BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA MENINGKATKAN ARUS KAS PERUSAHAAN

Bisnis adalah permainan pendapatan, laba, dan pengeluaran. Jika metrik tersebut tidak seimbang, mempertahankan bisnis akan terbukti sulit. Bahkan jika proyeksi anda menunjukkan peningkatan laba yang cepat dalam empat bulan ke depan, anda mungkin tidak cukup lama untuk menyaksikannya. Tantangannya adalah anda harus menghasilkan cukup uang agar tetap terbuka selama waktu itu, tidak peduli seberapa cerah peluang masa depan yang anda ramalkan untuk perusahaan anda. Di sinilah arus kas masuk. Ini perlu dioptimalkan, yang tidak hanya berarti meningkatkan pendapatan anda. Memotong biaya, mempercepat pembuatan faktur, dan mendapatkan bunga di berbagai akun anda adalah faktor yang akan memainkan peran terbesar dalam menjaga bisnis anda tetap bertahan. Dan artikel kali ini akan membahas beberapa cara untuk meningkatkan arus kas bisnis anda.

Menetapkan Akurasi Forecast
Langkah pertama adalah memahami dengan baik posisi arus kas anda saat ini dan ke mana arah alirannya di masa depan. Cukup sering usaha kecil dan menengah tidak siap untuk semua biaya yang terkait dengan pertumbuhan yang cepat. Lebih banyak penjualan dapat berarti lebih banyak karyawan dan inventaris yang lebih besar. Uang itu keluar di muka. Tetapi kapan akan kembali? Terlalu banyak perusahaan yang dibutakan oleh pergerakan yang tidak menguntungkan dalam arus kas yang dapat diprediksi jika mereka benar-benar duduk dan memikirkannya.
Sehingga peran forecast akan sangat berguna dalam hal ini. Forecast atau perkiraan 12 bulan yang bergulir adalah praktik terbaik bagi sebagian besar perusahaan. Jika anda mulai memetakan hal-hal dari minggu ke minggu, anda akan melihat di mana harus mengharapkan lonjakan biaya menjelang musim penjualan besar anda dan di mana beberapa pembayaran mungkin jatuh tempo sekaligus.

Terapkan Disiplin Pembayaran
Untuk mempersingkat periode piutang anda, anda harus memiliki sistem penagihan yang baik. Perlu diingat bahwa ini bukan hanya cara untuk meningkatkan seberapa cepat anda dibayar, tetapi juga layanan pelanggan anda. Jika anda membeli sesuatu dan ada yang salah dengan faktur, dan butuh waktu lama untuk menyelesaikannya, itu membuat anda memiliki sedikit kecemasan dan membuat mereka tampak lebih sulit untuk dikerjakan.
Menegakkan disiplin pembayaran juga harus menjadi bagian dari operasi hutang anda. Jika Departemen AP (Account Payable) anda ceroboh seperti kehilangan diskon dan membayar dengan terlambat, bisa saja ini akan melukai anda saat berikutnya suatu kontrak muncul untuk perpanjangan. Dengan membayar tepat waktu, anda dapat membangun hubungan dan bernegosiasi untuk diskon di masa depan atau ketentuan pembayaran yang lebih cocok untuk siklus bisnis anda.

Jadikan Sebagai Prioritas Seluruh Perusahaan
Jika meningkatkan arus kas adalah prioritas, pastikan semua karyawan anda memahami hal itu. Ingatlah bahwa karyawan anda akan termotivasi oleh target yang anda tetapkan untuk mereka. Jelas, pengumpul harus memiliki target penagihan. Tetapi bahkan staf penjualan anda harus ikut. Jika seorang tenaga penjualan hanya memiliki tujuan pendapatan, ia akan bekerja untuk mencapainya, terlepas dari apakah faktur dibayar tepat waktu atau secara penuh. Pastikan tim manajemen mendukung tujuan modal kerja.

Tingkatkan Pemasaran Anda
Setiap perbaikan yang anda lakukan untuk bisnis anda pada akhirnya akan menghasilkan arus kas yang lebih baik. Pemasaran, khususnya, adalah faktor kunci. Alasannya adalah bahwa meningkatkan pemasaran mengurangi biaya per lead anda, meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan anda dan membuka pasar yang belum dimanfaatkan.
Apakah anda mengalami kesulitan menumbuhkan kepercayaan dan mendapatkan kredibilitas dengan pelanggan anda? Mungkin sudah saatnya menerapkan inisiatif pemasaran konten yang mendidik calon pelanggan anda, meningkatkan konversi anda, dan meningkatkan citra perusahaan anda, terutama online. Apakah anda tertarik untuk meningkatkan penjualan tetapi tidak tahu produk apa yang harus dibuat? Survei pelanggan anda, atau minta konsultan pihak ketiga melakukan wawancara pelanggan untuk menentukan seperti apa penawaran anda selanjutnya.

Dan sudah dapat disadari bahwa Arus Kas memiliki peran penting dalam keberlangsungan perusahaan. Jika anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas atau ingin berkonsultasi bagaimana cara membuat laporan Arus Kas yang baik. Silahkan hubungi kami melalui email grodeu@gmail.com atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp