BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA MENCEGAH KECURANGAN DALAM TRANSAKSI

Pada Kesempatan kali ini Konsultan Manajemen Groedu International Consultant akan berbagi Informasi mengenai CARA MENCEGAH KECURANGAN DALAM TRANSAKSI. Berikut dibawah ini penjelasan singkatnya.

NYALAKAN FILTERING PADA TRANSAKSI KARTU KREDIT
Kebanyakan dari akses masuk pembayaran hanya mengijinkan merchant yang ada di e-commerce untuk mengatur keamanan yang berguna untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kartu kredit dengan cara memblokir transaksi yang dinilai beresiko sangat tinggi. Misalnya resiko yang paling umum yakni dengan mambatasi akses transaksi yang alamat penerimanya tidak sama dengan yang alamat yang terdaftar di dalam data yang dimiliki oleh perusahaan kartu kredit, atau dengan cara melakukan blokir transaksi dari negara tertentu. Cara ini sangat direkomendasikan bagi para bisnis online yang memiliki risiko rendah atau belum pernah memiliki kasus penipuan, penggelapan, atau penyalahgunaan dalam menggunakan kartu kredit sebelumnya.

MELAKUKAN REVIEW SECARA MANUAL
Untuk bisnis online atau e-commerce dengan resiko menengah, risiko yang tidak terlalu berat. Melakukan review transaksi secara manual bisa menjadi solusi yang lebih ketat dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan hanya mengandalkan fitur penyaring transaksi saja, meski terbukti membutuhkan lebih banyak waktu. Penelaah pasti akan mencari cara untuk menelusuri transaksi yang masuk kedalam kategori tertentu. Sebagai contoh, terdapat transaksi yang memiliki nilai dengan batas bawah besar, atau transaksi yang memiliki alamat billing dengan alamat kirim barangnya berbeda. Dengan demikian hal-hal yang perlu untuk dicek biasanya menggunakan alat pencarian seperti Google guna memastikan bahwa data pengguna kartu kredit tersebut, atau untuk memeriksa apakah alamat pengirim barang benar-benar valid atau palsu.

MENCEGAH PENIPUAN DENGAN SUMBER DAYA PIHAK KETIGA
Untuk penipuan yang resikonya cukup besar, pernah terkendala kasus, atau untuk usaha kecil yang ingin membuat sumber dayanya agar dapat digunakan pada hal-hal yang lebih tepat misalnya seperti penjualan dan sebagainya, atau bisa menggunakan peran pihak ke tiga untuk membangun akses transaksi yang bisa lebih profesional. Banyak teknologi yang dipergunakan oleh perusahaan yang berfungsi untuk mencegah penipuan kartu kredit dan ini tentunya akan terus berkembang sesuai dengan kesempatan-kesempatan yang ada saat ini, sehingga pada akhirnya keamanan dan perlindungan sumber daya pembaca akan lebih efektif dan juga akan jauh lebih baik.

BERHATI-HATI TERHADAP SETIAP EMAIL YANG MASUK
Pelaku penipuan pertama-tama akan mengincar informasi dan data-data dari dan bersumber pada kartu kredit Anda. Secara umum mereka akan menggunakan email sebagai sarana untuk menjalankan niat buruknya. Oleh sebab itu, jika pembaca sekalian menerima sebuah email pada inbox Anda dan isi dari email tersebut menunjukan permintaan data-data rekening atau kartu kredit, maka Anda sebaiknya mengabaikan sebab yang terjadi adalah kemungkinan besar hal tersebut merupakan usaha si penipu.
Jika pembaca sekalian ada yang menggunakan Gmail, secara umum jika terdapat email yang mencurigakan dan banyak hal yang ditandai oleh sistem bahwa terdapat gerak-gerik yang mencurigakan maka dapat disimpulkan bahwa isi email tersebut terindikasi hal-hal yang merusak. Sehingga anda baiknya berhati-hati lebih awal, sebab ada indikasi hal tersebut merupakan modus penipuan, spam sedang masuk ke inbox mail anda. Jika Anda mengalami hal seperti ini sebaiknya dipelajari dan agar tetap saling berbagi dengan netizen lainnya hal ini dimungkinkan agar pembaca sekalian tidak mudah tertipu dengan modus yang sama, modus yang pernah menjerat korban sebelumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai “CARA MENCEGAH KECURANGAN DALAM TRANSAKSI”. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan dan butuh Accounting Software, pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp