BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA MENGETAHUI SOFTWARE POINT OF SALE TERBAIK

Salah satu keputusan terpenting bagi perusahaan ritel Anda adalah memilih Point of Sale (POS) terbaik. Keputusan ini akan menentukan bagaimana arus informasi bisnis Anda dan bagaimana penjualan Anda berkembang.
Terlepas dari apakah Anda memiliki sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang baik, sistem POS sangat penting untuk mengelola perusahaan ritel karena membantu Anda mengotomatiskan pemrosesan pembayaran, serta melacak penjualan dan data yang relevan untuk mengoperasikan toko ritel, seperti ketersediaan produk atau barang Anda di toko dan gudang, profil pelanggan Anda, di antara banyak fitur manajemen lainnya.
Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih software POS terbaik yang sesuai dengan bisnis ritel Anda.

Apa itu Sistem Point of Sale (POS)?
Point of sale adalah software komputer yang membantu perusahaan ritel menjalankan operasi bisnis mereka. Berbicara tentang perangkat keras POS, dapat digunakan di desktop, laptop, atau bahkan perangkat seluler seperti tablet Android atau iPad POS, dan dapat mencakup fitur manajemen seperti sistem pemesanan, register kas, kontrol inventaris, pemrosesan pembayaran, pemindai kode batang, dan layar point of sale tempat transaksi diselesaikan di depan pelanggan.
Ada banyak jenis software POS yang tersedia di pasaran saat ini, namun penting untuk mengetahui cara memilih yang terbaik, sehingga dapat memenuhi persyaratan terkini yang dicari pelanggan dan mudah digunakan, serta sistem yang kuat untuk bisnis Anda untuk memberdayakan penjual Anda.

Baca juga artikel terkait: SOFTWARE UNTUK SALES FORCE HYBRID DI MASA PENDEMI

Bagaimana cara mengetahui apakah software Point of Sale itu bagus?

  • Sederhana dan tidak rumit. Software harus mudah dipelajari dan digunakan, terutama bagi karyawan baru.
  • Menawarkan Pelacakan Data. Industri ritel harus dapat melacak penjualan, data umum, dan metrik penting lainnya.
  • Menawarkan keamanan yang kuat. Software POS harus menyertakan fitur yang melindungi dari penipuan dan pencurian.
  • Dapat disesuaikan. Vendor harus menawarkan berbagai pilihan penyesuaian, memungkinkan manajer ritel untuk membuat sistem yang terasa unik bagi mereka.
  • Memiliki antarmuka yang ramah. Solusi POS yang baik memungkinkan karyawan untuk menggunakannya secara intuitif, tanpa perlu pelatihan terus-menerus.
  • Membantu pemilik bisnis untuk membuat keputusan secara realtime. Sistem POS berbasis cloud akan memungkinkan pembaruan langsung, sinkronisasi, dan laporan waktu nyata, sehingga keputusan yang Anda buat didasarkan pada informasi yang benar pada waktu yang tepat.

Baca juga artikel terkait: MASA DEPAN SISTEM POS YANG SANGAT DIINGINKAN

Manajemen penjualan, manajemen inventaris tingkat lanjut, dan kemampuan untuk menghubungkan inventaris dengan penjualan juga penting. Tanpa catatan akurat tentang apa yang ada dalam stok dan apa yang telah dijual, menjadi tidak mungkin untuk mengelola keuangan Anda atau melacak aktivitas pelanggan Anda.
Sistem POS ritel yang baik juga memungkinkan Anda melacak penjualan dan tingkat inventaris setiap hari, mingguan, atau bulanan, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang peluncuran dan harga produk di masa mendatang.
Selain itu, sistem Point of Sale yang komprehensif menyediakan kemampuan pelacakan untuk pelanggan Anda. Misalnya, dapat mengetahui siapa yang membeli apa dan kapan, atau produk mana yang laris dari rak dan mana yang tidak.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen ritel atau membutuhkan software POS untuk otomatisasi bisnis ritel Anda? Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp