BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

LAPORAN LABA RUGI DAN NERACA DALAM DUNIA BISNIS

Terkadang untuk beberapa alasan tertentu, pembukuan bukanlah topik favorit semua orang. Meski begitu, membuat sebuah catatan keuangan terperinci tetap menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari keberhasilan operasi bisnis. Ini berarti bahwa memahami detail akuntansi yang lebih baik akan membantu mempertahankan dan mengembangkan sebuah bisnis. Berikut ini adalah dua jenis pembukuan penting yang perlu anda buat untuk mempertahankan bisnis anda yaitu laporan laporan laba rugi dan neraca.

LAPORAN LABA RUGI
Laporan laba rugi adalah laporan pendapatan dan pengeluaran bisnis selama periode waktu tertentu. Biasanya, laporan ini dibuat secara bulanan atau triwulanan dan kemudian disusun menjadi laporan tahunan. Laporan Laba Rugi adalah indikator utama dari kinerja perusahaan. Laporan laba rugi fokus pada empat item utama yaitu pendapatan, pengeluaran, keuntungan, dan kerugian. Pernyataan itu merinci bagaimana pendapatan bersih yang direalisasikan oleh perusahaan diubah menjadi laba atau rugi bersih dengan menghitung laba bersih dan kemudian merinci laba per saham (EPS), jika saham ditawarkan.

NERACA
Dalam neraca terdiri atas tiga item yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham pada saat tertentu. Tidak seperti laporan laba rugi, neraca melihat pada satu titik waktu dibandingkan dengan periode operasi. Fungsinya sebagai potret dari aset apa yang dimiliki perusahaan saat ini, kewajiban apa yang dimiliki orang lain, dan berapa banyak yang diinvestasikan oleh pemegang saham. Neraca memberikan pandangan sekilas pada keuangan organisasi pada saat tertentu. Ini berarti membuat laporan neraca reguler dapat memungkinkan perbandingan langsung dengan kinerja pada waktu tertentu. Anda dapat menggunakan ini untuk menganalisis kinerja bisnis anda selama periode waktu tertentu.

Baca juga : BEBERAPA TAHAPAN-TAHAPAN TERCEPAT DALAM MENGHITUNG NILAI DARI LABA BERSIH USAHA ANDA

Kedua laporan diatas merupakan komponen kuat dalam pengelolaan kesehatan keuangan dan operasi perusahaan. Menghasilkan laporan secara teratur seperti laporan laba rugi dan neraca, akan membantu memberikan perspektif bagi anda tentang petumbuhan bisnis anda. Pembuatan laporan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Diperlukan seorang yang memang telah menekuni bidang ini agar laporan dapat dikerjakan dengan baik. Namun bukan berarti orang yang tidak berlatar belakang akuntansi tidak bisa menempati posisi ini. Tentu saja bisa, dengan didampingi oleh orang-orang ahli dibidangnya. Kami Konsultan Software Accounting Surabaya menyediakan jasa training akuntansi, jasa outsourching akuntansi, dan software accounting. Jika anda membutuhkan jasa kami. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp