BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

LANGKAH MEMBUAT LAPORAN LABA RUGI PADA BISNIS SKALA RUMAHAN

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan utama perusahaan. Tujuan dari laporan laba rugi adalah untuk melaporkan ringkasan pendapatan, pengeluaran, keuntungan, kerugian, dan laba bersih yang dihasilkan selama satu tahun, kuartal, atau periode waktu lainnya. Laporan laba rugi juga memberi anda pandangan yang baik pada kesehatan keuangan bisnis anda. Ini juga dapat memberi investor ide bagus tentang kinerja bisnis.
Laporan laba rugi memungkinkan anda untuk menyesuaikan bisnis anda. Laporan laba rugi tidak memenuhi harapan? Mungkin anda dapat menurunkan biaya atau meningkatkan pendapatan. Tindakan ini dapat mengarah pada hasil bisnis yang positif dari waktu ke waktu. Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat laporan laba rugi bagi bisnis skala rumahan.

Tentukan Periode Pelaporan
Langkah pertama dalam menyiapkan laporan laba rugi adalah memilih periode pelaporan yang akan dicakup oleh laporan anda. Bisnis biasanya memilih untuk melaporkan laporan pendapatan mereka secara tahunan, triwulanan, atau bulanan. Perusahaan yang diperdagangkan secara publik diharuskan menyiapkan laporan keuangan setiap triwulan dan tahunan, tetapi usaha kecil tidak terlalu diatur dalam pelaporan mereka. Membuat laporan pendapatan bulanan dapat membantu anda mengidentifikasi tren dalam keuntungan dan pengeluaran anda dari waktu ke waktu. Informasi itu dapat membantu anda membuat keputusan bisnis untuk membuat perusahaan anda lebih efisien dan menguntungkan.

Hitung Pendapatan Anda
Selanjutnya, anda harus menghitung total pendapatan penjualan bisnis anda untuk periode pelaporan. Pendapatan anda termasuk semua uang yang diperoleh untuk layanan anda selama periode pelaporan, bahkan jika anda belum menerima semua pembayaran. Tambahkan semua item baris pendapatan dari laporan neraca percobaan anda dan masukkan jumlah total dalam item baris pendapatan dari laporan pendapatan anda.

Hitung Biaya Barang Yang Dijual
Harga pokok barang yang anda jual meliputi tenaga kerja langsung, bahan, dan biaya overhead yang anda keluarkan untuk menyediakan barang atau jasa anda. Tambahkan semua harga pokok penjualan item baris pada laporan neraca percobaan anda dan daftarkan total harga pokok penjualan pada laporan laba rugi, langsung di bawah item baris pendapatan.

Hitung Margin Kotor Anda
Kurangi total harga pokok penjualan dari total pendapatan pada laporan laba rugi anda. Perhitungan ini akan memberi anda margin kotor, atau jumlah kotor yang diperoleh dari penjualan barang dan jasa anda.

Hitung Laba Anda
Kurangi total penjualan dan biaya administrasi dari margin kotor. Ini akan memberi anda penghasilan sebelum pajak. Masukkan jumlah di bagian bawah laporan laba rugi.

Hitung Pajak Penghasilan
Untuk menghitung pajak penghasilan, gandakan tarif pajak negara bagian anda yang berlaku dengan angka pendapatan sebelum pajak anda. Tambahkan ini ke laporan laba rugi, di bawah angka pendapatan sebelum pajak.

Hitung Laba Bersih
Untuk menentukan penghasilan bersih bisnis anda, kurangi pajak penghasilan dari angka pendapatan sebelum pajak. Masukkan angka ke item baris terakhir dari laporan pendapatan anda.

Finalisasi
Untuk menyelesaikan laporan pendapatan anda, tambahkan header ke laporan yang mengidentifikasinya sebagai laporan pendapatan. Tambahkan detail bisnis anda dan periode pelaporan yang tercakup dalam laporan laba rugi.

Demikian ulasaan sederhana tentang apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan untuk membuat laporan laba rugi sebuah bisnis skala kecil atau rumahan. Apabila anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas atau membutuhkan informasi lain terkait akuntansi bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email grodeu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Software Accounting Surabaya siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp