BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

MANFAAT MELAKUKAN STOCK OPNAME UNTUK PERUSAHAAN

Hanya sedikit orang yang mengerti tentang stock opname. Stock opname adalah kegiatan menghitung persediaan barang di gudang yang akan dijual secara fisik. Kegiatan ini tentunya akan memakan banyak waktu karena Anda akan mengecek langsung kondisi stok Anda. Oleh karena itu, perusahaan harus mengatur waktu yang efisien untuk dapat melakukannya.
Selanjutnya untuk menghemat banyak waktu, biasanya dapat menggunakan teknologi Bar Code karena dapat membantu perusahaan mengurangi kesalahan dalam pencatatan dan penghitungan saham. Stock opname dapat digunakan oleh setiap perusahaan, tidak hanya untuk perusahaan manufaktur saja.

Tujuan dari Stock Opname
Ada beberapa alasan mengapa perusahaan memilih untuk melakukan stock opname. Beberapa tujuan penggunaan opname saham adalah kas, aset, hutang, dan piutang. Beberapa perusahaan menggunakan Stock Opname untuk memeriksa kas dan pasokan barang mereka. Sedangkan pada perusahaan manufaktur, stock opname dilakukan untuk pengecekan bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.
Pada perusahaan manufaktur terdapat kantor audit yang dikhususkan untuk menjalankan kegiatan opname saham. Selain itu, perusahaan mengharapkan petugas audit memberikan hasil yang terbaik. Jika hasilnya berbeda dengan jumlah saham, perusahaan dapat membuat kebijakan berdasarkan peraturan perusahaan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Stock Opname
Waktu yang tepat untuk melakukan stock opname sangat bergantung pada kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan melakukan stock opname sebulan sekali, setiap tiga bulan, atau setiap 4 bulan. Namun, perusahaan melakukan stock opname setiap 3 atau 4 bulan untuk melihat hasil yang berbeda setiap bulannya. Apalagi Stock opname juga membutuhkan akurasi yang tinggi.

Manfaat Stock Opname
Stock opname memiliki banyak keuntungan selain mengecek nomor stock di Gudang. Berikut beberapa keuntungan dari stock opname seperti:
• Meminimalkan kesalahan dalam pengecekan stok, baik keuntungan maupun kerugiannya.
• Dapat mengetahui kesalahan barang hilang dengan cepat dan dapat mengurangi resiko stok kosong.
• Dapat digunakan sebagai analisis tahunan sebelum perusahaan dapat berkembang.
• Dapat memahami arus keluar dan masuknya stok dengan pasti.
• Bisa mengetahui kondisi stok secara pasti.

Sekali lagi stock opname adalah kegiatan penghitungan yang bertujuan untuk mengetahui jumlah fisik persediaan yang ada di gudang. Stock opname merupakan kegiatan yang penting dilakukan karena salah satu fungsi dari pengendalian internal. Pada dasarnya, stock opname tidak hanya digunakan untuk menghitung persediaan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menghitung barang atau benda yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan. Sampai sini jika Anda membutuhkan bantuan perihal manajemen persediaan perusahaan Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp