BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA MEMBUAT CUSTOMER JOURNEY UNTUK BISNIS ANDA

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin pernah mendengar istilah Customer Journey. Akan tetapi, menciptakan hal itu bukanlah hal yang mudah, bahkan Anda akan memerlukan waktu lebih lama. Seperti proses yang sulit yang mungkin membuat Anda harus menyerahkan ini pada para ahli dibidangnya.
Dalam artikel kali ini kami akan berbagi beberapa alasan pemasar cerdas tentang bagaimana membangun strategi di sekitar perjalanan pembeli dan kemudian menunjukkan kepada Anda bagaimana kami membantu pengusaha menciptakan perjalanan pelanggan yang sederhana dan tetap efektif.
Perjalanan pelanggan jauh lebih mungkin untuk mengubah pengikut menjadi pembeli daripada pemasaran secara acak dan tanpa suara. Ini jauh lebih mungkin untuk mendatangkan penjualan karena didasarkan pada perilaku konsumen dan pengambilan keputusan. Pemasaran yang tidak terhubung lintas platform dan cara pembeli berpikir dan bertindak mungkin tidak berfungsi sebaik yang Anda kira.
Perjalanan pelanggan memastikan setiap metode pemasaran yang Anda pilih akan bekerja sebaik mungkin. Pemasaran digital tidak bekerja sepotong demi sepotong. Saat ini banyak platform pemasaran umum yang digunakan orang terhubung dan saling memberi manfaat. Ini membantu satu platform untuk platform lain untuk digunakan dengan cara terbaik. Berikut beberapa langkah yang mempermudah Anda dalam menyusun Customer Juorney Anda.

1. Berjalan Melalui Pengalaman Pelanggan
Langkah paling mendasar dalam pemetaan perjalanan pelanggan adalah mengidentifikasi titik sentuh di mana pelanggan Anda berinteraksi dengan organisasi Anda. Carilah titik sentuh utama dan sederhana. Dalam proses pembelian mobil, misalnya, titik sentuh utama mungkin mengambil test drive atau duduk di meja tenaga penjualan untuk menegosiasikan kesepakatan akhir. Titik sentuh sederhana mungkin ketika pelanggan berjalan di sekitar tempat parkir sebelum disambut oleh seorang tenaga penjualan atau ketika pelanggan mengirimkan mobil mereka setelah penjualan selesai.

2. Memetakan Banyak Path pada Satu Titik
Seringkali, titik sentuh tertentu memiliki banyak jalur masuk. Apakah pelanggan memasuki proses pembelian melalui situs web atau nomor bebas pulsa? Apakah pencarian organik atau kampanye iklan bergambar Anda membawa pelanggan ke nomor bebas pulsa? Setelah pelanggan menelepon, apakah mereka dialihkan ke bagian dukungan teknis atau penagihan? Sehingga memetakan hal ini akan sangat membantu Anda.

3. Bedakan Antara Onstage dan Offstage
Saat mengevaluasi titik sentuh, penting untuk melihat titik sentuh melalui lensa di atas panggung (apa yang terlihat oleh pelanggan) dan di luar panggung (apa yang terjadi di belakang layar). Misalnya, dalam contoh pembelian mobil, berbicara dengan wiraniaga akan menjadi tindakan yang terjadi di atas panggung. Menjalankan pemeriksaan kredit untuk pembiayaan biasanya akan terjadi di luar panggung. Pastikan Anda memahami bagaimana tindakan di luar panggung, seperti komunikasi internal, berdampak pada pengalaman di atas panggung. Seringkali dalam peta perjalanan, tindakan di luar panggung ditarik secara berbeda atau ditempatkan di bawah “garis visibilitas”. Tidak peduli bagaimana Anda menunjukkannya, akan sangat membantu untuk membedakan tindakan di luar panggung dari yang dihadapi pelanggan, sehingga Anda dapat memisahkan pengalaman aktual pelanggan dari operasi yang mendukungnya.

4. Dapatkan Umpan Balik dari Semua Tingkat Organisasi
Untuk benar-benar memahami apa yang terjadi pada setiap titik sentuh, Anda harus mendapatkan umpan balik dari sebanyak mungkin pemangku kepentingan. Kemudian, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menambahkan lapisan kualitatif ke peta perjalanan. Dengan kata lain, jangan hanya memetakan apa yang terjadi, memetakan bagaimana Anda menjalankan pengiriman layanan Anda. Anda bisa duduk bersama di meja menegosiasikan pembelian mobil. Apakah wiraniaga terlalu memaksa? Apakah prosesnya terlalu lama? Apakah kursinya tidak nyaman? Gunakan data survei atau gali data keluhan Anda untuk mengetahui apa yang terjadi di setiap titik sentuh.

Sementara pemetaan perjalanan pelanggan memang terlihat lebih kompleks danm emang itu benar adanya. Tindakan sederhana untuk memulai dengan pemetaan perjalanan akan memberi Anda wawasan yang luar biasa dan dapat ditindaklanjuti tentang pengalaman pelanggan Anda dengan organisasi Anda. Hanya ingat bahwa perjalanan pelanggan seribu mil dimulai dengan satu langkah.
Demikian bagaimana langkah sederhana dalam membuat customer journey. Jika Anda membutuhkan informasi lebih untuk membuat atau merencanakan teknis customer journey, anda bisa menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp