BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

FUNGSI DAN TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM BISNIS

Fungsi manajemen keuangan untuk masyarakat tentu sangat penting. Berbagi fungsi membuat masyarakat lebih mudah memanfaatkan dana yang ada menggunakanan prinsip manajemen agar setiap kegiatan dapat ditangani secara sempurna. Karena begitu pentingnya, sehingga pasti aka nada sesuatu yang terjadi diluar perkiraan jika anda tidak melakukan manajemen keuanagn dengan baik dan benar. Bisa saja terdapat beberapa pengeluaran yang sebenarnya tidak anda perlukan. Hal ini tentu saja memboroskan keuangan anda. dan suatu ketika saat anda membutuhkan beberapa dana untuk suatu kepentingan, justru malah anda tidak memiliki pendanaan yang cukup.

Manajemen keuangan memiliki peran penting dalam setiap keberlangsungan sebuah perusahaan dan ini tentu sangat berpengaruh. Berikut adalah fungsi yang sangat penting dari manajemen keuangan yang perlu anda ketahui.

 

FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

  • Merencanakan Anggaran

Salah satu fungsi dari manajemen berbasis keuangan adalah merencanakan anggaran. Anggaran ini lah yang nantinya akan digunakan untuk mendanai suatu kegiatan atau proyek yang dilakukan oleh masyarakat. Ketika melakukan perencanaan anggaran maka sistem manajemen sangat diperlukan. Prinsip manajemen menjadi salah satu hal penting dalam menentukan setiap jenis anggaran yang dikeluarkan. Para pemakai prinsip manajemen harus bisa mencari celah untuk meminimalisir anggaran karena anggaran yang dipakai pasti sangat terbatas.

  • Pengendalian

Hal ini pula adalah salah satu komponen utama dan fungsi yang sangat penting dalam prinsip keuangan. Pengendalian yang dimaksud adalah bagaimana cara seorang pemimpin yang menjadi pemimpin dari suatu proyek yang ada di masyarakat menggunakan fungsi manajemen sebagai salah satu pengawas untuk memastikan setiap poin pekerjaan dan setiap jenis pekerjaan yang ada dalam proyek tersebut berjalan dengan lancar.

  • Pemeriksaan

Hal ini juga menjadi salah satu hal yang sangat penting berdasar manajemen keuangan.  Pemeriksaan yang dimaksudkan adalah melakukan pengecekan terhadap setiap jenis laporan dan juga melakukan pemeriksaan tentang pengeluaran-pengeluaran yang ada agar setiap jenis penggunaan dana dapat terkontrol dan tidak melebihi batas.

  • Pelaporan

Hal ini berfungsi untuk mendapatkan setiap laporan dari berbagai jenis kegiatan yang memanfaatkan prinsip manajemen. Ketika dalam melakukan pelaporan maka dana yang keluar pada prinsip keuangan dan manajemen harus lebih kecil dari pada pemasukan. Hal ini karena pengeluaran harus benar-benar ditekan supaya keuntungan yang di dapat juga makin besar.

 

TUJUAN PENGGUNAAN MANAJEMEN KEUANGAN

Dengan begitu sangat penting nya fungsi dari manajemen keuangan, tentu saja pasti manajemen keuagan memiliki tujuan yang sangat tinggi. Tujuan dari manajemen keuangan sangat beragam. Berbagai jenis tujuan penggunaan sistem keuangan menggunakan salah satu jenis manajemen adalah untuk atau mempermudah setiap transaksi yang akan dilakukan ataupun setiap kegiatan yang menggunakan uang. Berikut adalah Tujuan dari Manajemen keuangan.

  • Memperbesar Keuntungan

Dengan memanfaatkan prinsip manajemen berbasis keuangan maka keuntungan yang dimiliki akan lebih besar. Hal ini telah terbukti dari berbagai hasil keuntungan banyak kegiatan masyarakat yang berhasil mendapatkan keuntungan nyata. Memperbesar keuntungan memang sangat berguna karena dengan keuntungan yang besar maka modal yang dipakai untuk setiap kegiatan akan kembali dan mendapatkan keuntungan yang juga besar.

  • Menjaga Kas Perusahaan

Hal lain yang termasuk dalam jenis tujuan penggunaan manajemen adalah untuk menjaga kas yang ada tetep seimbang. Tidak boleh adanya uang kantor ataulun uang untuk melakukan suatu kegiatan di manfaatkan untuk hal-hal yang berhubungan dengan sistem pribadi. Hal ini akan sangat merugikan karena kas atau modal adalah dana yang akan digunakan untuk melakukan setiap kegiatan yang berhubungan dengan bisnis dan juga kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Menjaga kas atau modal tetap aman berarti meminimalisir kerugian yang akan berdampak pada beberapa sistem keuangan.

  • Mengelola Dana Yang Ada Dengan Maksimal

Hal ini lah yang paling penting dalam manajemen keuangan. Hal ini berkaitan erat dengan prinsip ekonomi yang mana mengeluarkan modal dengan minimal dan mendapat keuntungan dengan lebih besar. Salah satu fungsi utama adalah dana yang sangat minim ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik sehingga dana yang harusnya tidak cukup akan menjadi cukup. Memaksimalkan dana yang dimiliki berarti seseorang yang menggunakan prinsip manajemen harus bisa mengelola dana yang sangat terbatas.

 

Karena sudah mengetahui begitu pentingnya peran manajemen keuangan untuk bisnis yang kini tengah anda jalani, maka saat ini bagi anda yang belum melakukan manajeman segeralah mulai hari ini. Dan bagi anda yang kini telah melakukannya, maka pertahankan dan konsistensi lah untuk terus melakukannya.

Dan apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait cara atau berbagi hal dalam memanajemen keuangan, anda bisa hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau juga bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp