentuh di mana pelanggan Anda berinteraksi dengan organisasi Anda. Carilah titik sentuh utama dan sederhana. Dalam proses pembelian mobil, misalnya, titik sentuh utama mungkin mengambil test drive atau duduk di meja tenaga penjualan untuk menegosiasikan kesepakatan akhir. Titik sentuh sederhana mungkin ketika pelanggan berjalan di sekitar tempat parkir sebelum disambut oleh seorang tenaga penjualan atau ketika pelanggan mengirimkan mobil mereka setelah penjualan selesai.

2. Memetakan Banyak Path pada Satu Titik
Seringkali, titik sentuh tertentu memiliki banyak jalur masuk. Apakah pelanggan memasuki proses pembelian melalui situs web atau nomor bebas pulsa? Apakah pencarian organik atau kampanye iklan bergambar Anda membawa pelanggan ke nomor bebas pulsa? Setelah pelanggan menelepon, apakah mereka dialihkan ke bagian dukungan teknis atau penagihan? Sehingga memetakan hal ini akan sangat membantu Anda.

3. Bedakan Antara Onstage dan Offstage
Saat mengevaluasi titik sentuh, penting untuk melihat titik sentuh melalui lensa di atas panggung (apa yang terlihat oleh pelanggan) dan di luar panggung (apa yang terjadi di belakang layar). Misalnya, dalam contoh pembelian mobil, berbicara dengan wiraniaga akan menjadi tindakan yang terjadi di atas panggung. Menjalankan pemeriksaan kredit untuk pembiayaan biasanya akan terjadi di luar panggung. Pastikan Anda memahami bagaimana tindakan di luar panggung, seperti komunikasi internal, berdampak pada pengalaman di atas panggung. Seringkali dalam peta perjalanan, tindakan di luar panggung ditarik secara berbeda atau ditempatkan di bawah “garis visibilitas”. Tidak peduli bagaimana Anda menunjukkannya, akan sangat membantu untuk membedakan tindakan di luar panggung dari yang dihadapi pelanggan, sehingga Anda dapat memisahkan pengalaman aktual pelanggan dari operasi yang mendukungnya.

4. Dapatkan Umpan Balik dari Semua Tingkat Organisasi
Untuk benar-benar memahami apa yang terjadi pada setiap titik sentuh, Anda harus mendapatkan umpan balik dari sebanyak mungkin pemangku kepentingan. Kemudian, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menambahkan lapisan kualitatif ke peta perjalanan. Dengan kata lain, jangan hanya memetakan apa yang terjadi, memetakan bagaimana Anda menjalankan pengiriman layanan Anda. Anda bisa duduk bersama di meja menegosiasikan pembelian mobil. Apakah wiraniaga terlalu memaksa? Apakah prosesnya terlalu lama? Apakah kursinya tidak nyaman? Gunakan data survei atau gali data keluhan Anda untuk mengetahui apa yang terjadi di setiap titik sentuh.

Sementara pemetaan perjalanan pelanggan memang terlihat lebih kompleks danm emang itu benar adanya. Tindakan sederhana untuk memulai dengan pemetaan perjalanan akan memberi Anda wawasan yang luar biasa dan dapat ditindaklanjuti tentang pengalaman pelanggan Anda dengan organisasi Anda. Hanya ingat bahwa perjalanan pelanggan seribu mil dimulai dengan satu langkah.
Demikian bagaimana langkah sederhana dalam membuat customer journey. Jika Anda membutuhkan informasi lebih untuk membuat atau merencanakan teknis customer journey, anda bisa menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp