BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

KESALAHAN UMUM AKUNTANSI SERTA SOLUSI PENCEGAHANNYA

Akuntan sering membantu perusahaan menyiapkan neraca untuk penggunaan internal dan eksternal. Neraca mengatur data keuangan perusahaan dengan cara yang terstandarisasi, sehingga mudah dibaca dan ditafsirkan. Walaupun dokumen-dokumen ini hanya memberikan informasi tentang periode tertentu, mereka menawarkan wawasan berharga tentang keuangan perusahaan. Karena banyaknya jumlah data yang terlibat saat membuat neraca, kesalahan akuntansi sering terjadi. Kesalahan ini bisa saja murni karena kelalaian atau memang disengaja untuk menyembunyikan kecurangan. Dan dalam artikel ini akan membahas beberapa kesalahan yang berdampak pada nilai akhir neraca, serta solusi pencegahannya.

KESALAHAN AKUNTANSI
Kesalahan Pada Klasifikasi Data
Salah satu kesalahan akuntansi yang paling umum yang mempengaruhi neraca adalah klasifikasi aset dan liabilitas. Aset adalah semua hal yang dimiliki oleh perusahaan dan pengeluaran yang telah dibayar di muka, seperti biaya sewa atau hukum. Liabilitas adalah kewajiban keuangan perusahaan, termasuk utang, dan biaya jangka panjang lainnya, seperti program pensiun untuk karyawan. Klasifikasi aset atau liabilitas yang salah akan secara dramatis memengaruhi neraca dan melukiskan gambaran keuangan yang merugikan perusahaan.

Kesalahan Entri Data
Neraca sering dipengaruhi oleh kesalahan entri data. Kesalahan ini terjadi ketika informasi yang terkandung dalam dokumen keuangan salah dimasukkan ke dalam basis data keuangan. Kesalahan transposisi terjadi ketika angka-angka secara tidak sengaja terbalik, seperti ketika 39 dicatat sebagai 93. Kesalahan entri asli terjadi ketika data dimasukkan secara tidak benar, seperti ketika angka 4 dimasukkan ke dalam basis data sebagai pengganti angka 7.

Kelalaian
Kesalahan akuntansi karena kelalaian terjadi ketika data tidak direkam, sehingga informasi yang tidak akurat disajikan pada neraca. Kesalahan kelalaian termasuk biaya yang tidak dilaporkan dan jumlah persediaan tidak disesuaikan untuk mencerminkan level mereka saat ini. Kesalahan semacam itu dapat menyebabkan neraca yang menyajikan gambaran keuangan yang jauh lebih positif daripada yang sebenarnya ada.

PENCEGAHAN KESALAHAN DALAM AKUNTANSI
Kesalahan akuntansi sering kali tidak terhindarkan karena banyaknya informasi keuangan yang diperlukan untuk membuat neraca. Walaupun sulit untuk mencegah kesalahan, manajer perusahaan dapat mengambil langkah-langkah untuk menemukan kesalahan sebelum mereka menciptakan masalah jangka panjang. Mereka dapat membuat salinan digital dari semua dokumen keuangan dengan memindai mereka sehingga mereka dapat dengan cepat ditinjau jika ada masalah. Selain itu, mereka dapat secara manual merekonsiliasi informasi keuangan yang terkandung dalam neraca dengan dokumen keuangan asli untuk memastikan data akurat.

Baca juga : HAL-HAL TERPENTING YANG HARUS ANDA PERHATIKAN DALAM PERPUTARAN SIKLUS AKUNTANSI JENIS PERUSAHAAN DISTRIBUTOR

Karena akuntansi menadi salah satu faktor penting dalam keberlangsungan bisnis anda, maka anda perlu dengan giat dan fokus dalam mengerjakannya. Kesalahan bisa saja terjadi karena anda akan berhubungan dengan banyak angka, dan jika anda mengantuk atau tidak fokus dalam mengerjakannya akan berakibat buruk pada hasil laporan anda.
Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang akuntansi, berbagai manajemen yang bisa merampingkan pembuatan laporan anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 atau 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp