BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

JOB DESKRIPSI ACCOUNTING STAFF

Staff Akuntansi adalah salah satu jabatan penting dalam sebuah perusahaan dan setiap perusahaan pasti memiliki atau membuka lowongan agar ada orang yang menempati posisi ini. Hal ini karena akuntansi adalah salah satu faktor penentu sukses sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan bisa dibilang sebagai perusahaan yang sukses dapat dilihat dari laporan akuntansi yang teratur. Laporan ini penting bagi sebuah perusahaan, pasalnya suksesnya sebuah perusahaan dilihat dari seberapa besar sumber keuangan mereka, dan sumber keuangan itu dicatat dalam laporan akuntansi. Jika laporan akuntansi belum teratur akan menyebabkan beberapa ancaman seperti salah hitung, terdapat pengeluaran yang tidak jelas, dan bahkan penipuan oleh karyawan sendiri. Oleh karena itu, pelaporan keuangan harus dibuat dengan jelas dan teratur untuk mencegah berbagai hal negatif seperti yang telah disebutkan tadi. Dan yang membuat laporan ini adalah staf akuntansi atau accounting staff. Pada kesempatan kali ini, kami Tim Groedu (Lembaga Konsultan Accounting Surabaya) akan menuliskan artikel tentang tugas dan tanggung jawab seorang staf akuntansi.

Meski begitu tugas dan tanggung jawab Staf Akuntansi dapat berbeda tergantung pada perusahaan di mana mereka bekerja. Secara umum Staf Akuntansi akan mengurusi hal seperti pajak, manajemen biaya, penganggaran dan manajemen aset. Beberapa Staf Akuntansi yang bekerja untuk lembaga pemerintah memiliki tugas yang berhubungan dengan audit, penipuan, dan kebangkrutan. Staf Akuntansi di bawah departemen hutang harus memastikan bahwa tagihan dan pembayaran lainnya dilakukan tepat waktu. Selain itu, Staf Akuntansi dapat terdiri dari pegawai yang melakukan semua tugas administrasi seperti mengetik, mengarsipkan, meneruskan surat dan pembukuan ringan.

Staf Akuntansi disaranan pandai dalam matematika. Staf Akuntansi juga harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat karena mereka akan sering menyampaikan informasi keuangan kepada klien serta pengawas mereka. Staf Akuntansi juga harus didorong, dengan karakter analitis dan sangat terorganisir, serta mampu memecahkan masalah. Selain itu, Staf Akuntansi harus mampu bekerja dengan sangat baik dan bekerja sama dengan baik sebagai anggota tim.

Melakukan Pembukuan Keuangan
Ini adalah tugas utama sebagai accounting staff yaitu membuat pembukuan atas semua transaksi keuangan di perusahaan. Setiap perusahaan memiliki standar pembukuan dan kelengkapan masing-masing. Sebagai staf akuntansi terkadanga anda hanya tinggal memasukkan data, karena format atau standar sudah siap.

Membuat Laporan Keuangan
Laporan ini merupakan rekapitulasi keuangan yang harus anda kerjakan dan laporkan pada atasan. Laporan ini terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan neraca.

Verifikasi Kelengkapan Dokumen Keuangan
Saat melakukan transaksi pasti ada dokumen yang menyertainya misal kuitansi, faktur, invoice, dll. Tugas staf akuntansi adalah memastikan bahwa kelengkapan dokumen itu tertata dan tersimpan dengan rapi.

Memposting Jurnal Operasional
Aktivitas ini mencatat segala pengeluaran dan oemasukan dari operasional perusahaan kemudian memasukkannya ke dalam buku besar akuntansi. Buku besar yang dimaksud disini biasanya berupa sebuah sistem yang terintegrasi, jika anda lulusan akuntansi maka anda akan memahami sistem ini.

Baca juga : Accounting Software Terbaik Untuk Bisnis Anda

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih detik terkait artikel diatas, software accounting, atau tentang system payroll, atau membutuhkan pembimbingan mengenai set up Distributor, pembuatan SOP distributor, software HRD dan Payroll, bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp