BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKLUS KONVERSI ASET

Siklus konversi aset adalah proses dimana tunai digunakan untuk membuat barang dan jasa, lalu mengirimkannya ke pelanggan. Setelah itu mengumpulkan hasil piutang dan mengubahnya kembali menjadi uang tunai. Sifat siklus ini menentukan sejauh mana bisnis memiliki arus masuk atau arus kas keluar bersih. Faktor utamanya adalah sebagai berikut:

  • Akuisisi material. Di bawah ketentuan apa perusahaan membayar pemasok? Jika jangka waktu pembayaran sangat singkat, bisnis akan diminta untuk menyediakan uang tunai untuk membayar materialnya hampir sekaligus. Konsep yang sama berlaku ketika bisnis menyediakan layanan – periode pembayaran mingguan membutuhkan pencairan uang tunai yang hampir segera, sementara periode pembayaran bulanan memungkinkan perusahaan untuk menunda pembayaran tunai untuk jangka waktu yang jauh lebih lama.
  • Durasi produksi. Proses produksi dapat mengikat uang tunai untuk jangka waktu yang cukup lama. Operasi yang menggunakan waktu penyiapan alat berat yang singkat, menyimpan lebih sedikit pekerjaan di lantai produksi pada satu waktu, dan menggunakan produksi just-in-time akan secara drastis memotong periode waktu di mana uang terikat dalam produksi.
  • Kecepatan penagihan. Bisnis tidak dapat dibayar jika tidak menagih pelanggan. Akibatnya, tagihan harus dikeluarkan segera setelah pengiriman selesai. Dalam situasi di mana pengiriman tidak akan selesai untuk beberapa waktu, harus ada persyaratan pembayaran parsial untuk sementara waktu yang mempercepat arus kas.
  • Koleksi. Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil uang tunai dari pelanggan diatur oleh ketentuan yang diberikan kepada mereka di awal penjualan. Periode pengumpulan yang panjang dapat secara drastis memengaruhi jumlah uang tunai yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.

Faktor-faktor sebelumnya dapat disesuaikan untuk memperpanjang jangka waktu pembayaran kepada pemasok, mempersingkat proses produksi, dan mempercepat penagihan ke dan penagihan dari pelanggan. Hasilnya adalah pengurangan yang signifikan dalam kas yang dibutuhkan untuk mempertahankan seluruh siklus konversi aset. Perubahan ini dapat mengakibatkan peralihan dari arus kas keluar bersih menjadi arus kas masuk bersih. Demikian bagaimana siklus konversi aset bekerja. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detil, atau membutuhkan accountant profesional untuk memanajemen pembukuan perusahaan Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp