BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA MENENTUKAN STRUKTUR GAJI KARYAWAN

Organisasi mengembangkan dan menerapkan struktur gaji untuk menyediakan kerangka kerja dalam mengelola program kompensasi karyawan mereka. Administrasi program kompensasi yang efektif akan mensyaratkan keseimbangan antara tingkat upah untuk karyawan di dalam perusahaan dan tingkat gaji yang diberikan pada karyawan di pasar perekrutan perusahaan.
Sebagian besar perusahaan menentukan tingkat upah karyawannya dengan mengevaluasi tingkat upah pasar untuk sebagian besar pekerjaan mereka. Tingkat upah pasar untuk semua pekerjaan dapat diatur dari tertinggi ke terendah untuk menilai nilai relatif setiap pekerjaan. Hirarki nilai pekerjaan membentuk dasar untuk mengelompokkan pekerjaan dengan nilai yang sama dan menetapkan klasifikasi yang menyusun struktur gaji perusahaan. Memiliki struktur gaji yang solid akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola pengeluaran gaji Anda. Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat struktur gaji, berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda.

Dengarkan Podcast : Mengehemat biaya Karyawan ritel

Tetapkan Nilai Untuk Setiap Posisi Di Perusahaan Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu nilai dari setiap posisi dalam organisasi Anda. Lihatlah harga pasar dan ketahui berapa yang dibayar perusahaan lain untuk pekerjaan serupa. Ada berbagai sumber survei gaji yang tersedia secara komersial yang menyediakan informasi gaji untuk berbagai posisi dan industri yang berbeda. Setelah Anda mengidentifikasi benchmark job yang “cocok” (mis., Memiliki tugas dan tanggung jawab yang serupa) dengan posisi di organisasi Anda. Anda dapat mengekstraksi data harga pasar dan menganalisanya berdasarkan perbandingan sederhana.

Pertimbangkan Postur Kompetitif Perusahaan Anda
Postur kompetitif perusahaan adalah tingkat gaji keseluruhannya dibandingkan dengan rata-rata pasar di seluruh benchmark job. Apakah tarif gaji untuk karyawan Anda saat ini di atas, di bawah atau sebanding dengan tarif pesaing Anda? Anda harus memutuskan postur kompetitif apa yang menjadi kepentingan terbaik perusahaan Anda.

Tentukan Segala Sesuatu Yang Dapat Dikompensasi Untuk Perusahaan Anda
Segala sesuatu yang dapat dikompensasi mengacu pada seberapa banyak atau lebih sedikit kenaikan tingkat gaji di perusahaan Anda secara keseluruhan, dibandingkan dengan kenaikan tingkat pasar untuk posisi yang dibayar lebih tinggi dalam hierarki organisasi. Penting untuk menentukan capaian yang diinginkan dan dapat diganti rugi untuk perusahaan Anda. Ini akan memungkinkan Anda mencapai keseimbangan antara memberikan kenaikan gaji yang menarik bagi karyawan untuk peluang promosi dan mempertahankan praktik gaji yang terjangkau.

Kembangkan Struktur Gaji Untuk Organisasi Anda
Dengan menggunakan informasi yang Anda peroleh dari melakukan analisis pasar tentang tingkat gaji, kini Anda dapat mengembangkan struktur gaji untuk perusahaan Anda. Anda juga harus memutuskan apakah Anda ingin menawarkan kisaran gaji tertentu dengan tingkat minimum dan maksimum untuk setiap posisi, atau jika Anda ingin membuat nilai gaji di mana beberapa posisi dengan tingkat pasar yang sama dikelompokkan bersama dalam rentang yang sama.

Gaji menjadi salah satu faktor yang dapat memotivasi karyawan agar mampu menunjukkan produktifitas lebih di perusahaan, sehingga penting bagi anda agar tidak mengenyampingkan hal ini.
Demikian informasi terkait bagaimana menentukan struktur gaji di perusahaan. Dan jika anda membutuhkan informasi lebih jelas terkait artikel ini. Atau membutuhkan JASA REKRUT KARYAWAN. Silahkan anda hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp