BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS MENGELOLA PIUTANG PENJUALAN SECARA EFEKTIF AGAR CASH FLOW PERUSAHAAN LANCAR

Taukah anda bahwa CASH FLOW TIDAK LANCAR di Perusahaan salah satunya disebabkan oleh Piutang penjualan yang tidak dikelola dengan baik?
Artinya di Perusahaan banyak Piutang penjualan yang macet atau belum dibayar oleh customer.
Jika hal itu terjadi di perusahaan anda, silahkan ikuti seminar ini dengan materi :

A. Merapikan – Merapikan Piutang penjualan agar tidak hilang dengan sistem software Hingga Piutang Penjualan outstanding valid.

B. Mencegah Piutang bad debt :
1. Cara efektif mengetahui debitur yang bayar lancar dan tidak lancar dan cara menghandlenya.
2. Mengetahui gejala-gejala piutang penjualan yang bakal bermasalah

C. Menghandle piutang dengan benar dan efektif :
1. Menangani order dari customer beresiko dengan limit kredit yang benar.
2. Membuat analisa umur piutang penjualan dengan grafik current Vs Over due
3. Menangani Piutang penjualan over due agar tidak bad debt dengan projek penyelesaian.
4. Mengelola Piutang penjualan dengan software accounting, mulai DPP sampai pelunasan di sistem.

D. Menangani kerugian akibat piutang bad debt di sisi accounting
1. Posting di akun yang benar jika terjadi kerugian akibat adanya piutang bad debt.
2. Bagaimana menetapkan kebijakan kerugian terkait piutang bad debt

Pembicara :
Frans M. Royan, SE,MM adalah konsultan bidang manajemen pemasaran dan bisnis, Business analyst untuk implementasi software accounting & Distribusi, serta penulis 50 buku bidang pemasaran dan bisnis.

Ennie Maendrayati adalah Direktur Mitra Bisnis perusahaan dealer software Accounting dan manufacturing yang telah membantu ratusan perusahaan dalam solusi akuntansi secara Digital.

David Tanjung adalah implementor software accounting dan manufacturing yang telah membantu ratusan perusahaan dalam implementasi software accounting dan manufacturing.
Investasi : Rp 750.000,-
50 Pendaftar pertama : Rp 199.000,-

Seminar Via Zoom
Hari Sabtu, 25 Juli 2020
Pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB
Target peserta : Bisnis owner, Admin AR, Accounting, SPV finance & accounting dan supervisor penjualan.
Kontak : https/wa.me/6281252982900
Daftar : https://bit.ly/DaftarPiutang

Featured

VIDEO TRAINING “HOW TO BUILDING SALES FORCE TEAM”

Perubahan sedang terjadi pada kebiasaan kita baik dalam berbelanja, bekerja dan belajar. Kali ini Groedu International Consultant akan menyeseuaikan dengan kondisi New Normal, yaitu dengan mempersembahkan “VIDEO TRAINING” belajar secara flexible menggunakan Video. 

Pada kesembapatan kali ini akan kami persembahkan ” VIDEO TRAINING ” dengan TOPIK ” HOW TO BUILDING SALES FORCE TEAM” (Menyusun kembali Tim penjualan yang porakporanda menjadi kekuatan baru dalam penjualan)

Kendala utama dalam menyusun Tim penjualan pada saat ini adalah
1. Tim penjualan sudah tidak solid karena sebagian di-PHK atau keluar-keluar masuk
2. Dan mencari tim penjualan yang handal tidak mudah untuk saat ini
3. Adanya tantangan dan hambatan dalam era 4.0 dan pandemi Covid 19 yang berkepanjangan sehingga mempengarui dalam penyusunan dan menggerakan Tim penjualan.
Namun demikian perusahaan tidak bisa berdiam diri untuk semakin terpuruk, manajemen perusahaan perlu MEMBANGUN ULANG TIM penjualan agar menjadi solid dan efektif. Serta Tim penjualan menjadi garda depan perusahaan yang berkontribusi maksimal terhadap profit perusahaan.
Materi Training :
1. Kondisi persaingan dan fenomena baru dalam penjualan.
2. Merancang Sales force efektif.
3. Mengorganisasi, menyusun, menggerakan Sales Force
4. Teknik Implementasi sales force
5. Pengendalian Sales Force
6. Evaluasi kinerja sales force
7. Membangun Tim penjualan Digital (Bonus : podcast)
Training On line dalam bentuk VIDEO ini BISA DIPELAJARI dengan waktu flexi-time, sangat membantu para Manager, pemilik bisnis, HRD maupun yang terkait dengan Tim penjualan perusahaan. Serta sebagai PEMANTAPAN/TANYA JAWAB materi DILANJUT dengan SEMINAR ZOOM on line secara periodik dan terjadwal selama 2 Jam GRATIS BAGI PESERTA  “VIDEO TRAINING INI”.
Durasi video : 3 Jam
Harga : Rp 1.750.000,-
200 Pendaftar pertama : Rp 500.000,-
Daftar ke link ini : https://bit.ly/2Z6E3Ef

Atau wa ke : https://wa.me/6281252982900

Featured

MENINGKATKAN DAYA SAING DISTRIBUTOR DI ERA DIGITAL

Apabila pada Perusahaan anda kontribusi terbesar pendapatan dari penjualan secara offline, dan ingin meningkatkan penjualan offline anda secara Digital?

Silahkan ikuti seminar ini untuk mereview kembali metode penjualan yang perlu disesuaikan ke arah Online.

Materi seminar
1. Kenali, bangun dan pelihara komunitas toko, grosir secara digital
2. Meningkatkan penjualan dengan metode S-C-P
3. Meningkatkan penjualan dengan berbagai program promosi lewat aplikasi online
4. Meningkatkan penjualan dengan Point Reward System
5. Meningkatkan penjualan offline dengan aplikasi penjualan secara online

Benefit seminar
1. Meningkatkan kemudahan toko, grosir agar mereka dapat berbisnis dengan anda dengan lebih efisien
2. Meningkatkan kenyamanan dan keamanan toko, grosir dengan memberikan informasi terkini tentang saldo piutangnya
3. Mengatasi turn over Salesman yang tinggi di perusahaan agar penjualan stabil
4. Menurunkan biaya operasional penjualan dengan aplikasi penjualan secara online
5. Mempercepat proses layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
6. Mendapatkan metode penjualan yang adaftif di era 4.0 atau Pandemi Covid-19 yang tidak tau kapan selesai.

Profile Pembicara :
Frans M. Royan adalah konsultan bidang manajemen pemasaran dan bisnis, Business analyst untuk implementasi software accounting & Distribusi, serta penulis 50 buku bidang pemasaran dan bisnis.

Profile Pembicara :
Hadi Buntoro adalah Director PT Firmus Solusindo, pengembang software Distribusi, SFA dan Yuk Kulak yang telah beroperasi 10 tahun lebih dalam membantu produsen dan Distributor dalam memberikan IT software solution.

Seminar On line Via Zoom
Hari Rabu, 1 Juli 2020
Pukul 10.00-12.00 WIB
Pendaftaran klik Link ini : https://bit.ly/2BgKP1J

Atau wa ke : https://wa.me/6281252982900
Tarif normal : Rp 500.000,-
Tarif promo : Rp 150.000,-

 

Featured

INGIN MELAKUKAN ANALISA PENJUALAN MITRA DISTRIBUTOR ANDA YANG ADA DI INDONESIA DENGAN MUDAH? GUNAKAN FIRMUS SECONDARY SALES DASHBOARD

Produsen seringkali mengalami kesulitan untuk melihat penjualan riil dari distributor mitra kerja samanya yang ada di Indonesia. Kesulitan itu memicu kegamangan produsen dalam melakukan berbagai aktivitas yang terkait dengan program promosi maupun kebijakan-kebijakan yang terkait dengan strategi sales dan marketing, sehingga kondisi ini membuat saling menunggu. Sementara Principal/produsen menunggu data dari distributor agar bisa dianalisa, sedangkan Distributor resah karena principal tidak ada action, sementara itu pasar sedang diserang oleh competitor. Apa mau dikata kalau kejadiannya seperti ini? Dan celakanya kerja sama keduanya seringkali memunculkan miskomunikasi yang tidak perlu, bahkan saling mencurigai satu sama lainnya.

Untuk mengatasi hal ini Principal besar seperti Unilever, Orang tua/OT, Mayora, serta principal lainnya telah menggunakan software yang canggih yang diletakan di distributor agar bisa mengetahui segala aktivitas yang ada di distributor khususnya untuk mengetahui : kondisi pasar, banyaknya register outlet, program promosi yang sedang berjalan, informasi persediaan, sampai dengan hal detail lainnya yang menyangkut penjualan. Principal dengan mudah menarik data dari computer distributor secara on line, dan hal ini membuat principal sangat mudah berkomunikasi dan melakukan berbagai aksi setelah laporan yang ditarik dianalisa dan membutuhkan tindakan nyata. Oleh sebab itu Principal yang sudah memiliki perangkat lunak ini dengan mudah mengeksploitasi pasar mengalahkan pesaing-pesaing mereka yang masih manual. Ingin seperti ini? Tunggu dulu kita mungkin akan pikir-pikir dengan nilai investasi yang dikeluarkan oleh para Principal itu yang nilainya milliaran rupiah bahkan puluhan miliaran anggaran yang mereka keluarkan. Memang hal ini juga pengaruh ke Distributor, karena distributor juga pada akhirnya memikul anggaran yang dibagi oleh Principal agar sama-sama memiliki system informasi teknologi yang terintegrasi. Ini memang hal yang luar biasa.

 

Tapi bagaimana dengan Principal yang tidak sekelas dengan mereka? Tidak bisa berbuat apa-apa selain menjadi penonton dan produk semakin tergerus secara pasar. Sedikit-demi sedikit secara pasti principal kecil berguguran, meskipun masih ada yang bertahan tetapi dengan nafas yang terengah-engah di tengah persaingan yang begitu sengit. Upaya apa yang bisa dilakukan? Jika lawan menggunakan teknologi, kita tidak bisa beramain grilya tetapi juga ikut dengan bermain teknologi sebab dengan teknologi, data yang didapat sangat akurat. Berbeda dengan cara konvensional akurasi data selalu dipertanyakan, apalagi sering terdengar pameo Distributor sering membodohi Principalnya. Mengapa tidak diajarkan dengan win-win solusion? Bagaimana caranya? Dibawah ini akan diulas secondary sales dashboard yang murah meriah dengan menggunakan cloud. Principal menengah kebawah dapat menghemat biaya tenaga IT, Server yang dipakai, hardware yang dipakai, sales admin penginput data, penghindaran double software, serta investasi yang mahal seperti yang digunakan oleh Principal besar. Cukup dengan sewa maka Principal kelas menengah mendapat manfaat yang sama seperti yang di dapat principal besar seperti :

  1. Mengetahui kondisi pasar melalui software yang digunakan.
  2. Dapat melakukan tindakan cepat dalam mengendalikan pasar.
  3. Melakukan program promosi yang sesuai dan tepat.
  4. Melakukan kunjungan ke Distributor sesuai dengan kendala dan laporan yang didapat sehingga menghemat biaya maintenance Distributor lewat representative yang dimiliki Principal.

Principal juga akan terhindar dari penolakan-penolakan yang sering dilakukan distributor sehingga memungkinkan gagalnya meletakan software di kantor distributor yang selama ini sudah kerja sama. Selain itu apa yang dilakukan Principal dengan investasinya dianggap :

“Suatu investasi yang sangat mahal, mulai deploy system ke distributor, maintainance system (hardware dan software), retraining karena ada pergantian personil distributor, helpdesk support yang harus siaga.”

Sedangkan solusi win-win bisa didapat dari Investasi yang sangat murah meriah dengan kinerja 7 poin di bawah ini, melalui FIRMUS Secondary Sales Dashboard, distributor cukup mengirimkan faktur penjualan, data akan diolah oleh FIRMUS Dashboard, yang menghasilkan informasi:

  1. Kinerja penjualan secara Nasional, Regional, Area
  2. Kinerja produk secara Nasional, Regional, Area
  3. Kinerja channel secar Nasional, Regional, Area
  4. Kinerja outlet
  5. Kinerja salesman
  6. Productivity distributor

Semoga dengan pengetahuan baru ini, para principal, Sales Manager, Marketing Manager dan admission Principal dapat kebantu dalam mengoperasikan aktivitas penjualan principal dalam menghadapi persaingan yang semakin sengit saat ini. Apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam set up Management Principal, membutuhkah software Distribusi, dan Dash board Distribusi, silahkan kontak groedu@gmail.com atau hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu dalam memberikan solusi di Principal anda! (Frans M. Royan, SE,MM)

 

Featured

STRATEGI PENJUALAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN BASIS KLIEN ANDA

Rencana penjualan dan pemasaran bukanlah strategi satu ukuran yang berlaku untuk semua, karena setiap perusahaan berbeda dalam hal klien dan operasinya. Oleh karenanya Anda perlu mendorong diri sendiri untuk membuat strategi penjualan yang sesuai dengan budaya kerja Anda dan berpegang pada nilai-nilai inti Anda.

Dengan demikian, ketika datang ke penjualan, pendekatan progresif yang Anda terapkan akan membawa dampak lebih positif untuk hubungan dengan pelanggan Anda. Seiring perkembangan selama bertahun-tahun, mengatasi taktik penjualan yang gagal telah membawa pada ide yang lebih besar dan lebih baik.
Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa tip penjualan yang telah terbukti mampu meningkatkan prosentase penjualan perusahaan. Anda bisa menyimaknya hingga akhir artikel.

1. Temukan Niche Anda
Sebelum Anda mulai menyusun saluran pemasaran dan menyusun strategi penjualan, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi siapa pelanggan ideal Anda dan apa yang paling Anda sukai. Dengan mengidentifikasi industri tempat klien ideal Anda beroperasi, Anda tidak hanya dapat menargetkan klien tertentu secara langsung, tetapi juga mempelajari lebih banyak informasi tentang bidang mereka. Semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh, semakin besar peluang Anda untuk menarik lebih banyak bisnis dalam industri yang sama dan memiliki banyak wawasan untuk memberikan layanan yang relevan.

2. Mendidik Klien Sasaran Anda
Saat pengetahuan Anda tentang klien target dan industri mereka berkembang, berusahalah untuk memposisikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran. Anda dapat mencapai ini dengan menampilkan wawasan Anda dengan konten informatif dan instruktif.
Meskipun ini mungkin tampak seperti cara cepat untuk kehilangan klien potensial, dengan asumsi bahwa jika Anda memberikan seseorang informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas sendiri, mereka akan melakukannya, ketahuilah ini tidak terjadi. Sebenarnya, audiens target Anda sudah memiliki akses ke informasi yang Anda berikan kepada mereka. Apa yang mereka cari adalah seseorang yang memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mengambil informasi ini dan menggunakannya untuk berhasil menerapkan solusi.

3. Bersikaplah Transparan
Transparansi adalah komponen kunci untuk menarik dan mempertahankan klien. Di perusahaan kami, pertemuan penjualan yang kami lakukan dengan klien potensial biasanya merupakan panggilan eksplorasi di mana kami mengetahui lebih banyak tentang bisnis klien, kebutuhan mereka, dan mengapa mereka datang kepada kami.
Kami juga telah menetapkan proses yang memungkinkan kami mengidentifikasi layanan yang kami yakini akan paling menguntungkan klien. Klien sangat terlibat dalam menentukan harga khusus mereka berdasarkan layanan yang mereka pilih.
Klien pasti memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Tingkat transparansi ini secara akurat mewakili nilai-nilai kami dan segera membangun sejumlah kepercayaan antara kami dan klien potensial, yang biasanya membuat kami menutup penjualan.

4. Jaga Proses Anda Sederhana
Alat penjualan yang kami buat di perusahaan kami cukup sederhana sehingga banyak anggota tim kami dapat dengan mudah memberikan layanan dan mengartikulasikan biaya masing-masing kepada klien. Alat ini sangat berguna karena memungkinkan kami untuk memiliki fleksibilitas dan percaya diri untuk menyertakan anggota staf yang relevan pada panggilan penjualan meskipun mereka tidak memiliki pengalaman penjualan yang luas.
Selain itu kamu juga akan menggunakan jenis pertanyaan yang kami ajukan adalah pertanyaan yang akan langsung diketahui oleh pemiliknya atau dapat ditebak secara masuk akal. Mempertahankan tingkat akses dan fleksibilitas ini merupakan faktor lain yang membantu kami mendapatkan klien baru dan mendorong klien saat ini untuk meningkatkan jumlah layanan yang kami berikan kepada mereka.

Menyusun strategi penjualan yang sukses datang untuk mencari tahu apa yang berbicara kepada klien target Anda dan bagaimana cara terbaik untuk mewakili perusahaan Anda. Dari sana, menerapkan kiat di sini dapat membawa Anda selangkah lebih dekat untuk mendapatkan prospek yang lebih berkualitas dan meningkatkan retensi klien. Demikian jika Anda membutuhkan infromasi lebih detil perihal alat atau software accounting yang mampu meningkatkan penjualan Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

BAGAIMANA STRATEGI MANAJEMEN BIAYA YANG BENAR UNTUK KEMAJUAN BISNIS

Mengurangi biaya adalah topik penting dalam hal memposisikan perusahaan Anda di pasar. Langkah ini hadir dengan serangkaian tantangan, karena tidak cukup untuk memangkas biaya atau jumlah karyawan saja. Anda perlu berinvestasi dalam perencanaan. Manajemen strategis adalah alat yang membantu manajer meningkatkan profitabilitas, menghindari pemborosan, dan menjaga perusahaan mereka tetap berada di depan persaingan dengan membedakannya dari yang lain di pasar.
Ada dua keputusan kunci yang penting untuk keberhasilan pelaksanaan strategi manajemen biaya yaitu memahami arus kas dan mengubah cara arus kas. Kegagalan untuk menetapkan kedua elemen ini sebagai konsep dasar untuk pengurangan biaya perusahaan menjamin kegagalan implementasi pengendalian biaya dalam jangka panjang.
Keputusan keuangan yang baik berasal dari strategi manajemen biaya yang efektif yang dirancang untuk memaksimalkan nilai dan meminimalkan biaya awal dan berkelanjutan. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, keputusan seperti apakah akan menyewa atau membeli kendaraan, real estat atau peralatan, melakukan outsourcing operasi tertentu, dan menambah atau membatalkan lini produk. Sejumlah strategi manajemen biaya yang berbeda ada untuk membantu pemilik usaha kecil membuat keputusan penting ini. Sejumlah strategi ini bisa Anda simak dalam penjelasan berikut ini.

Mengerti Tujuan Manajemen Biaya Strategis
Pemilik usaha kecil menghadapi tantangan berkelanjutan dalam mencoba menyeimbangkan kebutuhan untuk melayani pelanggan dan memenuhi tujuan bisnis jangka panjang dan pada saat yang sama diharuskan untuk mengendalikan biaya dalam melakukan bisnis. Strategi manajemen biaya strategis di mana keputusan biaya dibuat sesuai dengan nilai yang mereka tambahkan pada bisnis dan pelanggan seringkali merupakan strategi paling efektif yang dapat diadopsi oleh bisnis kecil. Untuk mencapai tujuan ini, bagaimanapun, memerlukan pertimbangan biaya aktual dan peluang, atau biaya yang terlibat dalam memilih satu opsi di atas yang lain.

Strategi Biaya yang Relevan
Biaya yang relevan adalah biaya moneter yang dapat dikurangi atau dihindari oleh bisnis dengan membuat keputusan tertentu. Analisis biaya yang relevan dimulai dengan mengidentifikasi dan menghilangkan biaya hangus, seperti biaya konsultasi yang mungkin telah terjadi dan tidak dapat dihindari atau dihilangkan meskipun ada keputusan di masa depan, dan biaya seperti overhead, kontrak layanan atau suku cadang dan persediaan yang identik di setiap opsi. Analisis biaya yang relevan kemudian bergerak maju untuk menghitung total biaya kepemilikan atau potensi keuntungan dengan hanya menggunakan biaya yang berbeda antara dua opsi.

Mengevaluasi Biaya Peluang
Strategi manajemen biaya peluang memperkenalkan tingkat subjektivitas tertentu, karena juga menilai biaya tak berwujud dan manfaat dari pilihan. Biaya peluang adalah konsekuensi yang disadari bisnis ketika membuat keputusan bisnis mulai dari pembelian aset bisnis jangka panjang hingga pertimbangan harga hingga praktik manajemen waktu yang efektif. Biaya peluang dari setiap keputusan bisnis pada dasarnya bermuara pada membandingkan setiap kemungkinan konsekuensi moneter dan tidak berwujud untuk dua opsi atau lebih. Pilihan dengan hasil kombinasi terbaik paling sering lebih baik daripada alternatif terbaik berikutnya. Misalnya, dalam keputusan pembelian aset modal yang melibatkan dua opsi di mana harga pembelian salah satunya adalah 50 jt dan yang lainnya adalah 75 jt, layanan pelanggan yang lebih baik dan efisiensi yang lebih besar pada kenyataannya dapat membuat opsi yang lebih mahal menjadi kesepakatan jangka panjang yang lebih baik.

Strategi Balanced Scorecard
Meskipun sebagian besar keputusan berbasis biaya bisnis melibatkan pembelian, penetapan harga, dan manajemen inventaris, penting juga bagi setiap pemilik bisnis kecil untuk mempertimbangkan biaya yang terlibat dalam bisnis tersebut. Pendekatan balanced scorecard adalah strategi yang dapat digunakan pemilik bisnis untuk memastikan tujuan, sasaran, dan aktivitas yang dilakukan dalam setiap departemen selaras dengan sasaran strategis bisnis dan menambah nilai pada bisnis. Strategi ini akan mengukur empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pengembangan karyawan. Masing-masing bekerja untuk mengidentifikasi area di mana keputusan bisnis membantu departemen mengontrol biaya sementara pada saat yang sama meningkatkan efisiensi dan profitabilitas. Proses tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu bisnis meningkatkan pangsa pasarnya.

Secara keseluruhan, tujuan Anda harus menumbuhkan budaya tanggung jawab fiskal di setiap tingkat perusahaan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat beralih dari pengambilan keputusan reaktif ke strategi proaktif. Melakukan ini juga akan memberi Anda kendali yang lebih baik atas bisnis Anda dan membantu Anda mengembangkan pola pikir yang menguntungkan untuk pertumbuhan bisnis.

PERAN ACCOUNTING UNTUK BISNIS SKALA KECIL

Peran akuntan manajemen telah diubah dari pengolah angka menjadi seseorang dengan wawasan berdasarkan datanya yang akan membentuk keputusan bisnis. Akuntansi manajemen dulu tentang menyampaikan tabel data dan meringkas apa yang mereka katakan tentang kinerja historis organisasi. Secara tradisional, ini adalah peran yang terisolasi, dan akuntan manajemen sering menghabiskan lebih banyak waktu dengan spreadsheet daripada berinteraksi dengan rekan kerja.

Pembukuan diperlukan dalam bisnis apa pun, tak terkecuali untuk bisnis kecil. Mengikuti prinsip akuntansi dasar sangat penting untuk sukses dalam bisnis ukuran apa pun. pencatatan yang cerdas dan analisis keuangan adalah kunci untuk tidak hanya memantau pengeluaran Anda, tetapi juga untuk menemukan jalan baru pertumbuhan. Selain itu, ini memastikan Anda tetap bertanggung jawab atas kewajiban pajak kepada pemerintah dan karyawan Anda.

Saat Anda mempertimbangkan strategi akuntansi Anda, tinjau tujuan keuangan perusahaan Anda. Apakah Anda seorang pengusaha tunggal atau Anda mempekerjakan staf, kelangsungan hidup Anda bergantung pada tujuan keuangan yang dinyatakan dengan jelas. Anda mungkin berbisnis untuk meraup keuntungan sebanyak yang Anda bisa, atau Anda mungkin tertarik untuk berbagi produk atau layanan yang Anda yakini. Bagaimanapun, para ahli setuju bahwa salah satu alasan paling umum kegagalan bisnis kecil adalah karena arus kas berjalan kering. Untuk mencegah bencana ini, bisnis Anda harus menerapkan kebijakan untuk pencatatan yang efisien dan strategi keuangan yang sehat.

Akuntansi memerlukan lebih dari sekadar mengelola kredit dan debit, dan ini lebih sering berperan dalam keputusan bisnis sehari-hari daripada yang mungkin Anda sadari. Beberapa contoh termasuk:

  • Pantau piutang Anda dengan cermat untuk menggambarkan tren atau perilaku di basis pelanggan Anda. Ini juga dapat mengurangi biaya yang Anda keluarkan dengan mengejar pembayar terlambat.
  • Menetapkan anggaran terperinci untuk membantu menemukan ketidakefisienan dalam operasi Anda.
  • Perubahan mendadak dalam biaya vendor atau pendapatan penjualan dapat mengingatkan Anda akan perubahan industri yang penting.
  • Memahami posisi keuangan Anda untuk menemukan area bermasalah yang dapat mengganggu pinjaman yang dialokasikan untuk ekspansi.

Hubungi kami untuk mendiskusikan bagaimana pendekatan inovatif dalam accounting yang dapat membawa bisnis Anda ke level selanjutnya. Hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

PANDUAN CARA MEMBACA LAPORAN PERUSAHAAN DENGAN BAIK

Laporan keuangan adalah kartu laporan bisnis yang sangat penting. Apakah Anda seorang investor baru, pemilik usaha kecil, eksekutif, atau sekedar ingin melacak keuangan pribadi Anda, Anda perlu memahami cara membaca, menganalisis, dan membuat laporan keuangan sehingga Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lengkap dan akurat tentang keuangan Anda. Laporan keuangan akan memberi tahu Anda berapa banyak uang yang disimpan oleh operasi, berapa banyak hutang yang harus dibayar, pendapatan yang masuk setiap bulan, dan biaya yang dikeluarkan.
Dalam artikel kali ini, kami akan menunjukkan cara memilah-milah semua formulir dan entri berbeda untuk menemukan informasi keuangan yang Anda cari. Setiap bagian memberikan pengantar singkat tentang bentuk atau konsep. Mari simak penjelasan berikut ini.

1. NERACA
Neraca adalah laporan keuangan yang membandingkan aset dan kewajiban perusahaan untuk menemukan ekuitas pemegang saham pada waktu tertentu. Neraca mengikuti rumus berikut:

Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham

Di sini, jangan bingung dengan istilah ‘ekuitas pemegang saham’. Itu hanyalah nama lain untuk ‘kekayaan bersih’ perusahaan. Dengan kata lain, rumus di atas dapat juga ditulis sebagai:

Ekuitas Pemegang Saham = Aset – Kewajiban

Catatan : Anda dapat dengan mudah memahami ini dengan contoh dari kehidupan sehari-hari. Jika Anda memiliki komputer, mobil, rumah, dll, maka itu dapat dianggap sebagai aset Anda. Sekarang pinjaman pribadi Anda, iuran kartu kredit, dll adalah kewajiban Anda. Ketika Anda mengurangi kewajiban Anda dari aset Anda, Anda akan mendapatkan kekayaan bersih Anda. Konsep yang sama berlaku untuk perusahaan. Namun, di sini kami mendefinisikan kekayaan bersih sebagai ekuitas pemegang saham.

Mengapa Neraca Penting?
Neraca membantu investor untuk menilai bagaimana perusahaan mengelola keuangannya. Tiga segmen neraca – Aset, kewajiban, dan ekuitas, memberi investor gambaran tentang apa yang dimiliki dan berhutang perusahaan, serta jumlah yang diinvestasikan oleh pemegang saham.

Elemen Kunci Dari Neraca
Aset dan kewajiban adalah dua elemen kunci dari neraca. Namun, baik aset dan liabilitas terdiri dari elemen yang berbeda. Mari kita tentukan keduanya untuk memahaminya secara detail:

1) Aset: Ini adalah nilai ekonomi yang dikendalikan perusahaan dengan harapan akan memberikan manfaat di masa depan. Aset dapat berupa uang tunai, tanah, properti, persediaan, dll. Selanjutnya, aset secara luas dapat dikategorikan menjadi:

  • Aset lancar (jangka pendek): Ini adalah aset yang dapat dengan cepat dilikuidasi menjadi uang tunai (dalam 12 bulan). Misalnya kas dan setara kas, persediaan, piutang, dll.
  • Aset Tidak Lancar (Tetap): Aset yang membutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk diubah menjadi uang tunai. Misalnya- Tanah, properti, peralatan, investasi jangka panjang, aset tak berwujud (seperti paten, hak cipta, merek dagang), dll.

2) Kewajiban: Ini adalah kewajiban yang harus dibayar perusahaan di masa depan karena tindakan masa lalu seperti meminjam uang dalam bentuk pinjaman untuk keperluan ekspansi bisnis dll. Seperti aset, secara garis besar dapat dibagi menjadi dua segmen:

  • Kewajiban lancar: Ini adalah kewajiban yang harus dibayar dalam waktu 12 bulan. Misalnya gaji, hutang, pajak, hutang jangka pendek, dll.
  • Kewajiban tidak lancar (jangka panjang )- Ada kewajiban yang harus dibayar setelah 12 bulan. Misalnya pinjaman jangka panjang seperti pinjaman berjangka, surat hutang, kewajiban pajak tangguhan, kewajiban hipotek (hutang setelah 1 tahun), pembayaran sewa, hutang dagang, dll.

2. LAPORAN LABA RUGI
Ini juga disebut laporan Untung dan rugi. Laporan laba rugi merangkum pendapatan, biaya, dan pengeluaran yang terjadi selama periode waktu tertentu (biasanya kuartal atau tahun fiskal). Persamaan dasar yang mendasari laporan untung & rugi adalah:

Pendapatan – Beban = Keuntungan

Dengan kata sederhana, apa yang ‘diambil’ oleh perusahaan disebut pendapatan dan apa yang ‘diambil’ oleh perusahaan disebut biaya. Selisih pendapatan dan beban merupakan laba atau rugi bersih. Sebagian besar investor memeriksa laporan laba rugi perusahaan untuk menemukan penghasilannya. Selain itu, mereka mencari pertumbuhan pendapatan mereka. Lebih baik berinvestasi di perusahaan yang menghasilkan laba. Perusahaan tidak dapat tumbuh jika bisnis yang mendasarinya tidak menghasilkan uang.

3. LAPORAN ARUS KAS
Ini adalah bagian penting ketiga dari keuangan perusahaan. Laporan arus kas (juga dikenal sebagai laporan arus kas) menunjukkan arus kas dan setara kas selama periode laporan dan menguraikan analisisnya menjadi aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Ini membantu dalam menilai likuiditas dan solvabilitas perusahaan dan untuk memeriksa pengelolaan kas yang efisien.

Tiga Komponen Utama Dari Laporan Arus Kas

  • Kas dari aktivitas operasi: Ini termasuk semua arus masuk dan arus kas keluar yang dihasilkan oleh aktivitas yang menghasilkan pendapatan dari suatu perusahaan seperti penjualan & pembelian bahan mentah, barang, biaya tenaga kerja, inventaris bangunan, periklanan, dan pengiriman produk, dll.
  • Kas dari aktivitas investasi: Aktivitas ini mencakup semua arus masuk dan arus kas keluar yang melibatkan investasi yang dilakukan perusahaan dalam periode waktu tertentu seperti pembelian pabrik baru, properti, peralatan, perbaikan belanja modal, kas yang terlibat dalam pembelian bisnis atau investasi lain.
  • Kas dari aktivitas keuangan: Aktivitas ini termasuk arus kas masuk dari investor seperti bank dan pemegang saham dengan mendapatkan pinjaman, menawarkan saham baru, dll, serta arus kas keluar kepada pemegang saham sebagai dividen saat perusahaan menghasilkan pendapatan. Mereka mencerminkan perubahan modal & pinjaman bisnis.

Dengan kata sederhana, bisa ada arus masuk atau arus kas keluar dari ketiga aktivitas yaitu operasi, investasi, dan keuangan perusahaan. Jumlah total arus kas dari semua aktivitas ini dapat memberi tahu Anda berapa total arus kas masuk / keluar perusahaan dalam periode waktu tertentu. Penting untuk membaca dan memahami ketiga laporan keuangan perusahaan karena menunjukkan kesehatan perusahaan dari berbagai aspek.

  • Neraca menunjukkan aset dan kewajiban perusahaan.
  • Laporan laba rugi menunjukkan berapa banyak keuntungan / kerugian yang dihasilkan perusahaan dari pendapatan dan pengeluarannya.
  • Laporan arus kas menunjukkan arus masuk dan arus keluar kas dari perusahaan.

Saat berinvestasi di sebuah perusahaan, Anda harus memberi perhatian khusus pada semua aspek keuangan perusahaan ini. Sebagai aturan praktis, berinvestasilah di perusahaan dengan pertumbuhan pendapatan tinggi, aset besar dibandingkan kewajibannya, dan arus kas tinggi.

Demikian cara membaca laporan keuangan suatu perusahaan. Meski belum cukup, namun postingan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dasar kepada para pemula tentang laporan keuangan suatu perusahaan.

Jika Anda ingin mempelajari secara rinci tentang laporan keuangan perusahaan dan bagaimana mempelajari laporan secara efektif, silakan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp