BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

FITUR-FITUR WAJIB YANG HARUS ADA DARI SOFTWARE ACCOUNTING UNTUK JENIS USAHA KONTRAKTOR AGAR DAPAT MENGELOLA PER PROYEK

Dalam usaha untuk meningkatnya kebutuhan dari masyarakat akan pengadaan perumahan, perkantoran, sarana dan prasarana publik serta pembangunan berbagai infrastruktur seperti ini menjadikan jenis usaha dalam bidang jasa konstruksi semakin banyak diminati oleh para pengusaha. Namun dari balik semakin banyaknya permintaan order dari berbagai proyek pembangunan yang harus segera ditangani, maka akan menjadi semakin rumit pula dalam hal pengelolaan transaksi keuangan dari setiap proses dari proyek tersebut.

Berbagai macam jenis transaksi yang banyak terjadi pada kebanyakan operasional proyek yang berhubungan langsung dengan pengadaan dan pembiayaan material konstruksi, pajak, penerimaan dana proyek dan lain sebagainya. Namun transaksi-transaksi tersebut akan menjadi semakin lebih rumit lagi dengan adanya berbagai macam tingkatan transaksi yang berada didalamnya, seperti tingkatan dalam internal organisasi, proyek, operasional, dan penugasan kerja para karyawan.

Masing-masing dari setiap tingkatan memang harus memiliki perlakuan akuntansi yang berbeda-beda. Kesalahan dalam hal mengelola transaksi keuangan dari proses pelaksanaan proyek akan mengakibatkan terjadinya kekacauan dalam hal pelaksanaan proyek. Untuk itulah diperlukan adanya solusi yang dapat membantu Anda dalam memonitor dan mengelola berbagai jenis transaksi keuangan proyek. Dengan demikian pengerjaan proyek akan mampu berjalan sesuai dengan perencanaan dan alur kas dapat terpantau dengan baik.

Dalam mendukung kinerja dari para kontraktor untuk menjalankan berbagai proyeknya, para pelaku usaha dalam bidang IT dapat memanfaatkan peluang seperti ini dengan menghadirkan software akuntansi yang lebih reliable untuk bidang usaha kontraktor tersebut. Misalnya software tersebut harus memiliki fitur-fitur unggulan yang sesuai dengan berbagai kebutuhan yang berhubungan langsung dengan berbagai proses proyek seperti halnya:

1. Menentukan anggaran per proyek yang akan dikerjakan.
2. Menghitung laba rugi setiap masing-masing proyek yang akan dikerjakan.
3. Mengelola aktiva.
4. Menghasilkan laporan keuangan yang dapat mendukung dalam hal pengambilan keputusan untuk setiap proyek yang dikerjakan.

Fitur-fitur tersebut merupakan beberapa fitur penting yang harus Anda temukan pada software accounting untuk pengerjaan proyek. Dan fitur-fitur tersebut memang sangat diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan para kontraktor dalam hal membuat laporan keuangan proyek yang cukup memadai, selain beberapa fitur tersebut, terdapat beberapa juga fitur lain yang harus ada dalam software accounting, seperti halnya: fitur untuk mengelola persediaan barang untuk kebutuhan proyek, mengelola hutang dan piutang yang berhubungan dengan proyek yang sedang dikerjakan, mengelola anggaran per proyek dan departemen, serta stok opname.

Mengaplikasikan software akuntansi untuk mengelola proyek, dalam hal ini semakin lebih memungkinkan para pengusaha dalam bidang kontraktor untuk dapat mengelola persediaan barang dengan lebih mudah dan tersistem dengan sangat baik. Hal ini karena berbagai transaksi penjualan dalam software accounting biasanya sudah secara otomatis mengitung HPP dengan menggunakan beberapa pilihan metode, seperti: metode FIFO, LIFO, atau Average. Kalkulasi dari semua itu secara otomatis juga akan membentuk jurnal penyesuaian persediaan dan secara otomatis akan langsung mengurangi jumlah barang yang tersedia di dalam gudang.

Selain itu Anda juga akan dapat mengelola berbagai anggaran dari setiap proyek yang telah dikerjakan per tahapan seperti tahapan perencanaan, proses pengerjaan, sampai dengan proses finishing proyek, sehingga setiap pemakaian barang dan pengeluaran uang akan dapat langsung dihubungkan dalam tahapan proyek, yang selanjutnya akan ditampilkan dalam laporan perbandingan antara prediksi anggaran dan realisasi nyata ke dalam pengerjaan proyek.

Penggunaan software akuntansi untuk mengelola proyek akan sangat membantu Anda dalam mengelola usaha para kontraktor agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan demikan akan mampu menghindarkan dari terjadinya berbagai resiko kesalahan dalam hal anggaran proyek seperti kekurangan dana untuk anggaran proyek, kekurangan biaya untuk gaji setiap pekerja proyek dan lain sebagainya, karena jenis usaha kontraktor seperti ini biasanya akan berhubungan langsung dengan uang dalam jumlah yang sangat besar.

Itulah beberap fitur-fitur penting yang harus ada dalam software accounting untuk jenis usaha kontraktor, semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dalam usaha untuk mencari bagaimana kriteria-kriteria yang cocok dari software accounting untuk jenis usaha kontraktor. Membutuhkan software accounting untuk kontraktor? Silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp