BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

KIAT MENGELOLA PERSEDIAAN KETIKA MEMILIKI GUDANG LEBIH DARI SATU

Menjalankan bisnis dengan produk fisik biasanya dapat menimbulkan sejumlah tantangan — salah satunya adalah persediaan.
Mempertahankan dan mengendalikan tingkat stok yang stabil merupakan kendala yang dihadapi banyak pemilik bisnis ritel setiap hari, dan masalah itu diperparah ketika persediaan Anda berada di lebih dari satu gudang.
Meskipun menyimpan stok di beberapa gudang menimbulkan tantangannya sendiri, ada beberapa taktik sederhana yang dapat diterapkan oleh pemilik bisnis ritel untuk membantu merampingkan rantai pasokan Anda dan memastikan bahwa tingkat stok tetap stabil.

MENGAPA MENGGUNAKAN BANYAK GUDANG?
Sebelum kita menyelami saran tentang cara mengelola inventaris di beberapa gudang, pertama-tama mari kita lihat keuntungan dari strategi ini.

Keuntungan Operasi Multi-Gudang
Banyak merek mulai dengan satu gudang untuk menampung semua inventaris mereka — dan itu berhasil untuk mereka, untuk sementara waktu. Dengan satu gudang, lebih mudah untuk menghitung semua inventaris Anda secara akurat dan menjaga rantai pasokan Anda tetap sederhana.
Namun, begitu perusahaan mulai berkembang. Saat sebuah merek menargetkan audiens global yang berkembang, pengiriman barang Anda dari satu gudang dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman bagi pelanggan Anda.
Ada juga potensi penghematan biaya — memiliki persediaan yang dihosting di beberapa gudang di dekat konsentrasi geografis terbesar pelanggan Anda dapat mengurangi biaya transportasi.

TANTANGAN BANYAK GUDANG
Meskipun strategi multi-gudang memiliki kelebihan, menggunakan lebih dari satu pusat pemenuhan juga dapat menimbulkan beberapa tantangan serius.
Jika Anda telah membagi stok Anda di antara dua atau lebih gudang, Anda mungkin menyadari frustrasi paling umum dari strategi ini. Beberapa kendala terbesar yang dapat dihadapi bisnis meliputi:

  • Mempertahankan jumlah stok. Ketika Anda memiliki lebih dari satu gudang, memastikan bahwa semua produk Anda tetap tersedia bisa menjadi tantangan. Tingkat stok dan penjualan dapat dengan cepat tidak sinkron. Saat Anda bekerja di satu gudang, mudah bagi orang lain dalam rantai pasokan Anda untuk “tidak terlihat, tidak terpikirkan”, yang dapat menyebabkan jumlah inventaris rendah sebelum Anda menyadarinya. Produk yang kehabisan stok dapat menyebabkan inefisiensi rantai pasokan dan kehilangan pendapatan.
  • Komunikasi lintas gudang. Karena gudang cenderung berjauhan, tidak mungkin karyawan yang menjalankan gudang tersebut macet di satu kantor. Dengan karyawan jarak jauh yang mengelola setiap gudang, perusahaan sering mengalami masalah komunikasi. Pesan yang tidak terjawab atau tercampur dapat menyebabkan kesalahan atau kemacetan. Dan kurangnya interaksi tatap muka dapat mengekang diskusi spontan seputar perampingan atau peningkatan proses.
  • Mencampur file untuk gudang yang berbeda. Ketika perusahaan tidak memelihara sistem file terpisah untuk setiap gudang (seperti aliran masuk, aliran keluar, dan faktur), pesanan dan pengiriman mudah tercampur di antara gudang — terutama jika Anda menggunakan sistem pengarsipan terpusat.

 

Artikel yang serupa untuk Anda:

 

KIAT UNTUK MENGELOLA INVENTARIS DI BEBERAPA GUDANG
Jaga Sinkronisasi Data di Seluruh Lokasi Dengan Alat yang Tepat
Seperti halnya proses apa pun, menggunakan teknologi yang tepat dapat membuat manajemen inventaris jauh lebih mudah.
Bila Anda memiliki beberapa lokasi yang memerlukan manajemen inventaris, Anda memerlukan alat yang cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris, Anda dapat mengotomatiskan beberapa proses manual yang membosankan itu dan mendapatkan lebih banyak transparansi dalam operasi Anda di semua lokasi tempat Anda menyimpan inventaris.
Bagaimana mencari alat manajemen inventaris yang tepat untuk bisnis Anda, pastikan teknologi pilihan Anda dapat:

  • Pantau tingkat stok di semua lokasi
  • Transfer produk dari satu gudang ke gudang lainnya
  • Sinkronkan dengan komponen penting lainnya dari bisnis Anda (seperti perangkat lunak back-end dan/atau akuntansi eCommerce Anda)
  • Bangun alur kerja pemenuhan yang berskala
  • Buat pesanan pembelian
  • Jalankan laporan yang menawarkan transparansi ke dalam inventaris dan operasi Anda

Ubah Tata Letak Gudang Anda
Tidak cukup hanya mengotomatisasi proses back-end Anda — pengecer juga harus memperhatikan gudang fisik.
Periksa tata letak semua gudang Anda. Apakah mereka dioptimalkan untuk efisiensi? Apakah tata letaknya logis dan mudah dinavigasi oleh karyawan? Jika semua gudang Anda terorganisir dengan baik, maka tata letak dapat secara positif mempengaruhi tingkat di mana pelanggan menerima pesanan mereka. Ketika produk tidak dikategorikan dengan benar atau gudang Anda adalah labirin yang membingungkan, dibutuhkan waktu lebih lama bagi karyawan untuk menemukan dan mengirimkannya ke pelanggan. Dan seperti yang kita ketahui, pengiriman yang lebih cepat dan akurat sama dengan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.
Tetapi sebelum merobek semua rak Anda untuk memulai kembali, lihat beberapa cara sederhana untuk memperbarui gudang Anda untuk merampingkan proses pemenuhan:

  • Pindahkan produk populer lebih dekat ke pintu keluar sehingga karyawan dapat dengan cepat mengirimkan pesanan ini (karena ini harus dipenuhi secara teratur).
  • Pastikan setiap rak diberi label dan semua rak memiliki produk yang sesuai.
  • Buat peta gudang besar Anda yang mudah dibaca. Kirim versi digital ke semua karyawan yang relevan dan poskan salinannya di lokasi strategis di seluruh lokasi gudang Anda.
  • Lebih besar belum tentu lebih baik — terutama dalam hal ruang gudang. Ukur waktu perjalanan produk Anda (waktu yang diperlukan karyawan untuk menemukan dan memilih produk untuk pesanan pelanggan). Meningkatkan ukuran bangunan Anda mungkin memberi Anda lebih banyak ruang untuk penyimpanan, tetapi juga dapat meningkatkan waktu perjalanan secara signifikan, yang menyebabkan penundaan pemenuhan.

Memperhitungkan Geografi
Saat menyiapkan gudang baru atau memindahkan gudang yang sudah ada, jangan lupa untuk mempertimbangkan geografi.
Memilih lokasi yang tepat untuk gudang Anda sangat penting untuk memenuhi pesanan lebih cepat. Setelah berkonsultasi dengan data penjualan, Anda dapat menemukan wilayah atau kota dengan konsentrasi pelanggan yang tinggi dan memasukkannya ke dalam keputusan Anda tentang lokasi gudang berikutnya.
Meskipun mungkin tergoda untuk hanya menempatkan gudang sedekat mungkin dengan pelanggan Anda, memilih satu lokasi geografis di atas yang lain memiliki pengorbanan yang tak terhindarkan. Misalnya, jika Anda menempatkan gudang di kota besar tempat sebagian besar pelanggan Anda tinggal, kemungkinan besar Anda akan membayar lebih banyak biaya sewa dan tenaga kerja. Di sisi lain, jika Anda memilih tempat di daerah pedesaan, biaya sewa Anda akan lebih rendah tetapi biaya transportasi akan meningkat.
Setiap ruang gudang potensial akan memiliki pro dan kontra — triknya adalah menemukan keseimbangan antara kedekatan dengan pelanggan dan biaya overhead lainnya.

Maju Dengan Manajemen Inventaris yang Dioptimalkan
Pengecer dengan banyak gudang sering kali mengalami hambatan yang unik — seperti halnya perusahaan mana pun dengan banyak lokasi yang memerlukan manajemen. Namun, dengan alat dan taktik yang tepat, perusahaan dapat mengoptimalkan strategi manajemen gudang mereka dan membedakan diri dari pesaing mereka. Apa Anda menginginkan inventory management software yang begitu terintegrasi? Anda bisa mendapatkannya hari ini juga dengan menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp