BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

FAKTA MANFAAT STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) YANG SERING TERLUPAKAN

Standar operasional prosedur (SOP) adalah petunjuk langkah demi langkah yang bertindak sebagai pedoman untuk proses kerja karyawan. Baik ditulis dalam langkah-langkah bernomor atau diformat sebagai diagram alur, SOP yang efektif harus dibuat dengan jelas, dan berdasarkan masukan dari pekerja yang melakukan pekerjaan. Ketika karyawan mengikuti SOP untuk pekerjaan tertentu, mereka menghasilkan produk yang konsisten dan dapat diprediksi. Penerapan SOP dapat memberikan banyak manfaat, seperti berikut ini.

1. Kesiapan untuk Pertumbuhan Masa Depan
Jika tujuan jangka panjang Anda termasuk memperluas bisnis Anda ke kantor cabang, SOP yang sudah jadi menjadikan proses kerja Anda yang telah terbukti portabel. Karyawan baru di lokasi baru dapat menjunjung tinggi reputasi Anda dengan menggunakan SOP untuk mereplikasi produk dan layanan yang disediakan di tempat bisnis asli Anda.

2. Menyederhanakan Manajemen Kinerja
Manajer dapat menggunakan kerangka kerja SOP untuk mengembangkan rentang target dan membuat penilaian kinerja individu. Karyawan yang bekerja sesuai dengan SOP tahu persis apa yang diharapkan dari mereka, dan mereka merencanakan jadwal kerja mereka untuk memenuhi tujuan mereka dengan efisien.
Ketika semua karyawan mengikuti proses yang sama, mudah untuk mengukurnya dengan standar yang sama. Kinerja dapat dinilai secara adil. Hal ini sangat penting dalam kasus di mana karyawan berkinerja tinggi diberi penghargaan, dan karyawan berkinerja rendah dilatih ulang atau ditempatkan dalam masa percobaan.

3. Kontrol Kualitas dan Konsistensi Produk Anda
Ketika bisnis Anda menghasilkan produk yang Anda banggakan, Anda ingin mempertahankan standar kualitas yang tinggi. Prosedur standar memandu pekerja dan mengurangi kemungkinan langkah yang terlewat atau kesalahan lain yang berdampak pada kualitas produk yang telah selesai. SOP yang diikuti dengan cermat memastikan bahwa produk atau layanan Anda dibuat dengan cara yang sama dari awal hingga akhir. Menyediakan cetak biru untuk lini produksi menciptakan konsistensi dan melindungi integritas produk Anda.

4. Melindungi Anda dari Kehilangan Pengetahuan
Jika rincian proses bisnis Anda disimpan di kepala karyawan dan bukan dalam manual prosedur, kehilangan karyawan bisa menjadi bencana. Dokumentasi proses pekerjaan bertahan dari pengurangan karyawan karena pensiun dan pengunduran diri, dan memungkinkan perusahaan Anda untuk melanjutkan seperti biasa. Sulit untuk mengganti pekerja yang berpengalaman dan terampil, tetapi SOP yang ditulis dengan baik dan komprehensif memastikan bahwa proses bisnis Anda yang berharga tetap bersama bisnis Anda.

5. Menghemat Biaya Pelatihan
Tergantung pada kompleksitas tugas dan pengalaman karyawan, SOP mungkin tidak sepenuhnya menggantikan pelatihan. Prosedur yang terdokumentasi adalah komponen berharga dari toolkit karyawan baru, dan dapat mengurangi waktu pelatihan. Mereka bertindak sebagai panduan referensi dan memungkinkan karyawan baru untuk bekerja secara mandiri tanpa ketergantungan yang berlebihan pada supervisor.
Karyawan baru menjadi dasar pengujian yang ideal untuk efektivitas SOP. Jika langkah-langkah yang didokumentasikan memungkinkan karyawan baru untuk menyelesaikan tugas, prosedurnya baik. Jika ada langkah yang tidak jelas, membingungkan atau tidak lagi digunakan, SOP harus diperbarui.

Baca juga artikel terkait: 4 CARA CERDAS PEMILIK USAHA KECIL MENGENDALIKAN BIAYA

Semoga artikel ini bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan profesional untuk membantu Anda membuat SOP yang baik dan benar. Kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp