BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA EFEKTIF MENGELOLA KEUANGAN UNTUK MEMBANGUN BISNIS BESAR

 

Langkah terpenting bagi setiap pemilik bisnis adalah mendidik diri mereka sendiri. Dengan memahami keterampilan dasar yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kecil – seperti melakukan tugas akuntansi sederhana, mengajukan pinjaman atau menyusun laporan keuangan – pemilik bisnis dapat menciptakan masa depan keuangan yang stabil dan menghindari kegagalan. Selain pendidikan, tetap teratur adalah komponen utama dari pengelolaan uang yang baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai pemilik usaha kecil agar selalu mengetahui kondisi keuangan Anda.

1. Berinvestasi dalam pertumbuhan.
Bisnis kecil yang ingin terus tumbuh, berinovasi, dan menarik karyawan terbaik harus menunjukkan bahwa mereka bersedia berinvestasi di masa depan. Karyawan akan menghargai bahwa Anda berinvestasi di perusahaan dan dalam karier mereka. Dan pada akhirnya Anda akan menciptakan lebih banyak nilai untuk bisnis Anda daripada jika Anda hanya menghabiskan semua keuntungan Anda untuk urusan pribadi.

2. Miliki strategi penagihan yang baik.
Setiap pemilik bisnis memiliki klien yang secara konsisten terlambat membayar tagihan dan pembayarannya. Mengelola keuangan bisnis kecil juga berarti mengelola arus kas untuk memastikan bisnis Anda beroperasi pada tingkat yang sehat setiap hari. Jika Anda kesulitan menagih dari pelanggan atau klien tertentu, mungkin inilah saatnya untuk berkreasi dengan cara Anda menagih mereka. Jika Anda memiliki pelanggan yang membayar terlambat kronis, yang kita semua lakukan, alih-alih mendesak mereka dengan faktur berulang dan panggilan telepon, cobalah pendekatan yang berbeda.

3. Pantau pembukuan Anda.
Lakukan yang terbaik untuk menyisihkan waktu setiap hari atau bulan untuk meninjau dan memantau buku Anda, bahkan jika Anda bekerja dengan seorang pemegang buku. Ini akan memungkinkan Anda menjadi lebih akrab dengan keuangan bisnis Anda.

4. Tetapkan kebiasaan keuangan yang baik.
Menetapkan protokol keuangan internal, meskipun sesederhana mendedikasikan waktu yang ditetapkan untuk meninjau dan memperbarui informasi keuangan, dapat sangat membantu dalam melindungi kesehatan keuangan bisnis Anda. Menjaga keuangan Anda dapat membantu Anda mengurangi penipuan atau risiko.

5. Rencanakan ke depan.
Akan selalu ada masalah bisnis yang perlu ditangani hari ini, tetapi ketika menyangkut keuangan Anda, Anda perlu merencanakan masa depan. Jika Anda tidak melihat lima hingga 10 tahun ke depan, Anda berada di belakang persaingan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp