BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

KETERAMPILAN DASAR YANG HARUS DIMILIKI DALAM MANAJEMEN KEUANGAN

Mengelola uang Anda adalah tentang menyadari kebiasaan belanja Anda dan membuat keputusan bijak tentang membelanjakan uang Anda. Menggabungkan dua aspek pengelolaan uang ini akan memungkinkan Anda untuk sukses dalam keuangan pribadi Anda dan dalam tujuan keuangan masa depan Anda.
Menjadi sadar diri adalah menyadari kebiasaan belanja Anda, tetapi juga mengetahui apakah itu membantu atau menghalangi kemampuan Anda untuk meningkatkan keuangan Anda. Setelah Anda mencatat cara pengeluaran khusus Anda, Anda dapat mulai membuat perubahan.
Setelah Anda menjadi sadar diri maka Anda dapat mulai membuat keputusan bijak tentang membelanjakan uang Anda. Keputusan yang bijaksana tentang pengeluaran berarti Anda menggunakan uang Anda dengan cara yang tidak menghalangi anggaran Anda tetapi juga bermanfaat bagi Anda.

1. Lacak pengeluaran Anda.
Lebih dari sekadar menganggarkan dana, Anda ingin tahu persis kemana perginya uang Anda setiap hari. Cara terbaik untuk melacak kebiasaan belanja Anda adalah melalui formulir spreadsheet, atau dokumen yang diatur dalam kolom dan baris. Setiap kolom dikhususkan untuk pengeluaran yang berbeda dan setiap baris dikhususkan untuk pengeluaran tertentu. Buatlah spreadsheet per bulan agar Anda bisa membandingkannya nanti.
Juga menyimpan spreadsheet untuk setiap bulan, akan memungkinkan Anda untuk melacak setiap perubahan atau kemajuan yang Anda coba lacak. Selain itu, ini akan memungkinkan Anda melihat perubahan apa yang sebenarnya mengoptimalkan anggaran Anda dengan cara terbaik.

2. Mulailah menabung dana sekarang untuk segala situasi keuangan di masa depan.
Salah satu cara agar Anda dapat menggunakan uang dengan bijak adalah dengan menabungnya sesering mungkin. Menabung lebih dari sekadar memiliki uang untuk digunakan dalam keadaan darurat tetapi juga untuk dimiliki dalam jangka panjang.
Cara terbaik untuk menghemat uang adalah melakukannya secara teratur. Bagi sebagian orang, ini bisa dilakukan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan atau terkadang hanya beberapa kali dalam setahun. Anda harus realistis dan praktis tentang menabung. Jadikan tabungan Anda rutin sebagai sesuatu yang dapat Anda komitmen dan pertahankan secara konsisten.

3. Lakukan pembayaran hutang bulanan.
Salah satu aspek yang lebih penting dari pengelolaan uang, adalah pengelolaan hutang. Manajemen hutang melibatkan penurunan beban hutang Anda dan membuat langkah-langkah untuk meningkatkan nilai kredit Anda.
Untuk mengurangi hutang Anda, Anda harus mulai melakukan pembayaran. Salah satu pilihan untuk melunasi utang Anda adalah melalui cicilan bulanan. Pembayaran bulanan akan memungkinkan Anda melunasi utang dengan terjangkau dan mudah menyesuaikan anggaran. Pertama, cari tahu jumlah pembayaran yang memungkinkan dan jumlah yang dapat Anda serahkan juga. Setelah Anda mulai melakukan pembayaran, bersikaplah konsisten. Bahkan, bila ada kesempatan, lakukan pembayaran ekstra sebulan atau tingkatkan cicilan bulanan Anda. Ini akan membuat Anda keluar dari hutang lebih cepat dan pada akhirnya bisa menghemat uang untuk bunga.
Saat Anda mulai melunasi hutang Anda sepenuhnya, Anda akan mulai melihat peningkatan dalam nilai kredit Anda. Pada awalnya mungkin bertahap tetapi seiring waktu, nilai kredit Anda akan semakin tinggi.
Pengelolaan uang adalah yang terbaik bagi siapa saja yang berjuang dengan dana mereka dan ingin memenuhi tujuan keuangan tertentu. Namun, jika Anda hanya ingin meningkatkan keuangan pribadi Anda dengan cepat, Anda selalu dapat menggunakan tips ini untuk menjadi lebih baik. Pengelolaan uang adalah pengalaman pribadi dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan spesifik Anda.

4. Pikirkan Pertumbuhan, Bukan Tetap Berjalan Di Tempat.
Jika Anda memiliki pola pikir tetap, Anda akan terancam akan selalu terjebak. Ini adalah fiksasi pada peristiwa masa lalu dan kurangnya kepercayaan pada diri sendiri dan apa yang mampu Anda capai. Pola pikir berkembang berfungsi sebagai katalisator untuk evolusi konstan dan mobilitas ke atas. Anda akan lebih fokus pada masa depan Anda daripada masa lalu Anda sambil tetap menghargai masa kini.
Jadi bagaimana Anda bisa sampai di sana? Mulailah dengan menetapkan tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan jangka pendek dan lebih sempit harus berfungsi sebagai blok bangunan untuk tujuan jangka panjang Anda yang lebih luas. Tujuan jangka panjang kami adalah mandiri secara finansial. Kami memiliki tujuan jangka pendek seputar membeli real estat, menabung, dan memulai bisnis. Luangkan waktu untuk memikirkan di mana Anda ingin berada di telepon. Ini seharusnya tidak hanya menjadi mimpi pipa. Anda benar-benar harus percaya bahwa Anda akan sampai di sana. Kami tahu bahwa mencapai kemandirian finansial akan sulit, tetapi kami yakin itu akan terjadi pada kami pada akhirnya.
Memiliki mindset berkembang juga berarti merasa nyaman dengan perubahan. Orang dengan mindset tetap, mereka percaya bahwa kualitas, kekuatan, dan kelemahan mereka telah ditentukan sebelumnya dan terbatas. Sebenarnya ada yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kelemahan apapun dan sebaliknya mereka tidak pernah belajar dari kesalahan mereka. Tetapi orang-orang dengan pola pikir berkembang menghapus batasan ini dan malah percaya bahwa mereka mengendalikan hasil mereka. Mereka tahu bahwa waktu, pembelajaran, dan upaya akan membawa mereka ke tempat yang mereka inginkan.

5. Ketahui Uang Apa Yang Masuk Dan Keluar.
Terlepas dari pendapatan, orang yang peduli untuk membangun kekayaan jangka panjang tahu bagaimana membuat anggaran. Mereka tahu bahwa mereka perlu menghasilkan uang untuk menyimpannya dan menabung untuk diinvestasikan. Konsumen membuat keputusan keuangan secara berbeda. Mudah datang mudah pergi. Mereka lebih fokus pada keinginan daripada kebutuhan dan mendambakan kepuasan langsung yang mereka dapatkan dari pembelian yang tidak masuk akal.
Ini menjelaskan mengapa orang yang menghasilkan uang paling banyak belum tentu yang terkaya. Sederhananya, jika Anda menghasilkan Rp. 1.5 M per tahun tetapi membelanjakan Rp. 1.75 M pada tahun yang sama, tentu Anda sedang berutang. Untuk menghindari kesalahan ini, investor mengatur keuangan mereka dengan memberikan mereka visibilitas tentang bagaimana mereka menghasilkan dan membelanjakan uang, dan mereka menggunakan informasi ini untuk menginformasikan keputusan investasi mereka. Mereka tahu bahwa melewatkan liburan, pelayanan, dan hal-hal materi sekarang akan memberi mereka lebih banyak kesenangan di kemudian hari. Perilaku ini, yang dikenal dengan gratifikasi tertunda, memungkinkan mereka untuk tetap fokus pada tujuan jangka panjang dan pendek mereka.

Manajemen keuangan adalah hal yang penting dan akan sangat berguna saat mengolah sebuah perusahaan. Jika Anda ingin meningkatkan skill tersebut, kami memiliki training yang yang cocok untuk Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor wa 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp