BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMASARAN BISNIS

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata pemasaran? Barangkali banyak yang berpikir pemasaran adalah cara atau strategi yang dilakukan untuk mencapai target yang sudah di tentukan perusahaan atau lebih. Namun, apakah kamu pernah bertanya bagaimana strategi pemasaran tersebut bisa dibentuk?
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan sebelum melaksanakan strategi pemasaran yaitu dengan membuat perencanaan atau marketing plan. Di dalam perencanaan pemasaran tidak hanya berisi rincian target, kegiatan dan anggaran untuk pemasaran saja. Tetapi ada banyak sekali tujuan lain yang bermanfaat bagi meningkatkan efektivitas pemasaran usaha agar bisa mencapai target.
Penasaran? Yuk kita simak artikel ini hingga akhir, ya!

Pengertian Perencanaan Pemasaran
Perencanaan pemasaran atau marketing plan adalah sebuah perencanaan tertulis yang didalamnya berisi beberapa unsur penting dalam dunia pemasaran yang meliputi analisis, target, kegiatan dan anggaran pemasaran. Perencanaan pemasaran menjelaskan isi secara terperinci komponen-komponen tersebut agar mudah dipahami oleh kedua pihak internal dan eksternal usaha. Perencanaan pemasaran akan menjawab pertanyaan apa, bagaimana, kapan, mengapa strategi pemasaran sebuah usaha.
Jika kamu sedang merencanakan usaha baru atau strategi pemasaran baru, maka perencanaan pemasaran berdiri sebagai fondasi yang akan mengokohkan tujuan pemasaran. Di sisi lain, perencanaan pemasaran bisa kamu gunakan sebagai tanda pengenal usaha kepada pihak lain. Bentuknya yang singkat, padat dan sederhana akan memudahkan para investor untuk memahami pemasaran yang kamu jalankan.

Baca juga Artikel terkait : PERSAINGAN ANTAR SESAMA DISTRIBUTOR AKAN DIMENANGKAN OLEH PEMILIK STRATEGI MARKETING TERBAIK

Tujuan perencanaan pemasaran:

  • Meluruskan tujuan pemasaran dengan visi dan misi usaha.
  • Mengidentifikasi target pemasaran yang sesuai dengan nilai usaha.
  • Menetapkan anggaran pemasaran yang efektif dan tepat sasaran.
  • Menjelaskan pembagian tugas dan tanggung jawab kegiatan pemasaran kepada pemilik, karyawan, dan pihak-pihak yangmemiliki kepentingan.
  • Sebagai tambahan, Perencanaan Pemasaran juga berfungsi sebagai alat untuk menjelaskan gambaran besar kegiatan penjualan dan branding usahamu. Strategi yang berisi taktik secara tidak langsung akan menggambarkan nilai yang akan dibawa usahamu kepada khalayak umum secara keseluruhan.

Dengan hal ini, kamu bisa mengevaluasi apakah usahamu sudah membentuk image yang dapat kamu gunakan untuk membedakkan usahamu dengan perusahaan lain. Ingat, jaman sekarang jika usahamukurang kreativ dan tidak unik, maka sulit untuk berkembang dan dikenal oleh khalayak luas. Kamu juga akan kesulitan bersaing dengan usaha lain yang sudah memiliki nama besar. Jadi, Perencanaan Pemasaran bisa menyediakan sebuah sketsa awal pemasaran yang bisa terus kamu tingkatkan setiap saat.

Baca juga Artikel terkait : MEMBUAT STRATEGI PEMASARAN YANG BERPUSAT PADA PELANGGAN

Cara Membuat Perencanaan Pemasaran
Jika diibaratkan sebuah lukisan. Perencanaan pemasaran adalah sketsa awal dari fondasi pelaksanaan seluruh kegiatan pemasaran. Seperti selayaknya sketsa untuk membuat garis awal diperlukan titik penghubung antar garis. Titik tersebut yaitu komponen yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah rencana pemasaran yang penting untuk menentukan strategi dan kegiatan pemasaran.
Di bawah ini terdapat cara membuat Perencanaan Pemasaran yang mudah kamu ikuti. Langkah-langkah langkah menyusun komponen tersebut disusun secara urut supaya pola analisis Perencanaan Pemasaran usahamu bisa dilakukan secara urut. Simak dengan teliti satu persatu, ya.

1. Membuat Ringkasan Eksekutif Pemasaran
Langkah pertama yang kamu dapat lakukan adalah membuat Perencanaan Pemasaran yaitu membuat ringkasan pendek eksekutif pemasaran. Layaknya membuat cerita dalam pembuatan eksekutif pemasaran diperlukan sebuah prolog, ringkasan eksekutif harus singkat, padat, jelas dan disertai kalimat yang mengajak orang lain membaca hingga akhir.

2. Menentukan Target Pemasaran (Buyer Persona)
Target pemasaran adalah akan menjawab siapa target konsumen produk atau jasa yang kamu jajakan. Point yang kedua ini merupakan salah satu point krusial yang bisa memengaruhi point point selanjutnya. Hal ini karena strategi pemasaran akan mengikuti hasil analisis selera, kebutuhan dan kebiasaan apa saja yang diminati target pemasaran.
Salah satu cara yang umum digunakan pada Perencanaan Pemasaran yaitu dengan membuat buyer persona. Buyer persona merupakan penggambaran perorangan dari target pemasaran. Kamu bisa mengambil contoh calon pembeli dengan menjelaskan usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi tempat tinggal dan ciri khas lain. Buyer persona berfungsi supaya kamu memiliki gambaran mengenai target calon konsumen yang kamu dambakan.

3. Menyusun Konten Strategi Pemasaran
Setelah mengetahui target pemasaran, penyusunan konten strategi pemasaran akan terasa lebih mudah. Konten strategi pemasaran merupakan sketsa dasar dari aktivitas pengenalan produk atau layanan usaha yang disesuaikan dengan para calon konsumen.
Agar tepat sasaran, kamu bisa membagi tiga jenis konten strategi pemasaran sesuai dengan tujuanmu memasarkan produk/jasa. Tiga jenis konten tersebut yaitu recognition, consideration, dan action. Kamu juga perlu konten pemasaran yang menarik pada khalayak luas agar lebih cepat dikenali oleh orang lain.

4. Menganalisis Kompetitor
Dalam hal apapun, kompetitor masih menjadi tempat belajar yang baik bagi perkembangan suatu bidang. Termasuk di bidang strategi pemasaran usaha. Oleh karena itu untuk mengalahkan musuh mu kamu perlu mengerti seperti apa bentuk musuhmu. Kamu bisa menganalisis strategi yang digunakan oleh competitormu seperti iklan. Penggunaan media. dll
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menilai kinerja kompetitor, yaitu menjadi pembeli produk/layanan mereka dan mempelajari kelebihan dan kekurangan produk/layanan dari competitor. Selain itu kamu bisa mempelajari apa saja dan bagaimana competitor bisa memaksimalkan penggunaan marketing tools seperti media sosial, iklan Dll. Kamu juga bisa langsung bertanya kepada konsumen competitor untuk mengetahui pendapat mereka tentang kualitas produk serta pelayanan yang mereka dapatkan.
Analisis kompetitor akan menghasilkan strategi pemasaran yang berdasarkan data secara real time dan juga kelemahan yang dimiliki oleh competitor. Adapun berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat strategi pemasaran efektif dan tepat guna, yakni dengan cara menerapkan riset pemasaran.

5. Membuat KPI (Key Performance Indicator) Strategi Pemasaran
Untuk menghitung tingkat keberhasilan strategi pemasaran, perlu sebuah indikator penilaian yang sering disebut KPI (Key Performance Indicator). Agar efektif, kamu perlu membuat KPI di setiap kegiatan pemasaran dan marketing tools yang kamu gunakan. Berisi matrik penilaian, KPI akan menjadi patokan kinerja pemasaran usahamu agar sesuai dengan tujuan awalnya. Kpi juga bisa kamu gunakan sebagai patokan dalam penghitungan pengeluaran yang kamu gunakan dalam membangun strategi pemasaran yang kamu jalankan.

Akhir Kata
Benjamin Franklin pernah berkata dengan terkenal, “Dengan gagal mempersiapkan, Anda sedang bersiap untuk gagal.” Kutipan ini berlaku untuk begitu banyak aspek kehidupan dan bisnis—dan tentu saja berlaku untuk bidang pemasaran.
Rencana pemasaran yang sukses akan mengatasi tantangan bisnis dan pemasaran terbesar Anda dan memberikan solusi secara 360 derajat. Ini juga akan membuat tim Anda tetap selaras dan fokus pada tujuan yang sama—dan, ini berperan penting dalam membantu Anda menetapkan anggaran. Semoga artikel ini membantu Anda, dan jika dari Anda ada yang membutuhkan profesional untuk membantu merumuskan pemasaran marketing bisnis Anda, kami siap membantu. Hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi WA 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp