BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

LAPORAN KEUANGAN PERHOTELAN

Kembali lagi bersama kami Konsultan Manajemen Groedu International Consultant. Kini kami akan membahas seputar akuntansi perhotelan dan hal-hal berkaitan dengannya. Berikut dibawah ini penjelasannya.

Sangat penting bagi kita agar bisa menyajikan atau setidaknya mengetahui laporan keuangan (neraca dan rugi laba) di setiap bisnis atau usaha apapun. Manfaat Informasi tersebut bagi kita yakni untuk mengukur perkembangan bisnis salah satunya. Selain dengan hanya menilai pendapatan belum cukup bagi kita untuk memahami seberapa krusial kinerja yang tengah terjadi. Laporan keuangan merupakan bahasa bisnis. Maka, untuk memahami bisnis perlu bagi kita untuk memiliki pengetahuan terkait dengan accounting.
Core bisnis usaha perhotelan adalah menyewakan kamar hotel. Akan tetapi disamping menyewakan hotel, usaha ini juga menyediakan berbagai menu makanan untuk para tamu hotel. Menu tersebut disediakan untuk tamu internal hotel juga eksternal hotel.
Makanan yang akan disajikan untuk tamu hotel tentunya harus dimasak terlebih dahulu di dapur. Oleh karena itu diperlukan persediaan untuk membuat makanan, dari sinilah persediaan dibutuhkan. Artinya, di dalam dapur harus ada persediaan yang tersedia untuk membuat makanan. Secara umum di dalam sebuah restoran, dapur umumnya dibangunkan sebuah gudang untuk menyimpan bahan baku.
Untuk bagian purchasing sendiri, bagian purchasing selaku pembeli bahan baku memasukan bahan baku ke dalam gudang dapur. Biasanya disebut dengan gudang utama (Main Store).
Ketika purchasing mengambil persediaan gudang utama untuk, persediaan tersebut tidak langsung siap digunakan namun perlu di simpan terlebih dahulu di gudang dapur untuk di simpan sementara. Untuk menghindari beban persediaan terlalu besar, maka dalam penyimpanan tersebut sebaiknya tidak memerlukan banyak bahan.
Selain laporan keuangan ada beberapa hal yang perlu diketahui yakni kinerja hotel, apa saja yang perlu dinilai dari sebuah hotel. Bagaimana cara menilai standar dari sebuah hotel..? apakah hal-hal yang perlu diperiksa…? berikut rinciannya..
1. Kenyamanan (comfort)
2. Kebersihan / penjagaan kesehatan ( Sanitasi/ Hygiene)
3. Keselamatan (Safety)
4. Jaminan Keamanan (Security)
5. Keramahan Lingkungan (Environment)
6. Nilai Tambah dari service (Investasi)
7. Sikap Layanan (Attitude)
8. Ketrampilan karyawan (Skill)
9. Teratur, tertib dalam memberikan servioce (orderly)
10. Ketepatan service (Akurasi)
11. Kecepatan service (Waktu)

Beberapa Pendapatan yang perlu diperhatikan dalam laporan keuangan hotel
a. Sewa kamar
b. Penjualan makanan dan minuman
c. Penjualan lain-lain dan masing-masing outlet
Jenis penjualan pada usaha hotel yaitu :
1. Pendapatan yang diakui merupakan kombinasi antara barang dan jasa.
2. Pendapatan yang diakui dihasilkan melalui proses produksi.
3. Hotel yang baik harus mempunyai persediaan kapasitas (capacity stock).

Pembelian persediaan
Persediaan bahan di hotel berupa makanan, minuman, supplies atau barang lainnya, dimana barang tersebut di atas tersedia untuk dijual ataupun tersedia untuk membantu kegiatan operasional perusahaan/hotel. Adapun tujuan dibentuknya persediaan hotel, yakni :
1. Menjaga kelangsungan usaha.
2. Mencegah investment berlebihan dan barang yang rusak/busuk.
3. Mencegah kerugian yang disebabkan oleh penyerahan dan menghemat biaya.
4. Membuat perencanaan pembelian yang optimal.
5. Menjaga kebutuhan barang dapat seimbang antara pembelian dengan gudang.
6. Mencegah slow moving item.

Adapun tips dari kami yang kami rasa berguna terkait dengan pergudangan hotel yakni Penyimpanan persediaan sangat besar dampaknya bagi ketahanan dan keawetan barang tersebut, sehingga ada beberapa hal perlu diperhatikan:
1. Suhu ruangan
2. Kebersihan dan kerapihan dalam menyusun barang
3. Metode dan cara penyimpanan barang
4. Sistem sirkulasi udara dan ventilasi

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai laporan keuangan perhotelan. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) dan butuh Accounting Software pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu.
Sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp